Aneka Resep Sop Iga yang Enak dan Mudah Dibuat

Pada artikel kali ini saya akan membahas artikel tentang Aneka Resep Sop Iga yang Enak dan Mudah Dibuat. Dan bisa dicoba sendiri dirumah. Simak terus ya.

Pengertian Soup

Pengertian Soup menurut Mediana (1996: 69) berasal dari kata “soupe”  (Perancis) yang berarti bermacam – macam bahan makanan yang ditambah kaldu atau  cairan. Dengan kata lain sup adalah “Cairan yang terbuat dari daging, ayam, ikan atau sayuran” sedangkan menurut Mochantoyo (1997: 33) adalah “Makanan yang cair terbuat dari rebusan daging, ayam, atau sayuran dan banyak mengandung gizi serta dihidangkan sebagai hidangan pembuka, makanan ringan atau sebagai pelengkap makanan pokok”.

Dari pendapat para ahli soup diartikan sebagai makanan berkuah atau cairan yang mungkin dalam keadaan bening (thin) atau pun kental (thick) tergantung pada bahan-bahan lain yang di tambahkan kedalamnya. Dalam pembuatan Sop, kualitas kaldu sangat menentukan kualitas Soup itu sendiri.

Soup merupakan makanan cair yang terbuat dari kaldu (stock) daging, ayam, ikan dan ditambahkan bahan-bahan pengaroma, bumbu-bumbu dan isian. Sup menjadi sebagian hidangan yang dikaitkan dengan giliran hidangan atau sebagai Appetizer dan merupakan hidangan yang muncul dengan sendiri atau sebagai main course/main dish.

Sejarah Soup

Sejarah Soup bermula dari adanya teknik memasak yaitu merebus. Merebus merupakan teknik memasak yang lebih menguntungkan dibandingkan menggoreng, membakar, atau memanggang.

Hal ini disebabkan energi panas dapat lebih meresap ke bahan makanan sehingga dapat melepas racun atau zat yang kurang menguntungkan lainnya agar makanan aman dikonsumsi.

Dengan cara ini, manusia purba menyadari bahwa beragam hewan dan tanaman lebih banyak dikonsumsi. Tulang hewan, misalnya, belum tentu bisa dimakan jika hanya dibakar.

Merebus makanan ternyata juga dapat menciptakan sensasi rasa baru. Butiran sereal, misalnya, jika direbus akan mengeluarkan butiran kanji sehingga menciptakan efek mengentalkan.

Beberapa jenis makanan yang dipanaskan bisa menyebabkan masing-masing bahan kehilangan kandungannya, dan pada saat yang bersamaan  sarinya akan bercampur sehingga menciptakan rasa baru.

Berdasarkan sebuah data kuno, orang primitif telah mengonsumsi sup dan sejenis bubur. Pada zaman Neolitikum, sup telah dikonsumsi di daerah Mediterania. Setelah Kekaisaran Romawi runtuh, sup bertahan di Kekaisaran Bizantium yang berpusat di Konstantinopel.

Berkat runtuhnya Kekaisaran Ottoman di Turki pada 1454, tradisi menyantap sup di Asia Tengah ditularkan kepada masyarakat Eropa. Tak seperti di Eropa Barat, orang Turki tidak membatasi mengonsumsi sup pada momen khusus atau saat menyantap hidangan tertentu saja.

Air rebusan kemudian berkembang menjadi air kaldu, berhubung orang pada zaman itu mulai terbiasa merebus daging yang disajikan di mangkuk besar dan disantap beramai-ramai dengan menghirup langsung dari mangkuk.

Sementara kelas menengah di Eropa cukup hanya menghirup air kaldu, kalangan bangsawan telah menambahkan daging atau sayuran ke dalam air kaldu. Sebelum sendok ditemukan, isi daging dan sayuran diambil langsung dengan tangan dari mangkuk dan lama-kelamaan menggunakan pisau untuk mengambilnya.

Pengertian Daging Iga Sapi

Apa Itu Daging Iga Sapi?

Daging Iga Sapi adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitartulang iga atau tulang rusuk. Bagian ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang biasa dikonsumsi  oleh masyarakat.

Seluruh bagian daging iga sapi ini bisa terdiri dari beberapa iga, mulai dari iga ke 6 sampai iga ke- 12; untuk potongan daging iga yang akan dikonsumsi bisa terdiri dari 2 sampai dengan 7 tulang iga.

Tulang iga, biasa diolah menjadi sop seperti sop konro. Bisa juga dimasak semur, dipanggang.

Rib-eye steak adalah potongan daging dalam bentuk steak, bisa dengan tulang (bone in) atau tanpa tulang (boneless). Biasanya bagian ini digunakan sebagai bahan dasar makanan khas Makasar, sun kuro.

Resep Sop Iga

1. Resep Sop Iga Sapi

Bahan Sop Iga Sapi

  1. 1 kg iga sapi, cuci bersih, tiriskan
  2. Secukupnya air didihkan utk rebusan awal
  3. 2 liter air, untuk rebusan selanjutnya
  4. 2 batang wortel, potong sesuai selera
  5. 2 buah kentang, potong sesuai selera
  6. 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong kotak besar
  7. 1 batang kayumanis kurleb 3 cm
  8. 4 butir cengkeh
  9. 3 butir kapulaga jawa, ambil isinya
  10. 2 batang bagian putihnya daun bawang, potong-potong
  11. Secukupnya garam, gula dan kaldu bubuk (saya pakai kaldu jamur)
  12. Secukupnya margarine untuk menumis
  13. Bumbu yg dihaluskan :
  14. 7 siung bawang putih
  15. 1 sdt merica butir
  16. 1/2 bagian biji pala uk. kecil
  17. Pelengkap :
  18. Emping melinjo
  19. Seledri
  20. Bawang goreng
  21. Jeruk limau
  22. Sambal rawit

Langkah Membuat Sop Iga

1. Didihka air secukupnya, lalu masukan potongan iga sapi, rebus kurleb 5 menit, angkat, tiriskan, buang air rebusan ya karena perebusan pertama ini utk menghilangkan darah dan sebagian lemak supaya air rebusan nanti tidak terlalu berlemak. Lalu rebus kembali daging iga sapi dan 2 liter air sampai matang dan lunak dagingnya. (Saya pakai pressure cooker 35 menit). Sisihkan.

2. Tumis potongan bawang bombay menggunakan margarine sampai harum dan sisinya berkaramel. Masukan bumbu halus, tumis lagi beberapa saat, kemudian masukan kayumanis, cengkeh dan kapulaga, tumis sampai matang.

3. Masukan tumisan bumbu yg sudah matang kedalam rebusan iga sapi yg sudah lunak, aduk rata. Nyalakan kompor. (Boleh ditambahkan air matang jika dirasa air kurang). Lalu masukan kentang dan wortel, beri garam, gula dan kaldu jamur, masak sampai wortel dan kentang matang. Tes rasa. Matikan kompor. Terakhir masukan potongan batang daun bawang, aduk rata kembali. Angkat.

2. Resep Sop Tulang Iga

Resep Membuat Sop Tulang Iga Special Lezat

Bahan :

  • ½ kg Iga sapi yang sudah di potong-potong
  • 2 buah wortel, bersihkan dan potong-potong
  • 2 buah kentang, potong kotak
  • 1000 cc air yang bersih
  • Miyak sayur

Bahan Untuk Membuat Bumbu :

  • 1 ruas jari jahe
  • 3 cm kayu manis
  • 3 pcs kapulaga
  • 1 buah biji pala
  • Garam dapur

Bumbu Haluskan :

  • Bawang merah 4 pcs
  • Bawang putih 7 pcs

Bahan Untuk Pelengkap :

  • Seledri, potong halus
  • Daun bawang potong kecil
  • Bawang goreng

Cara Memasak Sop Iga Lezat :

  1. Setelah tulang iga sapi anda bersihkan dan poong-potong kemudian anda rebus tulang iga sampai lunak dan empuk, sehingga saat menikmati nanti terasa enak dan lembuk teksturnya. Untuk merebus tulang iga sapi ini memerlukan waktu lumayan lama sekitar 1 ½ jam agar hasilnya benar-benar maksimal. Agar bumbunya meresap dan airnya lebih terasa sedap anda campurkan bumbu yang sudah anda haluskan kedalam air, aduk rata
  2. Masukan kentang, wortel, dan masak hingg matang selama 15 menitan lamanya. Angkat
  3. Sediakan mangkuk dan tuangkan kedalam mangkuk dan jangan lupa taburkan bahan pelengkap lainnya
  4. Selamat menikmati hidangan dan sop iga buatan anda.

Manfaat Daging Sapi

Tidak dapat dipungkiri bahwa daging sapi adalah bahan makanan dengan sumber nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Jika melihat dari berbagai kandungan yang ada di daging sapi, berikut adalah berbagai manfaat memakan daging sapi yang bisa kita dapatkan:

1. Mempertahankan Massa Otot

Konsumsi daging sapi secara rutin dapat dipercaya dapat membantu mempertahankan massa otot. Seiring dengan bertambahnya usia, perubahan bentuk tubuh sulit untuk dihindari. Salah satu yang mungkin akan Anda alami adalah sarkopenia atau hilangnya massa otot.

Kondisi ini pada dasarnya dapat dicegah dengan cara latihan kekuatan otot dan meningkatkan banyak asupan protein. Daging sapi menjadi salah satu pilihan sumber protein untuk mencegah kondisi ini.

2. Meningkatkan Kinerja Otot

Daging sapi mengandung senyawa carnosine yang sangat penting bagi fungsi otot.

Carnosine dibentuk dalam tubuh dari beta-alanine, asam amino yang banyak ditemukan pada ikan dan daging seperti yang ada pada daging sapi. Memenuhi banyak kebutuhan beta-alanine dengan banyak  konsumsi daging sapi dapat meningkatkan kadar carnosine dalam otot.

Sebaliknya, diet vegetarian dapat menyebabkan kadar carnosine rendah. Kadar carnoesin tinggi dalam otot sering dikaitkan dengan meningkatkan kinerja otot selama latihan dan menurunnya risiko kelelahan.

3. Mencegah Anemia

Salah satu manfaat daging sapi yang paling banyak dipercaya masyarakat adalah mencegah anemia, hal ini memang benar adanya.

Anemia defisiensi besi adalah jenis anemia yang paling umum. Daging iga sapi tidak hanya menyediakan sumber zat besi bagi tubuh, tapi juga diketahui juga dapat membantu penyerapan zat besi yang berasal dari sumber dari nabati. Maka dari itu, makan daging dianggap efektif dalam mencegah anemia defisiensi besi.

4. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Daging sapi juga dipercaya dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan  juga menurunkan risiko diabetes. Kandungan asam linoleat terkonjugasi dalam daging sapi bisa dapat membantu meningkatkan sesitivitas insulin.

Selain itu, daging sapi juga mengandung senyawa yang biasa disebut L-carnitine. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan L-carnitine dapat membantu memperbaiki kadar glukosa puasa dan profil kolesterol keseluruhan pada pasien diabetes tipe 2.

 Pemilihan Soup Iga Sapi

1. Pilih Jenis Iga yang Tepat

Pilih beef back ribs atau iga yang diambil dari bagian atas atau punggung hewan. Sebab bagian daging ini lebih berdaging dan memiliki ciri tulang besar. Bagian daging ini juga empuk sehingga bisa langsung dipanggang atau direbus, tanpa pemasakan terlebih dahulu.

Sementara jika anda akan membuat sup iga, sebaiknya pilihlah bagian spare ribsdan short ribsyah, karena memiliki lebih banyak tulang dibanding daging. Sehingga kuah yang dihasilkan pun akan lebih nikmat.

2. Khusus Untuk Sup

Supaya kuah kaldu sup iga jernih, masukkan daging iga sapi yang telah diblansir dalam air yang mendidih. Kemudian rebus dengan api kecil. Buang semua busa-busa, lemak, dan kotoran yang muncul di permukaan sup ya. Anda bisa mengambilnya dengan menggunakan sendok atau saringan halus yang ceper supaya lebih cepat dan tepat sasaran.

Kedua, untuk masakan bersantan, ikuti langkah berikut ya. Masak iga sapi bersama santan encer, masak hingga mendidih dan iga benar-benar empuk. Baru kemudian, masukan santan kental setelah iga empuk. Jangan lupa diaduk terus ya supaya tidak pecah.

Demikianartikel tentang  resep sop iga, sop iga tidak kalah enaknya dengan Iga Bakar. Silahkan buat para bunda untuk mencoba membuat sop ini, agar saat keluarga anda makan ada sop atau makanan berkuah menjadi lengap untuk menemani makan anda dan keluarga anda.