Aneka Makanan Dari kelapa Yang Lezat Dan Mudah Dibuat

Sebagai salah satu negara beriklim tropis, pohon kelapa tumbuh subur sepanjang tahun di berbagai wilayah di Indonesia. Kelapa sendiri dikenal sebagai pohon serba guna, karena hampir semua bagiannya bisa dimanfaatkan.salah satunya adalah dengan cara membuat aneka makanan dari kelapa.

Kelapa juga dapat dibuat aneka makanan dari kelapa. Buah kelapa merupakan bagian paling bernilai ekonomis. Buah kelapa yang muda bisa kamu nikmati secara langsung menjadi es kelapa muda yang menyegarkan. Apalagi jika dikonsumsi di tengah terik matahari atau saat berada di pantai.

Kelapa juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan dan tubuh manusia. Salah satunya adalah kelapa hijau yang digemari oleh orang Indonesia. Terlebih lagi air kelapa hijau diketahui mampu menyegarkan kembali tenggorokan yang dehidrasi.

Air kelapa hijau mengandung banyak manfaat dan juga air kelapa hijau memiliki harga yang lebih lebih mahal dibandingkan dengan air kelapa biasa. Air kelapa hijau baik dikonsumsi untuk anak-anak, remaja, dan juga orang tua, bahkan untuk ibu hamil dan bayi.

Tidak hanya es kelapa muda saja, sudah banyak jenis kuliner Indonesia yang juga menggunakan kelapa sebagai bahan campuran.

Tidak sedikit pula kue khas Tanah Air yang menggunakan kelapa parut sebagai bahan dasar pembuatannya. Selain menyegarkan, kelapa juga menyehatkan dan bisa menambah stamina bagi siapa saja yang mengkonsumsinya.

Kelapa juga dapat dijadikan sebagai obat tradisional ketika sakit selain obat dari resep dokter, dapat diberikan ke manusia dan hewan.

Aneka Makanan dari Kelapa :

aneka makanan dari kelapa

1. Aneka Makanan Dari Kelapa : Kue Pancong

Makanan dari Kelapa yang pertama adalah Kue Pancong. Kue pancong ini merupakan jajanan khas Betawi yang berbahan dasar tepung beras, santan kelapa dan kelapa parut kasar.

Jajanan yang juga dikenal dengan nama gandos dan bandros ini dicetak dalam sebuah cetakan berbentuk setengah lingkaran lalu dibakar di atas api hingga matang. Kue pancong ini sering disajikan dengan taburan gula pasir untuk menambah rasa manis.

Cara membuatnya juga gampang dan bahan bahannya juga mudah untuk didapatkan kok. Kamu tinggal menyiapkan alat serta bahan-bahan yang dibutuhkan. Untuk membuat kue pancong, bisa perhatikan resep membuat kue pancong, di bawah ini.

Persiapkan bahan-bahannya

  • 250 grm tepung beras
  • 250 grm kelapa sedang parut panjang
  • 800 ml santan
  • 2 butir telur ayam
  • Garam dapur secukupnya
  • Mentega secukupnya untuk olesan cetakan
  • Gula pasir secukupnya, untuk bahan taburan

Cara Membuat Kue Pancong

Proses pertama nih, rebus adonan kue pancong
Rebus 100grm tepung beras dengan 400ml santan, sampai kental dan mendidih kemudian angkat adonan.
Masukan juga sisa tepung beras, kelapa parut dan garam ke dalam adonan. Aduk sampai merata.

Masukkan telur dan sisa santan ke dalam adonan
Masukkan telur ke dalam wadah terus kocok telur, lalu masukkan telur yang sudah dikocok dan sisa santan ke dalam adonan.

Nah, sekarang proses terakhir nih! Memasak kue pancong
Persiapkan alat cetakan panaskan cetakan di atas api, usahakan api kecil jangan terlalu besar.
Olesi cetakan dengan mentega, tuang adonan hingga 3/4 tinggi cetakan.
Masak sampai menguning dan matang.

Cara penyajian
Jika sudah matang kemudian angkat kue pancong. Nah, kamu sajikan kue pancong dan tambahkan taburan gula pasir secukupnya atau bisa juga dengan topping lain sesuai selera, seperti keju atau meises.

 

2. Kue Rangi

Makanan dari Kelapa yang kedua adalah Kue Rangi. Kue rangi juga merupakan jajanan khas Betawi. Sekilas Kue rangi memiliki tampilan yang mirip dengan kue pancong. Akan tetapi sebenarnya keduanya merupakan kue yang berbeda, meski sama-sama menggunakan kelapa parut dalam adonannya.

Kue ini diberi nama kue rangi karena aromanya yang wangi ketika dibakar. Aneka makanan dari kelapa yang satu ini terbuat dari adonan tepung sagu yang dicampur dengan kelapa parut kasar lalu disajikan dengan gula merah yang direbus bersama dengan nangka dan dikentalkan dengan sedikit tepung sagu. Kue Rangi memiliki rasa manis dan gurih, manis dari gula jawa dan gurih dari kelapa.

Cara Membuat Kue Rangi Enak Manis Sederhana dibawah ini:

Bahan yang Harus Disediakan :

  • Tepung sagu sebanyak 100 gram
  • Ampas kelapa sebanyak 100 gram
  • Kelapa parut muda sebanyak 100 gram
  • Gula merah sebanyak 250 gram ( iris tipis )
  • Garam dapur sebanyak 1/4 sendok teh

Langkah Mudah untuk Membuat Kue Rangi :

  1. Langkah pertama masukan tepung sagu , ampas kelapa, kelapa muda yang telah diparut dalam satu wadah.
  2. Aduk hingga benar – benar tercampur rata.
  3. Selanjutnya ambil wajan yang berukuran kecil letakan diatas nyala api.
  4. Jika sudah panas masukan 2 sendok makan adonan dan ratakan adonan tersebut sampai tipis.
  5. Masak terus hingga adonan matang dan kering.
  6. Setelah itu beri gula merah yang telah diiris tipis pada bagian atasnya, angkat.
  7. Siapkan satu wadah saji kemudian masukkan kue rangi dalamnya.
  8. Kue Rangi siap untuk dihidangkan.

3.  Aneka Makanan dari Kelapa Kue Gemblong

Makanan dari Kelapa yang ketiga adalah Kue Gemblong. Aneka makanan yang terbuat dari kelapa yang satu ini menjadi jajanan pasar favorit banyak orang ini berbahan dasar tepung beras ketan putih, santan, margarin dan kelapa parut setengah tua. Adonan kue gemblong awalnya diuleni hingga kalis lalu dibentuk seperti bola, kemudian adonan bola digoreng lalu dilapisi dengan gula merah atau gula aren yang sudah dilarutkan.

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Gemblong

  • 200 gram tepung ketan putih
  • 100 gram kelapa diparut kasar
  • 125 ml santan hangat
  • 500 ml minyak untuk menggoreng
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Pelapis :

  • 100 gram gula merah sisir
  • 100 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan, disimpulkan
  • 150 ml air

Cara Membuat Kue Gemblong

1. Langkah pertama, campurkan tepung ketan putih dengan kelapa parut kasar kemudian diaduk-aduk secara perlahan sambil dituangkan sedikit demi sedikit santan dan uleni hingga kalis.
2. Setelah adonan kalis, ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi bentuk oval pipih. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
3. Panaskan minyak goreng dan goreng adonan hingga matang kemudian angkat dan dinginkan.
4. Selanjutnya, siapkan bahan pelapisnya dengan cara, larutkan gula pasir, gula merah dalam air dan masukkan pandan sambil terus diaduk hingga kental dan berbusa.
5. Masukkan kue gemblong dan aduk hingga kue gemblong teraduk dengan rata dan terbaluti lapisan gula merah.
6. Angkat kemudian dinginkan hingga lapisan gula merah menjadi kering setelah itu baru sajikan.

4. Aneka Makanan dari Kelapa : Wingko Babat

Makanan dari Kelapa yang keempat adalah Wingko Babat. Kue yang kerap dijadikan oleh-oleh ini terbuat dari kelapa parut, tepung beras ketan dan gula pasir. Setelah semua adonan dicampur rata, wingko babat dibentuk bulat pipih lalu dipanggang atau dibakar hingga matang.

Kelapa parut yang digunakan untuk membuat wingko harus menggunakan kelapa muda agar hasil tekstur wingko babat tetap empuk meski sudah dingin.

Bahan Bahan Resep Wingko Babat Asli Semarang

  1. 500 gram Tepung Ketan yang sudah di ayak halus.
  2. 350 gram Gula Pasir Putih, jangan gunakan gula pasir yang berwarna kekuningan karena jenis gula ini masih memiliki aroma tebu yang cukup kuat.
  3. Tepung Kanji atau tepung tapioka sebanyak 50 gram.
  4. Satu butir Kelapa yang cukup tua diparut dan diambil santan kentalnya sekitar seperempat liter.
  5. parutan kelapa muda sebanyak kurang lebih 350 gram.
  6. 1 pcs daun pandan segar (dibentuk simpul waktu memasaknya nanti).
  7. 1 sendok besar atau sendok makan margarin.
  8. Setengah sendok kecil atau sendok teh garam dapur halus beryodium.
  9. Setengah sendok teh vanili (bisa memakai yang model bubuk atau pasta)
  10. Bahan untuk olesan berupa 1-2 butir kuning telur di campur dengan setengah sendok makan margarin.
  11. Kertas minyak atau daun pisang untuk alasnya nanti.

Cara Membuat Resep Wingko Babat

  1. Ambil satu panci untuk merebus 250 ml santan kental, setengah garam dapur dan 350 gram gula pasirnya. Aduk semua bahan sampai mendidih.
  2. Masukkan daun pandannya. Aduk lagi sampai semua bahan sedikit emngumpal dan agak kental.
  3. Ambil satu wadah yang ukurannya cukup besar untuk adonan utama. Masukkan 500 gram tepung ketan, tepung kanji, bubuk vanili, margarin dan 350 gram kelapa parutnya. Campur semua bahan sampai rata.
  4. Masukkan sedikit demi sedikit santan dari langkah pertama sambil tetap di aduk. Ulangi sampai santan habis dan adonan sedikit berminyak dan kalis.
  5. Ambil loyang yang akan dipakai untuk cetakan Kue Wingko Kelapanya. Alasi terlebih dahulu dengan daun pisang atau kertas minyak yang sudah disiapkan. Ratakan adonan supaya hasilnya nanti bagus.
  6. Panaskan oven sampa mencapai suhu 160-170 derajat. Masukkan loyang adonan kedalamnya sampai setengah matang. Olesi kue setengah matang dengan bahan olesannya dan panggang lagi sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan.

Setelah matang, angkat dan tunggu Wingko Babatnya dingin terlebih dahulu sebelum dipotong. Wingko Babat dapat dipotong dengan bentuk bundar, persegi empat atau bentuk apa saja sesuai dengan kreasi anda sendiri.

5. Kue Sagon

Makanan dari Kelapa yang kelima adalah Kue Sagon. Kue yang biasanya dijadikan jajanan khas pada saat Lebaran ini berbahan dasar tepung beras ketan, campuran kelapa parut tua, margarin, gula pasir dan vanili. Kue ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Uniknya, meski dari luar tekstur kue sagon terlihat padat dan keras, namun saat digigit teksturnya sangat lembut. Aroma wanginya pun sangat menggoda.

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Sagon

  • tepung ketan 150 gram
  • kelapa parut 500 gram
  • margarin 50 gram
  • gula pasir 100 gram
  • vanila bubuk 1/2 sdt
  • air 60 ml
  • garam 1/2 sdt

Cara Membuat Kue Sagon

1. Langkah pertama, sangrai terlebih dahulu tepung ketan selama kurang lebih 10 menit dengan menggunakan api sedang.
2. Selanjutnya, parut kelapa kemudian sangrai juga kelapa yang baru saja diparut hingga kering, setelah kering sisihkan terlebih dahulu.
3. Campurkan kelapa parut kering dengan tepung ketan, garam, gula pasir, vanila, air serta margarin kemudian aduk hingga merata.
4. Lalu siapkan cetakan kue sagon dengan bentuk sesuai dengan selera, Kemudian panggang kue sagon dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 160 derajat selama kurang lebih 15 hingga 20 menit atau hingga matang. Setelah matang angkat, dinginkan dan sajikan.

6.  Aneka maskan dari Kelapa : Kue Putu

Makanan dari Kelapa yang keenam adalah Kue Putu. Aneka makanan dari kelapa yang satu ini mempunyai ciri khas berupa bunyi nyaring seperti peluit saat proses pembuatan. Kue putu terbuat dari tepung ketan yang kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan garam.

Cara pembuatannya juga sangat unik yaitu dengan dikukus dalam wadah bambu yang kemudian akan diisi dengan gula merah, lalu ditutup dengan sisa adonan dan dikukus lagi hingga matang. Setelah matang, umumnya kue putu akan disajikan dengan taburan kelapa parut.

Kue Putu ini memiliki cita rasa yang manis & gurih. Rasa manis berasal dari gula jawa dan gurih dari taburan parutan kelapa.

Bahan:

1. 200 gram tepung beras
2. 100 ml air
3. 1/2 sdt garam
4. 100 gram gula merah
5. Daun pandan secukupnya
6. Kelapa parut secukupnya

Cara Membuat Kue Putu:

1. Masak air bersama garam dan daun pandan hingga mendidih, sisihkan sampai agak hangat.
2. Masukkan air tadi ke dalam tepung beras. Lalu aduk hingga bergumpal kasar.
3. Kemudian saring tepung tadi dengan saringan kawat.
4. Saring hingga mendapatkan butiran tepung berasa yang halus.
5. Setelah itu potong kecil-kecil gula merah.
6. Masukkan tepung yang sudah disaring sebanyak 1/3 ke dalam cetakan plastik kue atau agar. Lalu masukkan gula merah secukupnya di atasnya.
7. Masukkan kembali tepung beras sampai penuh. Setelah itu kukus selama kurang lebih 40 menit.
8. Angkat dan sajikan kue putu bersama kelapa parut. Selamat mencoba!

7. Aneka Makanan dari Kelapa : Geplak

Salah satu aneka makanan dari Kelapa yang ketujuh adalah Geplak. geplak merupakan salah satu aneka makanan dari kelapa yang menggunakan kelapa parut sebagai bahan utamanya. Kemudian dicampur dengan tepung beras dan gula pasir atau gula Jawa. Biasanya geplak memiliki tiga warna yakni merah muda, hijau, dan putih.

Warnanya yang beragam dan rasanya yang manis serta gurih membuat geplak sering dijadikan sebagai oleh-oleh favorit para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Bahan :

  • 2 butir kelapa (parut)
  • 750 gram tepung beras
  • 500 gram gula pasir
  • 300 ml air matang
  • 1/4 sdt garam
  • Pewarna makanan (sesuai selera, aneka warna)

Cara Membuat Geplak :

  1. Ayak tepung beras. Sangrai hingga kering. Tambahkan kelapa parut, aduk rata. Sisihkan sebentar.
  2. Rebus air matang bersama gula pasir hingga mendidih dan gula larut.
  3. Masukkan adonan tepung dan kelapa ke dalam air rebusan gula. Tambahkan garam, aduk rata hingga mengental dan mendidih. Angkat.
  4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan beri masing-masing bagian dengan pewarna makanan, aduk rata.
  5. Ambil adonan, bentuk bulat-bulat kecil sesuai selera.
  6. Letakkan adonan di atas loyang dan biarkan dingin serta mengeras.
  7. Kue geplak siap disajikan.

8. Klapertart

Kue yang berasal dari Manado ini merupakan salah satu aneka makanan dari kelapa dan sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Aneka makanan dari kelapa yang satu ini dapat dibuat dengan cara dipanggang ataupun tidak dipanggang.

Teksturnya cenderung lembut di dalam. Bahan dasar kue ini adalah tepung, gula, susu, mentega, dan parutan kelapa. Nama klappertaart sendiri berasal dari kata “klappe” yang artinya kelapa dan “taart” yang artinya kue.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan:

Membuat klappertaart membutuhkan cukup banyak bahan untuk membuat isi maupun topping-nya. Berikut bahan-bahan yang harus kamu kumpulkan terlebih dahulu.

Bahan Dasar:

  • 500 ml susu cair
  • 150 ml air kelapa muda
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 2 butir kuning telur
  • 180 gram gula pasir
  • 50 gram kismis
  • 1 buah kelapa muda
  • 100 gram mentega dilelehkan
  • Garam secukupnya
  • Rhum
  • 10 cup aluminium foil

Bahan Topping:

  • 2 butir putih telur
  • 50 gram gula pasir
  • Kismis secukupnya
  • Almond secukupnya
  • Ekstrak vanila
  • Bubuk kayu manis

Cara membuat Klapertart :

  1. Campur semua bahan utama pada sebuah wadah. Aduk perlahan-lahan sampai semua bahan tercampur merata. Kemudian saring untuk menyisihkan bahan-bahan yang menggumpal.
  2. Rebus campuran adonan tersebut pada sebuah panci sembari terus diaduk. Masukkan bahan isian kemudian aduk kembali hingga mengental. Jika adonan terlalu kental, Anda bisa menambahkan sedikit sisa air kelapa muda.
  3. Bila adonan sudah mendidih dan matang, tuang ke dalam cetakan yang terbuat dari aluminium foil. Kemudian panggang dengan api sedang hingga matang.
  4. Sambil menunggu kue klapertart matang, Anda bisa mulai membuat topping.
  5. Kocok campuran putih telur dan gula hingga kaku. Lalu masukkan ke dalam plastik segitiga.
  6. Saat kue Klapertart sudah matang, keluarkan dari oven dan semprotkan topping pada permukaannya. Lalu tabur kacang kenari panggang dan kismis di atasnya.
  7. Panggang kembali selama 15 menit hingga topping-nya matang.
  8. Kue Klapertart yang sudah matang bisa diberi taburan kayumanis bubuk sebagai pelengkap.
  9. Kue Klapertart lebih nikmat disajikan dalam keadaan dingin. Jadi sebaiknya Anda memasukkan kue yang satu ini ke dalam kulkas selama minimal 2 jam sebelum disajikan.

Dari beberapa penjelasan di atas kebanyakan olahan aneka makanan dari kelapa adalah makanan tradisional jawa tempo doeleo alias jadul yang sekarang jarang bisa kita temui pedagang nya. Dan biasanya pedagang nya merupakan mereka yang sudah sepuh dan resep nya pun kadang turun temurun.

aneka makanan dari kelapa

Dari beberapa referensi saya mungkin bisa mengisnpirasi anda untuk membeli atau membuat nya sendiri dirumah  atau pun bisa menjadi peluang usaha untuk anda.