Cara Membuat Jenang Jagung Enak dan Sederhana

Setelah artikel cara membuat lupis khas Jawa pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara membuat jenang jagung yang enak dan cara membuatnya yang sederhana. Makanan ini sangat cocok untuk dihidangkan bagi keluarga anda dan juga tentunya cocok untuk dihidangkan saat berkumpul dengan sanak saudara yang sedang berkunjung ke rumah anda.

Apa itu Jenang Jagung ?

Jenang merupakan makanan yang sudah melek pada masyarakat di wilayah Surakarta, Jawa Tengah sejak zaman kerajaan Hindu – Budha dan pada zaman Wali Songo sampai sekarang. Jenang merupakan salah satu makanan khas dari Jawa yang berbahan utama beras putih dan juga beras ketan, makanan ini kerap disajikan sebagai pelengkap pada acara seperti hajatan, selamatan ibu hamil, selamatan orang meninggal, selamatan bayi yang baru lahir, dan masih banyak lagi dalam acara adat ataupun juga dalam acara keagamaan.

Salah satunya adalah jenang jagung, makanan ini merupakan sebuah jenang yang dibuat dari jagung. Sudah tidak asing lagi bukan nama jagung pada telinga anda, karena jagung pernah menjadi makanan pokok yang biijinya bisa diolah menjadi nasi jagung. Jenang jagung ini merupakan makanan yang berasal dari Ponorogo yang terkenal dengan kesenian Reognya.

Di Ponorogo banyak petani yang menanam jagung. Lalu mereka mengolah jagung ini menjadi jenang jagung yang menjadi makanan tepat bagi lidah masyarakat sekitar. Selain memiliki kandungan yang bermanfaat dan menyehatkan ini  jagung juga mempunyai rasa manis yang disebabkan oleh kandungan glukosa yang sangat ramah dan tidak berbahaya bagi yang menderita penyakit diabetes.

Jadi penasaran bukan dengan rasa jenang jagung ini. Tidak perlu khawatir lagi karena jenang jagung bisa dibuat di rumah dan bahan – bahannya pun mudah untuk dicari di warung atau pasar sekitar rumah kamu. Berikut cara membuat jenang jagung :

Cara Membuat Jenang Jagung

cara membuat jenang jagung

Bahan – Bahan :

  • 4 buah jagung manis
  • 1 bungkus agar – agar putih
  • 800 ml santan
  • Bubuk vanilli secukupnya
  • 250 gram gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm tepung maizena

Cara Membuat Jenang Jagung :

  1. Kupas jagung lalu cuci jagung hingga bersih.
  2. Sisir jagung kemudian blender, saring jagung yang sudah diblender.
  3. Campur santan, bubuk vanilli, dan agar – agar, aduk rata.
  4. Tambahkan gula pasir, garam, dan tepung maizena aduk kembali agar tercampur rata. Kemudia masak dengan menggunakan api kecil dan jangan lupa diaduk terus.
  5. Masak sampai mengental dan mendidih.
  6. Tuang adonan kedalam cetakan sesuai selera, lalu dinginkan dalam lemari es sampai jenang jagung menjadi keras.
  7. Potong jenang jagung sesuai selera.
  8. Jenang jagung sip untuk disajikan.

Mudah bukan untuk membuat jenang jagung di rumah dan tak perlu khawatir rasanya pasti enak dan manis. Jadi tidak perlu jauh – jauh untuk membelinya. Hidangkanlah jenang jagung yang telah anda buat untuk keluarga anda, jenang jagung juga cocok untuk disajikan saat berbuka puasa atau juga untuk acara adat tertentu.

Kandungan Gizi Jagung

Jagung ( Corn ) merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dimanfaat bijinya sebagai makanan pokok bagi manusia. Kandungan karbohidrat yang sangat tinggi ini menjadikan jagung sebagai makanan pokok bagi penduduk di Amerika Selatan dan Tengah. Selain dijadikan sebagai makanan pokok jagung juga dijadikan bahan pakan ternak yang sangat penting.

Biji jagung yang utuh mengandung banyak kandungan gizi seperti serat, vitamin, mineral, dan anti-oksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Pada 100 gram biji jagung mengandung kandungan gizi sebagai berikut ini :

  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Air
  • Protein
  • Gula
  • Serat
  • Lemak
  • Vitamin A, C, D E, dan K
  • Vitamin B1, B2, B5, B3, B6, B9, dan B12
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Sodium
  • Seng ( Zinc )

Banyak sekali bukan kandungan gizi yang terkandung dalam 100 gram jagung ini dan tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Jadi dengan hanya memakan jagung kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh bisa tercukupi.

Manfaat Jagung

Selain rasanya yang manis dan memiliki kandungan gizi yang banyak jagung juga memiliki beberapa manfaat yang baik kesehatan tubuh. Jadi tidak hanya memberikan rasa yang menggugah selera namun juga memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi jagung :

1. Mengatasi Konstipasi

Kontispasi atau bisa juga disebut dengan sembelit ini bisa diatasi dengan cara menambah / perbanyak aktifitas seperti olahraga, minum air putih yang banyak, dan memperbaiki pola makan. Menurut para dokter, makanan yang masuk ke dalam pencernaan saat anda mengalami sembelit adalah makanan yang banyak mengandung serat.

Makanan yang mengandung banyak serat merupakan obat alami yang sangat baik untuk membantu mengatasi gangguan pada sistem pencernaan, salah satu makanan yang mengandung serat tinggi adalah jagung. Oalahan jagung ini dianggap sangat efektif untuk membantu mengatasi konstipas atau sembelit dengan aturan olahan jagung tidak ditambah dengan garam dan mentega.

2. Menurunkan Resiko Diabetes

Jagung termasuk kedalam kelompok makanan yang mengandung indeks glikemik rendah, sehingga jagung baik untuk dikonsumsi bagi anda yang mengalami penyakit prediabetes. Prediabetes merupakan suatu keadaan yang menunjukkan bahwa anda bisa mengalami resiko diabetes bertipe 2.

Menurut dokter, bagi yang menderita diabetes sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi karena karbohidrat dapat membantu menaikan kadar gula darah didalam tubuh. Sumber karbohidrat dapat ditemukan pada makanan seperti jagung, jadi jika kamu mengalami prediabetes cocok untuk mengkonsumsi jagung ini.

3. Kesehatan Jantung

Jagung mengandung kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Dari hasil penelitian mengatakan bahwa dalam mencegah penyakit jantung bisa dilakukan dengan memakan makanan yang mengandung tinggi serat dan protein serta dengan menghindari makanan makanan dengan mengandung lemak jahat.

Salah satu jenisnya adalah jagung. Bagi merekan yang rutin mengkonsumsi jagung dan kacang – kacangan untuk mengganti nasi maka akan memiliki resiko yang lebih kecil akan terkena penyakit jantung. Jadi konsumsilah jagung untuk mencegah penyakit jantung.

4. Mengatasi Depresi

Kunci mendapatkan kondisi fisik yang sehat dan menjaga kesehatan mental maka konsumsilah makanan yang mengandung kaya akan nutrisi. Meskipun nutrisi atau mengubah pola makanan tertentu belum bisa menyembuhkan depresi masih belum ada, namun ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa makanan yang mengandung nutrisi mempunyai kaitan dengan kesehatan mental manusia.

Salah satu makanan yang memiliki fungsi tersebut ialah jagung. Dari mengkonsumsi jagung kita bisa mendapatkan kandungan gizi seperti karbohidrat komplek, vitamin B, asam lemak, dan omega 3 yang memiliki fungsi untuk nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh otak. Namun jagung tidak bisa melakukan semua fungsi tersebut sendirian.

5. Kesehatan Mata

Katarak dan degenerasi makula adalah salah satu penyebab terjadinya kebutaan secara umum. Proses penuaan dan kurangnya nutrisi merupakan hal yang bisa menyebabkan penyakit ini terjadi pada seseorang.

Nutrisi mengandung antioksidan yang berupa karotenoid seperti zeaxanthin dan lutein yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Zeaxanthin dan lutein memiliki peran dalam menangkal efek kerusakan pada sel mata maka dari itu dapat membantu mengurangi resiko terkena katarak dan degenerasi manula. Zeaxanthin dan lutein ini dapat di temukan pada makanan jagung atau jagung yang telah diolah.

6. Mencegah Penyakit Divertikulosis

Dari hasil penelitian mengatakan bahwa jagung dapat mencegah penyakit divertikulosis. Hasil dari studi yang melibatkan 47.228 lelaki selama 18 tahun yang menunjukkan rajin mengkonsumsi jagung yang sudah diolah menjadi popcorn ini dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit divertikulosis sebanyak 28 %.  Tetapi jagung masih tetap perlu diuji lebih lanjut untuk pengobatan penyakit ini.

Bagaimana ? Tidak sia – sia bukan mengkonsumsi secara teratur jagung ini. Selain itu jika dibuat menjadi olahan jenang jagung juga tidak begitu sulit dan rasanya tetap manis dan enak. Cobalah membuat jenang jagung di rumah untuk anda hidangkan bagi keluarga atau jika sedang ada acara tertentu. Dijamin tidak akan menyesal jika anda menghidangkan jenang jagung ini bagi keluarga.

Jangan lupa untuk mencoba membuat jenang jagung dijamin tidak akan gagal dan cocok bagi anda yang baru pemula memasak. Bahan – bahannya pun tidak sulit untuk dicari karena bisa dicari di warung – warung sekitar rumah anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman – teman semua. Terimakasih.