Cara membuat es kopyor – Meminum minuman dingin di tengah cuaca yang panas mungkin sudah menjadi keharusan bagi orang Indonesia untuk menghilangkan keringnya tenggorokan akibat cuaca yang sangat panas.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, tersedia berbagai olahan es yang dijajakan oleh penjual di kalangan masyarakat, diantaranya adalah es kopyor. Es yang sangat “friendly” dengan kantong orang indonesia ini memang terbilang salah satu minuman favorit penghilang haus di siang bolong.

 

Mengetahui Cara Membuat Es Kopyor

Harga yang murah serta mudahnya ditemukan penjual yang menjakakan es kopyor menjadikan alasan pertama mengapa es kopyor  masuk dalam list yang harus dinikmati di saat cuaca sedang terik-teriknya seperti saat ini.

Porsinya yang memang tidak terlalu banyak menjadikan salah satu kekurangan dari es kopyor. Walau porsinya yang memang tidak terlalu banyak, tapi tidak perlu khawatir anda dapat dengan mudah membuatnya di rumah daripada harus merogoh kocek untuk membelinya dengan porsi yang di dapatkan hanya sedikit.

Bahan yang mudah di dapat merupakan salah satu alasan lain, selain tentu cara pembuatannya yang mudah. Terdapat beberapa resep dan bahan yang sedikit berbeda tergantung ingin es kopyor yang dibuat memiliki campuran atau varian seperti apanya. Berikut ini beberapa olahan es kopyor yang dapat anda coba di rumah.

 

Berbagai Olahan Cara Membuat Es Kopyor

 

cara membuat es kopyor

Es Kopyor Varian Agar-agar

 

Disini ada beberapa bahan yang harus di persiapkan, diantaranya:

  1. 400-450 ml santan
  2. 200-250 ml air
  3. 120 gram gula pasir
  4. 1 bungkus agar-agar siap masak
  5. 2 liter air (atau bisa disesuaikan sesuai porsi)
  6. Es batu seperlunya
  7. Sirup rasa cocopandan sesuai selera

 

Setelah mengetahui bahan yang digunakan, begini cara membuat es kopyor dengan varian agar-agar:

  1. Langkah awal adalah mencampur agar-agar dengan air, aduk semua sampai rata hingga tidak ada yang menggumpal, selanjutnya tuangkan santan.
  2. Masak agar-agar sampai matang jangan lupa untuk mengaduknya agar tidak menggumpal. Aduk terus sampai mendidih, selanjutnya jika sudah matang lalu angkat.
  3. Jika sudah selanjutnya siapkan es batu, kemudian masukkan es batu ke dalam air (sesuai porsi). Selanjutnya masukan agar-agar yang sudah matang ke dalam es batu yang sudah disiapkan tadi sedikit demi sedikit. Setelah agar-agar selesai dituangkan, kemudian anda harus membuat serabut-serabut kopyornya. Caranya dengan menarik ke bawah agar-agar yang sudah anda masukan tadi, anda dapat menggunakan alat berupa garpu atau yang lain untuk membuat serabut kopyor. Lakukan hal tersebut hingga seluruh agar-agar habis.
  4. Terakhir untuk menambah cita rasa kopyornya, anda dapat menambahkan sirup rasa cocopandan sesuai selera. Tuangkan setelah kopyor dan air es nya. Es kopyor sudah siap dihidangkan dan dinikmati.

 

cara membuat es kopyor

Es Kopyor Varian Biji Selasih

 

Untuk membuatnya dibutuhkan beberapa bahan, diantaranya:
  1. 1 bungkus nutrijel kelapa
  2. 1 bungkus santan instan
  3. 30-40 ml susu kental manis rasa vanilla
  4. 1 liter air kelapa murni
  5. Biji selasih seperlunya
  6. Es batu seperlunya
  7. Sirup cocopandan seperlunya
  8. Susu kental manis rasa cocopandan seperlunya

 

Selenjutnya, begini cara membuat es kopyor biji selasih:

  1. Persiapkan bahan yang digunakan, masak jelly yang sudah dicampur dengan air kelapa sampai matang.
  2. Selanjutnya persiapkan es batu lalu masukan jelly yang sudah matang tersebut, kemudian campurkan hingga jelly habis.
  3. Sebelum mencampurkan biji selasih, jangan lupa untuk merendam biji selasih terlebih dahulu menggunakan air hangat.
  4. Terakhir untuk penyajian campurkan susu kental manis cocopandan, sirup cocopandan hingga biji selasih dengan rapi. Es kopyor sudah siap dihidangkan dan dinikmati.

 

Baca juga: Cara Membuat Jam Dari Batok Kelapa Yang Artistik

 

cara membuat es kopyor

Es Kopyor Varian Melon

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat diantaranya:

  1. Siapakan 1 sachet Nutrijel boleh rasa apa saja terganung selera
  2. Siapkan 600-700 ml air sesuai porsi yang dibuat
  3. 4-5 sdm gula pasir sesuai kebutuhan
  4. 8 sdm santan kemasan
  5. 3 sdm susu kental manis
  6. Es Batu
  7. Sirup melon seperlunya
  8. Gula pasir seperlunya
  9. Untuk menambah cita rasa bisa gunakan nata de coco
  10. Es batu seperlunya

 

Berikut ini cara membuat es kopyor varian melon:

  1. Pertama-tama campurkan nutrijell yang sudah dimasak dengan gula, kemudian masukan santan. Tambahkan semuanya secara sedikit demi sedikit, kemudian campurkan dengan air sambil diaduk sampai semuanya larut. Jangan masak dengan api yang terlalu besar cukup dengan api sedang sambil terus-terusan di aduk hingga semuanya larut dan rata.
  2. Selanjutnya persiapkan wadah yang sudah berisi es batu di dalamnya, tuangkan larutan nutrijell yang sudah matang tersebut secara perlahan hingga semuanya tercampur dengan es batu yang sudah disiapkan sebelumnya.
  3. Kemudian buat untuk membuat kuahnya, pertama-tama campurkan sirup melon dengan gula dan susu kental manis terlebih dahulu. Kemudian tambahkan air seperlunya, tapi tidak perlu terlalu banyak karena dari kopyor yang dibuat tadi sudah berair dari es batunya tadi.
  4. Terakhir campurkan semua kuah yang sudah di mix tadi dengan kopyor yang telah dibuat, kopyor siap untuk dihidangkan dan dinikmati.

 

cara membuat es kopyor

Es Kopyor Varian Buah Naga

 

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuatnya, diantaranya:

  1. 1 sachet agar-agar
  2. 1 sachet susu kental manis
  3. 2-3 gelas santan instan
  4. 4 sdm gula pasir
  5. 1/2 lembar daun pandan
  6. Sirup buah naga
  7. Es batu seperlunya

 

Berikut ini langkah cara membuat es kopyor varian buah naga:

  1. Campur agar2 dan gula di panci.dan susu
  2. Campur juga santan, aduk2.rebus hingga mendidih
  3. Setelah mendidih, kucurkan sedikit -sedikit di es balok, hingga berbentuk kopyor
  4. Buat sirupnya: blender buah naga. Saring dan rebus dgn segelas air dan gula sesuai selera
  5. Penyajian:ambil kopyor, tuangi sirup dan siap di hidangkan

 

Manfaat Kelapa Kopyor:

Selain sangat nikmat ketika di minum serta memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang banyak, kelapa kopyor juga memiliki berbagai manfaat lain, diantaranya:

Air kelapa muda memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Air kelapa kopyor dipercaya memiliki khasiat serta memiliki tingkat nilai gizi yang tinggi.

Di dalam air kelapa tidak hanya memiliki unsur makro yang berupa nitrogen dan karbon, akan tetapi juga terdapat unsur mikro yang begitu dibutuhkan tubuh juga terkandung dalam air kelapa. Unsur penting lain yakni berupa protein yang terdiri dari asam amino, seperti halnya alanin, sistin, arginin, alin, hingga serin.

Terdapat fakta bahwa asam amino yang terkandung dalam air kelapa ternyata lebih tinggi daripada asam amino yang terdapat dalam susu sapi. Sementara untuk unsur karbon bisa dijumpai di dalam bentuk karbohidrat yang sederhana seperti halnya glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol dan lain sebagainya.

Begitu pun dengan unsur mikro yang terkandung di dalam air kelapa berupa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh yang berguna sebagai penganti ion tubuh. Oleh karenanya, setelah meminum kelapa muda tubuh akan terasa kembali segar.

Air kelapa juga mengandung bermacam vitamin. Di antaranya terdapat vitamin C yang lebih dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, maupun riboflavin.

Wajar saja jika air kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional maupun kecantikan. Selain itu, air kelapa juga kaya akan potasium (kalium). Selain adanya mineral, air kelapa mengandung gula serta protein. Karena komposisi gizi tersebut, maka tidak heran jika air kelapa berpotensi dapat dijadikan bahan baku produk pangan.