Cara Membuat Cocopeat Blok

Serbuk sisa pengolahan penguraian sabut kelapa bisa diolah lagi, kemudian dicetak berbentuk kubus memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Di negara tropis seperti Indonesia bahan untuk membuat cocopeat sangat mudah ditemukan, karena banyaknya pohon kelapa yang tumbuh baik dan tersebar diseluruh daerah di Indonesia. Cara membuat cocopeat untuk media tanam sangatlah sederhana dan mudah.

produk hasil olahan tersebut dikenal dengan Cocopeat blok bisa dimanfaatkan sebagai pembuat karbon batrai atau juga sebagai media tanam.

Pengguna terbesar produk ini adalah Korea Selatan. Untuk membuat Cocopeat blok, cukup mudah. Berikut cara membuat cocopeat blok :

cara membuat cocopeat

Cara Membuat Cocopeat Blok

Bahan baku : Sabut kelapa

Peralatan : Mesin pengurai sabut, Press cocopeat dan Saringan.

  1. Lakukan proses penguraian sabut kelapa dengan memilih kelapa yang sudah tua, memiliki serat yang matang, sehingga dapat dimanfaatkan cocofibernya.
  2. Pisahkan antara serat sabut kelapa (cocofiber) dengan serbuk sabut kelapa (cocopeat).
  3. Kemudian ayak cocopeat untuk memisahkan lagi serat sabut kelapa yang pendek, sehingga hanya diperoleh serbuk sabut kelapa yang seragam.
  4. Lakukan proses pengeringan pada cocopeat. ada juga buyer/pembeli yang mensyaratkan kadar garam pada serbuk cocopet dengan kadar 2%, karena itu sebelum dilakukan pengeringan dilakukan pencucian, atau pembiaran melalui hujan.
  5. Tingkat kekeringan pada cocopeat harus mencapai minimal 12% kadar air.
  6. Lakukan proses pencetakan menjadi cocopeat blok. Ukuran yang diminta biasanya dimensi 30x30x15cm atau 30x30x20cm dengan masing-masing ukuran berbobot + 5 kg.
  7. Lakukan proses packing menggunakan plastik yang diikat kuat menggunakan tali.
  8. Cocopeat blok siap dikirim.

Cocopeat dari sabut kelapa dimanfaatkan sebagai media tanam, karena mampu menahan unsur kimia dari pupuk maupun kandungan air bahkan mampu menetralkan kondisi keasaman tanah. Sehingga cocopeat sangat baik digunakan untuk media tanam.

Cocopeat juga sangat cocok digunakan dalam budidaya tanaman hias, selain itu dapat membantu agar sinar matahari serta sirkulasi udara meningkat.