Cara Membuat Gula Aren dan Mengolahnya Menjadi Jajanan

Gula aren tidak hanya memiliki manfaat sebagai pemberi rasa manis yang sering digunakan pada banyak jenis makanan Indonesia. Ternyata, ada juga beberapa manfaat gula aren yang baik untuk kesehatan tubuh. Yuk, simak lebih lanjut untuk mengetahui cara membuat gula aren (gula jawa) dan menemukan apa saja manfaat gula aren bagi kesehatan.

Selain mengenai manfaat gula aren, Anda juga akan mendapatkan informasi tentang apa perbedaan antara gula aren, gula merah, dan gula jawa yang sering kali membuat Anda bingung.

Gula aren adalah gula yang dihasilkan melalui proses penyadapan air nira dari pohon aren (Arenga pinnata Merr). Air nira yang disadap biasanya menggunakan bunga jantan dari pohon aren atau enau.

Proses pembuatan gula aren lebih banyak menggunakan bunga jantan karena nira dari bunga jantan menghasilkan air nira yang lebih banyak daripada yang dihasilkan oleh bunga bentina. Selain itu, kualitas air nira dari bunga jantan lebih memuaskan.

Cara Membuat Gula Aren Beserta Langkahnya

Seperti kita tahu bahwa gula aren merupakan produk yang dihasilan oleh pemekatan nira aren yang secara tradisional melalui pemanasan atau dimasak. Cara membuat Gula Aren ini dengan proses  pemanasan berlangsung beberapa jam sampai kadar air berkurang hingga 6-5 persen. Dengan mendinginkan ke dalam cetakan lama-lama produk mengeras yang sekarang bisa disebut sebagai gula.

cara membuat gula aren

Pada cara membuat gula aren, pembuatannya sama seperti sirup aren (gula aren cair). Yakni nira segar dimasukan ke dalam kuali dengan panas tertentu sampai bahan menjadi kental. Bila tujuannya adalah membuat sirup aren atau gula aren cair pemanasan berlangsung sampai volume tinggal (seperlima) 1/5 dari volume semula. Sementara jika bertujuan membuat gula pemanasan berlangsung sampai volume nira (sirup aren) berkurang sampai 1/10 dari volume semula. Baru setelah itu cairan kental dituangkan ke dalam cetakan yang berupa batok kelapa atau bambu atau cetakan lain dan ditunggu sampai dingin.

Bahan :

Begitu keluar dari tandan bunga, nira aren langsung mengalami fermentasi. Untuk menjaga nira tetap segar maka perlu menambahkan zat pengawet ke dalam tabung penampung. Yang biasa digunakan oleh kelompok petani Arenga Indonesia adalah pengawat alami seperti kulit manggis, cacahan kulit nangka, akar kawao dan beberapa tumbuhan yang memiliki kandungan zat pengawet lainnya.

Jadi bahan yang akan digunakan adalah

  1. Nira aren
  2. Pengawet alami

Peralatan yang Digunakan

Dalam pembuatan gula aren ini, peralatan yang digunakan adalah peralatan sederhana. Seperti berikut:

  • Wajan atau kuali. Di gunakan untuk memanaskan nira aren sehingga sebagian besar kandungan air menguap.
  • Pengaduk terbuat dari kayu atau bambu. Digunakan untuk mengaduk-aduk nira aren agar tidak hangus dan rata panasnya selama proses pembuatan.
  • Saringan. Alat yang terbuat dari kain saring halus (kasa). Berfungsi untuk menyaring nira aren agar terbebas dari kotoran.
  • Cetakan. Berupa tempurung kelapa atau bambu yang digunakan untuk mencetak gula aren.

Langkah Pembuatan Gula Aren

  1. Penyaringan. Nira harus disaring dengan kain saring atau menggunakan saringan halus yang terbuat dari anyaman kawat tahan karat. Hasil penyaringan disebut nira bersih.
  2. Pemasakana. Nira yang telah disaring kemudian dididihkan di dalam wajan dengan api sedang sambil diaduk-aduk. Jika apinya terlalu besar nira akan cepat hangus dan gula bisa terasa pahit. Busa dan kotoran yang mengapung selama pendidihan dibuang.
  3. Nira terus dipanaskan sampai volumenya tinggal 8% dari volume semula. Cairan seperti ini sudah dapat disebut sebagai gula cair atau sirup kental.
  4. Angkat kuali ke tempat dingin, diamkan gula kental selama 5 menit baru kemudian dicetak.

Pencetakan dan Pengemasan

Kini tiba saatnya mencetak gula. Sirup kental yang telah didiamkan selama 5 menit tadi kemudian dituangkan ke dalam cetakan. Jika menggunakan batok kelapa, harus dilubangi diujungnya agar lebih mudah mengeluarkan gula. Isi sampai terisi 1/3 bagian. Setelah agak dingin, sirup dituangkan lagi sampai penuh, dan gula ditunggu sampai mengeras dan dingin.

Gula aren yang telah mengeras dan dingin harus dikemas di dalam wadah tertutup sehingga terhindar dari uap air. Gula aren terkemas ini disimpan ditempat yang tidak panas, dan terhindar dari benturan. Pilih kemasan yang baik agar daya simpan gula aren bertahan lebih lama.

Kandungan Pada Gula Aren

Anda juga perlu tahu bahwa adanya beberapa manfaat gula aren (gula merah) tidaklah terlepas dari beberapa kandungan zat gizi pada gula aren. Beberapa kandungan zat yang ada di dalam gula aren, yaitu karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B3 (niasin) dan vitamin C.

Di samping itu, gula aren juga mengandung serat makanan yang sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan sehingga bisa terhindar dari masalah medis pada sistem pencernaan. Gula aren juga mengandung fruktosa dan sukrosa yang cukup tinggi sehingga memberikan citarasa manis alami dan sehat.

Beberapa Manfaat Gula Aren

Tidak hanya berguna sebagai penambah citarasa makanan, manfaat gula aren (gula merah) juga baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, simaklah beberapa manfaat gula aren bagi kesehatan tubuh di bawah ini.

1. Mencegah penyakit kanker

Manfaat gula aren bisa mencegah berbagai jenis penyakit kanker. Hal ini dikarenakan gula aren memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga mampu menangkal berbagai radikal bebas penyebab penyakit kanker.

2. Mengatasi masalah anemia

Selain vitamin C, gula aren juga mengandung zat besi yang cukup banyak. Zat besi di dalam gula aren memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah sehingga masalah anemia bisa diatasi.

3. Mencegah kerusakan kulit

Kandungan antioksidan di dalam gula aren tidak hanya berfungsi untuk mencegah penyakit kanker saja melainkan juga baik untuk kesehatan kulit. Melalui kandungan antioksidan, manfaat gula aren bisa mencegah kerusakan kulit.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pengonsumsian gula aren ternyata juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini tidaklah terlepas karena kandungan antioksidan yang cukup tinggi di dalam gula aren. Jadi, Anda juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi gula aren atau melalui makanan yang mengandung gula merah ini.

5. Menjaga kadar kolesterol tetap normal

Ada satu manfaat gula aren yang baik untuk kesehatan jantung. Manfaat gula aren tersebut yaitu bisa menjaga kadar kolesterol tetap normal. Ini dikarenakan adanya kandungan niasin atau vitamin B3 yang cukup banyak di dalam gula aren.

6. Menghaluskan kulit

Kandungan antioksidan di dalam gula aren yang baik untuk kulit semakin lengkap dengan kandungan niasin di dalamnya yang juga baik untuk kulit. Manfaat gula aren bisa membuat kulit Anda menjadi halus dan nampak lebih indah.

7. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Manfaat gula aren juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Gula aren mengandung banyak serat makanan. Kandungan serat makanan inilah yang membuat proses pencernaan berjalan dengan baik.

8. Menjaga stabilitas suhu tubuh

Gula aren juga bisa menghangatkan tubuh. Hal ini akan lebih terasa jika Anda mengonsumsi gula aren bersama dengan jahe dalam bentuk wedang jahe. Manfaat gula merah ini juga bisa mencegah atau meredakan gejala flu.

9. Mengobati sariawan

Jika Anda sedang sariawan maka Anda cukup mengonsumsi gula aren karena bisa mengobati sariawan pada gusi atau bibir Anda. Anda bisa mengonsumsi gula aren secara langsung atau dalam bentuk makanan lainnya.

10. Mendukung program diet

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet maka sebaiknya gantilah gula putih Anda dengan gula merah yang satu ini. Gula aren memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan gula pasir sehingga hal ini baik untuk menjaga batasan jumlah asupan kalori harian.

Cara Membuat Gula Aren Menjadi Makanan dan Minuman

Kelebihan dari Gula Aren juga dapat dijadikan bahan campuran untuk membuat makanan dan minuman. Dibawah terdapat beberapa resep makanan dan minuman dengan campuran gula aren.

cara membuat gula aren

1. Es Kopi Susu Gula Aren

Kopi merupakan minuman yang populer disemua kalangan. Dengan rasa khas pahitnya, kopi mampu membuat orang ketagihan. Dengan menggunakan campuran susu dan gula aren, rasa kopi yang pahit pun berubah menjadi rasa manis gula aren dan rasa khas kopi yang bercampur menjadi satu. Untuk pembuatan, simak langkah-langkah dibawah.

Bahan-bahan

  • 1 sdt kopi black nescafe instan
  • 1 1/2 sdm gula aren bubuk
  • secukupnya Air panas
  • secukupnya Es batu
  • 1 box susu ultra plain (250 ml)

Cara Membuat Gula Aren dengan Es Kopi

  1. Langkah pertama dengan cara membuat gula aren menjadi tercampur dengan larutan kopi bubuk dengan sedikit air panas
  2. Masukan es batu sesuai selera
  3. Tuangkan susu ultra plain sesuai selera

2. Kolang Kaling Susu Gula Aren

Kolang-kaling adalah nama camilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Untuk menambah cita rasa ketika dibuat minuman, direkomendasikan menambahkan gula aren agar minuman terasa lebih segar.

Bahan-bahan

  • 1/2 gelas Kolang kaling
  • 2 sdm gula aren cair
  • Susu cair full cream (ku pake frisian flag)
  • Secukupnya es batu

Cara Membuat Gula Aren dengan Kolang Kaling Susu Gula Aren

  1. Masukkan kolanh kaling sampe setengah gelas
  2. Tambahkan 2sdm gula aren cair (kurang atau lebih sesuaikan selera manisnya)
  3. Tuangkan susu cair sampe agak penuh, lalu beri es batu. Siap santap

3. Wedang Jahe Sereh Aren

Sesuai namanya, wedang jahe sereh aren adalah minuman jahe hangat yang dicampur dengan sereh dan gula aren. Minuman ini dapat menghangatkan tubuh dengan rasa manis dari gula arennya.

Bahan-bahan

  • 1 ruas jari Jahe
  • 1 batang Sereh
  • Gula aren

Cara Membuat Gula Aren dengan Wedang Jahe Sereh Aren

  1. Cuci bersih jahe lalu kupas dan bakar hingga harum
  2. Ambil satu batang sereh buang daunnya dan ambil bagian bungkul nya dan cuci bersih
  3. Ambil gula aren sesuai selera, rebus air kira-kira 120ml hingga mendidih, jika sudah masukan semua ke dalam gelas dan tuang air mendidih lalu aduk dan selamat menikmati

4. Kue Mangkok

Mungkin Anda pernah melihat kue mangkok dalam berbagai warna, salah satunya adalah warna cokelat. Warna cokelat ini sendiri berasal dari gula merah yang bila diicip memiliki kolaborasi antara rasa legit, gurih dan manis. Agar lebih guri, kue mangkok ini biasanya dilengkapi dengan parutan kelapa yang telah dikukus bersama daun pandan dan sedikit garam.

Bahan :

  • 250 gram tepung beras
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 ml air
  • 150 gram tape singkong
  • 350 gram gula pasir
  • 150 ml air hangat
  • Kelapa muda yang diparut, secukupnya
  • Pewarna makanan sesuai selera

Cara Membuat Gula Aren dengan Kue Mangkok :

  1. Campur tepung beras dan tepung terigu. Tambahkan air dan aduk hingga rata.
  2. Tambahkan tape, gula. Aduk semua hingga merata.
  3. Saat mencampur, tambahkan air hangat. Uleni hingga semua bahan menjadi licin.
  4. Masukkan pewarna makanan, uleni sambil ditepuk-tepuk agar mengembang.
  5. Panaskan cetakan kue mangkok dalam dandang selama 5 menit.
  6. Tuang adonan ke dalam cetakan kue mangkok. Kukus selama 30 menit.
  7. Angkat kue mangkok, sajikan dengan kelapa parut.

5. Cucur

Cucur atau yang disebut Tutulu merupakan kudapan khas Gorontalo yang terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung beras. Meskipun rasanya hanya manis dan berminyak tetapi kue cucur ini tetap disukai. Serat-serat yang terbentuk pada kue serta bagian pinggir yang kering renyah dan sedikit gosong memberi keunikan tersendiri pada kue ini.

Bahan-bahan

  • 125 gr tepung beras
  • 100 gr terigu protein sedang (segitiga)
  • 130 gr gula merah
  • 50 gr gula pasir
  • 200 ml air
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam

Langkah Cara Membuat Gula Aren dengan Cucur

  1. Rebus gula merah, gula pasir, air, daun pandan dan garam hingga larut lalu saring. Biarkan sampe hangat.
  2. Campurkan tepung beras dan tepung terigu dalam wadah. Masukkan larutan gula yg telah disaring. Aduk hingga rata menggunakan whisk lalu mikser dengan speed rendah selama 5 menit.
  3. Istirahatkan adonan selama 15 menit. Aduk kembali menggunakan whisk. Kalau adonan terlalu kental bs ditambah air sedikit demi sedikit agar konsistensi adonan pas (pas dalam artian tidak encer dan tidak kental).
  4. Panaskan secukupnya minyak goreng dalam wajan cekung. Aduk kembali adonan menggunakan whisk sebelum menggoreng.
  5. Tuang satu sendok sayur kedalam minyak yg sudah panas. Siram siram atasnya. Tusuk dengan lidi tengahnya. Apabila sudah tidak ada adonan yg keluar tandanya cucur sudah matang. Angkat dan tiriskan.
  6. NOTE: jangan memakai minyak terlalu banyak, secukupnya saja. Minyak harus sudah panas tapi mememakai api kecil ahar kue cucur bisa berserat bagus dan tipis.

6. Klepon

Bentuknya yang bulat dan berwarna hijau muda dijamin mampu membuat Anda tergoda untuk segera menyantapnya. Teksturnya yang kenyal dan lembut membuat orang ingin terus menggigitnya lagi dan lagi. Rasa yang tersimpan dari klepon sangat lezat, bersensasi, bahkan bikin ketagihan. Rahasia kelezatan klepon ada pada isinya yang terbuat dari gula merah yang dicairkan lebih dulu.

Bahan :

  • Tepung ketan 100 g
  • Gula merah 75 g, sisir halus
  • Gula halus 25 g
  • Garam sdt
  • Air 1200 ml
  • Kelapa butir, parut, kukus

Cara membuat Gula Aren dengan klepon :

  1. Siapkan wadah bersih untuk menguleni adonan.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit sembari adonan terus diuleni. Jika kekentalan adonan
  3. dirasa sudah cukup, maka tidak perlu ditambah air lagi.
  4. Ambil sedikit adonan, pipihkan, dan beri sedikit gula merah yang sudah disisir sebelumnya. Tidak usah terlalu banyak agar nanti ketika direbus tidak meluber keluar.
  5. Bentuk adonan menjadi bola-bola.
  6. Ulangi poin 4 dan 5 hingga adonan habis.
  7. Rebus 1 L air, tunggu hingga mendidih.
  8. Masukkan klepon yang sudah dibentuk. Tunggu hingga klepon mengapung.
  9. Sembari menunggu klepon matang, siapkan parutan kelapa. Campur parutan kelapa dengan gula pasir dan garam secukupnya. Sisihkan.
  10. Tiriskan klepon yang sudah mengapung. Lalu gulingkan atau taburi klepon dengan parutan kelapa.
  11. Klepon siap disajikan. Lebih enak dimakan selagi masih hangat.

7. Gemblong

Kue Gemblong merupakan penganan yang terbuat dari adonan singkong dan disajikan dengan lumuran saus gula jawa. Namun, konon katanya rahasia kelezatan gemblong bukanlah terletak pada bahan pembuatnya, tetapi pada orang yang meraciknya sehingga membuat rasanya menjadi istimewa untuk disantap.

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Gemblong

  • 200 gram tepung ketan putih
  • 100 gram kelapa diparut kasar
  • 125 ml santan hangat
  • 500 ml minyak untuk menggoreng
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Pelapis :

  • 100 gram gula merah sisir
  • 100 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan, disimpulkan
  • 150 ml air

Cara Membuat Gula Aren dengan Kue Gemblong

  1. Langkah pertama, campurkan tepung ketan putih dengan kelapa parut kasar kemudian diaduk-aduk secara perlahan sambil dituangkan sedikit demi sedikit santan dan uleni hingga kalis.
  2. Setelah adonan kalis, ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi bentuk oval pipih. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  3. Panaskan minyak goreng dan goreng adonan hingga matang kemudian angkat dan dinginkan.
  4. Selanjutnya, siapkan bahan pelapisnya dengan cara, larutkan gula pasir, gula merah dalam air dan masukkan pandan sambil terus diaduk hingga kental dan berbusa.
  5. Masukkan kue gemblong dan aduk hingga kue gemblong teraduk dengan rata dan terbaluti lapisan gula merah.
  6. Angkat kemudian dinginkan hingga lapisan gula merah menjadi kering setelah itu baru sajikan.