Cara membuat es doger adalah langkah-langkah dalam membuat suatu minuman yang biasanya di jadikan sebagai pencuci mulut. Dengan artikel cara membuat es doger ini mungkin dapat menginspirasi anda untuk membuat pencuci mulut sendiri di rumah. Semoga membantu.

Es doger minuman es susu kelapa dingin yang kerap sekali dijumpai di provinsi dengan julukan pariangan, bandung, jawa barat.

sebenarnya es doger berasal dari cirebon namun berkembangnya waktu es ini bisa di temukan di kota-kota besar seperti di ibukota dengan julukan es doger betawi.

untuk rasa es istimewa ini di jamin paling enak dan untuk harga percup nya di jamin pasti murah meriah. Asal usul es ini tercipta dari ciri khas si penjual yang sedang mendorong gerobak untuk menjajakan nya  maka disingkat lah menjadi doger atau es doger.

Banyak sekali foto es doger di sosmed dan pastinya membuat kalian ingin mencicipi nya dan sangat pas jika diminum saat siang hari dan matahari sedang terik pasti sangat menyegarkan.

Es ini biasanya berbahan dasar susu dan kelapa muda kemudian di tambah alpukat, tapai atau tape ketan  dan singkong dan yang lainya.

Tertarik untuk mencobanya atau mungkin tertarik untuk menjadikanya peluang usaha. Untuk itu simak tulisan ini sampai habis.

Bila dilihat es doger terlihat hampir sama dengan es cendol, pembedanya yakni es cendol menggunakan tepung untuk membut cendol hijaunya. Dan kadang jarang menggunakan ketan hitam sebagai capuran nya.

Sama halnya dengan ees cendol, es doger pun juga mudah di jumpai, entah di pinggir jalan tau bahkan di tempat makan seperti restoran yang biasa dihidangkan sebagai penutup atau pencuci mulut.

Meskipun dapat dengan mudah kita jumpai es doger ini namun tidak ada salahnya jika kita membuatnya sendiri di rumah. selain dapat lebih menghemat biaya dan pasti lebih terjamin kebersihanya.

Kamu Juga Perlu Tahu jenis-Jenis kelapa Yang Mungkin Belum kamu Ketahui Dan Mungkin Orangpun Jarang Mengetahui nya!!

Es Doger Bandung

Es Doger, tentunya OpenRicers langsung merasa dahaga ketika mendengar namanya. Terkenal sebagai salah satu jenis es yang segar, penggemarnya pun kini sudah semakin banyak.

Selain karena menggunakan bahan dasar yang memang lezat dan mudah ditemukan di pasar tradisional, es doger juga cukup mudah dalam proses pembuatannya.

Es Doger di kawasan Bandung saja bisa dengan mudah OpenRicers temukan untuk sekedar melepas dahaga di siang hari atau memang khusus ingin mencari dan menikmatinya bersama teman-teman.

Es Doger ini memiliki berbagai jenis bahan campuran, terbuat dari ketan hitam, tape, mutiara, kelapa muda, lalu ditambah dengan serutan es, roti, kemudian ditutup dengan pelengkapnya yang sangat manis yaitu susu kental manis vanilla atau coklat.

Semuanya ini menjadi satu dan bisa OpenRicers nikmati dengan variasi harga yang sangat bersaing, mulai dari 3.000 IDR hingga mungkin ada yang mencapai 7.000 IDR.

Disajikan dalam sebuah gelas plastik kecil, semuanya bercampur dan siap memuaskan rasa dahaga OpenRicers selama berada di kota Bandung. Hingga kini, Es Doger tidak hanya bisa OpenRicers temukan di pinggir-pinggir jalan, karena es doger kini semakin merambah ke lahan yang lebih luas dan tinggi.

Es Doger dengan bahan dasar kelapa muda sudah bisa OpenRicers temukan di dalam mall besar dengan tampilan yang lebih baik tentunya. Bahan dasarnya pun semakin diperkaya dengan berbagai jenis sirup dan lain sebagainya. Sudah siap untuk berburu Es Doger di Bandung?

Resep Cara Membuat Es Doger :

Bahan-Bahan Untuk Cara Membuat Es Doger :

Bahan Utama Cara Membuat Es Doger :

  1. Satu liter santan atau setara dengan satu butir kelapa yang diparut dan kemudian diambil air perasannya
  2. Sediakan juga 250 gram gula pasir
  3. 1/8 sdt pewarna makanan berwarna merah
  4. Dan terakhir sediakan pula dua butir kelapa yang belum begitu tua dan serut hingga menjadi lebih halus

Resep Es Doger Untuk Bahan Pelengkap :

  1. Siapkan 150 gram tapai singkong yang telah dibuang serat-seratnya dan dipotong kecil berbentuk dadu
  2. Siapkan 150 gram tapai ketan hitam untuk cita rasa khas yang membedakan antara es doger dengan es lainnya
  3. Dan terakhir sediakan 100 ml susu kental manis

Cara Membuat Es Doger

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah merebus santan serta gula pasir sambil terus diaduk hingga campuran santan mendidih.
  2. Tuangkan pewarna makanan berwarna merah dan aduk kembali sampai tercampur merata baru kemudian angkat dan biarkan sampai campuran santan dingin
  3. Setelah dingin, masukkan kedalam freezer hingga membeku,
  4. kemudian keruk dengan menggunakan sendok dan kocok dengan menggunakan mixer,
  5. lakukan sebanyak 2-3 kali hingga menjadi halus, dan pada kocokan yang terakhir, masukkan kelapa yang telah diserut lalu aduk merata.
  6. Setelah semua bahan siap, lanjutkan untuk menyajikan es doger dalam gelas saji
  7. Siapkan gelas saji, kemudian letakkan tapai singkong di dalamnya,
  8. kemudian letakan tapai ketan hitam, dan kerukan es santan kemudian tuangkan susu kental manis. Dan es doger lezat pun siap untuk dinikmati

Resep es doger yang telah Anda simak di atas, sangatlah mudah bukan?

Jauh lebih mudah dibanding berangkat kerestoran atau tempat jajanan pinggir jalan hanya untuk menikmati satu gelas es doger. Selain jauh lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya.

menguasai pembuatan es doger tentunya menambah keterampilan Anda, khususnya dalam bidang memasak dan menyajikan hidangan pencuci mulut yang lezat.

Rasanya yang manis bercampur gurih nya kelapa sertaa dengan tambahan asan dari tapai atau tape menjadikan sebuah kombinasi yang serasi.

Selain rasa nya yang manis es ini juga menyegarkan apalagi jika diminum saaat siang terik. bisa juga jadi minuman  saat berkumpul bersama teman-teman atau mungkin saat acara-acara tertentu es ini bisa menjadi salah satu alternatif nya.

Selain kelapa di dalam campuran es ini juga terdapat salah satu bahan utama yang tidak bisa ditinggalkan juga yaitu tape. yuk simak penjelasannya.

Apa Sih Itu Tape?

Tape adalah salah satu jenis olahan makanan asli khas Indonesia. Beberapa daerah yang terkenal dengan olahan tape adalah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan beberapa daerah lain.

Tape merupakan makanan fermentasi yang dibuat dari makanan yang mengandung karbohidrat seperti singkong dan ketan. Nama tape didasarkan pada jenis bahan baku utama seperti tape singkong dan tape ketan.

Tape banyak disukai oleh semua orang karena rasanya yang lembut, lezat, manis dan juga ada rasa khas yang tidak ditemukan dari makanan lain.

tape

Karakteristik Tape

Tape adalah jenis makanan yang termasuk dalam makanan fermentasi. Tapi memiliki rasa yang sangat manis dan mengenyangkan.

Selain itu tape mengandung alkohol karena telah diolah dengan proses fermentasi. Tapi akan dibuat dengan berbagai macam dasar metode yang sama namun pengemasan yang berbeda.

Tape singkong dari Jawa Barat akan dibuat dari bahan singkong dalam bentuk utuhan. Sementara tape singkong dari Bondowoso, Jawa Timur dibuat dalam bentuk potongan dan ditempatkan dalam tempat khusus seperti anyaman bambu.

Cara Pembuatan Tape Singkong

Tape menimbulkan rasa yang sangat khas karena dibuat dengan cara fermentasi yang melibatkan berbagai macam mikroorganisme. Cara pembuatan tape juga melibatkan ragi tape.

Ragi tape memiliki bentuk bulat tipis seperti koin dan biasanya akan dihancurkan dalam proses pembuatan tape. Mikroorganisme yang ditemukan dalam ragi tape antara lain adalah Rhizopus sp, Amylomyces rouxii, Saccharomycopsis fibuligera, Bacillus sp, dan Pediococcus.

Ragi tape biasanya akan bekerja lebih efektif apabila dijemur sebelum digunakan. Biasanya prosedur ini selalu dilakukan oleh pembuat tape.

10 Manfaat Tape Singkong Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Untuk pembahasan tape sendiri pasti ada manfaat nya pula bagi kesehatan. Dan juga untuk kecantikan sendiri pun memiliki manfaat. 

Tape sendiri biasa nya terbuat dari singkong ataupun dari ketan. Namun untuk campuran cara membuat  es doger sendiri menggunakan tape singkong. Namun ada juga yang menambahkan ketan atau tape ketan di dalam nya.

Dan dibawah ini merupakan manfaat-manfaat dari tape singkong bagi kesehatan dan kecantikan. selamat membaca.

Manfaat Tape :

1.  Menghangatkan Badan

2. Membantu Tubuh Lebih Berenergi

3. Bisa Meningkatkan Manfaat Seksual

4. untuk Obat Jerawat

5. untuk Diet

6. sebagai Sumber Probiotik

7. Meningkatkan Sistem Syaraf dan Otot

8.  Meningkatkan Fungsi Pencernaan

9. Mencegah Anemia

10.  Mengatasi Penyakit Darah Tinggi