Cara Membuat Kari Ayam yang Baik dan Sederhana

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kari ayam sederhana tapi enak.Kare adalah nama untuk berbagai jenis hidangan berkuah yang dimasak dengan rempah-rempah hingga mempunyai cita rasa tajam dan pedas. Kari berasal dari  Asia Selatan, terutama berasal dari India yang telah meluas  pesat ke seluruh negara di kawasan Asia Pasifik dan Eropa.

Istilah “kari” berasal dari bahasa Tamil yang berarti  saus atau macam masakan sayur-sayuran dan daging berasal dari India Selatan yang dimakan bersama dengan nasi putih. Di negara daerah Barat, “curry” yang berarti dari sebutan dalam bahasa Inggris untuk semua jenis masakan yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara yang dimasak dengan berbagai macam bumbu dan rempah.

Asal Usul Kari

 

India sering dianggap sebagai tanah kelahiran sajian kari. Sama halnya seperti pasta di Italia, hidangan kari di India sangat beragam. Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri akan kari.

Beberapa diantara hidangan kari yang populer di India adalah masala, terbuat dari campuran rempah dan herbal, lalu dicampur dengan ghee, dan krim untuk menciptakan rasa yang khas. Kemudian vindaloo, sebuah kari yang punya rasa sangat pedas, karena menggunakan lada hitam dan air perasan jeruk lemon

Lalu ada tandoori, sajian kari yang lebih light, dibuat dari oven tanah liat khusus, dan dikenal sebagai tandoor. Ada madras, sajian kari pedas yang sedikit asam dengan air perasan jeruk lemon dan tomat.

Lebih lanjut, bumbu dan rempah khas yang kerap digunakan dalam kari ala India di antaranya adalah adas kari, asafetida, daun salam, kapulaga, cassia (kulit kayu manis), kayu manis, cengkeh, ketumbar, jintan, daun kari, biji adas, fanugreek, bawang putih, jahe, biji mustard, pala, kunyit, asam, ghee, bawang, paneer (keju segar ala India), kacang polong, kentang, dan lemon dan tomat.

Bahan Bahan

Untuk bahan-bahan cara membuat kari ayam, siapkan :

  • 1 kg ayam negeri atau kampung, potong menjadi beberapa bagian
  • 700 ml santan encer
  • 4 buah kentang, potong kotak
  • 2 ruas lengkuas, keprek
  • 2 batang serai, keprek
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 2 sendok teh garam
  • 1½ sendok teh gula
  • Minyak goreng secukupnya

 Bahan yang Haluskan

  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya saja)
  • 12 siung bawang merah (di haluskan)
  • 5 kemiri (di sangrai & di haluskan)
  • 7 siung bawang putih (di haluskan)
  • Merica bubuk (secukupnya)
  • 2 cm jahe (di haluskan)
  • 1 sendok makan ketumbar (di haluskan)
  • 15 cabe rawit (atau sesuai selera)
  • 5 cabe merah besar (buang bagian isinya & haluskan)
  • 5 cm kunyit (di haluskan)
  • 1 sendok teh jintan (di haluskan)

1.Cara Membuat Kari Ayam 

 

resep kari ayam

  1. Cuci dulu daging ayam kemudian goreng hingga sampai setengah matang atau sampai matang sesuai selera. Tiriskan dulu & biarkan.
  2. Sementara daging ayam yang sedang ditiriskan, tumislah bumbu yang telah dihaluskan. Tumislah hingga aromanya terasa wangi.
  3. Kemudian masukkanlah santan encernya ke dalam bumbu yang sedang anda tumis tersebut. Biarkan dulu hingga sampai agak mendidih.
  4. Setelah mendidih, tambahkan garam, merica, dan gula. Cicipi agar Anda mendapatkan rasa yang diinginkan sesuai dengan selera. Aduk terus kari tersebut agar santannya tidak pecah.
  5. Setelah itu, masukkanlah kentang bersama dengan daun jeruk, daun salam, kayu manis, batang serai dan juga dengan lengkuasnya. Tunggu dulu hingga kentangnya jadi setengah matang atau sampai dirasa cukup empuk.
  6. Masukkanlah daging ayam satu per satu, setelah itu masak hingga tampak mendidih serta semua bumbunya telah meresap ke dalam daging ayam.
  7. Apabila sudah mendidih, masukkanlah santan kentalnya dan tunggu sampai mendidih . Sambil Anda menunggu karinya mendidih, aduklah kari ayam tersebut agar santannya tidak pecah atau menggumpal dan pastikan semua bahan tercampur dengan bumbu yang sudah meresap.
  8. Apabila sudah matang, angkatlah kari ayam tersebut dari atas kompor dan sajikanlah di dalam mangkok saji.

2.Tips Penyajian kari Ayam

Kari ayam yang mudah dan cepat untuk Anda buat ini sangatlah lezat apalagi jika disajikan selagi  masih hangat. Siramkan kuah pada nasi atau ketupat yang telah disiapkan. Taburi bawang goreng jika anda menginginkannya. Bisa juga sediakan sambel untuk pelengkapnya untuk penyajian rasa pedas agar sesuai dengan selera masing-masing anggota keluarga.

Sekarang, dengan tips cara membuat kari ayam di atas, setiap tahun di hari raya, Anda bisa menyajikan menu masakan olahan daging ayam yang berbeda. Tidak hanya opor saja. Sedangkan untuk pilihan menu lainnya dari varian kari, kari kambing juga bisa Anda buat.

Namun, dibandingkan dengan kari kambing, kari ayam ini lebih sehat. Khususnya untuk Anda yang memiliki masalah dengan kolesterol, kari ayam bisa menjadi alternatif terbaik bagi Anda dalam menikmati kuliner khas India tersebut.

3.Manfaat dan Khasiat Kari Ayam bagi Kesehatan

 

  Selain memiliki rasa yang lezat dan mengenyangkan perut, ternyata makanan ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat kari ayam ini, berikut inilah adalah manfaatnya.

1.Penting Untuk Pertumbuhan Anak

Khasiat dari kari ayam yang pertama bisa membantu anda di dalam pertumbuhan anak. kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki senyawa kalsium yang sangat berguna bagi pertumbuhan anak. Hal ini di sebabkan karena senyawa kalsium sangat penting untuk membantu pertumbuhan tulang serta memperkuatnya.

2.Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Kari ayam mempunyai senyawa niacin yang dapat membantu anda untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga makanan ini aman di konsumsi oleh anda yang sedang menderita kolesterol. Maka dari itu,  disaranakan bagi yang menderita kolesterol untuk mengonsumsi makanan ini.

3.Memperkuat Masa Otot

Bagi anda yang lagi melakukan pembentukan otot, sangat disarankan untuk mengonsumsi kari ayam, memang rasanya agak aneh di dengar oleh telinga, tetapi makanan ini akan membantu menaikkan masa otot dengan kandungan yang di miliki oleh makanan ini seperti protein yang tinggi.

4.Mencegah Anemia

Kandungan yang terdapat di dalam kari ayam memiliki zat besi yang cukup tinggi sehingga dapat membantu anda untuk mencegah anemia. Selain itu, sangat baik sekali untuk kaum hawa di saat menstruasi mengonsumsi makanan ini, hal ini terjadi karena dapat mengatasi kekurangan darah sehinggga dapat membantu pembentukan sel darah merah.

5.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kari ayam memiliki segudang kandungan di dalamnya, seperti mineral yang sangat penting untuk membuat tubuh anda menjadi lebih kebal dalam menghadapi berbagai macam penyakit. Sehingga di saat anda mengalami sakit yang berhubungan dengan sistem kekeblan tubuh, tentu sangat disaranakan untuk mengonsumsi makanan ini dalam kondisi hangat untuk meringankan sakit yang anda alami.

6.Menurunkan Berat Badan

Makan kari ayam bisa membantu anda untuk mencairkan lemak dengan cara detoksifikasi. Hal ini di sebabkan karena efek diuretik membantu melancarkan buang air besar dengan efektif dan cepat, hal tersebut akan mengakibatkan penurunan berat badan.

7.Mempertahankan Keremajaan Kuliit

Kari ayam memiliki kandungan antioksidan yang mampu menghilangkan racu-racun dalam tubuh serta meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini menyebabkan pelepasan nutrisi ekstra untuk jaringan kulit, sehingga dapat mnecegah radikal bebas yang merusak kulit, dan menjaga keremajaan kulit.

8.Menghilangkan Stress

Kandungan yang berada di dalam kari ayam ini memiliki senyawa vitamin b5, yang berperan sebagai tenaga syaraf anda. Oleh karena itu, di saat anda sedang stress ada baiknya mencoba hidangan makanan ini yang lezat sebagi menu yang bermanfaat.

4.Penerapan Kari pada Berbagai Masakan

Beberapa hasil kajian menunjukkan beberapa masakan kari dapat dijuimpai pada masakan dari negara India, Thailand, Malaysia, Jepang dan Indonesia. Berikut ini beberapa penerapannya pada masakan.

1.Masakan Tamil

Makanan Tamil adalah masakan yang berasal dari provinsi Tamil Nadu. Jenis  masakan kari Tamil, misalnya kari kentang, kari ayam, dan kari kambing. Bumbu dan rempah yang digunakan antara lain daun kari, asam jawa, ketumbar, jahe, bawang putih, cabe, lada hitam, kayu manis, cengkeh, kapulaga, kunyit, biji pala, kelapa dan air bunga mawar.

2.Masakan Thailand

Masakan Thailand mengenal kari dengan bahan utama yaitu daging, ikan dan sayur-sayuran yang dimasak menggunakan santan kelapa. Kari yang menggunakan cabe merah disebut  dengankari merah, sedangkan kari yang menggunakan cabe hijau disebut dengan kari hijau. Kari kuning menggunakan bahan seperti kunyit dan jintan sehingga rasanya mirip dengan kari masakan India.

3.Masakan Malaysia

Di Malaysia, semua jenis bahan makanan sering dimasak dengan cara memasak  kari, seperti ayam, kambing, cumi-cumi, ikan, kepala ikan, terong, telur, dan berbagai macam jenis sayuran. Kari Malaysia menggunakan santan kelapa dan gilingan kunyit, bawang putih, bawang merah, jahe, dan cabe. Nasi Kandar dari Pulau Pinang adalah nasi putih yang dimakan dengan berbagai jenis-jenis masakan kari. Rendang merupakan salah satu masakan kari yang dikenal baik di Malaysia maupun di Indonesia

4.Masakan Indonesia

Rendang dan semua jenis gulai pada masakan Padang seperti gulai ayam, gulai kambing, dan gulai otak merupakan salah bentuk kari dengan sedikit rempah-rempah. Sate padang juga menggunakan kuah yang merupakan salah satu bentuk kari. Makanan ringan yang menggunakan kari misalnya Martabak karidan martabak Kubang. Mie instan yang dikenal di seluruh Indonesia juga banyak yang mempunyai rasa kari ayam.

5.Masakan Jepang

Kari merupakan masakan yang sangat populer di dakerah Jepang dengan kuah yang kental dan rasa rempah-rempah yang biasanya juga kurang tajam jika dibandingkan dengan kari masakan India. Kari Jepang  tidak pedas karena ditambahkan madu atau parutan buah apel

Nah, itulah tips cara membuat kari ayam yang enak serta menggugah selera. Resepnya sangat mudah bukan? Silahkan coba sendiri resep ini di rumah & jangan lupa untuk menyajikannya pada keluarga tercinta.