Cara Membuat Jenang Sumsum Super Lembut dan Mudah Dibuat

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Cara Membuat Jenang Sumsum Super Lembut. Tidak asing bagi kita dengan makanan yang satu ini. Anda semua bisa membuatnya didapur kesayangan anda. Berikut artikelnya.

Apa Itu Jenang Sumsum?

Dibalik rasanya yang enak dan gurih, bubur sumsum ternyata memiliki sejarah panjang yang patut untuk kamu ketahui. Bukan  sebagai sebuah penganan, bubur sumsum memiliki nilai yang lebih baik bagi  seorang nenek moyang kita. Berikut ulasannya.

Asal Mula Jenang Sumsum Muncul di Indonesia

Cara Membuat Jenang Sumsum

Ratusan tahun Indonesia menjadi negara yang terjajah, dan menjadikan nenek moyang kita pada zaman itu kesulitan mencari bahan-bahan makanan pokok nasi. Lahan-lahan digunakan bukan untuk kepentingan rakyat. Di tengah himpitan itu, masyarakat mulai mencari cara agar dapat terlepas dari kelaparan.

Salah satunya dengan menyiasati kuantitas sekian liter beras dengan perbandingan air yang lebih banyak. Inilah cikal bakal lahirnya bubur pada masa itu. Termasuk bubur sumsum yang berasal dari beras ketan. Agar diperoleh makanan dalam porsi yang lebih banyak, bubur tentunya menjadi salah satu opsi terbaik.

Bubur sumsum mungkin menjadi salah satu makanan yang sangat umum dalam daftar kuliner khas Jawa. Bubur yang terbuat dari tepung beras, dimasak hingga mengental dengan santan dan dituang dengan “juruh” atau kuah gula jawa ini memang menjadi salah satu comfort food yang bisa dinikmati kapan saja.

Namun ternyata bubur sumsum bukan hanya sekedar makanan manis yang mengenyangkan, namun juga memiliki sejarah dan filosofi yang tak bisa diabaikan dalam budaya dan tradisi Jawa.

Karena derajat bubur lebih rendah dari nasi, bubur di negara Indonesia lebih merujuk pada keterbatasan, sehingga rasanya sulit menemukan sejarah bubur yang memiliki campuran daging hewan. Mengapa bubur beras ketan ini dinamakan dengan bubur “sumsum”? Karena bubur sumsum ini memiliki warna putih seperti warna sumsum tulang, maka penamaan dari makanan ini adalah jenang sumsum putih.

Resep Jenang sumsum

bagaimana ya caranya? Simak terus ya. Berikut adalah cara bagaimana menyiapkan bahan untuk membuat Jenang Sumsum super lezat.

1. Resep Jenang sumsum Sederhana

 

Bahan Membuat Jenang Sumsum:

– Tepung beras 100 g
– Santan 800 ml
– Garam 1 sdt
– Daun pandan 6 lembar

Cara Membuat Jenang Sumsum :

– Pertama-tama siapkan santan sebanyak 650 ml lalu bagi menjadi 2 gelas.

– Setelah itu rebus 1 gelas santan dengan 5 lembar daun pandan menggunakan api kecil, sambil diaduk.

– Jika sudah, ambil satu gelas santan dan tuang ke dalam tepung beras sambil diaduk agar tidak menggumpal.

– Lalu tambahkan 1 sdt garam

– Jika sudah selesai, masukan adonan ke dalam santan yang tadi direbus. Jangan lupa untuk tetap mengaduk agar tidak menggumpal.

– Jika sudah tercampur rata matikan api, lalu cincang gula merah dan rebus dengan api kecil.

– Langkah selanjutnya, masukan daun pandan ke dalam rebusan tadi dan aduk semuanya hingga merata.

– Lalu rebus sisa santan sebanyak 200 ml tadi sebagai kuah.

– Langkah selanjutnya  cara penyajiannya dengan cara tuangkan bubur sumsum dengan kuah yang sudah dibuat tadi dan bubur sumsum pun siap untuk dihidangkan dan disantap.

2. Resep Jenang Sumsum Keju

 

Bahan Membuat Jenang Sumsum Keju:

– 200 ml santan kara siap pakai
– 3 sendok tepung beras
– 35 gram keju kraft chedder
– 100 gram palm sugar atau gula merah
– 300 ml gram air

Cara Membuat Jenang Sumsum Keju:

– Langkah pertama campurkan 300 ml air dan palm sugar, setelah itu panaskan hingga mendidih, jika sudah angkat dan tiriskan.
– Setelah itu, masukkan santan ke dalam panci kecil dan campurkan dengan 300 ml air lalu aduk dan berikan parutan keju.
– Sisihkan sebagian santan yang telah bercampur air ke dalam sebuah gelas panjang.
– Jika sudah, masukkan tepung beras ke dalam gelas yang berisi santan dan aduk hingga tepung tidak menggumpal.
– Nyalahkan api lalu masak santan yang di panci dengan api kecil sambil diaduk. Setelah mendidih masukan campuran tepung gelas dan santan sedikit demi sedikit ke dalam panci sambil diaduk.
– Langkah selanjutnya, bubur akan meletup-letup matikan api dan diamkan bubur sebentar.
– Sajikan ke dalam mangkuk dengan disiram air gula yang yang sudah dibuat tadi, lalu tambahkan parutan keju di atasnya.

3. Resep Jenang Sumsum Strawberry

Cara Membuat Jenang Sumsum

Bahan Membuat Jenang sumsum Strawbery:

– 125 gram tepung beras
– 1 bungkus santan kara ukuran kecil
– 500 ml air
– 50 gram gula pasir
– 2 lembar daun pandan
– garam secukupnya
– pasta strawberry secukupnya
– 2 keping gula merah
– 1 lembar daun pandan
– garam sedikit
– 500 ml air

Cara Membuat Jenang Strawberry:

– Pertama-tama larutkan tepung beras dengan segelas air agar tidak menggerindil.
– Setelah itu masak santan, gula pasir dan garam aduk terus agar santan tidak pecah. Tambahkan pasta strawberry secukupnya. Aduk terus hingga meletup-letup.
– Untuk membuat kuah gula merah, masak air, daun pandan dan gula merah, aduk hingga mendidih lalu saring.
– Langkah terakhir sajikan bubur sumsum dengan kuah gula merah dan siao untuk disantap.

4. Resep Jenang Sumsum Tanpa Santan

Bahan-bahan

  1. Bahan Bubur
  2. 2 gelas belimbing tepung beras
  3. 2 gelas belimbing air
  4. 250 ml susu cair (pengganti santan)
  5. sejumput garam
  6. selembar daun pandan
  7. Bahan kuah
  8. secukupnya gula merah
  9. selembar daun pandan
  10. secukupnya air

Langkah Membuat Jenang Sumsum Tanpa Santan

1. Masukan air ke dalam panci tunggu sampai setengah mendidih, matikan api masukan sejumput garam, susu cair, daun pandan dan tepung beras, aduk sampai tidak bergerindil

2 .Setelah tepung selesai di aduk dan tidak bergerindil nyalakan api, aduk lagi sampai adonan tidak lengket, ngaduk nya yang sabar ya,pake kekuatan standart aja jangan terlalu cepat dan jangan terlalu lambat karena kalau lambat nanti bawah nya gosong

3. Jika adonan sudah tidak lengket matikan api, bubur nya selesai tinggal kuah nya lagi

 4. kuahnya masukan gula merah daun pandan dan air, tunggu sampai gula larut dan mendidih, matikan api, selesai  masukan bubur dalam mangkuk dan siram dengan kuah nya. Bubur siap di nikmati.

Manfaat bubur sumsum untuk Ibu Hamil

Tepung beras merupakan bahan pokok yang dibuat untuk membuat bubur sumsum, ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari jenis makanan ini diantaranya adalah:

Sumber energi

Tepung merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki kadar karbohidrat yang tinggi sehingga bisa menopang kebutuhan energi dalam bekerja. Bubur sumsum di Jakarta tak untuk konsumsi yang dengan sajian tepat karena  mampu menopang energi anda dalam kurun waktu tertentu.

Rendah kolesterol

Tepung beras merupakan salah satu makanan yang mengandung bagian sehat dan tidak berbahaya seperti, tanda kolesterol atau sodium. Makanan ini direkomendasikan untuk bagi Anda yang menjalankan program diet.

Cara memasak bubur sumsum yang mudah

JIka anda ingin menyajikan bubur sumsum Anda bisa mencobanya dengan mudah dan cepat, bahan baku yang mudah didapatkan bisa anda temukan di berbagai macam toko kelontong atau pasar tradisional. Mudahnya dalam mencari bahan baku ini menjadikan pilihan tersendiri dan anda bisa mencoba untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari.

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah Kanker

Dalam daun pandan, ada kandungan penting yang sulit ditemukan di tanaman lain, yaitu kandungan anti karsinogenik.

Ditambah lagi, daun pandan juga berperan sebagai antioksidan alami yang ampuh mencegahkanker bila dikonsumsi secara teratur.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Masalah tekanan darah yang paling umum biasanya berupa hipertensi atau tekanan darah tinggi. Penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia, gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, anda bisa mengonsumsi daun pandan sebagai campuran teh secara rutin ya.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Selain kandungan antioksidan dan anti karsinogenik, ada senyawa alami lain yang mampu mengontrol kadar gula darah, yaitu anti hiperglikemik. Senyawa alami ini efektif menurunkan postorandial gula darah dan menstimulasi sekresi insulin.

4. Mengatasi Diabetes

Kadar gula darah yang tinggi dapat memicu risiko diabetes. Untuk menyeimbangkan insulin, penderita diabetes bisa mengonsumsi daun pandan secara rutin. Daun pandan bisa ditambahkan dalam makanan atau dicampur dalam minuman.

Demikianlah Bagaimana cara membuat dan manfaat yang bisa diambil dari Jenang Sumsum. Jenang banyak macamnya. Kamu bisa membuatnya dengan cara sederhana di rumah Anda dan untuk Anda sajikan kepada  keluarga anda dirumah. Selamat mencoba.