Bisnis Kelapa Kopra

Sejak dulu minyak kelapa mentah asal Indonesia dikenal sebagai terbaik di dunia, bisnis kelapa kopra sudah banyak dijalani oleh masyarakat umum di Indonesia. Minyak mentah ini akan diproses kembali menjadi berbagai produk turunan seperti minyak goreng, margarin, deterjen hingga bahan bakar bio diesel.

Terdapat banyak sekali jenis usaha atau bisnis menguntungkan yang dapat dicoba, dan bahkan memiliki prospek yang baik di masa depan, salah satunya adalah bisnis kelapa kopra. Namun demikian, sebelum membahas lebih jauh mengenai analisa usaha kopra dan prospeknya, sudahkah anda tahu apa itu kopra?

Kopra merupakan daging dari buah kelapa yang sudah melalui proses pengeringan. Kopra biasanya dijadikan sebagai produk turunan kelapa yang tentunya memiliki perananan penting  sebagai bahan baku pembuatan minyak kelapa serta turunannya.

Tentu saja untuk membuat kopra yang baik dan berkualitas, anda perlu menyiapkan kelapa yang sudah berumur kurang lebih sekitar 300 hari dan memiliki berat sekitar 3 sampai 4 kg.

Adapun teknik dalam pengelolaan kopra sendiri terdapat tiga macam, yakni proses pengeringan dengan panas matahari, proses pengeringan dengan pengarangan di atas api, dan proses pengeringan dengan pemanasan tak langsung.

Kualitas kopra yang baik memiliki kandungan air sekitar 6 sampai 7 persen sehingga tidak mudah terserang organisme pengganggu.

 

Manfaat Kopra pada Bisnis Kelapa Kopra

bisnis kelapa kopra

Sebelum anda memulai suatu bisnis, tentunya anda harus mengetahui manfaat dari produk yang anda buat. Nah, dengan mengetahui manfaat tersebut anda dapat mengenali prospek bagi usaha yang akan dijalankan. Hal tersebut tentunya sangat membantu bagi kelangsungan bisnis anda.

Kopra biasanya dijadikan produk berupa minyak. Minyak tersebut biasa dijadikan berbagai macam turunan. Tak hanya itu, kopra juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Nah ingin tau manfaat-manfaat tersebut? Simak penjelasan berikut ini ya.

A. Produk Turunan Minyak Kopra

Minyak mentah atau CCO biasanya akan diolah kembali menjadi beberapa produk turunan. Di antara beberapa produk turunan kelapa kopra yang paling sering dipasarkan yaitu :

  • Biodiesel

Minyak kelapa kopra ini sudah mulai dimanfaatkan sebagai bahan bakar biodiesel. Biodiesel adalah jenis bahan bakar yang ramah lingkungan. Biodiesel dapat meningkatkan kinerja mesin agar lebih maksimal.

  • Mentega

Minyak kelapa kopra juga sering digunakan sebagai bahan baku industri pengloahan makanan. Salah satunya adalah sebagai bahan baku pembuatan mentega.

  • Kosmetik

Mungkin anda belum pernah terpikirkan bahwa minyak kelapa bisa digunakan sebagai bahan baku pembuat kosmetik. Karena minyak kelapa dapat digunakan sebagai bahan pembuat lotion dan produk pelembut kulit dan wajah.

Minyak kelapa dan minyak sawit juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuat lipstick. Pemulas bibir yang menjadi kosmetik wajib bagi perempuan ini mengandung minyak kelapa untuk menahan warna agar tetap awet dan membuatnya tidak mudah meleleh.

  • Sabun

Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga kebersihan tubuh. Itu lah alasan mengapa minyak kelapa dijadikan bahan dasar pembuatan sabun. Minyak kelapa berguna agar sabun menjadi lebih halus dan lembut.

  • Pakan Ternak

Bungkil kelapa atau copra expeller biasa kita anggap sebagai ampas. Akan tetapi jangan salah, bungkil kelapa ternyata meiliki kandungan lemak dan protein. Bungkil kelapa ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pakan ternak seperti sapi dan babi.

Bungkil kelapa ini memiliki potensi yang sangat besar di Indonesia. Produk ini bahkan diminati sebagian komoditas ekspor ke negara-negara tetangga seperti India, Vietnam serta negara Asia lainnya.

B. Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan

Selain digunakan sebagai bahan pengolahan makanan, minyak kelapa ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak kelapa memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat minyak kelapa sehat.

  • Menjaga Kestabilan Gula Darah

Minyak kelapa merupakan produk yang tepat bagi anda yang memiliki riwayat diabetes. Kandungan Medium Chain Triglycerides (MCT) pada minyak kelapa memiliki manfaat meningkatkan sensitivitas insulin yang ada di dalam tubuh.

Nutrisi itulah yang dapat digunakan untuk meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh, sehingga dapat membantu menjaga gula darah agar tetap stabil. Sehingga, mengkonsumsi minyak kelapa sehat secara teratur dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

  • Mencegah Osteoporosis

Selain menjaga gula darah agar tetap stabil, minyak kelapa yang berkualitas juga bisa membantu penyerapan magnesium dan kalsium pada tubuh. Hal ini sangat berguna bagi anda yang ingin menjaga kesehatan sendi maupun tulang.

  • Menghilangkan Bakteri dan Parasit Dalam Tubuh

Dalam minyak kelapa sehat juga terkandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan adalah zat yang berguna untuk menangkal radikal bebas pada tubuh.

Kandungan antioksidan yang ada pada minyak kelapa dapat mengobati peradangan pada organ tubuh seperti pankreatitis, arthritis, serta batu empedu.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak kelapa yang mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol baik. Asam lemak jenuh yang ada dalam pada minyak kelapa juga dapat mengubah kolesterol jahat menjadi tidak berbahaya.

Kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat menambah resiko serangan jantung, maka dari itu anda dapat menurunkan resiko penyakit jantung dengan mengkonsumsi olahan makanan yang mengandungminyak kelapa.

  • Menurunkan Berat Badan

Bila anda menganggap minyak kelapa dapat meningkatkan berat badan, hal tersebut sama sekali tidak benar. Dalam minyak kelapa terkandung asam lemak jenuh yang justru dapat membantu membakar lemak dalam perut.

 

Proses Pembuatan Kopra pada Bisnis Kelapa Kopra

bisnis kelapa kopra

Daging buah kelapa atau yang biasa disebut sebagai kopra adalah bahan baku pembuatan minyak kelapa mentah. Kopra asal Indonesia menjadi andalan bagi pabrik pengolah kopra di luar negeri.

Proses pembuatan minyak kelapa mentah dari kopra secara tradisional sebenarnya sudah dilakukan sejak dahulu dengan cara yang sederhana. Sampai saat ini, masih banyak petani kopra mengolah daging kelapa secara tradisional.

A. Pengeringan dengan Metode Penjemuran Matahari

Metode penjemuran matahari adalah metode yang paling sering dilakukan para petani kopra. Cara ini memerlukan waktu yang cukup lama dan bergantung pada kondisi cuaca. Kualitas kopra dengan metode ini biasanya tidak stabil sehingga mudah berjamur, dan kadar air dibawah karakteristik optimal dari metode ini.

Pengeringan dengan metode penjemuran matahari biasanya membuthkan waktu 5-7 hari tergantung dengan kondisi cuaca. Jika cuaca sedang bagus, pengeringan selama 8 jam dapat menguapkan kadar air 1/3 dari total kadar air pada kelapa.

B. Pengeringan Metode Tudung Plastik

Metode pengeringan ini lebih baik bila dibandingkan dengan pengeringan sinar matahari langsung. Metode pengeringan kopra sangat menentukan kualitas produk olahan seperti terutama minyak kelapa. Dengan metode ini, anda bisa menghasilkan sari kopra dengan kualitas tinggi.

Ruang jemur terdiri dari atap dan dinding yang dibuat dari plastik transparan. Sinar matahari akan menembus atap plastik transparan dan memanaskan daging kelapa yang sudah ditata di dalamnya.

Dengan metode ini, panas yang dipantulkan oleh lantai atau dinding akan tertahan oleh plastik yang akan meningkatkan suhu pada bilik plastik. Sehingga kopra akan lebih cepat kering dan terlindung dari hujan.

C. Pengeringan Kopra Kelapa dengan Metode Pengasapan

Metode pengasapan merupakan teknik yang sudah banyak dikembangkan pada kalangan petani kopra. langkah pertama masukkan daging kelapa pada pengasap dengan cara membakar sabut kelapa di bawah batok.

Kopra yang dikeringkan dengan sistem pengasapan akan tetap dijemur. Cara ini memerlukan waktu kurang lebih 3 hari.

D. Pengeringan dengan Metode Oven

Menggunakan cara ini anda tnggal masukkan kopra ke dalam oven yang dibakar menggunakan kayu atau tempurung kelapa. Teknik ini tidak terpengaruh oleh cuaca sehingga tidak akan menghasilkan bau bahkan setelah disimpan selama 8 bulan.

Pengering tersusun dari ruang pengering yang dilengkapi dengan pipa pemanas. Udara panas akan ditiupkan oleh blower khusus ke dalam ruang oven sehingga proses pengeringan akan efektif dan efisien sehingga panasnya merata.

Kemudian salah satunya adalah dengan menggunakan udara panas agar kadar air pada kopra dapat berkurang dengan cara mengeringkan dengan panas pada suhu sekitar 60-70 ° C, sehingga dapat menurunkan kadar air 5-6%.

Melalui konduksi dan konveksi. Setelah melewati heat exchanger untuk pertama kalinya, udara panas akan menyebar secara merata melewati buah kelapa yang telah dikeringkan. Dengan alat ini anda dapat mengatur suhu dengan kelembaban kelapa yang telah dikeringkan.

Anda dapat mendapatkan pengering kelapa ini pada toko mesin seperti Rumah Mesin.  Rumah Mesin menyediakan pengering kelapa dengan kualitas yang unggul tentunya.

 

Proses Pembuatan Minyak Kelapa Mentah dari Kopra

bisnis kelapa kopra

A. Mesin Press

Mesin ini digunakan untuk mengolah kopra yang sebelumnya telah dikeringkan dengan oven. Caranya, kopra yang telah kering akan dipotong-potong atau dicacah menggunakan mesin khusus sehingga dapat menghasilkan parutan kasar.

Kopra yang sudah dicacah selanjutnya ditekan menggunakan mesin press hingga mengeluarkan minyak. Proses ini kadang masih menyisakan ampas. Nah, sisa ampas tersebut masih mengandung minyak dan bisa dipanaskan kembali menggunakan oven. Jika sudah kering, ampas tersebut dipress kembali sampai mengeluarkan minyak.

Minyak yang sudah terkumpul selanjutnya diendapkan untuk disaring. Minyak yang selesai disaring juga masih harus diolah kembali dengan cara berikut:

  1. Menambah senyawa alkali untuk menetralisir serta menghilangkan asam lemak bebas.
  2. Menambah bahan penyerap warna, arang aktif atau bentonit agar menghasilkan warna minyak yang jernih.
  3. Mengalirkan uap air panas ke dalam minyak untuk menghilangkan bau tengik dari senyawa yang tertinggal pada minyak.
  4. Minyak dikemas ke dalam botol kemudian diberi label dan siap pasarkan.

B. Ekstraksi Pelarut

Cara ini juga sering digunakan oleh produsen minyak kopra. Cairan pelarut yang dipakai merupakan cairan bertitik didih rendah agar dengan mudah menguap, sehingga tidak akan menimbulkan interaksi kimia dengan minyak kelapa. Residu yang ada pada cairan pelarut ini juga tidak mengandung racun.

Akan tetapi, menggunakan ekstraksi pelarut terbilang cukup mahal. Bila anda ingin menggunakan cara ekstrasi pelarut, berikut tahapannya:

  1. Kopra yang sudah kering dicacah hingga menjadi parutan kasar.
  2. Kopra yang sudah dicacah selanjutnya diletakkan di dalam ruang ekstraksi bersama cairan pelarut yang ada di ruang penguapan.
  3. Selanjutnya cairan pelarut dipanaskan hingga menghasilkan uap. Kemudian uap dari pelarut tersebut akan naik ke ruang kondensasi untuk dicairkan.
  4. Uap pelarut telah cair akan dialirkan menuju ruang ekstraksi untuk meluruhkan lemak yang ada pada kopra yang telah dicacah tadi.
  5. Minyak yang diekstaksi dengan pelarut akan dialirkan kembali menuju ruang penguapan. Nah di dalam ruangan ini, sisa dari cairan pelarut akan diuapkan sehingga terpisah dari minyak.
  6. Proses ini akan dilakukan berulang kali hingga minyak benar-benar bersih dari cairan pelarut. Tandanya adalah ketika minyak telah netral, warna minyak akan terlihat jernih dan tidak berbau.

 

Analisa Bisnis Kelapa Kopra dan Prospeknya

Sebelum memulai suatu usaha, tentunya anda harus menganalisa serta prospek bagi usaha tersebut. Kegiatan ini tentunya  Nah apa saja sih analisa dan prospek bagi bisnis kelapa kopra? Simak pembahasan di bawah ini.

Perkiraan Modal Bisnis Kelapa Kopra yang Dibutuhkan

  • Penyewaan lahan Rp 1.600.000
  • Mesin parut kelapa Rp 1.300.000
  • Wadah Rp 20.000
  • Mesin pengering Rp 900.000
  • Mesin pengemas 450.000
  • Pisau 15.000
  • Peralatan tambahan lain Rp 150.000
  • Total Rp 4.435.000

Biaya Tetap untuk Bisnis Kelapa Kopra

  • Sewa lahan ukuran 1/44 x Rp 1.600.000 = Rp 36.363
  • Mesin parut kelapa 1/48 x Rp 1.300.000= Rp 27.083
  • Wadah 1/36 x Rp 20.000 = Rp 555
  • Mesin pengering 1/60 x Rp 900.000 = Rp 15.000
  • Mesin pengemas 1/48 x Rp 450.000 = Rp 9.375
  • Pisau 1/12 x Rp 15.000 = Rp 1.250
  • Peralatan tambahan yang lain 1/36 x Rp 150.000 = Rp 4.166
  • Gaji karyawan Rp 1.100.000
  • Total Rp 1.193.792

Biaya Variable dalam Bisnis Kelapa Kopra

  • Kelapa Rp 299.000 x 30 = Rp 8.970.000
  • Plastik Rp 45.000 x 30 = Rp 1.350.000
  • Gas LPG Rp 27.000 x 4 = Rp 108.000
  • Listrik Rp 140.000
  • Air Rp 110.000
  • Biaya tambahan lain-lain Rp 48.000 x 30 = Rp 1.440.000
  • Total Rp 12.118.000

Jadi untuk menghitung biaya operasional, biaya tetap + biaya variable, yakni Rp 1.193.792 + Rp 12.118.000 = Rp 13.311.792.

Kemudian untuk menghitung perkiraan jumlah keuntungan yang didapatkan dari bisnis kelapa kopra ini adalah misalnya saja untuk harga jual kopra sebesar Rp 9 ribu per kg dan anda berhasil menjual kopra sebanyak 55 kg per hari, maka openghasilkan per bulan yang didapatkan yakni:

55 kg x Rp 9.000 = Rp 495.000
Rp 495.000 x 30 hari = Rp 14.850.000
Keuntungan per bulan Rp 14.850.000 – Rp 13.311.792 = Rp 1.538.208

 

Tips Bisnis Kelapa Kopra yang Menguntungkan

Niat Awal yang Kuat

Pada dasarnya suatu usaha yang baik adalah yang usaha yang diawali dengan niat yang kuat. Niat kuat untuk menjalankan bisnis kelapa kopra ini nantinya akan membantu anda agar tetap berada di jalur usaha yang sedang anda rintis.

Apa saja yang terjadi pada perjalanan usaha anda, pastikan agar anda tidak pernah menyerah atau berhenti ditengah jalan. Hal itulah yang biasa kita sebut dengan konsistensi dalam berbisnis.

Membuat Hubungan dengan Para Petani

Jika anda tidak memiliki banyak modal untuk bisnis kelapa kopra atau ingin menghemat pengeluaran untuk menjalankan usaha ini, maka anda dapat membuat suatu hubungan yang saling menguntungkan dengan para petani kelapa.

Cara ini tentu saja akan sangat menguntungkan karena anda juga mempunyai kesempatan mendapat kelapa dengan harga lebih terjangkau langsung dari para petani kelapa. Dengan cara tersebut tentunya anda juga bisa menghemat modal yang harus anda keluarkan untuk menjalankan bisnis kelapa kopra

Mengenali Pasar dengan Baik

Agar bisnis kelapa kopra yang anda jalankan dapat berjalan dengan baik di dunia bisnis, maka sebagai pelaku bisnis kelapa kopra anda harus mengenali pasar atau mengetahui dengan pasti target market yang potensial.

Menganalisa pasar tentunya menjadi hal mutlak yang wajib dikuasai oleh pengusaha. Menganalisa pasar terlebih dulu merupakan langkah pertama sebelum akhirnya anda benar-benar terjun ke dunia bisnis kopra.

Menjadi Kreatif dalam Bisnis Kelapa Kopra

Bisnis kelapa kopra ini memang menjadi peluang bisnis yang menjanjikan karena memang prospek bisnis ini sangat bagus sekali, tidak heran apabila disebut-sebut sebagai bisnis yang tidak sia-sia karena setiap bagian kelapa tua dapat dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Yang memiliki nilai ekonomis tidak hanya bagian kelapa tuanya saja, namun air di dalamnya juga bernilai karena memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan. Sementara itu untuk bagian kulit bagian luarnya sendiri yakni berupa kulit keras atau biasa disebut batok bisa dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan.

Anda bisa mengolahnya sendiri menjadi kerajinan atau bisa juga menjualnya di tempat usaha kerajinan tangan. Batok kelapa tersebut juga bisa diolah menjadi arang. Selanjutnya untuk bagian serabut kelapa biasanya digunakan untuk membuat kerajinan peralatan rumah tangga ataupun kerajinan tangan seperti penghias ruangan.

Menjadi Pengekspor Terpercaya

Jika harga kelapa kopra dalam negeri ternyata kurang memuaskan, maka anda dapat menjadi pengekspor kopra yang terpercaya. Maka dari itu, anda harus bisa menjaga kualitas kopra yang anda produksi sehingga importir luar negeri akan menjadikan anda sebagai rekan bisnis.