Cara Masak Ikan Mas Arsik Untuk Makan Siang Dirumah

Cara Masak Ikan Mas Arsik – Olahan ikan mas arsik selalu menjadi hidangan yang lezat. Bagaimana tidak, ikan mas arsik dapat diolah menjadi lauk-pauk yang istimewa, mulai dari rasanya yang lezat hingga aromanya yang harum setelah diberi bumbu dan menjadi lauk-pauk yang siap disajikan.

 

Ikan Mas

Cara Masak Ikan Mas Arsik

Ikan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) merupakan ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis penting dan sudah tersebar luas di Indonesia.

Di Indonesia, ikan mas dipelihara sejak tahun 1920. Ikan mas yang ada di Indonesia adalah ikan dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang. Selain itu jenis ikan mas punten dan ikan mas majalaya merupakan hasil seleksi di Indonesia.

Terdapat sepuluh ikan mas yang dapat diidentifikasi berdasarkan karakteristik morfologisnya. Di Indonesia, ikan mas mempunyai beberapa sebutan yaitu :

  • kancra
  • tikeu
  • tombro
  • raja
  • rayo
  • ameh
  • atau nama lain sesuai dengan daerah penyebarannya.

Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Ikan Mas :

  • Energi Ikan Mas = 86 kkal
  • Protein Ikan Mas = 16 gr
  • Lemak Ikan Mas = 2 gr
  • Karbohidrat Ikan Mas = 0 gr
  • Kalsium Ikan Mas = 20 mg
  • Fosfor Ikan Mas = 150 mg
  • Vitamin A Ikan Mas = 150 IU
  • Zat Besi Ikan Mas = 2 mg
  • Vitamin B1 Ikan Mas = 0,05 mg
  • Vitamin C Ikan Mas = 0 mg

 

Cara Memasak Ikan Mas Arsik

Cara Masak Ikan Mas Arsik

Arsik ikan mas, merupakan salah satu kuliner yang telah melegenda di tanah Batak. Tidak hanya karena cita rasanya dan kaya gizi, arsik juga berkaitan erat dengan ritual adat kebatakan dan acara-acara keluarga. Arsik ikan mas kerap digunakan saat pesta pernikahan adat Batak.

Arsik ikan mas ditata di atas nampan besar bersama sayuran dan seonggok nasi putih. Sajian itu kemudian dipersembahkan khusus untuk pengantin. Kedua mempelai, orangtua dan hula-hula bersama-sama memegang ujung nampan berisi arsik ikan mas lalu mereka memanjatkan doa syukur kepada Tuhan.

Begitulah arsik menjadi simbol doa dan berkat pada prosesi pernikahan adat Batak.Pada acara-acara keluarga, arsik kerap menghiasi dapur orang Batak. Tatkala anak hendak berangkat merantau, orangtua Batak selalu menyajikan ikan mas arsik untuk disantap anak-anaknya.

Arsik itu sekaligus sarana bagi keluarga untuk memohon kepada Tuhan agar anak-anaknya kelak berhasil di perantauan. Arsik ikan mas pada dasarnya adalah merebus ikan mas dengan menggunakan beragam rempah dan bumbu.

Bumbu yang dibutuhkan berupa asam cekala, bunga kecombrang, lokio (bawang Batak), kacang tanah, kemiri, kunyit, bawang putih dan bawang merah, cabai merah, jahe, asam gelugur, daun jeruk, daun salam, lengkuas, serai dan andaliman serta garam.

Sebelum direbus, pertama sekali siapkan ikan mas dan bahan-bahan bumbunya. Kemudian, ikan mas segar yang sudah dibersihkan dilumuri dengan air perasan jeruk nipis dan diberi garam. Diamkan selama 1 jam agar air jeruk dan garap meresap ke dalam daging ikan sekaligus mengurangi kadar air tawar dalam ikan.

Sebaiknya, gunakan ikan mas hasil tangkapan nelayan dari Danau Toba, bukan ikan mas ternakan. Karena tekstur daging ikan mas dari Danau Toba jauh lebih lembut, tidak berbau tanah dan ukurannya lebih besar.

Dan arsik akan lebih gurih jika menggunakan ikan mas yang sedang bertelur. Karena resapan bumbu pada telur akan menciptakan cita rasa sedap dan gurih. Kandungan protein pada telur bercampur dengan bumbu arsik memberikan sensasi tersendiri pada lidah.

Resep Dan Cara Masak Ikan Mas Arsik

Bahan arsik ikan :

  • 3 ekor ikan mas ukuran besar
  • 2 cm lengkuas, memarkan 10 batang serai
  • 3 lembar daun salam
  • 200 gram bawang lokio
  • 10 lonjor kacang panjang, potong
  • 5 cm 2 sdt garam
  • 300 ml air

Bumbu halus:

  • 12 butir bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 6 buah cabai merah
  • 10 buah kemiri yang sudah disangrai
  • 5 cm kunyit
  • 3 cm jahe

Cara Masak Ikan Mas Arsik :

  1. Ikan mas diolesi dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Biarkan hingga satu jam.
  2. Kemiri dan kuyit disangrai, lalu diulek sampai halus.
  3. Ulek bawang merah, bawang putih, cabai merah dan jahe sampai halus.
  4. Potong bunga rias dari batangnya, bunga rias juga dipotong kecil-kecil.
  5. Geprek asam cekala, lengkuas, dan serai.
  6. Potong kacang panjang sesuai selera.
  7. Gabungkan bawang Batak dengan kacang panjang.
  8. Tata kulit batang bunga rias, bunanya untuk mencegah ikan gosong saat diarsik. Letakkan Ikan mas di atas batang bunga rias tadi.
  9. Kemudian taburi kacang panjang dan bawang Batak.
  10. Masukkan bumbu yang telah dilumat lalu tambahkan air secukupnya pada belanga hingga ikan mas terendam. Taburi potongan batang dan bunga rias.
  11. Tutup belanga agar air lebih cepat mendidih. Pastikan api tidak terlalu besar dan tidak kecil.
  12. Jika air dalam belanga tinggal sedikit, taburi dengan bawang Batak dan kacang panjang serta potongan cabai merah.
  13. Kecilkan nyala api dan biarkan hingga air dalam belanga kering.
  14. Arsik sudah matang dan siap untuk disajikan.

Nah, itu dia cara memasak ikan mas arsik yang bisa kamu coba di rumah! Rasanya yang lezat dan mengenyangkan pasti membuat keluarga menambah porsi makan.

Segera engkapi berbagai peralatan dapur untuk membuat pengalaman masak menjadi lebih menyenangkan. Kamu juga bisa membeli alat mesin kelapa berkualitas dengan harga terbaik untuk melengkapi alat dapur dirumah.

 

Jenis-Jenis Ikan Mas Arsik (Karper)

1. Ikan Mas Sinyonya atau Putri Yogya

Ikan mas jenis sinyonya tidak diketahui asal usulnya, meskipun ada pendapat bahwa ikan mas strain sinyonya ini jenis ikan hasil seleksi yang secara taksonomi termasuk spesies Cyprinus Linneaus dan pertama kali di temukan Tasikmalaya, Jawa Barat (Khairuman dan Amri 2008).

Beberapa orang menyebutkan, kalau ikan mas sinyonya mudah sekali bertelur sehingga disebut sinyonya. Bentuk tubuh ikan mas sinyonya memanjang (long bodied form) dan punggungnya lebih rendah dibandingkan dengan ikan mas punten. Perbandingan antara panjang dan tingginya sekitar 3,66:1.

2. Ikan Mas Taiwan

Ikan mas Taiwan berbentuk badan yang memanjang dan bentuk punggung seperti busur agak membulat. Sisiknya berwarna hijau kekuningan di tepi sirip dubur dan di bawah sirip ekor.

Ikan mas Taiwan sangat responsif terhadap makanan sehingga saling berebut ketika diberi pakan. Peneliti menyebutkan kalau nenek moyang ikan mas ini berasal dari Taiwan, kemudian diintroduksi dan dikembangkan di Indonesia.

3. Ikan Mas Merah

Ciri khas dari ikan mas merah adalah sisiknya berwarna merah keemasan. Gerakan yang aktif, tidak jinak, dan suka mengaduk-aduk dasar kolam. Bentuk badannya relatif memanjang. Dibandingkan dengan ikan mas sinyonya, posisi punggungnya relatif lebih rendah dan tidak lancip. Matanya agak menonjol.

4. Ikan Mas Majalaya

Ikan mas Majalaya memiliki keunggulan, salah satunya laju pertumbuhannya relatif cepat, tahan terhadap infeksi bakteri Aeromonas hydrophila, rasanya lezat dan gurih, dan tersebar luas di Indonesia. Jumlah telur yang dihasilkan ikan mas majalaya tergolong tinggi, diantaranya 84.000-110.000 butir per kilogram induk.

5. Ikan Mas Hitam

Sesuai dengan namanya, ikan mas hitam berkembang pertama kali di daerah Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ukuran badan ikan mas hitam relatif pendek dan punggungnya lebih membungkuk dan lancip dibandingkan dengan ras ikan mas lainnya. Perbandingan panjang dan tinggi tubuhnya yaitu 3,2:1.

6. Ikan Mas Yamato

Ikan mas yamato kurang populer di kalangan petani ikan mas di Indonesia. Bentuk tubuhnya memanjang. Sisiknya berwarna hijau kecokelatan. Ikan mas yamato banyak ditemukan dan dibudidayakan di Asia Timur, seperti Cina dan Jepang.

7. Ikan Mas Lokal

Ikan mas lokal sebenarnya belum bisa digolongkan sebagai salah satu jenis ikan mas. Walaupun, ikan mas lokal justru paling banyak ditemukan di lapangan dan paling banyak dikenal oleh petani ikan dewasa ini.

Bentuk tubuh dan warnanya adalah kombinasi dari beberapa jenis ikan mas yang sudah ada. Umumnya, bentuk tubuhnya memanjang dan matanya tidak sipit. Besar kemungkinan ikan lokal muncul karena perkawinan silang yang tidak terkontrol dengan jenis-jenis ikan mas lain yang ada di masyarakat.

Macam-Macam Ikan Mas Hias :

  1. Kumpay
  2. Kancra Domas
  3. Kaca
  4. Fancy
  5. Koi

 

Tips Sehat Masak Ikan agar Nutrusinya Tidak Hilang

1. Cara Masak Ikan Dengan DiPanggang

Ikan diolah dengan cara dipanggang tergolong sehat sebab Anda tidak perlu menggunakan tambahan minyak. Dengan mengolesi bumbu marinasi dari bawang putih, merica, dan lemon. Lalu, panggang beberapa menit hingga ikan matang.

2.Cara Masak Ikan Dengan DiKukus

Salah satu cara memasak ikan yang paling sehat yaitu dengan cara dikukus, sebab tidak banyak nutrisi yang hilang selama proses pengolahan. Ikan pasti matang secara merata karena panas menyebar ke seluruh bagian alat pengukus yang tertutup rapat. 

Teknik Mengukus Juga tidak membuat daging ikan cepat kering sehingga Anda tetap bisa menikmati tekstur daging yang lembut dan juicy. Mengukus juga sesuai untuk ikan berlemak, dan ikan berdaging putih seperti ikan kod, lele, dan kakap.

3. Cara Masak Ikan Dengan DiTumis

Jika Anda mengolah ikan dengan cepat, menumis merupakan pilihan yang tepat. Teknik menumis sangat cocok untuk ikan berdaging putih serta beberapa makanan laut seperti udang, kerang, dan tiram.

Menumis membuat ikan terasa gurih seperti ketika digoreng. Ternyata, teknik memasak ikan yang satu ini lebih sehat karena minyak yang digunakan jauh lebih sedikit. Anda tidak perlu khawatir akan naik berat badan karena kalorinya rendah.

4. Cara Masak Ikan Dengan DiPoaching

Poaching merupakan teknik memasak dalam air atau kaldu panas yang belum mendidih, kira-kira bersuhu 70 – 82º Celsius. Cara ini sangat sehat terutama jika Anda menggunakan kaldu ikan dengan campuran bawang putih, bawang bombay, dan rempah-rempah lain.

Teknik Poaching digunakan untuk memasak berdaging lembut seperti ikan kod, ikan halibut, tuna ekor kuning, dan mujair. Ikan mujair merupakan salah satu ikan air tawar yang sering dikonsumsi masyarakat.

Selain rasanya yang tidak amis, harga ikan mujair yang relatif terjangkau juga membuatnya digemari di Indonesia. Meskipun, banyak yang tak menyadari manfaat dari mengonsumsi ikan mujair. Yuk, mari simak ulasan mengenai kandungan nutrisi ikan mujair yang punya khasiat untuk kesehatan tubuh!

5. Cara Masak Ikan Dengan Dipakai Microwave

Menggunakan microwave merupakan salah satu cara jitu untuk memasak ikan dengan praktis dan cepat. Panas yang dihasilkan dalam microwave juga relatif rendah sehingga tidak banyak menghilangkan kandungan nutrisi ikan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan microwave dapat mencegah hilangnya asam lemak omega 3 dari ikan. Oleh karena itu, memasak ikan dengan microwave bisa menjadi pilihan yang sehat bagi Anda.

Cara mengolah ikan yang sehat harus mampu mempertahankan kandungan nutrisi ikan dan mencegah pembentukan senyawa berbahaya. Keunggulan yang ada pada memanggang, mengukus, menumis, poaching, dan penggunaan microwave.

Selain memasak dengan cara yang sehat, perhatikan pula bahan-bahan yang Anda gunakan selama memasak ikan. Jangan terlalu sering menggunakan minyak, gula, dan garam berlebihan yang dapat merugikan kesehatan.

Cara Penyajian :

Ambil sayuran kacang panjang dan bawang batak yang ada dibawah ikan mas tadi dengan hati2 jangan sampai ikan nya rusak karena lunak. Lalu atur di piring saji, setelah itu angkat ikan nya dengan hati2 dan letakkan di atas sayuran yang sudah diatur di piring saji Tambahkan potongan cabe merah dan daun kemangi untuk menambah nikmat ikan mas arsik.

 

Cara Ternak Ikan Mas Dengan Metode Terbaik

Cara Masak Ikan Mas Arsik

1. Pembenihan Ikan Mas

Langkah pertama adalah memilih calon indukan ikan mas. Pilih dari keturunan dengan sifat unggul. Dengan begitu akan dapat benih berproduktivitas tinggi.

2. Pemeliharaan Ikan Mas

Setelah itu, yang perlu Anda perhatikan adalah tahap pemeliharaan ikan mas sampai besar dan siap panen.

Biasanya benih ikan mas di budidaya memiliki ukuran 12 cm dan bobot 85 gram / ekor (Kurang lebih). Dengan ukuran benih ikan mas yang telah siap untuk dipelihara hingga besar.

3. Jaring Apung

Budidaya ikan mas juga bisa memakai jaring apung. Biasanya dilakukan pada danau dan waduk-waduk besar. Untuk jaring dibuat menggunakan bahan polyethylene. Dengan kerangka rakit dan berbentuk segi empat. Untuk kedalaman jaring apung adalah 3 Meter.

Kerangka kolam memakai bahan bambu atau kayu. Kerangka kolam dibuat mengapung di atas air. Menggunakan bantalan dari jeriken. Supaya kerangka tidak terbawa arus air, harus pasang jangkar. Biasanya jaring apung selalu dilengkapi saung untuk penunggu dan untuk menyimpan pakan dan peralatan.

 

Keuntungan Budidaya Ikan Mas

1. Biaya Pakan Rendah

Dibandingkan dengan jenis ternak lain, ikan mas merpakan salah satu ikan pemakan segala (Omnivora). Kamu cukup memberikan pakan yang murah seperti sayuran afkir dan tumbuhan yang bisa kamu cabut di sekitar rumah.

2. Mudah Dibudidayakan

Ikan mas termasuk ikan yang mirip dengan lele. Jadi ikan tersebut mempunyai kemampuan adaptasi pada lingkungan yang tinggi. Waktu panen singkat. Dalam kurun waktu 6 bulan ikan mas sudah panen.

Waktu Panen Ikan Mas

Umumnya ikan mas dipanen di bobot 300 sampai dengan 400 gram per ekornya. Kalau lebih, maka ikan mas sudah tidak ekonomis lagi untuk kamu besarkan. Jadi porsi pakan tidak sebanding lagi pada pertumbuhan serta harga jual ikan mas tersebut.

Apabila waktu perkembangbiakan ikan mas lama maka biaya operasional pun akan membengkak. Biaya pakan ikan mas juga semakin besar karena bobot ikan per ekornya pun ikut meningkat. Apabila pasar masih menerima ikan mas tetapi dengan hitungan biaya per kilogram.

Maka memang pembesaran masih layak dilakukan. Ikan mas berternak mulai dari bobot 100 gram per ekor hingga 300 – 400 gr per ekor itu membutuhkan waktu antara 2 sampai dengan 3 bulan. Dalam kurun waktu itu berat ikan dapat bertambah 3 sampai 4 kali lipat.

 

Tips Tentang Pengendalian Penyakit

Jika Anda memelihara ikan mas makan anda harus memperhatikan pengendalian penyakit dan hama. Penyebaran penyakit wajib diperhitungkan dengan baik.

Supaya resiko minimal. Sebagai pembudidaya juga peternak wajib mengerti tentang macam-macam penyakit yang dapat menyerang ikan mas ini.