Cara Membuat Kue Gemblong Lezat dengan Kreasi Untuk Usaha

Gemblong adalah salah satu makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Cara membuat kue gemblong ini lumayan mudah, dengan bahan dasar adonan tepung beras ketan putih yang diuleni hingga kalis dan dibentuk bulat seperti bola. Kemudian adonan gemblong yang sudah dibentuk bulat digoreng dan setelah dingin dilapisi dengan larutan gula aren.

Di daerah Jawa Timur gemblong dikenal dengan nama Getas. Meskipun memiliki rasa yang sama, Getas terbuat dari ketan hitam, sedangkan gemblong terbuat dari ketan putih.

Kue Gemblong ini sendiri termasuk ke dalam beberapa aneka makanan dari kelapa yang mudah dibuat. Kelapa pada gemblong ini dijadikan santan lalu dicampurkan ke dalam adonan pembuatan jajanan tradisional yang satu ini.

Cara membuat kue gemblong ini yang paling harus diperhatikan adalah saat menggorengnya supaya hasilnya matang sampai didalam dan warnanya tidak gosong. Gunakan minyak yang banyak denga api sedang saja. Jangan terlau besar apinya supaya tidak gosong dan masih mentah dan keras di dalam gemblong gorengnya. Selain itu jangan kebanyakan dibolak balik. Cukup sekali atau dua kali saja supaya kulit luarnya nanti tidak pecah.

Cara Membuat Kue Gemblong

Mengingat ada 2 bahan dasar yang berbeda untuk membuat kue gemblong, yaitu beras ketan / ketan putih dan ketan hitam, maka pada momen ini akan dicantumkan 2 resep dari  bahan dasar yang berbeda.

cara membuat kue gemblong

Bahan Resep Gemblong Beras Ketan Empuk

  • Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung ketan putih kurang lebih sebanyak 200 gram saja. Pilih tepung yang bagus dan tidak apek.
  • Santan asli yang diambil dari parutan 1/2 buah kelapa kurang lebih sebanyak 125 ml saja.
  • Parutan kelapa kurang lebih sebanyak 100 gram saja.
  • Minyak goreng secukupnya ntuk menggoreng adonan kue gemblong nya.
  • Garam dapur sedikit saja. Bisa dihilangkan kalau tidak terlalu suka rasa asin (bahan untuk lapisan besta gula merah).
  • Gula putih dan Gula merah yang sudah disisir halus kurang lebih masing-masing sebanyak 100 gram saja (bahan untuk lapisan besta gula merah).
  • Daun pandang segar kurang lebih sebanyak 2 pcs. Cuci bersih kemudian buat simpul (bahan untuk lapisan besta gula merah).
  • Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 150 ml saja (bahan untuk lapisan besta gula merah).

Cara Membuat Kue Gemblong dari Beras Ketan

  1. Langkah pertama rebus santan kemudian aduk-aduk sampai hangat. Ingat santan jangan sampai mendidih ya supaya rasanya nanti tidak berubah.
  2. Ambil wadah dan tuang tepung beras ketan putihnya bersama dengan garam sedikit saja dan parutan kelapanya kemudian aduk-aduk sampai rata.
  3. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk atau diuleni ke campuran tepung diatas sampai kalis.
  4. Bentuk adonan diatas menyerupai bulatan yang sedikit lonjong sampai habis.
  5. Ambil dan masukkan adonan gemblong diatas kedalam penggorengan dan masak sampai matang kemudian sisihkan.
  6. Sekarang kita buat besta gula merahnya.
  7. Tuang air bersih bersama dengan gula merah, gula putih dan seluruh bahan besta kemudian campur dan aduk-aduk sampai rata, berbusa dan mengental.
  8. Ambil gemblong goreng tadi dan masukkan kedalam larutan besta diatas lalu aduk-aduk sampai tercampur rata kemudian matikan apinya.
  9. Aduk-aduk kembali sampai benar-benar rata dan biarkan sampai besta gula merahnya mengering dan siap disajikan.
  10. Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung ketan hitam yang bagus kurang lebih sebanyak 150 gram saja.
  11. Tepung beras ketan putih untuk campuran adonan gemblongnya kurang lebih sebanyak 150 gram juga.
  12. Parutan kelapa kurang lebih sebanyak 300 gram.
  13. Santan kelapa asli kurang lebih sebanyak 0.1 liter atau 100 ml saja.
  14. Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil.
  15. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng gemblongnya.
  16. Gula pasir putih kurang lebih sebanyak 150-180 gram saja (bahan untuk lapisan besta).
  17. Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 4 sendok makan (bahan untuk lapisan besta).
  18. Sejumput garam dapur beryodium atau kurang lebih sebanyak 1/8 sendok kecil (bahan untuk lapisan besta).

Cara Membuat Kue Gemblong dari Ketan Hitam

  1. Masak santan bersama dengan garam dapur kemudian aduk-aduk sampai hangat saja kemudian sisihkan.
  2. Ambil wadah dan masukkan tepung ketan hitam, tepung ketan putih, parutan kelapa dan garam dapur beryodium lalu aduk dan campur sampai benar-benar rata.
  3. Masukkan santan yang sudah dihangatkan tadi sedikit-demi sedikit sambil diuleni sambai benar-benar kalis.
  4. Setelah kalis ambil sedikit adonan gemblong ketan hitamnya kemudian bentuk dengan rapi. Ulangi sampai adonan habis.
  5. Siapkan wajan dan goreng gemblong ketan hitam sampai matang dan mengambang kemudian tiriskan.
  6. Sekarang kita buat lapisan gula putihnya. Masak gula putih berserta dengan garam sejumput dan air nya dan aduk sampai rata dan mengental.
  7. Masukkan gemblong ketan hitam gorengnya kedalam larutan gula tadi lalu aduk sampai rata dan matikan apinya.
  8. Aduk kembali sebentar sampai benar-benar rata kemudian biarkan sampai dingin.

Kandungan Gizi Pada Kue Gemblong

Gemblong mengandung energi sebesar 115 kilokalori, protein 1,7 gram, karbohidrat 21,1 gram, lemak 2,6 gram, kalsium 0,06 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 0,2 miligram. Selain itu di dalam Gemblong juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 40 gram Gemblong, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Kreasi Topping Pada Kue Gemblong

Biasanya kue gemblong disajikan dengan dibalut gula merah diatasnya. Untuk memberikan rasa baru, gula merah dapat diubah menjadi beberapa bahan lain. Walaupun ada sedikit perubahan dengan toppingnya, tetapi cara membuat kue gemblong ini tetap sama.

Kreasi ini akan mempengaruhi minat orang-orang untuk mencoba dan merasakan jajanan tradisional ini. Terlebih lagi jika dijadikan usaha, akan mendapatkan hasil yang positif, karena kebanyakan orang suka dengan sesuatu yang berbeda dan hal baru.

Bahan Campuran Untuk Kreasi Topping Kue Gemblong

1. Coklat

Coklat adalah salah satu makanan yang banyak disukai oleh orang-orang karena memiliki rasa yang manis dan lezat. Sering sekali coklat dijadikan topping dan menjadi varian rasa pada beberapa jajanan. Ada juga coklat yang berbentuk batang yang dapat langsung dimakan.

Pada momen ini, coklat akan dijadikan  topping tambahan untuk kreasi kue gemblong. dengan rasanya yang manis dan lezat dan juga termasuk salah satu makanan yang disukai banyak orang, maka tidak diragukan bahwa kue gemblong dengan topping coklat akan mencuri perhatian orang-orang terutama untuk yang suka berburu jajanan yang manis-manis.

2. Keju

Keju merupakan produk makanan yang umumnya dibuat dari susu sapi dengan cara mengkoagulasi protein susu, kemudian memisahkan dan memadatkannya. Koagulasi atau penggumpalan susu terjadi karena adanya penggumpalan kasein yang terdapat pada susu. Koagulasi susu dapat dipengaruhi oleh 3 macam koagulan yaitu koagulan asam dan garam, serta koagulan enzim.

Keju tidak bisa dilepaskan begitu saja dari dunia kuliner. Bagi para penikmat kuliner, keju bukan lagi sesuatu yang terdengar asing, karena pada masa sekarang ini keju seakan-akan menjadi bahan yang sangat dibutuhkan dalam pengolahan makanan yang tentunya akan menambah cita rasa pada suatu olahan makanan.

Seperti dimomen ini, keju dapat dijadikan bahan untuk kreasi topping pada kue gemblong. Keju tidak kalah tenar dengan coklat. Keju ini dapat disajikan dengan diparut ataupun dijadikan selai.

3. Selai Kacang

Salah satu bahan makanan yang disukai oleh banyak orang adalah selai kacang. Meskipun seringkali hanya dipakai sebagai olesan roti, dalam realitanya kita juga sering menjadikannya camilan karena rasanya yang enak. Selain rasanya yang enak, selai kacang juga memiliki manfaat seperti banyaknya protein dan vitamin.

Selai Kacang menjadi salah satu rekomendasi untuk dijadikan topping pengganti gula merah pada kue gemblong. Cara membuat kue gemblong denga  topping selai kacang ini terbilang mudah karena hanya dengan menambahkan selai kacang pada kue gemblong yang dibuat seperti biasa.

4. Selai Nanas

Selai  Nanas seringkali dijadikan topping pada olesan roti. Walaupun tidak terlalu banyak orang yang menyukai selai nanas, namun selai nanas ini tetap menjadi rekomendasi untuk dijadikan topping makanan. Selain rasanya yang segar, selai nanas memiliki beberapa manfaat yang diberikan dari buah nanas salah satunya untuk melancarkan sistem pencernaan.

Dengan rasanya yang manis dan asam segar ini, maka selai nanas terpilih untuk menjadi topping pada kue gemblong yang dikreasikan.

5. Selai Blueberry

Blueberry merupakan buah yang segar. Buah ini dapat dijadikan selai untuk menjadi rasa tambahan pada beberapa makanan tertentu. Selai dari blueberry ini memiliki manfaat memelihara kesehatan tulang dan menurunkan tekanan darah.

Dengan melihat dan merasakan karakter rasa dari selai blueberry ini, sangat cocok jika dijadikan topping pada kue gemblong. Terlebih lagi rasa blueberry ini sudah populer dalam hal makanan dan minuman dikalangan anak muda.

6. Coklat Kacang

Bagi penggemar makanan  yang manis-manis, coklat kacang tidak asing lagi jika didengar. Coklat kacang ini biasanya terdapat pada kue donat dan juga martabak manis. Rasa manisnya selai coklat dan gurihnya potongan kacang yang kecil-kecil membuat rasa jajanan menjadi lebih istimewa.

Coklat kacang ini sudah sangat populer menjadi topping ataupun rasa pada makanan yang manis. Pada momen ini, coklat kacang akan dijadikan topping pada kue gemblong.

Peluang Usaha Kue gemblong

Gemblong merupakan sajian makanan yang dari ketan hitam yang sangat disukai oleh berbagai kalangan masyarakat bahkan sampai saat ini masih ada yang mencari jajanan yang satu ini. Karena masih adanya yang mencari kue gemblong, maka bisa menjadi salah satu peluang usaha makanan apalagi dengan tambahan kreasi rasa atau topping yang menjadi inovasi baru.

cara membuat kue gemblong

Untuk melakukan usaha ini, syarat pertama adalah mengetahui cara membuat kue gemblong itu sendiri. Karena akan lebih hemat jika kita membuat sendiri dibanding dengan kita mengambil stock. Apabila anda masih bingung menentukan usaha makanan apa yang ingin dijalankan sebaiknya jangan berfikir terlalu lama untuk menentukan, karena anda bisa menjalankan usaha kue gemblong dengan varian topping.

Prospek Usaha Kue Gemblong

Tidak hanya mengetahui dan melihat dari segi peluang saja jika ingin menjalankan usaha kue gemblong ini, tetapi anda juga harus mengetahui dan melihat dari segi prospek dalam menjalankan usaha kue gemblong.

Usaha Kue Gemblong ini sebenarnya memiliki prospek yang sangat menjanjikan dan lebih cemerlang apalagi dengan varian rasa atau topping. Penggunaan bahan baku ketan hitam ataupun beras ketan untuk membuat kue gemblong ini juga dapat diperoleh dengan mudah jika berada di wilayah Indonesia. Segi makanan juga dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang menyukai olahan makanan dengan varian rasa baru dan unik.

Memulai Usaha Kue Gemblong

Bagi anda yang ingin memulai usaha kue gemblong ini bisa dikatakan sangat mudah untuk dilakukan karena proses dan cara membuat kue gemblong ini tidak susah dan tidak memakan waktu yang lama.

Jika ingin melakukan usaha ini dan membuat gemblong sendiri, anda dapat menemukan bahan bakunya di pasar tradisional. Karena murahnya bahan-bahan pada pasar tradisional dan tidak rumit bahannya, sudah dipastikan usaha ini akan sangat mudah dijalankan untuk semua orang.

Lokasi Strategis Untuk Menjual Kue Gemblong

Pemilihan untuk melakukan usaha kue gemblong ini juga harus diperhartikan karena lokasi yang strategis akan mendukung kelancaran dalam menjalankan usaha. Apabila ingin menjalankan usaha kue gemblong, maka lokasi yang pas adalah lokasi yang sering dikunjungi oleh masyarakat secara luas. Lokasi tepatnya adalah pasar ataupun tempat wisata sekaligus mengenalkan makanan tradisional ini kepada orang yang mungkin belum terlalu tahu dan memberikan kesan baru pada rasa/topping.

Keuntungan Jika Menjalankan Usaha Kue Gemblong

Jika menjalankan usaha apapun pasti harus memperhatikan keuntungan yang diperoleh setiap bulannya. Keuntungan yang bisa diperoleh dalam menjalankan usaha kue gemblong dengan varian rasa atau topping bisa dikatakan salah satu usaha yang menjanjikan.

Bagi anda yang belum yakin dengan keuntungan yang diperoleh dari usaha kue gemblong dengan varian rasa atau topping ini bisa secara langsung dicoba dan dibuktikan.

Untuk mendapatkan keuntungan yang sesuai bahkan lebih banyak dari target, maka anda harus memberikan kue gemblong yang terbaik. Kue Gemblong yang disajikan harus benar-benar nikmat agar pembeli merasa senang dan puas.

Jika sebelumnya anda belum pernah mencoba membuat kue gemblong, anda dapat melihat cara membuat kue gemblong diatas. Dan varian yang terdapat diatas dapat ditambahkan sesuai selera.

Strategi Promosi Usaha Kue Gemblong

Untuk menarik minat konsumen agar mau menikmati olahan kue gemblong dengan varian rasa atau topping yang anda buat ini, sebaiknya anda haru melakukan strategi dengan cara promosi. Promosi dapat dilakukan dengan beberapa cara salah satunya dengan memasarkan di media sosial mengingat saat ini sudah memasuki era digital.

Selain itu, anda juga harus memberikan packaging atau kemasan yang menarik untuk usaha kue gemblong anda. Jangan lupa juga untuk menjaga kemasan dan makanan tetap higienis.

Kemudian sesuaikan harga sesuai lokasi yang anda jual. Jika anda menjual kue gemblong ini di area pasar tentunya jangan mematok harga jual yang tinggi. Lebih disarankan untuk menyesuaikan harga kue gemblong ini dengan harga pasaran atau dengan tambahan harga sedikiti karena memiliki varian rasa atau topping yang merupakan inovasi baru.

Dengan mengetahui strategi usaha, proses dan cara membuat kue gemblong dengan varian rasa atau topping yang telah disediakan di atas tentunya akan memudahkan anda yang ingin menjalankan usaha kue gemblong ini.

Bagaimana? Apakah berminat untuk membuka serta menekuni usaha kue gemblong? Dengan melihat peluang dan sajian resep cara membuat kue gemblong yang disediakan, anda bisa mulai mencoba-coba membuat kue gemblong ini di rumah sebelum memulai membuka dan menjalankan usaha kue gemblong dengan varian rasa atau topping. Semoga berhasil.