Cara Membuat Kacang Disco Renyah dan Enak

Setelah artikel cara menggoreng kacang bawang pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara membuat kacang disco yang renyah dan enak. Makanan yang cocok dijadikan cemilan ini tentu banyak disukai oleh anak – anak dan remaja. Tak hanya itu kacang disco juga cocok untuk dihidangkan saat lebaran.

Apa itu Kacang Disco ?

Kacang disco merupakan salah satu makanan yang khas dari Makassar ini adalah kacang yang dibaluti dengan tepung dan telur kemudian digoreng dan juga bisa dipadukan dengan berbagai varian rasa yang akan menambahkan rasa enak pada kacang disco ini.

Namun ada juga kacang disco yang berasal dari pulae Dewata Bali. Saat anda berlibur ke Bali anda akan menemui kacang disco yang mungkin sama dengan kacang disco yang berada di Makassar yang membedakan antara kacang disco Makassar dan kacang disco Bali mungkin bisa dilihat dari varian rasa, harganya, dan cara pembuatannya.

Saat pertama kali mendengar nama kacang disco ini mungkin bisa membuat tersenyum karena namanya yang unik dan mungkin dengan kata disco yang bisa berfikir yang tidak – tidak. Nah jangan salah sangka dulu ya kacang disco ini selain namanya yang unik juga mempunyai rasa renyah dan enak jadi bisa membuat anda ketagihan untuk memakannya.

Peluang Bisnis Kacang Disco

Bagi anda yang belum bekerja atau sedang kerja tetapi ingin mencari uang dengan kerja samping dan mungkin juga bisa bagi anak sekolah yang ingin berjualan online. Cocok untuk kalian peluang bisnis kacang disco karena tidak memperlukan modal yang besar namun untungnya tentu saja lebih besar.

Kacang disco bisa dibuat di rumah sendiri tidak ribet dan tidak memakan waktu yang cukup lama. Jadi untuk anda yang ingin memulai bisnis kecil – kecilan tapi tidak mau yang aneh – aneh atau memakan waktu yang lama sangat cocok sekali dengan memulai dengan berjualan kacang disco ini.

Selain rasanya yang renyah dan gurih kacang disco ini menjadi cemilan yang banyak digemari oleh remaja atau bahkan anak – anak sampai lanjut usia. Ini bisa menjadi kesempatan atau peluang bagi kamu berjualan bukan.

Jadi penasaran bukan dengan makanan kacang disco ini. Jika kamu ingin memakan kacang disco atau juga bisa untuk berjualan tidak perlu jauh – jauh untuk mencari atau membelinya karena kacang disco bisa dibuat dirumah sendiri dan tak perlu khawatir gagal. Nah simak cara membuat kacang disco berikut ini.

Cara Membuat Kacang Disco

cara membuat kacang disco

Bahan – Bahan :

  • 1/2 kg kacang tanah, kupas
  • 1 butir telur ayam
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung tapioka
  • 100 gram gula pasir
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kacang Disco :

  1. Campur telur, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, dan gula aduk rata.
  2. Lalu masukan kacang aduk rata, setelah itu masukkan tepung terigu dan tepung tapioka aduk rata. Diamkan sejenak.
  3. Panaskan minyak jika sudah benar – benar panas masukan kacang goreng kacang menggunakan api sedang. Aduk sesekali agar kacang tidak nempel – nempel.
  4. Goreng kacang sampai matang atau berubah warna menjadi coklat.
  5. Angkat dan tiriskan.
  6. Kacang disco siap untuk disajikan.

Mudah bukan untuk membuat kacang disco di rumah. Bahan – bahannya pun mudah untuk ditemukan di pasar atau di waraung – warung terdekat rumah anda. Jadi tak perlu khawatir gagal membuatkacang disco di rumah.

Mengenal Kacang Tanah

Sebagai bahan utama dalam pembuatan kacang disco apakah kalian tahu apa itu kacang tanah ? Kacang tanah atau bisa juga disebut dengan Arachis Hipogaea L merupakan sebuah tanaman polong -polongan yang termasuk dalam suku Fabaceae. Kacang tanah bukanlah berasal dari Indonesia, tanaman ini berasal dari Benua Amerika atau yang lebih tepatnya dari Brazil.

Tanaman ini masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang Brazil yang kemudian tersebar keseluruh daerah di Indonesia. Kacang dapat tumbuh dengan subur dengan ditanam di daerah dengan ketinggian 500 meter diatas permukaan laut dan bercurah hujan sebesar 800 – 1300 mm per tahunnya.

Kacang tanah juga dikenal dengan nama kacang una, suuk ( dalam bahasa Sunda ), kacang tuban, kacang jebrol, kacang bandung, kacang banggala, dan kacang kole. Dalam bahasa Inggris kacang tanah disebut dengan peanut atau juga bisa disebut dengan groundnut.

Manfaat Kacang Tanah

Banyak mitos yang beredar jika mengkonsumsi atau memakan kacang itu bisa menyebabkan jerawat, sebenarnya kacang itu memiliki manfaat yang beragam bag kesehatan tubuh. Jadi tidak perlu khawatir saat mengkonsumsi kacang akan terjadi jerawat karena itu hanyalah mitos. Beriku beberapa manfaat mengkonsumsi kacang :

1. Meredakan Stress

Kacang mengandung kandungan nutrisi yang tinggi seperti kandungan vitamin B, vitamin E dan magnesium yang bisa bermanfaat untuk membantu meredekan stress. Jadi cocok untuk kamu yang sedang mengalami keadaan seoerti itu dengan cara mengkonsumsi kacang karena nantinya kacang akan mendukung sistem kekebalan tubuh, stress pun mulai mereda.

2. Menyehatkan Jantung

Kacang memiliki manfaat yang bisa mengurangi jumlah kolesterol jahat yang bisa mempengaruhi kesehatan kardiovaskular, maka dari itu kacang sangat bagus untuk dikonsumsi karena kacang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung atau juga menurunkan resiko penyakit jantung.

3. Menjaga Berat Badan

Mengkonsumsi kacang atau menjadikan kacang sebagai makanan cemilan akan membuat anda merasa kenyang lebih lama dan enggan memakan makanan yang lain lagi. Jadi cocok untuk kamu yang sedang melakukan diet dengan mengkonsumsi kacang ini diet pun akan berjalan dengan lancar. Selain untuk diet kacang juga bermanfaat untuk menjaga berat badang agar tetap stabil.

4. Mencegah Keriput

Kacang mengandung kandungan vitamin E yang bermanfaat untuk mengurangi garis pada kulit atau juga kerutan pada wajah jadi bisa mencegah keriput pada wajah. Jadi tidak perlu khawatir dengan mitos yang beredar jika mengkonsumsi kacang bisa menimbulkan jerawat. Tidak usah mahal – mahal untuk perawatan wajah yang belum tentu ada hasilnya konsumsilah kacang tanah ini karena sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

5. Membantu Mengurangi Tingkat Gula Darah

Bagi anda yang mengalami penyakit diabetes, konsumsilah kacang setiap hari karena kacang mengandung kaya akan mangan yang bisa membantu menyerap kalsium dan lemak. Maka dari itu bisa mengatur tingkat gula darah yang ada didalam tubuh.

6. Sumber Energi

Jika kamu merasa kelelahan setelah melakukan pekerjaan atau kegiatan yang lainnya cobalah mengkonsumsi kacang yang sudah di olah seperti kacang disco ini. Sebab kacang akan memberikan energi secara instan kepada anda setelah mengkonsumsi kacang karena kacang mengandung kaya akan anti-oksidan dan mineral.

7. Mencegah Kanker

Kacang mengandung sumber asam p-coumaric. Asam ini bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker pada perut. Kacang ini juga bisa mengurangi resiko kanker usus besar pada perempuan sampai 40 %. Konsumsilah kacang tanah agar anda dapat mencegah penyakit kanker ini karena lebih baik mencegah daripada mengobati karena kanker merupakan penyakit yang ganas.

8. Membantu Pertumbuhan Rambut

Kacang mengandung asam lemak dan omega 3 yang bisa membantu pertumbuhan rambut yang sehat. Vitamin E yang terkandung dalam kacang juga dapat membantu mengurangi rambut rontok atau menipis dan juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah pada daerah kulit kepala. Tidak perlu pusing lagi untuk membeli atau mencari obat untuk mengatasi kerontokan rambut cukup dengan mengkonsumsi kacang tanah bisa membantu mengurangi rambut rontok.

9. Mengurangi Resiko Batu Empedu

Kandungan yang ada didalam kacang juga bermanfaat untuk membantu mengurangi resiko batu empedu yang kemudian bisa mencegah berbagai infeksi yang menyerang kantung empedu dan hati sebesar 50 %. Jadi bagi anda yang mengalami penyakit batu empedu bisa mengkonsumsi secara teratur kacang tanah ini.

Bagaimana masih berfikiran bahwa kacang bisa menimbulkan jerawat ? Tentu saja tidak karena dari salah satu manfaat kacang yaitu bisa menyehatkan kuli dengan kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Selain itu cara membuat kacang disco juga sangat mudah bukan cocok bagi pemula dijamin tidak akan gagal.

Selamat mencoba membuat kacang disco di rumah dan jangan lupa untuk menghidangkan bagi keluarga anda. Bisa juga dijadikan cemilan saat berkumpul dengan teman – teman di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman – teman semua. Terimakasih.