Cara Membuat Kolak Pisang dengan Mudah

Pada artikel kalo ini saya akan memberikan resep mengenai cara membuat kolak pisang, apakah kamu tahu apa arti dari nama kolak dan apa kolak itu? Kolak berasal dari nama khalik yang berarti pencipta langit dan bumi.

Bahan untuk membuat kolak seperti ubi dan pisang menggambarkan bahwa kita harus mengubur kesalahan kita dengan cara bertobat dan berusaha menjadi yang lebih baik lagi.

Dan sedikit penjelasan mengenai kolak, kolak merupakan makanan di Indonesia yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat sekitar karena  kolak  menjadi menu /  takjil favorit  saat bulan puasa. Apa lagi dimakan saat hangat atau panas pasti terasa enak karena rasanya yang manis dan bisa melepas dahaga setelah sehari penuh berpuasa.

Jika kamu sedang enggan keluar rumah untuk membeli kolak, cobalah membuat kolak sendiri dirumah. Cara membuat kolak tidak begitu sulit karena bahan – bahannya mudah dicari dirumah atau diwarung.

Jika kamu masih bingung bagaimana cara membuat kolak pisang simak artikel ini karena saya akan membagikan cara pembuatan kolak dengan toping yang berbeda – beda dan sedikit informasi mengenai manfaat memakan kolak bagi kesehatan tubuh.

Cara Membuat Kolak Pisang

cara membuat kolak pisang

Berikut beberapa cara membuat kolak dengan toping yang berbeda.

1.Cara Membuat Kolak Pisang dan Kolang Kaling

cara membuat kolak pisang

Bahan – Bahan :

  • 800 gram pisang kepok
  • 300 gram gula merah / bisa sesuai selera
  • 3 lembar daun pandan
  • 150 gram kolang kaling
  • 400 gram singkong
  • 1 liter air santan
  • gula pasir secukupnya
  • garam secukupnya
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • air secukupnya

Langkah – Langkah :

  1. Potong singkong sesuai selera setelah itu cuci bersih sisihkan.
  2. Kemudian potong pisang sesuai selera.
  3. Rebus gula merah menggunakan air kemudian saring rebusan gula merah tadi menggunakan saringan.
  4. Kemudian rebus kolang kaling menggunakan air kemudian tiriskan.
  5. Rebus santan, air gula merah, gula pasir, vanili bubuk, dan daun pandan dengan api sedang sambil diaduk sampai mendidih.
  6. Masukan singkong dan kolang kaling jika singkong sudah setengah matang, masukkan pisang.
  7. Diamkan sampai matang dan jangan terlalu banyak diaduk nanti bisa hancur.
  8. Jika sudah mendidih angkat dan kolak siap disajikan.

2.Cara Membuat Kolak Pisang Mutiara

Bahan – Bahan :

  • 8 buah pisang kepok
  • 1 bungkus sagu mutiara
  • 800 gram gula merah / bisa sesuai selera
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1000 ml santan
  • 1 butir telur
  • 2 lembar daun pandan

Langkah – Langkah :

  1. Kupas pisang kemudian potong pisang sesuai selera.
  2. Rebus sagu mutiara dengan menggunakan air sampai warna berubah menjadi bening.
  3. Kemudian rebus gula merah lalu saring airnya dengan mengunakan saringan.
  4. Kocok telur dengan ditambahkan sedikit air.
  5. Rebus santan, garam, dan daun pandan sampai mendidih dengan api sedang sambil diaduk sesekali agar santan tidak pecah.
  6. Masukkan pisang, air gula merah, dan gula pasir jangan lupa diauk kembali.
  7. Setelah pisang setengah matang masukan sagu mutiara.
  8. Terakhir masukan kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk pelan – pelan sampai mendidih.
  9. Angkat dan kolak siap disajikan.

3.Cara Membuat Kolak Pisang Labu

cara membuat kolak pisang

Bahan – Bahan :

  • 8 buah pisang raja
  • 300 gram labu kuning
  • 200 ml santan
  • 800 ml air
  • 2 lembar daun pandan
  • gula pasir secukupnya atau bisa sesuai selera
  • garam secukupnya

Langkah – Langkah :

  1. Kupas pisang dan labu kemudian potong sesuai selera.
  2. Rebus air,  gula pasir, dan daun pandan sampai mendidih dengan api sedang.
  3. Masukkan labu masak sampai setengah matang kemudian masukkan pisang.
  4. Tambahkan santan, masak sampai labu dan pisang matang dan jangan lupa diaduk sesekali agar santan tidak pecah.
  5. Kolak siap disajikan.

4.Cara Membuat Kolak Pisang Ubi

Bahan – Bahan :

  • 500 gram pisang
  • 500 gram ubi
  • 3 lembar daun pandan
  • 300 gram gula merah / sesuai selera
  • 1 liter santan
  • gula pasir secukupnya
  • garam secukupnya

Langkah – Langkah :

  1. Kupas pisang dan ubi kemudian potong sesuai selera.
  2. Rebus gula merah dengan menggunakan air kemudian saring airnya.
  3. Rebus santan, ubi, air gula merah, gula pasir, dan daun pandan kemudian diaduk sampai mendidih dan ubi setengah matang.
  4. Lalu masukan pisang kemudian aduk kembali masak dengan api kecil.
  5. Tunggu sampai matang dan jangan lupa aduk sesekali.
  6. Kolak siap disajikan.

Itulah tadi beberapa cara membuat kolak pisang, mudah bukan untuk membuatnya dirumah ? Jangan lupa dicoba dan siapa tahu bisa menjadi ide jualan untuk bulan Ramadhan.

Manfaat Kolak

Bukan hanya makanan yang enak dan manis ataupun hanya sekedar menjadi menu makanan favorit saat bulan Ramadhan ternyata kolak juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat kolak bagi kesehatan tubuh :

1. Membantu Perkembangan Janin pada Ibu Hamil

Bagi ibu hamil tentu harus berhati – hati dalam memilih menu makanan saat berbuka puasa karena makanan yang masuk ke dalam perut ibu hamil tidak hanya mengalir pada tubuhnya, namun juga diserap oleh janin yang ada pada kandungannya.

Kolak pisang termasuk kedalam salah satu makanan yang aman dan sehat bagi ibu hamil, bisa dilihat dari kandungan gizinya. Pisang mengandung kaya asam folat yang berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan janin pada kandungan ibu hamil.

2. Mengendalikan Gula Darah

Pisang ternyata juga mengandung kaya pektin, jenis serat ini yang bisa membuat tekstur pisang menjadi lembut seperti spons. Selain membuat pisang menjadi lebih mudah dimakan, pektin ini juga berfungsi untuk membantu mengendalikan gula darah dalam tubuh agar tetap normal.

Pisang juga memiliki indeks glikemik yang rendah sekitar 51 – 60. Indeks glikemik merupakan indikator yang menunjukkan seberapa cepat tubuh dalam menyerap karbohidrat. Semakin rendah indeks glikemik pada makanan, maka tubuh akan semakin lambat menyerap karbohidrat.

Namun sayang, pada hal ini tidak berlaku untuk penderita penyakit diabetes tipe 2. Karena pada dasarnya pisang matang memiliki indeks glikemik lebih tinggi sehingga ditakutkan akan meningkatkan kadar gula darah.

3.Menurunkan Berat Badan

Kolak pisang bisa dijadikan makanan saat sedang diet dan cara membuat kolak pun tidak begitu sulit. Pisang mengandung rendah kalori tetapi mengandung serat yang tinggi. Banyak peneliti yang membuktikan bahwa makanan yang mengandung serat tinggi dapat membantu menurunkan berat badan.

Mungkin saat berbuka puasa anda mudah tergoda dan kalap saat makan, makanlah kolak pisang karna bisa membuat perut anda terasa kenyang lebih lama dan tidak nafsu makan. Alhasil berat badan pun tidak mudah naik.

4.Menjaga kesehatan jantung

Kolak pisang merupakan sumber kalium yang sangat baik karena pada satu pisang mampu memenuhi 9% nilai harian yang dianjurkan. Kalium merupakan mineral yang sangat penting bagi tubuh yang berperan sangat penting bagi kesehatan jantung, terutama pada hal mengendalikan tekanan darah pada tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan kalium kamu bisa memakan pisang secara langsung atau jika bosan merasakan pisang dengan langsung bisa dibuat menjadi kolak karna membuat kolak tidak begitu sulit.

5.Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kolak labu kuning bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh karena labu kuning kaya akan vitamin C yang terdapat pada warna oranye di daging buahnya. Vitamin C adalah suatu jenis vitamin yang larut dalam air dan berperan penting dalam menangkal berbagai penyakit.

Dari hasil penelitian membuktikan bahwa  vitamin C sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari kelelahan atau penyakit. Selain itu kandungan vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah panas dalam atau sariawan.

6.Menjaga Kesehatan Mata

Kolak ubi mengandung beta – karoten 7 kali lebih banyak daripada sayuran oranye lainnya. Beta – karoten merupakan jenis antioksidan yang dapat dikonversi menjadi vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Cocok untuk penderita mata minus atau plus.

7.Meningkatkan Fungsi Otak

Ubi mengandung kaya antisionan, antisionan merupakan jenis antioksidan yang dapat meningkatkan ketajaman daya ingat dan konsenterasi . Jika anda merasa susah konsenterasi dan fokus saat bulan puasa tak perlu bingung konsumsilah kolak ubi saat berbuka puasa.

Itulah beberapa cara membuat kolak pisang yang mudah dengan berbagai varian toping dan beberapa manfaat yang didapat setelah memakan kolak. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk mencoba membuatnya dirumah!