Cara Membuat Keset Dari Sabut Kelapa.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pohon kelapa. Sejak kecil, kita telah dikenalkan bahwa pohon kelapa bermanfaat dari akar sampai daunnya. Contohnya serabut kelapa yang biasanya hanya dibuang dapat diolah kembali menjadi keset dari sabut kelapa.

Pemanfaatannya selama ini, buahnya menjadi santan dan minyak. Batangnya untuk kayu bangunan dan daunnya untuk kerajinan sapu, dan lain-lain. Limbah kulit buah kelapa yang selama ini cuma dibuang dapat dijadikan produk yang bermanfaat untuk lingkungan dan membawa nilai ekonomis di perdesaan.

Limbah kulit kelapa dapat diolah menjadi serabut kelapa yang merupakan bahan dasar sapu, tali, dan keset.
Pembuatan keset dari sabut kelapa semuanya dikerjakan dengan tenaga manusia, kecuali pemisahan sabut/serabut kelapa dengan serbuknya menggunakan mesin pengurai sabut kelapa.
Berikut Proses pembuatannya :

keset dari sabut kelapa

Cara Membuat Keset Dari Sabut Kelapa

Peralatan dan Bahan yang dibutuhkan :

  • Sabut Kelapa
  • Palu
  • Pusau/Gunting besar buat finishing

Proses Pembuatan :

  1. Siapakan tepat buat menganyam sabut (bisa dengan tiang memanjang)
  2. Siapkan tali yang akan dijadikaan alur untuk di anyam.
  3. Anyam sabut kelapa (seperti menenun), masukkan dari atas, ditata sejajar sampai semua tersisi penuh.
  4. Setiap kali dapat satu baris,repatkan dengan memukul2 dari atas agar keset penuh & kuat.
  5. Rapikan dengan pisau/gunting sisa-sisa sabut kelapa.

Keuntungan Bisnis Sabut Kelapa

Di Indonesia sendiri merupakan penghasil kelapa, sabut kelapa kering dibuang begitu saja. Mungkin hanya pelaku usaha pembuatan bata dan genteng saja yang sering membutuhkan sabut kelapa tersebut untuk proses pembakaran. Tapi apakah sabut kelapa hanya bisa dijadikan sebagai bahan bakar untuk memasak, pembuatan batu bata, genteng saja ?Tentu tidak.

Para pengerajin telah memanfaatkan serat sabut kelapa untuk diolah menjadi barang – barang yang berguna, misalnya sapu lantai dan keset kaki. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi serta dengan pengolahan sabut kelapa yang inovatif, sabut kelapa dapat menjadi produk kerajinan yang benilai jual tinggi.

Seperti contohnya pemanfaatan sabut kelapa sebagai pengisi jok mobil sabut kelapa, kasur sabut kelapa, sofa sabut kelapa, pot sabut kelapa, dan aneka kerajinan sabutret yang lainnya. Namun, dengan peralatan yang masih sederhana tentu tidak mampu memproduksi dalam jumlah besar, sehingga bisnis yang dijalankan tersebut tidak dapat berkembang.

Dengan ketersediaan mesin – mesin industri skala rumahan atau pabrik seperti mesin pengurai sabut kelapa ini, maka peluang usaha ini cukup menjanjikan dan prospektif.