Cara membuat klepon РKlepon РKelepon atau klepon merupakan salah satu kue tradisional atau makanan tradisional Indonesia yang juga termasuk dalam kelompok jajanan pasar. Makanan atau kue ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk menyerupai bola Рbola kecil dan diisi oleh gula merah yang manis lalu direbus di dalam air mendidih. Kelepon yang sudah matang kemudian digelindingkan di atas parutan kelapa sehingga klepon terlihat berbalur dengan parutan kelapa. Klepon biasanya disajikan di dalam suatu wadah yang terbuat dari daun pisang.

Di daerah sumatera dan juga di Malaysia, klepon biasa disebut onde – onde, berbeda dengan daerah jawa serta bagian lain di Indonesia yang menyebut onde – onde merupakan makan yang berbentuk bola yang terbuat dari tepung beras berisi adonan kacang hijau yang dibaluri dengan biji wijen. Perbedaan pengartian dan penyebutan ini seringkali membuat kerancuan dalam mengartikan onde – onde. Klepon ini biasa dijajakan atau dijual bersama dengan getuk dan cenil sebagai cemilan di pagi hari ataupun sore hari. Klepon biasanya berwarna putih atau hijau. Untuk klepon berwarna hijau, biasanya ditambahkan pewarna makanan alami seperti daun suji atau daun pandan.

Baca Juga! Jenis Jenis kelapa yang wajib kamu ketahui

Perbedaan Klepon dengan Kue Putu

Bila dilihat sekilas, kue putu dan klepon terlihata mirip. Keduanya sama – sama ditaburi dengan parutan kelapa berwarna putih. Keduanya juga sama – sama berisikan dengan gula jawa cair di dalamnya atau sebagai isiannya. Apalagi bila keduanya sama – sama berwarna hijau. Walaupun terlihat mirip, ada beberapa perbedaan antara kue putu dengan klepon.

Perbedaan yang pertama adalah bentuknya. Kue Putu memiliki bentuk silinder atau tabung. Sementara Klepon memiliki bentuk bulat seperti bola. Perbedaan yang kedua adalah bahan dasarnya. Kue putu terbuat dari tepung beras ketan, sementara klepon berbahan dasar tepung beras dengan butiran kasar. Perbedaan ketiga yaitu cara memasaknya. Klepon dimasak dengan cara direbus. Sementara kue putu dimasak dengan cara dikukus.

Klepon dapat anda temui dengan mudah karena klepon termasuk jajanan pasar yang paling sering dijajakan terutama di daerah jawa dan sumatera. Bila anda ingin mencoba klepon ini, tetapi tidak menemukan penjual yang menjual klepon, anda juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan resep yang sudah kami sediakan. Berikut resep cara membuat klepon

Cara Membuat Klepon

Cara membuat klepon

Alat dan bahan

  • 250 gr ( dua ratus lima puluh gram ) Tepung beras ketan

  • 50 gr ( lima puluh gram ) Tepung Beras

  • 1400 ml ( seribu empat ratus mili liter ) air mineral

  • 1 sdt ( satu sendok teh ) garam

  • 3 sdm ( tiga sendok makan ) gula pasir

  • Buah kelapa yang diparut kemudian dikukus

  • Gula merah secukupnya yang disisir halus

  • Daun pandan secukupnya

Cara membuat klepon

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat klepon

  2. Siapkan wadah atau tempat untuk menguleni adonan

  3. Bersihkan daun pandan, kemudian blender daun pandan tersebut dengan air sebanyak 200 ml ( dua ratus mili liter ) untuk dijadikan sebagai pewarna alami

  4. Masukkan tepung beras, tepung beras ketan, dan juga garam. Aduk adonan hingga tercampur sempurna

  5. Sambil mengaduk, tuang sedikit demi sedikit pewarna daun pandan tadi. Tuang sambil terus mengaduk

  6. Kemudian tambahkan sedikit demi sedikit air mineral sebanyak 150 ml ( seratus lima puluh mili liter ) ke dalam adonan sambil terus mengaduk adonan. Apabila adonan sudah cukup kental, maka tidak perlu ditambah air. Aduk adonan hingga mencapai kekentalan yang cukup atau pas

  7. Bentuk adonan. Caranya dengan mengambil sedikit adonan, pipihkan, lalu beri gula merah yang telah disisir. Agar tidak lubeer saat direbus, masukkan gula merah sedikit saja. Setelah gula merah dimasukkan, bentuk adonan menyerupai bola

  8. Bentuk seluruh adonan tersebut hingga seluruh adonan habis

  9. Rebus air sebanyak satu liter hingga air tersebut mendidih

  10. Masukkan klepon yang sudah dibentuk ke dalam rebusan air. Tunggu hingga klepon tersebut mengambang

  11. Sambil menunggu kelepon matang, buat taburan parutan kelapanya. Siapkan parutan kelapa lalu campur parutan kelapa dengan garam dan gula pasir secukupnya.

  12. Setelah kelepon mengambang dan matang, angkat lalu masukkan ke taburan parutan kelapa. Setelah itu, taruh kelepon yang sudah diberi parutan kelapa tersebut ke wadah daun pisang. Bila tidak ada wadah daun pisang, bisa menggunakan piring. Klepon siap disajikan dan disarankan dimakan saat masih hangat.

Manfaat klepon

Cara membuat klepon

Klepon memiliki beberapa manfaat apabila dikonsumsi dengan benar. Berikut ini beberapa manfaat dari klepon.

Menambah energi

Manfaat klepon yang pertama yaitu menambah energi. Klepon terbuat dari bahan dasar tepung beras yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat kita ketahui merupakan sumber energi yang sangat penting bagi tubuh.

Mengencangkan kulit wajah

Manfaat selanjutnya yaitu mengencangkan kulit wajah. Dengan kulit wajah yang kencang, penuaan dini karena radikal bebas dapat teratasi. Selain itu, kulit wajah yang kencang membuat wajah tampak awet muda

Membantu menjaga kesehatan tulang

Manfaat klepon berikutnya yaitu membantu menjaga kesehatan tulang. Klepon memiliki kandungan mangan yang didapat dari kelapa. Mineral mangan yang terkandung dalam klepon dapat atau mampu membuat proteogolikan. Proteogolikan merupakan salah satu jenis protein yang dapat menjaga tulang rawan serta ujaringan tulang lainnya agar tetap sehat.

Mengobati rematik

Manfaat klepon selanjutnya yaitu mengatasi penyakit rematik. Rematik adalah salah satu penyakit yang biasanya diderita oleh seseorang. Bila anda mengalami penyakit ini, anda dapat mengkonsumsi klepon. Klepon dipercaya memiliki kandungan yang dapat mengatasi masalah rematik.

Membantu melancarkan sistem pencernaan

Manfaat klepon selanjutnya yaitu membantu melancarkan sistem pencernaan. Klepon memiliki serat yang baik untuk membantu melancarkan pencernaan. Serat tersebut didapat dari parutan kelapa yang menjadi toping dari klepon.

Sebagai sumber antioksidan

Manfaat klepon berikutnya yaitu sebagai sumber antioksidan. Antioksidan yang terdapat pada klepon sangat baik untuk tubuh sehingga dapat menangkal radikal bebas serta berbagai penyakit lainnya terutama penyakit kanker yang disebabkan oleh radikal bebas.

Mengatur aktivitas dari hormon tiroid

Manfaat dari klepon selanjutnya yaitu mengatur aktivitas dari hormon tiroid. Klepon memiliki suatu kandungan yang disebut selenium yang sangat bermanfaat untuk kelenjar tiroid serta membantu pembuluh darah bekerja dengan baik.

Membantu menyerap minyak yang terdapat di wajah

Manfaat klepon berikutnya yaitu membantu menyerap minyak yang terdapat di wajah. Produksi minyak yang berlebih di wajah memang membuat kulit wajah lembab, tetapi bila terjadi sumbatan di pori – pori kulit dapat menyebabkan masalah yaitu jerawat dan komedo. Jerawat membuat penampilan wajah kita menjadi tidak nyaman dilihat. Untuk membantu mengatasinya, kita dapat mengkonsumsi klepon untuk membantu menyerap minyak yang terdapat di wajah. Klepon mengandung vitamin c yang baik dalam membantu menyerap minyak yang ada di wajah.

Demikian artikel tentang cara membuat klepon beserta manfaatnya. Semoga artikel tentang cara membuat klepon ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kesalahan dan kekurangan pada artikel cara membuat klepon ini, kami mohon maaf. Sekian dan terima kasih.