Cara Buat Cenil Makanan Tradisional

Cara buat cenil? Apa kalian pernah membuatnya? Atau pernah memakan jajanan tradisional yang kenyal ini? Jajan pasar khas Jawa ini pasti selalu dinanti kelezatannya. Meskipun tergolong cemilan jadul, jajan pasar ini masih belum terlalu susah dicari. Sesekali cobain deh makanan ini.

Di satu sisi munculnya penganan-penganan baru membuat kita jadi punya banyak pilihan. Tapi, di sisi yang lain, hadirnya sajian baru kadang membuat yang lama jadi terlupakan bahkan mungkin sudah ditinggalkan. Hal yang semacam ini terjadi di mana-mana dan menimpa makanan tradisional.

Jajanan pasar  memang beragam, namun yang sangat familiar dikalangan masyarakat salah satunya ialah cenil.Harga kue ini sangat terjangkau namun memiliki rasa yang enak, sehingga bagi orang jawa yang merantau ke daerah di luar jawa akan merasakan kangen terhadap makanan khas ini.

Pengertian Cenil

Cenil dapat disebut cetil adalah makanan pokok bahan dari Tepung Ketela yang dimasak hingga kenyal. Yang unik dari kue cenil ini, selain namanya yang terlihat lucu, juga rasanya yang kenyal, manis dan kadang lengket – lengket basah.

Cenil paling enak di santap pada pagi hari dengan di temani secangkir teh maupun kopi.
Makanan khas Surabaya ini bisa anda dapatkan dibeberapa pasar tradisonal, Harga cenil berkisar cukup murah, yaitu sekitar Rp 2.000,00 – 3.000,00 per bungkus.

Bentuk cenil bervariasi, ada yang lonjong, bulat, dan persegi, tergantung selera masing-masing pembuat.  Warnanya pun beragam dan biasanya satu porsi dibuat lebih dari satu warna, sehingga ketika dihidangkan kue cenil terlihat warna-warni dan menarik.

Dalam proses penyajian makanan ini, biasanya dicampur dengan daging kelapa yang diparut halus, beberapa pisang yang dipotong kecil-kecil, dan lontong ketan yang manis. Cenil biasanya disajikan dengan sawut yaitu potongan ketela halus.

Sedangkan cara memakanya adalah dengan cara diberi parutan kelapa dengan ditaburi gula pasir, kemudian biasanya untuk menambah nikmatnya menyantap cenil, anda bisa menggunakan tusuk yang dipakai untuk membungkus cenil tersebut.

Sejarah kue cenil

Ternyata terdapat sejarah dan filosofi dari makanan cenil ini. Di Jawa Timur dikenal juga dengan nama cetot. Cenil yang kenyal-kenyal itu menandankan ikatan persaudaraan masarakat di Jawa tak mudah dipisahkan saking eratnya.

makanan ini biasanya disajikan dengan menggunakan pincuk yang merupakan akronim dari kata “pinten-pinten cukup” yang dalam masyarakat jawa menggambarkan rasa syukur kepada Tuhan.

Zaman dahulu cenil merupakan makanan alternatif bagi masyarakat Jawa Timur, karena saat itu terjadi kelangkaan bahan makanan beras sehingga masyarakat Jawa Timur berfikir untuk mengolah sagu menjadi sebuah makanan.

Saat itu masyarakat behasil membuat sebuah makanan yang di sebut dengan cenil yang artinya menurut masyakat adalah “centil” karena makanan itu berwarna-warni senghingga menggoda para peminat makanan ini.

Makna lain yang terkandung dari kata cethil dalam bahasa jawa juga memiliki arti pelit, namun maksud yang terkandung dalam kue ini bukanlah merujuk kepada orang-orang yang pelit. Ada juga yang menafsirkan bahwa penamaan cethil pada makan ini karena bentuknya yang kecil-kecil.

cara buat cenil

Cara Penyajian Kue Cenil

Dalam menyajikan makanan ini biasanya disajikan bersama dengan beberapa makanan sejenis lainnya. Namun disantap dengan begitu saja juga memeiliki rasa yang enak.Sejak dahulu memang sudah banyak penjual kue cenil yang dijumpai di berbagai tempat.

Agar keberadaan makanan ini tetap eksis ditengah perkembangan zaman, tidak jarang pula penyajian dibuat semenarik mungkin misalnya dengan menggunakan daun pisang dengan bentuk-bentuk yang unik.

Hal ini membuktikan jika keberadaan usaha cara buat cenil emang masih memiliki potensi yang bagus sejak dahulu hingga sekarang. Usaha kue cenil semakin berkembang pesat hingga saat ini.

Semakin hasil semakin banyak pula peminat kue cenil yang memburu kue ini. Sehingga baru berjualan saja banyak pedagang cenil yang harus tutup lantaran daganganya cepat habis. Tingginya penggemar kue cenil , membuat kue cenil tidak terlindas oleh zaman.

Untuk menemukan kue cenil memang tidak begitu sulit, banyak penjual yang menawarkanya di pasar dan berbagai pesta rakyat dan dipinggir jalan. Biasanya kue cenil dijual oleh embah embah yang membawa barang daganganya dengan cara di pikul.

cara buat cenil

Peluang Usaha Kue Cenil

Usaha kue cenil di Indonesia memang cukup propektif dengan respon baik dari masyarakat. Usaha kue cenil menjadi suatu usaha cemilan tradisional yang menyehatkan dan permintaan pemasaran terbilang tinggi dan berkopetensi besar.

Pelaku usaha kue cenil semakin berkembang pesat dan manguasai pasar jajanan tradisional di tanah air. Kini dalam berjualan kue cenil mengusung tema warung atau kedai sehingga pengunjung dapat menikmati kue cenil ini dengan mudah dan nyaman.

Dalam menjalankan usaha kue cenil memang diperlukan pula adanya modal supaya usaha berjalan secara lancar dan maksimal. Jenis usaha kue cenil ini memang tergolong usaha yang hanya membutuhkan modal sedikit.

Dalam menjalankan usaha kue cenil modal digunakan untuk membeli peralan mesin yang hendak juga akan digunakan untuk membeli keperluan bahan baku kue cenil itu sendiri. Dengan modal terbatas anda akan bisa menjalankan usaha kue cenil dengan skala kecil.

Kue cenil adalah kue tradisional yang bisa anda buat di rumah dengan mudah. Disini kami akan berbagi resep kue cenil kelapa parut untuk anda. Mengapa disebut kue cenil kelapa parut?  Ya, karena penyajian dari kue cenil ini adalah dilapisi parutan kelapa dan ditaburi gula pasir.

Jadi rasa manis dari kue ini sangat terasa. Berbahan dasar tepung kanji dan sedikit garam merupakan tanda bahwa kue cenil memang mudah untuk dibuat. Resep kue cenil sangat dibutuhkan agar nantinya anda dapat semakin mudah untuk menjalankan proses produksi kue cenil tersebut.

Cara membuat dan resep sangat dibutuhkan dalam membuat kue cenil sebab daya beli dari masyarakat akan sangat tergantung terhadap rasa kue cenil yang akan dihasilkan. Jika anda mengolah kue cenil dengan tepat tentu rasanya bisa enak dan disukai banyak masyarakat.

Lantas anda ingin tahu cara buat cenil ini? Cara buat cenil sebetulnya tidak terlalu sulit. Yuk langsung aja kita simak cara pembuatanya dibawah ini!

Langkah langkah cara buat cenil

Alat yang digunakan :

  • Kompor
  • Baskom
  • Centong/adun
  • Pisau
  • Serok
  • Meja
  • Kursi
  • Piring
  • Garpu
  • Gelas
  • Sendok

Bahan yang digunakan :

  • 400 gram tepung kanji
  • pewarna makanan
  • 1 sdt garam
  • 215 ml air
  • 8 – 10 lembar daun pandan, potong-potong
  • 6 sdm gula pasir
  • ½ butir kelapa setengah tua, kupas, parut memanjang
  • 2000 ml air untuk merebus

Langkah cara buat cenil :

  • Pertama, masak air dan garam sampai mendidih.
  • Setelah itu masukkan larutan tepung kanji sambil terus diaduk agar adonan mengental. Angkat.
  • Aduk lagi adonan sampai mengental rata dan adonan menjadi dingin.
  • Lalu campurkan sisa tepung kanji sedikit demi sedikit.
  • Uleni adonan sampai rata.
  • Kemudian adonan dibagi menajadi 3 bagian.
  • Setiap bagian diberi warna yang berbeda agar menarik.
  • Ambil 1 sdm adonan dari setiap warna. Kemudian rekatkan setiap adonan menjadi satu.
  • Gulung dan bentuk bulat/lonjong. Bisa juga dibentuk memanjang lalu dipotong-potong.
  • Lalu rebus air dan daun pandan dengan api kecil. Jangan lupa untuk menutup pancinya, sampai aroma pandan meresap.
  • Lalu daun pandan dibuang. Kemudian masukkan adonan yang sudah dipotong-potong tadi.
  • Lalu dimasak sampai adonan mengapung. Angkat dan tiriskan sebentar.
  • Kemudian gulingkan kue cenil ke dalam parutan kelapa.
  • Taburkan gula pasir di atasnya. Cara buat cenil selesai.

Tips :

  • Saat menggulung atau membentuk adonan cenil, taburi tangan dengan tepung tapioka terlebih dulu supaya adonan tidak lengket di tangan.
  • Siapkan banyak panci untuk adonan dan merebus.

Demikian mengenai cara pembuat kue cenil dan pengolahanya yang memang tergolong sangat terbilang mudah dan gampang. Warna-warna yang digunakan biasanya adalah merah, hijau, atau putih/polos.

Ingin mencoba resep kue cenil ini dirumah? Bilamana anda jago dalam pembuatan kue cenil tersebut dan hasilnya sudah pas, maka anda bisa jalankan usaha cenil dari sekarang juga.

Analisa Usaha Kue Cenil

cara buat cenil

Namun anda juga harus perlu mengetahui analisa usaha kue cenil untuk lebih mengenal dan juga tahu berapakah anggaran biaya yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha tersebut. Dengan mengetahu analisa usaha kue cenil maka usaha akan bisa berjalan dengan baik.

Dalam segi rasa kue cenil mempunya khas rasa manis dan juga sensasi gurih dari parutan kelapanya.Dalam hadirnya resep kue cenil kita akan lebih mudah untuk mempraktekanya. Anda bisa mencoba membuatnya di rumah dengan panduan dari kami ini. Selamat Mencoba.

Dalam anda menjalankan usaha kue cenil ini anda sangat membutuhkan dukungan mesin pemarut kelapa dalam mempercepat proses dari produksi. Untuk menjalankan usaha kue cenil mesin pamarut kelapa ini mempunyai manfaat yang besar untuk membantu proses pemarutan kelapa.

Mesin pemarut kelapa menjadi salah satu mesin yang wajib digunakan untuk setiap pengusaha kue cenil, dimana bantuan mesin pemarut kelapa ini mampu membuat produksi berjalan lancar. Jika dahulu masih banyak yang menggunakan parutan manual kini bisa menggunakan mesin.

Dalam prosesnya pengusaha cenil seringkali merasa kewelahan dimana proses pemarutan kelapa membutuhkan jumlah tenaga yang besar dan memakan waktu yang lama. Jika pembeli kue cenil membludak seringkali pengusaha cenil yang harus cepat dalam proses pemarutan kelapa.

Hal ini memang membutuhkan proses kurang efektif sehingga jalanya usaha kue cenil menjadi  kurang lancar dalam proses pemarutan kelapa agar berjalam secara maksimal memang penggunaan mesin pemarut kelapa ini sangat diperlukan.

Mesin pemarut kelapa ini memiliki fungsi memarut kelapa secara miuah dan praktis tanpa butuh waktu yang lama. Dimana hasil parutan kelapa menggunakan mesin pemarut kelapa juga sangat baik, hasinya lemut dan merata dengan baik.

Mesin pemarut kelapa mempunyai kecepatan yang baik dalam menghasilkan parutan kelapa lebih cepat dibandingkan dengan cara manual. Mesin pemarut kelapa juga memiliki kapasitas yang besar untuk proses pemarutan kelapa dengan lebih cepat.

Selain mengupas tentang cara buat cenil disini kami juga ada beberapa informasi tentang manfaat bila kita mengkonsumsi cenil, yaitu sebagai berikut :

  • Melancarkan pencernaan

    Kandungan tepung tapioka didalam kue cenil memiliki kandungan pati resisten dan memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan serat yaitu membantu melancarkan pencernaan. Pati resisten ini juga membantu berkembangnya berbagai bakteri baik di dalam usus.

  • Mencegah sembelit

    Sembelit dan susah buang air besar diakibatkan oleh tidak lancarnya proses pencernaan di dalam tubuh sehingga pergerakan feses menjadi lambat dan feses pun mengeras. Agar tidak terkena sembelit kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berserat.

  • Menurunkan kadar gula darah

    Mengkoncumsi cenil dapat menurunkan kadar gula merah. Hal ini sangat bermanfaat terutama bagi penderita diabetes yang harus selalu manjaga kadar gula darahnya stabil.

    Namun bukan berarti penderita diabetes boleh mengonsumsi cenil sesuka hati karena kandungan karbohidrat yang tinggi pada cenil juga tidak baik bagi penderita diabetes. Selain itu juga harus diperhatikan kadar gula pada jajanan cenil agar jangan berlebihan.

  • Membantu program diet

    Tantangan utama dalam program diet adalah mengatur pola makan kalian dan jenis-jenis makanan yang dimakan agar tidak berlebihan. Salah satu jenis makanan yang sering menjadi pilihan dalam program diet adalah makanan-makanan kaya serat.

  • Membantu menambah berat badan

    Tidak semua orang menginginkan tubuh kurus dan langsing. Di dunia ini justru ada orang-orang yang ingin menambah berat badan karena terlalu kurus. Manfaat ini juga bisa didapatkan dari konsumsi cenil. Kandungan karbohidrat pada kue cenil dapat membantu menambah berat badan sehingga badan lebih berisi.

  • Membentuk otot tubuh

    Konsumsi cenil juga dapat membantu mengembangkan otot sehingga otot tampak lebih berisi dan menjadi kuat. Hal ini didapatkan oleh kandungan protein yang terdapat dalam cenil.

  • Membantu menstabilkan tekanan darah

    Seperti kadar gula dalam darah, tekanan darah dalam tubuh juga harus dijaga agar tetap normal. Tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah yang dapat menimbulkan gangguan pada tubuh.

  • Menambah energi

    Kandungan karbohidrat yang tinggi pada cenil dapat dijadikan sebagai sumber energi dalam tubuh. Jika waktu makan masih lama cenil sangat cocok dijadikan camilan untuk penambah energi dan menunda lapar.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

    Meskipun sederhana dan terlihat murah ternyata mengkonsumsi kue cenil juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai serangan bakteri dan virus penyebab penyakit.

  • Melancarkan metabolisme

    Metabolisme merupakan serangkaian proses kimia yang terjadi di dalam tubuh untuk mendukung berbagai fungsi tubuh agar berjalan dengan baik.  Dengan mengonsumsi cenil turut membantu melancarkan metabolisme tubuh.

  • Meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh

    Insulin adalah salah satu jenis hormon yang sangat diperlukan oleh tubuh seperti untuk melancarkan metabolisme dan menjaga kadar gula dalam darah. Manfaat yang satu ini juga bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi kue cenil

  • Mendukung fungsi otak

    Sebagai pusat dari berbagai proses yang terjadi di dalam tubuh otak memiliki peranan dan fungsi penting yang harus dijaga agar tetap berjalan dengan baik. Manfaat ini juga bisa kita dapatkan dari mengonsumsi

Demikian informasi tentang cara buat cenil kelapa parut. Tertarik untuk mencoba membuatnya? Dengan mengetahui detail cara buat cenil anda juga mengetahui seluk beluk dari cara pembuatan kue cenil tersebut.

Dan jangan lupa menggunakan mesin pemarut kelapa agar pembuatan kue cenil bisa berjalan dengan lancar dengan proses produksi pemarutan kelapa untuk bahan taburan lebih mudah, praktis dan sangat efektif.

Usaha kue cenil tentu menjadi salah satu usaha yang lebih menguntungkan dan menjanjikan bagi kita. Semoga informasi cara buat cenil dan peluang usaha yang dikupas diatas juga bisa bermanfaat dan berguna memberikan wawasan dan refrensi untuk kita.