Cara Membuat Dawet Ayu Manisnya Asli Dari Gula Merah

Cara membuat dawet ayu- bila cuaca yang panas terik, aktivitas yang paling pas untuk adalah meminum segelas es dawet ayu segar. Pastinya, akan tambah nikmat jika yang meracik dawet ayu khas Banjarnegara ini sendiri. Dengan membuat es dawet ayu tentu akan tambah menyenangkan!.

 

Cara Membuat Dawet Ayu

Cara Membuat Dawet Ayu

Membuat es dawet karena tidak sesulit yang sahabat Duma pikirkan. Bagian yang paling penting untuk membuat es dawet adalah dawet, santan kelapa yang sudah diparut dengan mesin parut kelapa, dan juga larutan gula merah. Nah sahabat sudah mulai tidak sabar kan mencobanya? Yuk kita mulai dengan bahan-bahan berikut ini :

Bahan-Bahan Dawet Ayu :

  • 100 ml air dari sari daun pandan
  • 600 ml air matang
  • 250 gr tepung beras
  • 250 gr tepung tapioka
  • es batu

Bahan-Bahan Kuah Santan Dawet Ayu :

  • 1 sdt garam
  • 1 liter santan
  • 3 lembar daun pandan

Bahan-Bahan Gula Merah Dawet Ayu :

  • 50 gr gula pasir
  • 250 ml air
  • 500 gr gula merah, haluskan

Cara Membuat Dawet Ayu :

  1. Siapkan panci yang sahabat Duma beli di Duniamasak.com. Lalu masukkan tepung beras dan tepung tapioka serta air dari sari daun pandan dan juga air matang.
  2. Aduk bahan hingga tercampur merata, dilanjutkan dengan merebus hingga mengental.
  3. Jika adonan sudah mengental, cetak adonan dengan alat cetak dawet.
  4. Siapkan wadah yang terisi oleh air hangat dengan posisi dibawah cetakan. Agar dawet yang kita cetak tidak menggumpal dan tetap terpisah.
  5. Setelah proses pencetakan dawet, kita melanjutkan dengan membuat kuah santan.
  6. Kemudian rebus santan, daun pandan, dan juga garam. Aduk ketiga bahan hingga benar-benar merata dan santan tidak pecah. Jika sudah maka kita dinginkan.
  7. Langkah kemudian adalah, membuat larutan gula merah.
  8. Siapkan rebusan air, gula putih, dan gula merah, kemudian campur ketiganya hingga merata dan mendidih. Setelah itu dinginkan.
  9. Tahap akhir adalah meracik es dawet.
  10. Siapkan gelas kemudian tambahkan larutan gula merah.
  11. Tambahkan dawet sesuai selera.
  12. Masukkan kuah santan.
  13. Masukkan es batu agar tambah segar.
  14. Es dawet ayu siap disantap siang hari. Menyegarkan sekali!.

 

Cara Membuat Dawet Ayu Anti Gagal dan Mudah

  1. Bahan untuk membuat dawet bias menggunakan air biasa, santan, susu ataupun sari buah ( tergantung kebutuhan )
  2. Untuk hasil dawet yang jernih, gunakan bahan cair yang jernih dan tepung yang digunakan sebaiknya hunkue atau tapioka.
  3. Sebaliknya untuk dawet dengan penampilan yang keruh, gunakan bahan cair ( santan / susu ) untuk tepungnya bias semua tepung ( tepung hunkue / tepung beras / tapioka )
  4. Agar hasil dawetnya kenyal, tambahkan air kapur sirih.
  5. Untuk dawet yang berwarna, gunakan pasta daripada pewarna, karena dengan pasta selain bewarna, dawet juga lebih harum.
  6. Masak adonan diatas api sedang sambil diaduk dengan stabil ( konstan ) agar adonan ;icin ( tidak berbintil )
  7. Untuk dawet tepung tapioca sebaiknya gunakan yang berkualitas baik agar mudah dicetak dan hasil dawetnya kenyal.
  8. Pastikan adonan matang saat dicetak karena adonan jika tidak matang akan hancur. Ciri adonan yang matang biasanya kental, hernih, mengkilat dan jika dicicipi tidak berasa tepung.
  9. Untuk dawet yang terbuat dari tepung tapioka, jangan masak terlalu lama karena adonan akan lengket seperti lem dan tidak bias dicetak. Nah, begitu adonan mendidih, agak kental dan jernih segera angkat dan cetak.
  10. Agar hasil dawetnya berekor adonan harus agak cair tidak boleh terlalu kental.
  11. Gunakan air yang dingin saat mencetak, agar dawet segera padat ( terbentuk )
  12. Supaya adonan terendam dalam air es beberapa saat, jangan segera diaduk agar dawet tidak hancur.
  13. Rendam dawet belum digunakan agar tidak lengket satu sama lain. Tiriskan dawet sesaat akan digunakan.
  14. Simpan dawet ayu dalam lemari pendingin, bila lebih dari semalam ganti airnya kemudian simpan kembali.

 

Cerita Singkat Minuman Manis Gula Merah

Cara Membuat Dawet Ayu

Sebagian orang tahu kalau es dawet ayu berasal dari Banjarnegara. Tapi apakah tahu sejarah dari nama es dawet ayu?

Es dawet ayu populer di kalangan masyarakat Jawa Tengah, sementara orang Jawa Barat atau Sunda menyebutnya sebagai es cendol. Dua es ini memang punya tampilan dan rasa yang sama. Es cendol sendiri disebut berasal dari kata jendol yang dalam bahasa Sunda artinya jendolan.

Beberapa versi yang menjelaskan dan menerangkan tentang sejarah dan asal usul Dawet Ayu. Namun hal ini bukan menjadi masalah karena kalian tidak harus percaya dengan salah satu versi saja, kalian wajib banget mengedukasi diri kalian dengan pengetahuan baru yang tentunya bermanfaat.

Versi pertama datang dari kesenian Banjarnegara yakni lagu ‘Dawet Ayu Banjarnegara’ yang dibuat oleh seniman dari Banjarnegara yang bernama Bono.

Dalam lagu tersebut menceritakan tentang adik yang bertanya kepada kakaknya akan pergi piknik dan dijawab oleh kakaknya bahwa mereka akan piknik ke Banjarnegara dan tidak lupa menikmati Dawet Ayu yang rasanya seger, dingin dan manis.

Lagu ini dipopulerkan oleh seniman calung dan lawak Banyumas bernama ‘peang penjol’pada tahun 1970 sampai 1980. Sejak itu masyarakat jadi mengenal dawet asal Banjarnegara dengan sebutan Dawet Ayu.

Versi kedua datang dari seniman sastra Ahmad Tohari yang mengatakan bahwa nama Dawet Ayu berasal dari sebuah keluarga yang berjualan dawet sejak abad 20 yang memiliki wajah yang cantik sehingga sejak itu terkenal dengan sebutan dawet ayu.

Versi ketiga yang berasal dari tokoh Banjarnegara yang bernama Kiai Haji Khatibul Umam Wiranu yang bercerita bahwa ada penjual dawet yang bernama Munardjo yang memiliki istri cantik sehingga dinamakan Dawet Ayu.

 

Manfaat Dawet Ayu Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Energi

Es dawet adalah salah satu minuman yang dapat meningkatkan energi. Saat kita melakukan puasa maka tubuh akan terasa lemah tetapi pada saat berbuka setelah meminum es dawet ini maka tubuh seperti memiliki energi yang baru.

Tidak hanya itu minuman ini juga bagus untuk di konsumsi oleh orang sakit yang masuk dalam tahapan pemulihan karena dapat meningkatkan energi lebih cepat.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium sangat dibutuhkan tubuh terutama oleh tulang karena kalsium sangat penting untuk menjaga pertumbuhan serta meningkatkan kesehatan tubuh.

Ternyata kalsium juga memiliki peran yang sangat penting untuk menghilangkan rasa lelah yang berlebihan.

3. Menurunkan Berat Badan

Anda dapat mengonsumsi es dawet ayu sebagai pengganti asupan karbohidrat. Dawet Ayu mampu memberikan efek yang mengeyangkan yang dapat membuat perut untuk tidak makan secara berlebihan.

Bukan hanya itu campuran dawet ayu dengan beberapa bahan yang mengandung karbohidrat juga dapat menurunkan konsumsi karbohidrat.

4. Membantu Masalah Pencernaan

Tepung menjadi bahan utama dalam pembuatan minuman ini memiliki manfaat yang tentunya sangat baik untuk kesehatan ialah minuman ini mampu membantu masalah pencernaan.

Misalnya saat perut kembung, bukan hanya itu kandungan serat yang terdapat di dalam minuman ini juga sangat baik untuk membantu proses penyerapan zat gizi dalam usus.

5. Memberikan Efek Dingin

Olahan es dawet ayu terbuat dari sagu memiliki kandungan karbohidrat yang dapat membuat tubuh menjadi lebih dingin. Karena itulah es dawet ayu ini menjadi minuman yang favorit apabila pada saat musim kemarau karena minuman ini mampu mengatasi dahaga serta membuat perut menjadi lebih nyaman.

6. Meningkatkan Nilai Gizi

Es dawet ayu memiliki kandungan protein yang rendah namun memiliki kandungan mineral serta sumber vitamin. Kombinasi dawet ayu dengan beberapa bahan lainnya ternyata sangat baik untuk di konsumsi karena dapat meningkatkan nilai gizi. Bukan hanya itu dawet ayu juga mampu membuat tubuh menjadi segar.

7. Mengontrol Tekanan Darah

Kalsium yang terkandung di dalam minuman ini dapat dikatakan sedikit namun kandungan ini juga sangat penting untuk mengontrol tekanan darah agar tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

8. Meningkatkan Berat Badan

Untuk Anda yang memiliki masalah berat badan anda dapat melakukan terapi sehat dengan es dawet. Secara umum es ini akan membuat perut lebih nyaman serta cepat kenyang, namun jangan salah es dawet ayu juga mampu meningkatkan nafsu makan sehingga membantu tubuh untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

9. Meningkatkan Kesehatan

Dawet ayu ternyata dapat meningkatkan kesehatan hal tersebut dikarenakan vitamin C yang terdapat d dalam minuman ini mampu membantu tubuh untuk melawan penyakit serta menjaga kesehatan organ tubuh agar tetap sehat.

10. Meningkatkan Asupan Gula

Gula memiliki efek buruk untuk tubuh terutama apabila mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Tetapi, gula menjadi salah satu asupan energi yang tentu nya sangat baik yang dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat serta bersemangat.

 

Aneka Dawet Ayu di Banjarnegara

1. Dawet Ayu Kang Jamil Tapen

Dawet ayu sudah banyak dikenal baik dari masyarakat sekitar ataupun masyarakat luar tapen. Yang membuat dawet ayu menjadi istimewa adalah campuran tambahan dalam penyajiannya, yakni durian yang tentunya menambah cita rasa pada dawet ayu. So, recommended banget deh untuk dicoba.

Harganya pun murah dikantong yakni sekitar Rp 10.000.

2. Dawet Ayu di Depan Komplek Indonesia Power Indah

Jika kalian melewati jalan PT Indonesia Power Indah kalian akan bertemu dengan penjual dawet ayu yang tidak hanya satu namun banyak. Kalian tidak perlu bingung karena siapapun penjual dawetnya cita rasanya pun akan sama enak.

Tidak hanya itu kalian juga akan merasakan sensasi menikmati dawet ayu di pinggir jalan benar-benar memiliki daya tarik bukan.

3. Dawet Ayu di Depan Taman Karjono

Bila kalian berkunjung ke taman baik untuk olahraga ataupun berjalan-jalan sore, kalian bisa banget nih mencoba dawet ayu yang banyak dijual di depan taman. Jadi, sambil jalan-jalan kalian pun bisa menikmati dawet ayu yang segar dan manis.

4. Dawet Ayu di Kuliner Banjarnegara

Mulai dari sejarah, cara membuat dawet ayu bahkan rekomendasi dawet ayu yang tentunya enak. Oleh karena itu kalian harus selalu melestarikan Dawet Ayu ini karena sudah menjadi cagar budaya di Indonesia terutama untuk kabupaten Banjarnegara.

 

Peluang Bisnis Usaha Es Dawet Ayu

Lokasi Usaha

Beberapa  lokasi yang strategis seperti daerah sekitar kampus dimana banyak  sekali mahasiswa yang sering jajan diluar. Daerah sekitar sekolah dengan target pembeli adalah anak anak sekolah yang suka jajan.

Daerah wisata kuliner kota dengan target pembeli yaitu masyarakat yang ingin pergi keluar rumah bersama keluarga, teman atau saudara. Di area perkantoran dengan target pembeli yaitu para karyawan area sekitar perkantoran.

Salah satu syarat yang penting untuk lokasi berjualan es dawet yaitu ramai dilalui oleh masyarakat dan dilalui oleh kendaraan bermotor.

Produk

Pastikan bahwa es dawet yang Anda jual sangat enak dan segar sehingga pembeli merasa puas dengan es dawet Anda, dan mereka menjadi pelanggan tetap anda. produk yang Anda jual harus bersih dan halal.

Harga

Harga es dawet tergantung di setiap daerah, juga porsi es dawet yang berbeda. Untuk awal buka usaha, jangan menetapkan tarif yang yang mahal karena untuk masa pengenalan pembeli baru. Harga es dawet ayu antara Rp.3.000 sampai Rp.5.000

Promosi

Berbagai cara promosi dan cara memasarkan produk es dawet bisa melalui media sosial seperti facebook, instagram, twitter. Dengan memasang gambar produk Anda di media sosial dapat membuat masyarakat merasa ingin minum es dawet.

Pelayanan

Layani pembeli Anda dengan ramah, murah senyum, dan pelayanan yang bagus menjadi nilai lebih kesan pembeli terhadap usaha anda.

 

Perbedaan Cara Membuat Dawet Ayu Dan Cendol

Cara Membuat Dawet Ayu

Cendol atau dawet di Indonesia begitu tersohor sebagai minuman manis segar nan lezat. Minuman ini terbuat dari campuran santan, gula merah, dan cendol yang terbuat dari tepung tapioka, tepung beras, dan air perasan daun pandan.

Meski mirip, ada perbedaan antara cendol dengan dawet. Cendol lebih populer di Jawa Barat, sementara dawet lebih populer di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain itu, keduanya dibuat dari bahan yang berbeda, lo. Dawet terbuat dari tepung beras atau ketan, sementara cendol dari tepung kacang hijau atau hunkwe.

Dari segi tekstur, dawet lebih lembut dan halus, sementara cendol cenderung lebih kenyal. Menilik proses pembuatannya, dawet dicetak dengan perkakas dengan lubang-lubang sehingga bentuknya memanjang dan lancip. Ini berbeda dengan cendol yang menggunakan alat pencetak khusus.

Alat pencetak tersebut membuat bentuknya tampak lebih rapi. Tentu nggak sulit kan membedakan dawet dan cendol. Mau minum dawet atau cendol, keduanya tetap jadi minuman yang menyegarkan, kok. Duh, jadi pengin minum cendol ayu. Eh, maksudnya, jadi pengin minum dawet ayu, nih!.

Bahan-Bahan Cendol :

  • air daun pandan secukupnya
  • 200 gram tepung hunkwe
  • air kapur sirih secukupnya
  • 100 gram tepung beras
  • 1 sdm tepung kanji
  • air daun suji secukupnya
  • garam
  • air secukupnya untuk merendam cendol yang sudah dicetak

Bahan-Bahan Kuah Santan :

  • 500 ml santan kental
  • 2 lembar daun pandan
  • garam

Bahan-Bahan Gula Merah :

  • 480 gram gula merah yang sudah diserut halus
  • 130 gram gula putih
  • 3 lembar daun pandan
  • 10 gram garam halus
  • Daging nangka (opsional agar aromanya khas)

Cara Membuat Cendol :

  1. Masukkan tepung hunkwe, tepung beras, kanji, air daun suji, air daun pandan, air kapur sirih, dan garam ke dalam panci. Aduk adonan sampai mengental.
  2. Setelah mengental dan menggumpal, angkat. Siapkan baskom berisi air dan es batu.
  3. Simpan saringan di atas baskom.
  4. Ambil adonan cendol yang sudah dingin, lalu letakkan di atas cetakan.
  5. Tekan adonan cendol hingga keluar dari saringan. Lakukan hingga adonan cendol habis.
  6. Tiriskan cendol yang sudah jadi, lalu sisihkan.

Cara Membuat Gula Merah :

  1. Masak air dan gula merah secara bersamaan.
  2. Masukkan daun pandan dan garam
  3. Masak gula merah hingga larut dan mendidih, pastikan diaduk sesekali biar gak gosong.
  4. Setelah mendidih, angkat dan diamkan hingga dingin.

Cara Membuat Kuah Santan :

  1. Masak santan, air, garam, dan daun pandan. Aduk terus hingga mendidih.
  2. Jika sudah mendidih, angkat, lalu dinginkan.
  3. Taruh cendol ke dalam mangkuk atau gelas.
  4. Masukkan kuah santan dan gula merah ke dalam mangkuk atau gelas.
  5. Supaya lebih nikmat, tambahkan sedikit potongan buah nangka.
  6. Es cendol khas Bandung siap dihidangkan.

Selamat mencoba guys, semoga berhasil. Jangan lupa review hasilnya yaaaps!.