Cara Memasak Cumi-cumi

Cara memasak cumi-cumi. Cumi merupakan salah satu jenis seafood yang paling mudah di temukan. Memasak Cumi memang tidak gampang harus di bersihkan terlebih dahulu. Makanan dari sumber laut ini memiliki tekstur  sangat kenyal. cumi menjadi salah satu makanan laut yang lezat dan mudah sekali diolah.

Cumi memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan asam. Memasak atau mengolah cumi-cumi memiliki  teknik tersendiri dan membesihkan cumi-cumi juga ada caranya sendiri

Jika salah, saat memasak cumi-cumi bisa menjadi sangat keras dan tidak enak jika di makan.

Mari.. Kita simak artikel berikut cara membersihkan cumi-cumi dengan benar dan mengolah cumi dengan baik dan enak.

Cara Mengolah Cumi-Cumi Dengan Baik dan Benar

Cara mengolah Cumi-Cumi untuk menjadi makanan itu susah-susah gampang, harus mengunakan teknik. Yang pertama kita harus mencucinya terlebih dahulu, begini cara membersihkan cumi-cumi yang akan dimasak agar bersih dari tinta yg ada di cumi-cumi, yang pertama:

Cara Memilih Cumi

Saat membeli cumi, pilihlah cumi yang masih segar. Cara memilih cumi yang masih segar adalah sebagai berikut:

  • Pastikan warna kulit putih kelabu dengan bintik-bintik kemerahan dengan mata cumi masih cukup jernih.
  • Pilih cumi yang bagian kepala dan tubuhnya masih menyatu.
  • Cek juga, apakah dagingnya masih terasa kenyal jika ditekan dengan jari dan masih mengeluarkan banyak tinta.

Hindari memilih cumi yang warna kulit arinya sudah berubah ungu tua. Itu artinya cumi sudah mendekati kebusukan.

Waspadai jika cumi direndam di dalam air dingin dalam jumlah banyak. Apalagi jika tintanya sudah tak keluar. Begitu juga dengan cumi yang tidak mengeluarkan bau sedikit pun dan tidak dihinggapi lalat sama sekali. Kemungkinan besar cumi sudah direndam di dalam larutan pengawet.

Jika kamu terpaksa membeli cumi yang sudah dibekukan, pilih yang warnanya belum berubah. Jangan mengambil cumi yang sudah terdapat bercak-bercak hitam di bagian tubuhnya atau yang butiran esnya terlalu banyak.

Cara Membersihkan Cumi

Cara membersihkan Cumi yang akan dijadikan masakan, berikut ini langkah-langkah yang diperlukan:

  • Cabut tulang rawan yang menempel di kulit bagian dalam cumi. Begitu juga dengan kantung tinta yang menempel pada tubuh bagian dalam.
  • Jika menginginkan cumi dengan tampilan putih cantik, kupas kulit arinya yang berwarna kemerahan atau ungu dengan pisau.
  • Cuci cumi di bawah siraman air mengalir.

Cara Agar Cumi Tidak Bauk Amis

Bau amis dari cumi bisa dihilangkan mengunkan parutan jahe parut atau kucuran air jeruk nipis. Daun jeruk dan jahe juga bisa ditambahkan di dalam masakan cumi.

tips agar cumi tidak amis: Rendam cumi di dalam air yang sudah dicampur dengan susu tawar dan air perasan jeruk nipis selama setengah jam. Selain menghilangkan bau amis,  bisa juga membuat cumi lebih empuk.

Cara Mengiris Cumi dengan Bentuk-bentuk

    1.  Bentuk Cincin

Cumi dengan berbentuk cincin dihasilkan dengan mengiris tubuh bagian luar cumi. Cocok diolah berbagai masakan menjadi cumi oseng, cumi tumis, atau sate cumi.

     2.  Bentuk Kerat Kotak-kotak

Bentuk mengiris bagus ini bisa didapatkan dengan mengiris kulit cumi hingga menjadi lembaran, kemudian dikerat. Jangan sampai ada bagian yang robek.

     Cumi Saos Asam Manis

Cara Memasak Cumi-Cumi dengan Berbagai Olahan

Berikut ini cumi bisa bibuat apa aja, dari segala olahan:

1. Cumi goreng tepung

     Bahan-bahan Membuat Cumi :
  • 250 gram cumi
  • merica bubuk secukupnya
  • 1 sdm air jeruk nipis
    Bahan basah (aduk rata):
  • 1 sdm tepung sagu
  • 1 sdm air
  • 1 butir putih telur
    Bahan kering (aduk rata):
  • 3 sdm tepung sagu
  • 1/2 cup tepung bumbu
  • 1 sdm tepung ber
   Cara Memasak:
  1.  Cuci bersih cumi, taburi merica bubuk dan kucuri air jeruk.
  2.  Remas-remas cumi lalu diamkan selama 5 menit, kemudian bilas.
  3.  Masukkan cumi ke bahan basah, kemudian masukkan ke bahan kering.
  4.  Lumuri cumi dengan tepung hingga rata.
  5.  Goreng cumi sampai berubah warna jadi kuning keemasan.

2. Cumi Saos Asam Manis

     Bahan :
  • 650 gram cumi
  • 10 cabai rawit
    Secukupnya :
  • Kecap manis
  • Saus tiram
  • Asam Jawa
  • Garam, gula pasir,lada
  • Minyak goreng

3. Cumi Sate Cumi Bumbu Kecap Sedap

Cara Memasak Cumi-cumi bumbu kecap sedap:

Bumbu-bumbu Sate Cumi:
  • 300 gr cumi segar/ sesuai selera berapa jumlahnya
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 cm kunyit
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus sambal
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm mentega
Cara Membuat:
  1. Rendam cumi dengan jeruk nipis kurang lebih 15 menit. Tusuki dengan tusuk sate.
  2. Haluskan bumbu bawang putih, bawang merah, kunyit dan garam. Rendam cumi ke dalam bumbu kurang lebih 20 menit.
  3. Siapkan bumbu oles, campurkan saus tiram, saus sambal, kecap manis dan mentega.
  4. Siapkan alat panggang, jika tak punya, bisa menggunakan teflon. Panaskan dan panggang sate cumi hingga matang. Jangan terlalu lama, nanti keras.

Setelah matang, cumi bisa langsung disantap, selamat mencoba sate cumi:))

Manfaat Cumi Bagi Tubuh

Cumi tidak hanya untuk seafood, Cumi juga punya manfaat banyank ternyata

1. Dilihat dari nilai gizi

Cumi-cumi memiliki kandungan gizi yang luar biasa karena kandungan proteinnya cukup tinggi, yaitu 17,9 g/100 g cumi segar. Daging cumi-cumi memiliki kelebihan dibanding dengan hasil laut lain, yaitu tidak ada tulang belakang, mudah dicerna, memiliki rasa dan aroma yang khas, serta mengandung semua jenis asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. Asam amino esensial yang dominan adalah leusin, lisin, dan fenilalanin. Sementara kadar asam amino nonesensial yang dominan adalah asam glutamat dan asam aspartat.

2. Pertumbuhan Kerangka Tulang

Cumi-cumi juga mengandung beberapa jenis mineral mikro dan makro dalam jumlah yang sangat tinggi. Mineral penting pada cumi-cumi adalah natrium, kalium, fosfor, kalsium, magnesium, dan selenium. Fosfor dan kalsium berguna untuk pertumbuhan kerangka tulang, sehingga penting untuk pertumbuhan anak-anak dan mencegah osteoporosis di masa tua. Selain kaya akan protein, cumi-cumi juga merupakan sumber vitamin yang baik, seperti vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B12, niasin, asam folat, serta vitamin larut lemak (A, D, E, K).

3. Dapat Menurunkan Kandungan Kolesterol Dalam Darah

Kadar lemak pada daging cumi relatif rendah, yaitu 7,5 g/100 g bahan, masing-masing terdiri 1,9 g asam lemak jenuh; 2,7 g asam lemak tidak jenuh tunggal; serta 2,1 g asam lemak tidak jenuh ganda. Termasuk ke dalam asam lemak tidak jenuh ganda adalah omega 3 yang dapat menurunkan kandungan kolesterol dalam darah.

Walaupun demikian, konsumsi cumi-cumi berlebih harus dihindari karena kadar kolesterolnya lumayan tinggi, yaitu mencapai 260 mg/100 g bahan. Di dalam kelompok ikan laut, kadar kolesterol pada cumi, udang, lobster, dan kepiting, memang tergolong tinggi. Namun, kadar kolesterol pada produk perikanan tersebut masih relatif lebih rendah dibandingkan dengan kuning telur, hati, jeroan, serta otak ternak.

4. Pembentukan Sel Darah Merah

Cumi-cumi juga kaya akan Omega-3, protein, vitamin B, iodium dan berbagai mineral. Kandungan tembaga pada cumi-cumi baik untuk pembentukan sel darah merah.

5. Untuk Obat Kanker

Baru-baru ini para peneliti me-nemukan bahwa tinta cumi-cumi benar-benar dapat melawan kanker. Cumi-cumi merupakan salah satu seafood yang sangat populer di kalangan pecinta makanan laut.

Kini kegiatan para ilmuwan itu adalah mencari zat aktif dalam tinta itu dan mengisolasinya. Diduga zat itu bekerja dengan mengaktifkan komponen sel darah putih yang disebut makrofag alias sel pemangsa raksasa, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh di sekitar sel tumor khusunya. Siapa tahu zat yang dapat menyelamatkan jiwa 60% mencit-mencit kanker itu dapat berguna guna untuk melawan kanker pada manusia. Penelitian ini diakui harus dilanjutkan sehingga hasilnya dapat lebih valid. Selain itu, mungkin ada manfaat lain selain sebagai obat melawan tumor. Namun yang pasti, bahan yang biasa dibuang dan tidak dikonsumsi oleh manusia ternyata memiliki manfaat bagi dunia kedokteran.

6. kesehatan bagi jantung

Para ahli mengungkapkan, cumi-cumi merupakan sumber makanan laut yang kaya akan protein, omega-3, tembaga, seng, vitamin B dan yodium. Kandungan tembaga pada cumi baik untuk penyerapan tubuh, penyimpanan dan metabolisme besi dan pembentukan sel darah merah. Namun sebaiknya hindari konsumsi cumi dengan cara digoreng.

7. Menghilangkan Bekas Cacar

Bekas cacar pada tubuh terutama wajah akan sangat mengganggu penampilan. Terutama bagi wanita yang menginginkan kulitnya mulus dan indah. Berikut cumi sebagai obat alami menghilangkan bekas cacar.