Bisnis Air Kelapa Muda Usaha Yang Manis Untuk Dicoba

Peluang bisnis air kelapa muda masih menjadi salah satu pilihan usaha dengan modal kecil banyak diminati. Usaha ini dapat kita temui di pinggir jalan maupun daerah perkotaan. Wajar bila kesegaran es kelapa muda memang tidak tergantikan, terutama bagi orang yang sedang melakukan perjalanan.

Berbicara tentang bisnis air kelapa, tentu saja langsung terbayang di benak kita adalah usaha biasa atau kurang menjanjikan. Eitss tapi jangan salah, usaha kelapa muda merupakan usaha yg sederhana tapi memiliki hasil yang sangat menjanjikan.

Biasanya, es kelapa muda dijual dalam berbagai varian. Ada yang menjual kelapa muda murni tanpa es, es kelapa muda murni yang langsung dari batoknya, serta es kelapa muda dengan tambahan sirup atau gula merah dan susu.

Air kelapa sering menjadi pilihan minuman yang dikonsumsi ketika cuacasedang  panas untuk menghilangkan rasa haus. Selain rasanya yang menyegarkan, air kelapa juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan.

 

Manfaat Air Kelapa Muda Pada Bisnis Air Kelapa

Manfaat air kelapa tidak hanya sekadar untuk melepas dahaga, tetapi juga baik bagi kesehatan tubuh. Selain dapat mengatasi gejala dehidrasi ringan, mengkonsumsi air kelapa juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Adapun manfaat air kelapa muda berikut ini:

1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Tidak hanya memberikan efek menyegarkan, air kelapa juga bisa meningkatkan stamina tubuh. Hal ini karena terdapat kandungan karbohidrat di dalam air kelapa yang dapat digunakan tubuh untuk menghasilkan energi, sehingga anda bisa lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas.

2. Mencegah Dehidrasi

Air kelapa juga sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh serta mengatasi dehidrasi ringan. Akan tetapi, anda tetap dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya untuk mencegah dehidrasi pada tubuh.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Dalam air kelapa terkandung beragam antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. Bahkan air kelapa jika ditambah dengan air perasan jeruk nipis dipercaya dapat menyembuhkan dari Covid-19. Meski demikian, manfaat dari air kelapa ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Menurunkan Risiko Terjadinya Penyakit Jantung

Air kelapa dipercaya memiliki efek yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam darah, sehingga dapat mengurangi penumpukan lemak yang menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

5. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Minum banyak air memang baik bagi kesehatan ginjal. Bila air putih cukup mendukung fungsi ginjal, mengkonsumsi air kelapa ternyata lebih bermanfaat. Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, asam oksalat, serta komponen lain mengendap menjadi kristal dan terbawa di dalam urine.

Nah, penelitian berjudul Prophylactic Effect of Coconut Water yang dilakukan pada tikus, menunjukkan bahwa air kelapa ternyata dapat mencegah kristal menempel pada ginjal serta saluran kemih.Selain itu, air kelapa mengurangi terbentuknya kristal pada ginjal.

Hal ini terjadi karena air kelapa dapat meminimalisir radikal bebas yang terbentuk akibat tingginya kadar oksalat pada urine. Walaupun demikian, penelitian terhadap manusia masih perlu dilakukan untuk menguji manfaat air kelapa dalam mencegah batu ginjal.

6. Menurunkan tekanan darah

Manfaat air kelapa dipercaya dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Hal ini disebabkan air kelapa memiliki kandungan kalium yang terbukti bisa menurunkan tekanan darah bagi penderita darah tinggi.

Namun, manfaat air kelapa untuk menurunkan tekanan darah ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut.Selain beragam manfaat air kelapa di atas, minuman ini juga dipercaya bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Salah satu manfaat air kelapa bagi pencernaan yaitu meredakan penyakit asam lambbung atau gejala asam lambung naik.

 

Cara Mengonsumsi Air Kelapa yang Baik dan Benar

bisnis air kelapa

Agar mendapatkan manfaat air kelapa secara maksimal, sebaiknya air kelapa murni dikonsumsi yang diperoleh langsung dari buah kelapa. Selain itu, anda juga disarankan untuk tidak menambahkan gula atau pemanis buatan ketika mengonsumsinya.

Bila anda mengonsumsi air kelapa kemasan, pastikan kemasan tidak dapat kerusakan dan perhatikan kembali kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Air kelapa kemasan kebanyakan sudah tidak lagi murni dan sudah ditambah perasa atau gula tambahan. Jika anda mengonsumsinya secara berlebihan, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Anda dapat menyimpan air kelapa kemasan di dalam kulkas supaya tetap terjaga kesegarannya. Akan tetapi, bila kemasan sudah dibuka, segera habiskan air kelapa kemasan tersebut setidaknya dalam waktu kurang dari 24 jam.

Jika anda mengalami keluhan setelah mengonsumsi air kelapa, seperti mual, muntah, sakit perut, atau diare, konsultasikan keluhan anda ke dokter agar segera dilakukan pemeriksaan dan penanganan.

 

Potensi Peluang Bisnis Air Kelapa Muda

Untuk potensi peluang bisnis air kelapa tergantung pada wilayah tempat anda berjuala. Apakah sudah banyak yang menjual es kelapa muda atau masih sedikit. Syukur-syukur belum ada sama sekali, namun keyakinan saya menduga 99% penjual es kelapa muda ini bisa kita dihitung hanya segelintir orang saja atau bisa dikatakan sangat sedikit sekali.

Tidak seramai para penjual minuman es dalam bentuk sachetan atau minuman jus buah-buahan, padahal market pasar penjualannya sangat terbuka luas. Berikut ini beberapa faktor utama yang menjadikan bisnis air kelapa muda menjanjikan:

  • Indonesia mempunyai iklim yang tropis sehingga pada waktu siang tengah hari terutama pada musim kemarau cuaca lumayan panas sekali sehingga hal ini cocok kbila minum air segar dingin seperti es kelapa muda.
  • Tidak terlalu banyak pesaing karena volume jumlah penjual es kelapa muda masih sedikit sekali.
  • Bisnis es kelapa muda tidak membutuhkan modal usaha yang begitu besar.
  • Tidak memerlukan keahlian yang khusus, hanya harus bisa mengupas cangkang luar kelapa dengan baik, ini dapat kita pelajari dengan mudah dan cepat. Tetapi anda harus berhati-hati karena menggunakan golok untuk mengupasnya.
  • Harga penjualan yang dapat diatur sesuai dengan wilayah target, tentunya saja untuk Jakarta, Bandung, Jogja, Bali harganya tentunya akan jauh berbeda.
  • Laba yang diperoleh dapat mencapai dua kali lipat dari anggaran modal yang dikeluarkan.

 

Modal dan Estimasi Pembiayaan yang Diperlukan Pada Bisnis Air Kelapa Muda

bisnis air kelapa

Sebelum menjalankan bisnis air kelapa seperti usaha es kelapa muda, tentu anda pasti bertanya-tanya berapa sih modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis jualan air kelapa muda ini? Nahh, untuk menghilangkan rasa penasaran anda saya akan rincikan hasil survey yang telah dilakukan oleh seseorang ke sejumlah pelaku bisnis air kelapa atau penjual es kelapa muda ini di sebuah kota.

Untuk perkiraan kebutuhan modal dan juga estimasi pembiayaannya adalah sebagai tercatat dibawah berikut:

  • Modal = Rp500.000 (Lima Ratus Ribu Rupiah).
  • Harga pembelian perbuahnya kelapa = Rp 3.000 (Tiga Ribu Rupiah) – Rp 4.000 (Empat Ribu Rupiah).
  • Dua buah kelapa muda dapat menghasilkan kurang lebih lima gelas air kelapa muda.
  • Harga = Rp 4.000 (Empat Ribu Rupiah).
  • Harga penjualan perbuah kelapa muda = Rp 9.000 (Sembilan Ribu Rupiah).
  • Gula bubuk pasir satu kilo gram = Rp 12.500 (Dua Belas Ribu Lima Ratus Rupiah)
  •  Laba kotornya sekitar Rp 160.000 (Seratus Enam Puluh Ribu Rupiah) per hari

Dalam satu harinya, es kelapa bisa terjual hingga 30 lebih gelas, ini belum dihitung dengan para konsumen yang suka membeli per kelapa utuh karena selain minum airnya juga bisa mengkonsumsi dagingnya yang lezat, bahkan tidak jarang perorang konsumen biasa membeli beberapa gelas yang dipindahkan ke plastik untuk mereka bawa pulang.

Misalnya saja anda berhasil melakukan penjualan hingga 20 gelasan dalam satu hari > 20 gelas x Rp 4.000 = Rp 80.000 dan untuk penjualan 5 kelapa degan yang utuh ialah > 5 degan utuh x Rp 9.000 = Rp 45.000 (Empat Puluh Lima Ribu Rupiah).

Total laba kotor Rp 125.000 (Seratus Dua pulu Lima Ribu Rupiah) per harinya, sedangkan total keuntungan bersihnya ialah berkisar Rp 90.000 (Sembilan Puluh Ribu Rupiah). Bila dihitung perbulanya ialah > 30 hari x Rp90.000,- = Rp2.700.000,- (Dua Juta Tujuh Ratus Ribu Rupiah).

 

Peralatan yang Dibutuhkan Pada Usaha Es Kelapa Muda

Berikut ini merupakan sejumlah alat sederhana yang diperlukan untuk menjalankan bisnis air kelapa muda atau es kelapa muda:

  • Wadah ,untuk menuangkan air kelapa
  • Wadah, untuk menyimpan gula yang telah dilarutkan
  • Gayung, untuk menciduk air kelapa
  • Termos es, untuk menyimpan es batu
  • Gelas (20 hingga 50 buah gelas tergantung kebutuhan)
  • Meja
  • Parang atau golok, untuk mengupas kelapa
  • Plastik bening dan sedotan

Untuk semua peralatan lainnya tentu hal itu tinggal anda sesuaikan dengan seleraserta kebutuhan anda sebagai penjual, adapun yang sudah disebutkan diatas hanyalah sebagai peralatan dasar utama yang mesti ada.

 

Tips Menjalankan Usaha Es Kelapa Pada Bisnis Air Kelapa

bisnis air kelapa

Sebelum memulai usaha seperti bisnis air kelapa, alangkah baiknya anda harus memperhatikan cara-cara agar bisnis anda berjalan dengan baik. Dalam dunia usaha dibutuhkan persiapan matang sebelum memulai bisnis, serta anda dituntut kreatif dalam menjalankan usaha anda.

Anda harus menyiapkan poin poin penting seperti modal, tempat pemasaran, serta inovasi agar pelanggan tertarik serta tidak bosan terhadap produk yang anda jual. Nah apa saja sih tips agar bisnis air kelapa berjalan lancar? Simak penjelasan berikut ini.

Mempersiapkan Modal

Modal selalu menjadi hal yang paling utama dipersiapkan sebelum menjalankan usaha. Karena tanpa modal, suatu usaha tentu tidak dapat dilaksanakan. Setidaknya anda memiliki jalan untuk mendapatkan modal usaha meski saat ini belum memiliki modal untuk memulai usaha.

Anda bisa membaca tips cara mendapat modal usaha pada artikel yang ada di internet. Anda bisa meminjam uang di bank, atau di koperasi. Kemudian anda bisa menyisihkan sebagian dari laba keuntungan yang ada peroleh untuk membayar uang modal yang sebelumnya dipinjam dari pihak-pihak tersebut.

Memilih Tempat Bisnis Air Kelapa yang Strategis

Kesuksesan usaha tidak luput dari tempat dimana usaha tersebut berjalan. Lokasi yang strategis akan membuat usaha cepat sukses dan mudah untuk berkembang. Tempat yang strategis tidak melulu di tengah perkotaan yang dikenal ramai.

Tempat yang jauh dari perkotaan juga memungkinkan untuk membuka bisnis air kelapa seperti berjualan es kelapa muda. Lokasi yang bagus untuk usaha ini adalah dipinggir jalan raya atau jalan yang dilalui banyak pengendara.

Anda bisa memilih lokasi dimana pelanggan dapat memarkirkan kendaraannhya dengan mudah.Target pelanggan usaha es kelapa muda adalah orang yang sedang melakukan perjalanan dan membutuhkan tempat istirahat untuk pelepas penat selama berada di perjalanan.

Inovasi

Es kelapa muda pada umumnya dibuat hanya dengan air kelapa muda yang ditambahi es batu agar lebih terasa segar. Supaya terlihat berbeda, alangkah baiknya anda membuat es kelapa muda yang diberi sedikit inovasi. Mungkin anda bisa menambahkan gula aren atau sirup yang ditambah dengan es serut.

Apabila biasanya es batu yang di pecah, coba dengan es serut. Anda juga bisa menambahkan inovasi lain yang mungkin belum pernah terpikirkan sama sekali oleh pengusaha lain untuk membuat bisnis es kelapa muda anda agar terlihat berbeda dengan yang lain.

Bila masih kebingungan untuk mencari inovasi, anda bisa mencari berbagai macam kreasi es kelapa muda di internet. Variasi yang mungkin bisa anda buat antara lain ialah es blewah kelapa muda timun suri, es melon kelapa muda, es smoothie kelapa muda kurma, es kuwut Bali, es jeruk kelapa muda.

Dari rekomendasi varian es kelapa muda yang ada diatas, dapat disimpulkan bahwa anda bisa menambahkan es kelapa muda dengan buah buahan segar untuk menarik pelanggan. Dan, jangan lupa menawarkan beberapa varian es kelapa muda terbaru kepada pelanggan.

Pada hari tertentu, anda bisa menambahkan promo promo bagi pelanggan. Seperti diskon pada hari-hari besar atau gratis es kelapa muda setelah jumlah pembelian tertentu.

Pelayanan Yang Baik

Sudah menjadi hal wajib bagi pebisnis untuk melayani pelanggan dengan baik. Selain varian rasa, usaha anda akan berkembang dengan pesat dan diketahui banyak orang karena pelayanan yang ramah.

Biasanya pelanggan akan berbagi cerita denganorang-orang yang ada disekitar mereka bila mereka merasa nyaman dan menikmati usaha anda. Jadi, pelayanan yang baik akan membantu promosi usaha anda sehingga pelanggan akan bercerita tentang usaha anda pada orang-orang terdekat mereka.

Tempat yang Bersih dan Nyaman

Walau bisnis kelapa muda ini dapat dimulai hanya dengan menggunakan gerobak saja namun bukan berarti anda tidak memikirkan kebersihan dan kenyamanan tempat anda melakukan usaha, karena sudah sifat manusia menyukai tempat yang bersih dan nyaman.

Karena ada diantara beberapa pelanggan yang mungkin hendak sembari bersantai atau beristirahat dalam menikmati es kelapa muda. Untuk itu seandainya harus berdagang dipinggr jalan sekalipun, setidaknya buatlah tempat berteduh seperti tenda serta tempat duduk agar para pembeli merasa nyaman dan tidak kepanasan.

Menerima Delivery Order

Saat ini sistem delivery order sudah tidak asing bagi kalangan masyarakat, karena sistem ini mempermudah mereka yang malas keluar rumah atau sibuk berada di tempat kerja.

Nah peluang ini tentu harus anda manfaatkan, karena anda juga dapat membuka jasa delivery order untuk usaha es kelapa muda, dengan memberlakukan minimal jumlah pembelian untuk delivery order agar anda tidak merugi.

Ya meskipun memang dengan cara ini artinya anda harus memiliki rekan kerja untuk mengantar kerumah rumah pelanggan setiap saat, namun hal ini dapat memberikan nilai tambah terhadap bisnis es kelapa muda yang anda jalani.

Karena sampai saat ini masih sangat jarang penjual es kelapa muda yang menerapkan akan hal ini, usaha kecil seperti ini mungkin tidak mempunyai banyak tips. Karena hal utama pada usaha ini adalah pemilihan tempat dan rasa es kelapa muda yang anda hidangkan.

Dimanapun anda melakukan usaha es kelapa muda, bila tempat usaha anda strategis maka usaha tersebut berpeluang untuk maju dan berkembang.