Bumbu Rendang Daging

Randang adalah masakan tradisional dari minangkabau. masakan rendan daging bercita rasa pedas yang dicampuran dengan berbagai bumbu-bumbu dan rempah-rempah.Masakan ini dimasak menggunakan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam atau biasanya sekitar 4 jam hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu.

Bahan utama yang digunakan yaitu daging sapi, dimana daging ini melambangkan sebagai niniak. Bahan yang ke dua adalah kelapa, yang melambangkan kaum intelektual atau dalam bahasa Minang. Yang ketiga adalah lado atau sambal. Kemudian bahan terakhir yaitu pemasak atau bumbu, melambangkan setiap peran dari masing-masing individu agar dapat hidup secara berkelompok, hal ini menjadi unsur terpenting dalam kehidupan masyarakat Minang.

Bumbu dasar rendang adalah bumbu dasar yg digunakan dalam membuat rendang yang terdiri dari santan kelapa, dan campuran dari berbagai bumbu khas yang dihaluskan di antaranya cabai , bawang putih, bawang merah, serai, lengkuas, jahe, kunyit dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai pemasak atau rempah-rempah

Pada Artikel kali ini saya akan membahas bumbu- bumbu untuk rendang, ada juga artikel tentang memasak cumi-cumi.

 

Bumbu-Dasar-dan-Resep-Rendang

Bumbu Randang Daging

                 1.  Daun kunyit

Bumbu yang satu itu salah satu bahan penyadap masakan. fungsi utama                                                          daun kunyit adalah memberikan rasa dan aroma pada masakan, hingga masakan menjadi sedap Masakan yang biasanya menggunakan daun kunyit antara lain yaitu hidangan khas Melayu, seperti      Rendang.  daun kunyit juga dapat mengurangi bau amis pada bahan makanan seperti                                daging-dagingan.

                  2.  Daun Jeruk Purut

Salah satu rempah daun yang paling sering gunakan dalam masakan yaitu daun jeruk.                                Daun  jeruk memiliki fungsi utama sebagai pemberi rasa dan aroma pada masakan                                      berbahan santan seperti Rendang misalnya.

                   3.  Asam Kandis

Asam kandis banyak dimanfaatkan untuk membuat masakan khas Sumatera. Rendang,                              kari dan gulai jadi makin sedap karena tambahan asam kandis ini. Rasanya masam dan                                agak pahit. asam kandis ini berasal dari India, dan merupakan kerabat dari buah                                            manggis  dan juga asam gelugur.

                    4.  Daun Serai

Daun serai adalah salah satu tanaman yang populer digunakan untuk memasak dengan aroma yang khas dan memiliki rasa, serai  juga sebenarnya mengandung banyak manfaat umtuk kesehatan.

                    5.  Lengkuas

lengkuas adalah salah satu bumbu dapur, lengkuas memberikan cita rasa dan aroma khas yang kuat pada setiap  masakan. Dalam penggunaannya sebagai bumbu masakan, lengkuas diiris tebal-tebal atau dimemarkan alias digeprek sebelum dicampurkan dalam masakan. Hal ini karena kulit dan daging lengkuas yang tebal dan keras. Selain itu, memberikan aroma lengkuas juga memberika rasa sedikit pedas saja, sehingga tidak perlu diiris tipis atau dihaluskan. Lengkuas tidak untuk dimakan seperti bumbu dapur lainnya seperti bawang, cabai atau jahe. Namun lengkuas juga bisa diparut untuk dijadikan serundeng.

                     6.  Jahe

Jahe adalah bumbu dapur paling poluer dan kaya akan manfaatnya. Bisa dipakain untuk bahan dasar  memasak agar masakan jadi enak. cara memakai jahe untuk masak yang benar.                                        Kupas jahe dengan cara mengerok kulitnya dengan sendok atau kupas dengan pisau. Sebaiknya kupas sebanyak yang diperlukan. Supaya umbi jahe yang tersisa bisa dipakai kembali dan tetap segar. Untuk dicampurkan dalam tumisan, cincang halus atau kasar jahe, bisa juga diiris panjang kecil.

                     7.  Ketumbar

Bumbu ini identik sebagai bumbu dapur. Ketumbar juga digunakan untuk membantu mengurangi pemakaian natrium sebagai penyedap rasa dalam masakan. Namun ternyata ketumbar juga memiliki manfaat untuk kesehatan. ketumbar merupakan sumber antioksidan. Berdasarkan sejumlah penelitian, mengonsumsi lebih banyak ketumbar, bisa mengurangi risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, hingga kematian. Selain itu, kulit dan rambut akan semakin sehat. Meski mampu menurunkan berat badan, ketumbar pun ternyata bisa meningkatkan energi Anda dan tidak hanya untuk memasak tapi juga bagus untuk kesehatan.

                     8. Kemiri

Bahan bumbu berikut ini adalah kemiri. Kemiri memiliki banyak manfaat dalam berbagai keperluan sehari-hari, mulai dari memasak, kesehatan dan kecantikan. Fungsi kemiri sebagai bumbu masak adalah sebagai pengental kuah sekaligus membantu menguatkan aroma sedap pada makanan dan rasa makanan. Penggunaan kemiri juga sering disandingkan dengan santan..

                     9. Merica

Merica atau lada putih mungkin bukan lagi bumbu dapur yang asing digunakan dalam banyak masakan. Dengan rasa hangat dan pedasnya yang khas, merica punya peran penting dalam banyak masakan. Ini dia fungsi merica dalam masakan.

  • Menambah rasa pedas atau hangat
  • Menghilangkan amis
  • Penyedap alami
  • Penambah aroma

                    10. Bawang Merah

Bawang merah menambahkan rasa lezat pada masakan. Dapat digunakan dalam keadaan segar, sebagai produk sayuran acar, bumbu tumisan, hingga jadi taburan bawang goreng. Rasanya agak seperti bawang bombay, tapi lebih ringan. Bawang merah tidak sekedar berfungsi sebagai pelezat masakan saja, tetapi juga karena nilai gizi yang sebenarnya lebih unggul dari bawang biasa dalam beberapa cara. Mari kita melihat lebih dekat beberapa nutrisi yang menyusun sayuran yang serbaguna dan populer ini.

Hampir semua orang yang tinggal di Indonesia telah mengenal rendang. Kepopuleran rendang disebabkan karena begitu banyaknya rumah makan Padang yang ada di setiap sudut kota-kota di Indonesia. Aslinya, rendang adalah masakan khas daerah Padang atau Sumatera Barat.

Asal kata Rendang dari kata ‘merandang’, yang berarti memasak santan hingga menyusut(kering) dengan perlahan. Memang membutuhkan waktu yang lama untuk memasak rendang hingga kuahnya kering. Berikut adalah resep bumbu rendang daging.

Resep bumbu rendang ini memang sudah terkenal dan diakui kelezatannya. Rendang telah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia, yaitu menurut survei CNN pada 7 September 2011 silam. Selain itu rendang juga telah terdaftar di UNESCO sebagai makanan khas Indonesia.

Tips Cara Buat Bumbu Rendang

Sebaiknya pilihlah kelapa yang sudah tua untuk membuat santan kental. Gunakan tangan saat memeras santannya agar mudah, terutama saat melakukan proses pemarutan dan pemerasan supaya lebih kuat cita rasanya.

Perlu diperhatikan juga untuk pemilihan dan pengolahan cabai. Umumnya sambal cabai ijo pada masakan padang, adalah pelengkap yang membuat makanan jadi lebih nikmat.

Sedangkan untuk pembuatan sambal yang memiliki cita rasa sesuai dengan resep asli dari Sumatera Barat, pastikan memilih untuk menggunakan cabai ijo keriting yang tidak terlalu besar dan berair supaya rasa pedas dan kadar air sambal menjadi pas.

Resep-Rendang-Daging

Resep Bumbu Rendang Daging

Nah, untuk membuat bumbu rendang daging sebenarnya tidaklah susah. Pertama, Anda harus menyiapkan beberapa bahan utama yang dibutuhkan dalam Resep bumbu rendang. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Bumbu Dasar Rendang Daging:

  • 3 lbr daun kunyit
  • 500 ml santan kental (dibuat dari 3 bh kelapa tua)
  • 2.5 l santan encer
  • 3 cm lengkuas (memarkan)
  • 700 gr daging paha sapi(potong-potong sesuai selera)
  • 2 btg serai (memarkan)

Bumbu Halus:

  • 4 sdt garam
  • 2 sdt gula pasir
  • 16 btr bawang merah
  • 1 sdt ketumbar
  • 4 siung bawang putih
  • 5 bh cabai merah besar
  • 1 sdt merica
  • 5 btr kemiri (sangrai)
  • 20 bh cabai merah keriting
  • 5 cm jahe

Cara Membuat Bumbu Rendang Daging :

  1. Nyalakan kompor lalu masaklah santan encer.
  2. Masukkan lengkuas, daun kunyit, serai, dan bumbu halus sambil mengaduk-aduknya sampai mendidih.
  3. Masukan daging sapi ke dalam larutan santan.
  4. Aduk perlahan hingga daging menjadi empuk dan kuahnya menjadi kental.
  5. Tuangkan santan kelapa kental lalu masak dengan nyala api kecil.
  6. Teruskan mengaduk hingga kuah menyusut(berkurang), mengental, dan berminyak.
  7. Bumbu rendang telah siap dihidangkan.

Tips Membuat Rendang Dengan Daging Yang Empuk

1. Gunakan Bagian Daging yang Tepat

Bagian daging yang tapat baiknya bagian paha, kelapa atau pun has dalam, semuanya bisa  dimasak menjadi rendang. Hanya tinggal memilih ingin rendang dengan tekstur yang  seperti apa. Jika ingin daging yang empuk, tentu bisa daging sapi has dalam ataupun luar  bisa jadi pilihan tepat.

2. Olah Daging dan Bumbu Dangan Benar

Untuk mendapatkan citra rasa yang enak, bumbu rendang sebaiknya dibuat dari bahan-bahan segar yang dihaluskan dengan cara sederhana, di haluskan pakai cobek misalnya. Setelah dihaluskan, cara memasak rendang yang tepat adalah merebus bumbu halus bersama santan. Setelah mengental dan mengeluarkan minyak, selanjutnya daging dimasukkan lalu dimasak hingga matang.

3. Gunakan Jumlah Santan yang Cukup

Penggunaan santan dalam jumlah yang cukup sangat penting dalam cita rasa rendang. perbandingan daging dengan santan adalah 1:3, yaitu tiap 1 kg daging setara santan kental dari 3 butir kelapa. Bila ingin membuat rendang yang pedas, tiap 1 kg daging bisa menggunakan 250 gram cabai dan santan kental dari 4 butir kelapa.

4. Masak Rendang dengan Api Kecil

rendang sebaiknya dimasak dengan api kecil selama beberapa jam.  kira kira 5-6 jam

5. Aduk Rendang Secukupnya

selama daging dimasak dalam bumbu, daging tidak perlu diaduk terus-menerus supaya dagingnya tidak hancur.

 

Resep Rendang Daging

Bahan Rendang Daging :

  • Daging sapi lulur 500 gram, potong melebar sebanyak 12 potong
  • Daun kunyit 2 lembar
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Serai 2 batang, memarkan
  • Pekak 1 buah
  • Kelapa parut sangrai 2 sendok makan
  • Santan 1000-1500 ml dari 2 butir kelapa
  • Minyak goreng 2 sendok makan

Bumbu Halus Rendang Daging : 

  • Bawang merah 10 butir
  • Bawang putih 6 siung
  • Cabai merah 150 gram
  • 1 sdm ketumbar
  • Cabai rawit sesuai selera
  • Kemiri 5 butir
  • Jinten 1/2 sendok teh
  • Kunyit 1/2 cm
  • Jahe 1 cm
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Rendang Daging :

  1. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus, daun kunyit, daun jeruk, serai dan pekak sampai tercium  harum.
  2. Masukkan daging dan aduk hingga berubah warna.
  3. Tuang santan dan tambahkan kelapa parut sangrai, masak di atas api sedang sambil diaduk perlahan  hingga mendidih.
  4. Lalu kecilkan api, masak hingga daging matang, berminyak hingga kecoklatan.
  5. Angkat dan sajikan.

Sekian akrtikel yang saya bikin semoga bermanfaat bagi anda semua yang membacanya, selamat mencoba.