Cara Membuat Es Teler yang Enak dan Mudah Dibuat

Pada artikel ini saya akan membahas Cara Membuat Es Teler yang Enak dan Mudah Dibuat. Anda bisa menyajikan untuk keluarga anda.

Apa Sih Es Teler?

Kenapa dinamai es teler? Menurut Wikipedia  Es teler mempunyai arti koktail buah asli Indonesia yang terdiri dari alpukat, nangka, kelapa muda, ada beberapa yang memakai monte ada yang tidak, dengan campuran susu dan santan,ada yang memakai es serut ada pula yang memakai es batu cetak.

Es teler muncul lagi beberapa saat ini mewarnai jenis es buah lain seperti sop buah, es oyen, es dawet, es camcau, es kelapa muda, es buah, es serut dan semua es kekinian dengan bubble dan jelly.

Memang ada sesuatu yang khas pada es teler ini adalah biasanya porsinya lebih besar dan lengkap serta lebih banyak buahnya.

Sejarah Es Teler

Pada jaman dulu menurut  kata orang, es teler ini dinamai karena saking bikin orang seperti teler saking enaknya. Maklumlah pada waktu itu es yang ada baru es dawet yang bening dan es buah biasa.

Es Teler merupakan minuman asli yang berasal dari Jawa Tengah, Indonesia. Asal mula atau sejarah ternyata dari Kabupaten Sukoharjo.  Es Teler ini muncul karena di temukan ibunda Tukiman Darmowijomo yang bernama Hj.Samijem Darmo Putro, warga desa Juron, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa tengah.

Demi menopang hidup, keluarga Darmo Putro merantau ke Jakarta sebagai pedagang buah asongan di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Namun, karena hasil dari berdagang buah dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, keluarga Darmo Putro lalu berinisiatif untuk menjual es buah.

Nama Es Teler diambil dari seorang pelanggan yang mengatakan “esnya bikin teler“. Dari ungkapan tersebut es teler  cocok sebagai nama minuman lezat ini.

Resep dan Cara Membuat Es Teler

Wah bagaimana ya cara membuatnya? Berikut dibawah ini adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan es teler yang satu ini. Perhatikan satu persatu bahan yang perlu Anda persiapkan dan jangan salah yah supaya nanti hasilnya dapat memuaskan anda dan keluarga ketika di coba dirumah yahh.

1. Resep Es Teler Alpukat

Bahan Membuat Es Teler Alpukat:

• 1 buah Daging Kelapa Muda,

• 2 buah Alpukat,

• 200 gram Cincau Hitam,

• 9 biji Nangka (potong dadu),

• 500 ml Santan,

• ½ kaleng Susu Kental Manis,

• 100 gram Nata De Coco,

• 1 bungkus Agar-agar (masak  dengan gula, potong dadu),

• 120 ml Air,

• 160 gram Gula,

• 2 lembar Daun Pandan,

• Secukupnya Es Serut.

• garap secukupnya

Cara Membuat Es Teler Alpukat:

1. Didihkan santan dengan daun pandan hingga mendidih. Usahakan sambil terus di aduk saat proses pemasakan. Ketika sudah mendidih, angkat dan dinginkan.

2. Ambil air dan campur air dan gula menjadi satu. Pastikan gula benar-benar sudah larut ke dalam air dan tambahkan garap secukupnya.

3. Siapkan mangkok atau gelas saji.

4. Letakkan es serut di urutan paling bawah sendiri, lalu buah nagka dan gar-agar. Lanjut cincau dan nata de coco. Terakhir buah alpukat dan daging buah kelapa.

5.Jika sudah tertata dengan rapi, siramkan air gula atas bahan yang sudah di tata tadi. Kemudian siram lagi dengan santan dan susu kental manis kedalamnya.

6. Dan es teller pun siap di hidangkan dan dirasakan bersama teman,maupun keluarga anda dirumah.

2. Resep Es Teler Durian

Bahan-Bahan Membuat Es Teler Durian:

  • 1 Buah durian (pisah daging buah dengan biji durian),
  • 2 Buah alpukat (potong menggunakan sendok),
  • buah nangka (pisah daging buah dengan biji nangka),
  • 1 buah daging kelapa muda,
  • Susu kental manis (putih atau coklat, sesuai selera)
  • Sirup (jika suka)
  • Kolang-kaling secukupnya,
  • Es batu serut secukupnya.

Cara Membuat Es Teler Durian:

  1. Kunci dari es teller yang enak adalah pemilihan bahan-bahan yang berkualitas. Ada satu saja bahan yang sedikit busuk akan mengganggu cita rasanya secara keseluruhan.
  2. Selain alpukat dan durian, campurkan semua buah yang sudah dikupas dan dipotong-potong ke dalam wadah besar. Ukuran potongan buah sesuai selera.
  3. Ambil dan masukkan buah yang sudah tercampur ke dalam mangkok. Tambahkan potongan alpukat dan durian. Untuk durian, bisa juga diletakkan dalam keadaan utuh beserta bijinya.
  4. Siram dengan es serut dan kemudian tuang susu kental manis dan syrup di atasnya. Peletakkan es serut sebenarnya bisa juga pada bagian dasar / pertama. Sesuai selera aja ya bun.

Manfaat Buah Alpukat dan Buah Durian

1. Manfaat Buah Alpukat

Selain rasanya yang enak, alpukat  memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan buah ini kerap dijadikan salah satu menu diet bagi mereka yang berhasrat menurunkan berat badan.

Alpukat disebut mengandung lemak tak jenuh sehingga aman untuk dikonsumsi secara rutin. Tak hanya lemak baik, buah yang satu ini juga memiliki kandungan vitamin A,B,C,E, dan K serta karbohidrat, protein, folat, hingga magnesium.

Di sisi lain, alpukat juga kaya akan sterol tumbuhan yang dapat menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Buah ini juga dipercaya dapat mencegah risiko terkena penyakit diabetes.

Sebuah penelitian menyatakan mengonsumsi alpukat dapat meningkatkan penyerapan antioksidan 2,6 hingga 15 kali lipat. Itulah mengapa buah alpukat sangat baik sebagai sumber lemak sehat ketimbang makanan lainnya. Selain itu, lemak pada alpukat dipercaya menyehatkan lapisan usus, sehingga mengurangi risiko sembelit hingga mencegah gejala sindrom iritasi usus besar.

Namun, masih banyak lagi manfaat dari buah alpukat  baik bagi kesehatan tubuh, rambut, maupun kecantikan. Berikut adalah 15 manfaat alpukat bagi kesehatan tubuh.

2. Manfaat Buah Durian

Durian merupakan salah satu buah yang memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan. Di Indonesia, durian dapat dengan mudah ditemukan dan hadir dalam berbagai bentuk serta olahan seperti permen hingga es krim.Durian merupakan buah yang dikenal secara luas karena rasa manfaatnya bagi kesehatan.

Buah yang hanya berbuah satu tahun sekali ini memiliki bau yang khas dan rasa yang manis. Selain kelezatannya, durian juga ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Durian memiliki nama ilmiah durio zibenthinus Linn dan masuk dalam keluarga Bombacaceae dengan biji besar yang diselimuti daging buah. Durian merupakan buah asli dari Asia Tenggara yang dijuluki sebagai “king of fruits”. Salah satu manfaat Durian adalah sebagai berikut.

1. Meredakan Anemia

Merupakan kondisi medis yang menyebabkan kurangnya tingkat hemoglobin pada darah. Kekurangan hemoglobin dapat menimbulkan kelelahan, sakit kepala, insomnia dan lain-lain. Anemia pada wanita hamil akan mempengaruhi janin seperti menyebabkan kelainan hingga kematian. Kandungan asam folat yang tinggi pada durian penting dalam memproduksi hemoglobin dan mengurangi kondisi anemia. Selain itu, asam folat dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan secara teratur dan melindungi otak serta tulang belakang bayi.

Penyajian yang Tepat

Untuk menyajikan es teler yang tepa, kamu bisa menggunakan mangkuk atau gelas yang ukurannya besar. Tinggal pilih aja apa yang ada di rumah kamu, jangan dibuat ribet.

Nah, setelah kamu tentukan tempat yang akan digunakan, selanjutnya adalah cara menata bahan. Bagian bawah sebaiknya kamu tata buah-buahan terlebih dahulu. Baru di atasnya kamu bisa tambahkan agar-agar.

Untuk hasil yang lebih manis, kamu bisa gunakan es serut bukannya es batu. Menambahkan Es parut  akan mempercantik tampilan es teler yang anda buat. Selain itu, jika dituangkan sirup di atasnya maka akan terlihat warna yang cantik. Gimana? Kamu tertarik untuk membuat es teler?

Tips Membuat Es Teler

Ada tips nih yang bisa kamu ikuti kalau mau membuat es teler yang enak dan bikin ketagihan. Gimana tipsnya? Berikut ini hal yang harus kamu ikuti.

  • Pilihlah bahan yang masih segar, dari mulai alpukat, nangka, melon, dan kelapa.
  • Untuk kelapa, pilih kelapa yang benar-benar masih muda agar teksturnya masih empuk dan lembut.
  • Kamu bisa menggunakan sirup rasa stroberi agar memberikan warna yang cerah dan menggoda.
  • Jika menambahkan susu kental manis usahakan jangan terlalu banyak agar rasanya tidak terlalu manis.
  • Gunakan wadah yang transparan agar susunan buah dan agar-agar terlihat dari luar.
  • Kamu bisa menambahkan es krim di atas es teler untuk menambahkan cita rasa dan membuat es teler anda tampil beda.
 
Nah, itulah tadi artikel tentang  Cara Membuat Es Teler yang Enak dan Mudah Dibuat . Es Teler ini cocok disantap degan Kue Brownies. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Selamat mencoba ya.