Bisnis Kelapa Santan Bisnis yang Menjanjikan

Pada artikel ini saya akan menjelaskan peluang bisnis kelapa santan bagi UKM. Biasanya bisnis seperti ini dimulai dari ketidaksengajaan, sekedar iseng, atau memang sudah direncanakan sejak awal.

Jika anda tinggal di pedesaan pastinya anda sering menemui banyak pohon kelapa. Kelapa biasanya diolah dan dijadikan bahan atau kebutuhan pangan bagi kehidupan sehari-hari. Anda akan lebih mudah untuk membuat santan kelapa sendiri karena tidak perlu membeli kelapa.

Tetapi bagaimana jika anda tinggal di perkotaan dan ternyata harus membeli kelapa terlebih dahulu, kemudian anda harus memarut dan memeras untuk mendapatkan santan. Tentu itu akan sangat merepotkan bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu.

Untuk menghemat waktu, anda bisa saja membeli santan kelapa dalam bentuk bubuk ataupun cair di warung-warung terdekat untuk digunakan dalam masakan anda.

 

Proses Pembuatan Santan untuk Bisnis Kelapa Santan

Bisnis Kelapa Santan

Santan berawal dari hasil parutan daging kelapa tua yang dibasahi sebelum akhirnya diperas dan disaring. Bisnis kelapa santan ini sekilas terlihat mudah diolah. Yaps, akan mudah apabila anda menggunakan performa mesin dalam pengolahannya.

Dalam memarut kelapa anda juga bisa menggunakan kinerja mesin lho. Dengan bantuan mesin, anda tidak perlu repot memarut kelapa secara manual agar menjadi hasil parutan. Sebelum diparut, pisahkan terlebih dahulu sabut dan tempurung kelapa dari bagian kelapa yang akan diolah.

Setelah itu, anda dapat mengupas kulit coklat kelapa dengan alat pengikis kulit kelapa, pada bagian ini tanpa dikikis pun tidak menjadi masalah tinggal disesuaikan dengan keinginan anda.

Setelah itu, kelapa dicuci bersih terlebih dahulu. Untuk mengoperasikan mesin pemarut kelapa, nyalakan mesin parut terlebih dahulu. Jangan lupa beri wadah dibawah mesin, karena hasil parutan nantinya akan secara otomatis keluar dari bawah mesin pemarut. Selanjutnya masukkan potongan kelapa ke bagian pisau pemarut secara satu per satu. Mesin akan memarut kelapa secara otomatis.

Setelah selesai memarut, bersihkan mesin dari sisa-sisa parutan kelapa yang masih menempel. Apabila sudah selesai diparut diparut, kita dapat memasukkan hasil parutan kedalam mesin pemeras santan otomatis dengan ditambahkan sedikit air. Secara otomatis mesin akan memeras parutan kelapa menjadi santan.

Mesin pemeras parutan kelapa juga bisa memisahkan hasil olahan santan dan ampas sisa parutan pada wadah yang berbeda. Apabila ampas sisa parutan masih memungkinkan untuk digunakan kembali, lakukan cara yang sama untuk menghasilkan santan.

 

Manfaat Santan

Bisnis Kelapa Santan

Sebelum memulai bisnis kelapa santan, anda juga harus mengetahui manfaat-manfaat santan. Santan memiliki berbagai manfaat yang dapat anda rasakan. Santan sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi, kesehatan rambut, untuk kecantikan, dan lain-lain.

Untuk kesehatan gigi anda bisa mengkonsumsi olahan santan dalam bentuk apapun. Contoh dari olahan santan misalnya sayur lodeh, gulai santan, rendang dan lain-lain. Khusus untuk wajah dan rambut, anda cukup mengoleskan santan pada bagian yang rusak atau keseluruhannya.

Sedangkan untuk kesehatan rambut dan wajah anda cukup mengoleskan santan pada bagian yang rusak atau keseluruhannya. Santan mengandung vitamin C yang dapat memperkuat imunutas tubuh. Selain itu mengkonsumsi makanan yang mengandung santan, anda dapat terhindar dari penyakit flu dan infeksi.

Karena memiliki waktu penggunaan yang pendek, anda harus memeriksa kondisi santan terlebih dahulu sebelum anda gunakan. Santan yang basi dapat di tandai dengan munculnya buih dan bau santan yang tidak segar lagi.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan pengolahan santan ketika sedang dicampurkan dengan bumbu lainnya. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, anda harus mengaduk secara perlahan.¬† Hal ini agar tidak terjadi “pecah santan”.

Pecah santan adalah situasi santan yang tidak dapat menyatu dengan air. Santan akan membentuk gumpalan yang akan berpengaruh hilangnya rasa gurih pada masakan. Di samping itu, tampilan makanan menjadi terlihat kurang menarik.

Untuk meminimalisir pecah santan, anda harus selalu mengaduk santan sampai mendidih. Selain itu anda harus mengatur api kompor tidak terlalu besar. Anda juga bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan menggunakan santan instan. Santan yang instan akan tetap terjaga kestabilitasannya. Sebab santan instan sudah ditambahkan bahan emulsifier.

Ternyata santan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak ada salahnya jika anda ikut serta menyebarluaskan manfaat tersebut dengan cara memulai bisnis kelapa santan dan menyebarluaskannya.

 

Analisa Bisnis Kelapa Santan

Bisnis Kelapa Santan

Sebelum memulai bisnis kelapa santan tentunya harus ada pertimbangan untuk memulai sebuah usaha. Nah apa saja sih yang harus anda perhatikan untuk memulai bisnis ini? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Modal Usaha

Pertama yang harus anda perhatikan sebelum memulai bisnis kelapa santan apakah modal yang anda miliki cukup untuk membeli semua peralatan yang ada dalam analisa usaha santan kelapa di bawah ini.

Hal ini berhubungan dengan proses produksi dalam jumlah banyak. Lagi pula anda juga memperlukan mesin pemarut dan pemeras  untuk mengolah kelapa menjadi santan.

2. Jenis Santan

Anda mungkin berfikir bahwa santan hanya tersedia dalam bentuk cair saja, sebenarnya santan kelapa terdapat banyak jenis nya. Jenis-jenis olahan santan antara lain santan cair dan santan bubuk.

Tetapi hal ini kembali pada penjelasan sebelumnya, apakah modal anda mencukupi untuk membeli mesin-mesin pengolah kelapa menjadi santan.

3. Pasokan Kelapa

Anda harus melihat terlebih dahulu apakah ketersediaan kelapa di sekitar anda banyak atau sebaliknya. Apabila ketersediaan kelapa memungkinkan untuk memulai usaha santan kelapa, anda bisa melanjutkannya karena anda tidak perlu membeli kelapa dari tempat yang jauh dari rumah atau tempat produksi nantinya.

Selanjutnya apabila memang jarang ada kelapa di sekitar anda, mungkin anda bisa mempertimbangkan kembali berapa banyak modal yang harus dikeluarkan untuk ongkos kirim kelapa yang nanti akan dibeli.

4. Target Pemasaran

Sebelum memulai usaha, anda juga perlu tahu wilayah mana saja yang nantinya akan menjadi target pasar anda. Hal ini berhubungan dengan tingkat kebutuhan maupun minat konsumen terhadap produk yang anda jual.

Jangan lupa juga untuk mencari distributor dan bekerja sama dengan berbagai orang untuk membantu memasarkan produk yang anda miliki. Agar mendapat kelapa dengan harga yang terjangkau anda juga bisa bekerjasama dengan petani kelapa.

Untuk mendapat konsumen usaha santan kelapa sepertinya memang bukan menjadi suatu hal yang sulit. Apalagi mengingat jika santan kelapa selalu dibutuhkan oleh kalangan ibu rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan masak sehari-hari.

Biasanya para pebisnis makanan serta minuman juga memerlukan santan untuk bisnisnya, sehingga untuk menentukan konsumen usaha santan kelapa sangatlah mudah. Dimana konsumen usaha santan kelapa mencakup para ibu rumah tangga serta para pebisnis kuliner.

 

Strategi Pemasaran Bisnis Kelapa Santan yang Baik dan Terjangkau

Para pebisnis rumahan rata-rata memproduksi produk makanan dan minuman dari hasil olahan sendiri. mereka bersaing untuk membangun produk dengan kualitas dan cita rasa terbaik. Mengingat produk mereka belum begitu terkenal, strategi pemasaranlah yang perlu ditingkatkan.

Biasanya indrustri rumahan akan lebih dulu mengenalkan produk di lingkungan sekitar mereka. Hal ini bertujuan agar mendapatkan kritik dan saran pada produk mereka. Kritik dan saran inilah yang membantu dalam upaya meningkatkan kualitas produk mereka.

Setelah melakukan percobaan ke lingkungan sekitar, ada baiknya mencoba untuk mencari merek atau brand untuk produk anda. Brand yang baik adalah sesuatu yang mudah diingat dan unik.

Anda juga bisa menambahkan jargon atau kosakata khusus pada produk tersebut. Hal tersebut berguna agar produk anda mudah di ingat konsumen dalam bentuk apapun.

Jangan lupa untuk meningkatkan strategi pemasaran bagi produk anda, baik dari mulut ke mulut atau melalui sosial media. Perlu anda ketahui, sosial media akan sangat berdampak baik pada penjualan anda.

Pada sosial media informasi akan mudah tersebar luas yang tentunya akan meningkatkan nilai jual suatu produk. Maka dari itu, sosial media dapat anda jadikan salah satu media promosi penjualan anda.

Dari sosial media, anda juga bisa mengetahui tingkatan selera konsumen yang nanti dapat anda jadikan pertimbangan untuk mengembangkan produk tersebut. Anda juga bisa menerapkan cara-cara tersebut pada bisnis kelapa santan.

Konsumen akan tertarik apabila produk dikemas dengan tampilan yang unik. Proses produksi dan pengemasan dengan cara-cara profesional seperti memanfaatkan teknologi mesin juga akan menjadi pertimbangan konsumen tentunya.

 

Memanfaatkan Mesin Pemarut dan Pemeras Santan untuk Bisnis Kelapa Santan

Apabila anda memarut secara manual, anda harus mengeluarkan tenaga lebih banyak untuk menghasilkan perasan santan. Dengan cara manual tersebut anda juga memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan menggunakan mesin pemeras parutan.

Hal tersebut tentunya akan memperlambat kinerja anda dalam menjalankan bisnis kelapa santan. Belum lagi jika anda harus memeras parutan kelapa dengan jumlah yang sangat banyak.

Mesin pemarut kelapa dan pemeras santan ini jarang ditemukan dalam satu paket, biasanya kedua mesin ini tersedia dalam keadaan terpisah. Untuk mesin pemarut kelapa, anda tentunya sudah tidak asing lagi.

Anda bisa menemui pada penjual kelapa yang ada dipasar ataupun warung warung kecil yang menyediakn jasa parut kelapa. Sedangkan mesin pemeras santan jarang ditemui di pasar ataupun warung-warung penyedia jasa parutan, biasanya mesin pemeras santan ini dimiliki oleh produsen khusus pengolahan santan.

Santan sendiri tidak memiliki waktu penyimpanan yang lama setelah pengolahan, dikarenakan santan akan cepat basi apabila tidak segera di olah. Oleh sebab itu santan harus segera diolah setidaknya satu jam setelah dilakukan pemerasan.

Apabila disimpan didalam kulkas, maksimal dua jam setelah pemerasan harus segera digunakan. Berbeda dengan kelapa parutnya yang bisa anda simpan apabila dimasukkan kedalam freezer.

Setelah itu apabila akan diolah menjadi santan, anda cukup menambahkan sedikit air panas pada parutan kelapa yang sebelumnya dimasukkan kedalam freezer.

Itu dia alasan pedagang kecil jarang menggunakan mesin pemeras santan dibandingkan dengan mesin pemarut kelapa. Hal itu disebabkan santan tidak memiliki jangka pemanfaatan yang lama apabila tidak segera diolah.

Akan tetapi jika anda masih ingin membuka bisnis santan, anda masih bisa menggunakan metode pengawetan dengan cara menambahkan pengawet makanan yang aman dan tidak membahayakan bagi tubuh. Pengawet tersebut tentunya akan membantu memperpanjang waktu penggunaan santan.

 

Lokasi Pemasaran untuk Bisnis Kelapa Santan

Apabila anda ingin menjalankan bisnis kelapa santan maka perlu menentukan lokasi untuk berjualan walau pada pembahasan sebelumnya anda juga bisa bekerjasama dengan pengusaha kuliner. Anda juga perlu tempat berjualan agar mudah dijangkau masyarakat terutama para ibu rumah tangga.

Bisnis kelapa parut bisa dijalankan dengan membuka kios kecil-kecilan maupun menyewa tempat dipasar tradisional. Selain itu anda juga bisa menitipakan kelapa parut di beberapa warung atau pedagang kaki lima.

Bila anda ingin menjadi produsen khusus pembuat santan, anda harus mempertimbangkan kembali apakah lokasi anda memiliki ketersediaan kelapa yang melimpah. Apabila anda harus mendapatkan kelapa dari lokasi yang lebih jauh tentunya akan menambah biaya pengiriman.

 

Pemanfaatan Limbah dari Bisnis Kelapa Santan

Bisnis Kelapa Santan

Apabila anda memulai sebuah usaha seperti bisnis kelapa santan, sudah pasti terdapat sisa-sisa atau limbah dari olahan tersebut. Anda mungkin berfikir bahwa limbah dari olahan kelapa ini tidak dapat dimanfaatkan.

Namun, anda akan salah apabila berfikir seperti itu. Limbah lahimb tersebut bisa anda gunakan sebagai usaha sampingan anda.

Limbah dari olahan kelapa terdapat berbagai jenis seperti sabut kelapa, batok kelapa, air kelapa, dan ampas dari parutan kelapa. Nah bagaimana cara memanfaatkan limbah tersebut dengan baik dan benar?

Untuk sabut kelapa, anda bisa memanfaatkannya menjadi sapu. Pada minimarket bahkan toko-toko kecil anda pasti sering menemui sapu yang terbuat dari sabut kelapa. Sapu ini biasa digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga untuk membersihkan rumah.

Coba bayangkan jika anda mengubahnya menjadi sapu, sedangkan setiap rumah pasti membutuhkan. Berapa jumlah keuntungannya bila anda menjual sapu-sapu tersebut, sangat banyak bukan.

Bila anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengolah sabut tersebut menjadi sapu, anda masih bisa menjualnya ke pabrik kerajinan untuk dijadikan karya-karya yang tinggi nilai jualnya. Begitu juga dengan batok kelapa, bisa dimanfaatkan menjadi produk-produk kerajinan.

Untuk pemanfaatan air kelapa, anda bisa menjadikannya sebagai bahan baku pembuatan nata de coco. Sedangkan ampas parutan kelapa bisa anda jadikan pakan ternak dan pupuk.

 

Penggunaan Peralatan yang Tepat pada Bisnis Kelapa Santan

Menggunakan mesin pemarut kelapa memiliki keunggulan tersendiri dsalam menjalankan bisnis kelapa santan. Anda bisa menghemat waktu dan tenaga untuk menghasilkan parutan kelapa. Begitu juga dengan mesin pemeras santan yang tentunya akan meminimalisir kemungkinan bakteri masuk kedalam produk.

Sedangkan jika anda menggunakan tangan untuk mengolah produk mungkin bakteri yang akan masuk akan lebih banyak dibanding dengan mesin. Karena kita tidak mengetahui jumlah kandungan bakteri yang ada di tangan.

Untuk menigkatkan kualitas produk, anda juga perlu memperhatikan kemasan. Kemasan merupakan salah satu media pendukung agar konsumen tertarik pada produk tersebut. Jadi tidak hanya proses pengolahan saja yang harus diperhatikan, namun nilai estetika juga perlu anda kembangkan.

Untuk proses pengemasan produk disarankan menggunakan kinerja mesin. Dengan bantuan mesin tentunya hasil pengemasan akan lebih maksimal. Hal ini tentunya akan meningkatkan penilaian dari konsumen terhadap produk anda.

Berbeda jika anda menggunakan lilin yang akan meninggalkan noda hitam sisa pembakaran pada kemasan. Mengemas menggunakan lilin juga akan membahayakan bagi kesehatan, terutama pada sistem pernafasan.

Anda bisa mendapatkan mesin-mesin tersebut secara mudah melalui Rumah Mesin. Mesin yang disediakan Rumah Mesin didesain khusus menggunakan bahan berkualitas sehingga mampu memberikan kelancaran penggunanya. Dengan adanya bantuan mesin, anda akan menghemat maktu dan tenaga.

Demikianlah sekilas pembahasan dari kami yang berkaitan dengan peluang bisnis kelapa santan dan analisa usahanya yang dapat kami suguhkan untuk anda. Semoga saja adanya informasi yang kami sajikan diatas bisa berguna dan menjadikan bisnis ini makin lancar dan menguntungkan.