Cara Membuat Kue Kaktus Enak dan Simpel…KAMU JUGA BISA BUAT!!!

Cara membuat kue kaktus yang mudah,membuat banyak orang yang ingin coba-coba membuatnya sendiri di rumah.Nahh,bener banget nihh…cara membuat kue kaktus sangat lah mudah dan simpel sekali.Kamu bisa membuat nya sendiri di rumah dengan alat-alat yang sederhana.

Bagi daerah Betawi dan sekitarnya merupakan suatu kewajiban bahwa saat lebaran, kue tersebut harus selalu ada bersama dengan kacang goreng dan rengginang. Kue kaktus ini banyak dijual teutama ketika hari raya atau hari – hari besar lainnya.

Selain dengan membeli, anda juga dapat mencoba kue ini dengan membuatnya sendiri di rumah. Untuk membantu anda dalam membuat kue kaktus, kami akan memberikan resep cara membuat kue kaktus. Berikut, kami berikan resep cara membuat kue kaktus.

Jika sudah terbiasa membuat kue kering, kita bisa seterusnya membuat kue agar tidak selalu membeli di toko. Hal ini tentu akan semakin menghemat biaya terutama di hari raya di mana harga-harga cenderung mengalami kenaikan.

Disini kita akan membahas bagai mana cara membuat kue kaktus yang enak dan renyah. Ada banyak resep yang bisa kita coba didapur pribadi sehingga kita bisa membuatnya sendiri.

Asalkan takaran bahaan nya sesuai dan bahan bahan yang digunakan berkualias, pasti rasanya akan semakin lezat dan kandungan gizinya juga tetap terjaga.

Baca Juga!! Jenis-Jenis Kelapa yang Wajib Kamu Ketahui

CARA MEMBUAT KUE KAKTUS

Alat dan Bahan Dalam Cara Membuat Kue Kaktus

  • 100 gr ( seratus gram ) Tepung Ketan
  • 50 gr ( lima puluh gram ) Tepung Beras
  • 100 gr ( seratus gram ) gula pasir
  • 75 gr ( tujuh puluh lima gram ) Santan kental
  • 50 gr ( lima puluh gram ) Margarin
  • 2 ( dua ) butir telur ayam
  • 1 sdt ( satu sendok teh ) garam
  • 1 sdt ( satu sendok teh ) Vanilla essens
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah – langkah pembuatan kue kaktus

  1. Pertama, siapkan alat dan bahan
  2. Lalu Siapkan telur dan gula. Masukkan keduanya ke dalam wadah lalu kocok telur dan gula tersebut hingga rata
  3. Masukkan tepung beras, tepung ketan, garam, margarin, dan vanilla essence. Aduk adonan tersebut hingga adonan tersebut merata.
  4. Lalu, tuangkan santan sedikit demi sedikit. Lalu, aduk adonan tersebut hingga rata, tidak lengket, dan dapat dicetak.
  5. Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam jumlah yang agak banyak. Sambil memanaskan minyak goreng, masukkan adonan yang dibuat tadi ke dalam cetakkan kue kaktus.
  6. Setelah itu, masukkan cetakan kue akar kelapa yang telah diberi adonan ke dalam minyak yang sudah panas. Goreng adonan dengan api kecil hingga kue berubah warna menjadi kecoklatan dan matang. Angkat dan tiriskan. Ulangi Menggoreng kue hingga adonan habis.
  7. Taruh kue kaktus pada piring dan kue akar kelapa siap disajikan.
  8. Bila ingin disimpan, taruh kue kaktus ke dalam wadah yang kedap udara.

Tips dan trik

  • Pilih Santan kelapa yang segar agar hasil kue lebih lezat
  • Tambahkan takaran tepung bila adonan terasa terlalu lembek
  • NB:Jangan terlalu coklat saat mengangkat kuenya karena saat dingin kuenya akan semakin gelap.Saat diangkat mungkin kue akan terlihat belum kering/kokoh, gak apa nanti saat dingin akan kering dan garing sendiri.

Apabila kue telah dingin, simpan segera di dalam wadah yang kedap udara seperti toples plastik transparan.Lalu bisa di tambahkan hiasan seperti pita atau tali untuk menghias bagian luar toples agar terlihat lebih cantik.

Dan juga karena bentuknya yang unik jadi sangat pas untuk di jadikan suguhan saat Hari Raya maupun untuk suguhan tamu dimeja.Ataupun bisa dijadikan cemilan sellingan makan.tksturnya yang renyah dan rasanya yaang manis dan gurih bisa menjadikan sensasi yang unik.

MANFAAT KUE KAKTUS BAGI KESEHATAN

Menambah Tenaga

Bahan tepung beras dan tepung ketan serta gula yang ada pada kue ini mengandung manfaat dalam menambah energi. Hal ini karena tepung beras, tepung ketan, dan gula memiliki kandungan karbohidrat yang fungsi utamanya adalah sebagai sumber energi.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan lemak jenuh pada santan yang ada pada kue ini berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol. Kandungan santan pada kue kaktus sangat efektif dalam meningkatkan kadar kolesterol yang baik.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat selanjutnya yaitu meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin c dan asam laurat pada santan di kue ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.Kekebalan tubuh adalah bagian sangat penting karena dengan kekebalan tubuh yang kuat kita bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Membantu menjaga kesehatan tulang

Kue kaktus juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena santan pada kue kaktus memiliki mineral seperti fosfor dan juga kalsium yang bermanfaat menjaga tulang.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat berikutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Kandungan asam laurat pada santan di kue ini memiliki sifat antibakteri dan juga antivirus yang berguna dalam menjaga kesehatan jantung.

Mengontrol gula darah

Santan pada kue ini memiliki kandungan mangan. Kandungan mangan ini memiliki fungsi yaitu menjaga metabolisme tubuh, serta mencegah peradangan. Selain itu mangan juga dapat mengontrol gula darah.

Mencegah Anemia

Anemia adalah penyakit yang disebabkan kekurangan hemoglobin atau yang biasa dikenal dengan sel darah merah. Untuk mencegah penyakit anemia ini, tubuh perlu kandungan zat besi. Untuk mendapatkan zat besi tersebut, kue ini bisa membantu mencegah anemia. Hal ini karena kue kaktus juga mengandung zat besi yang didapat dari santan kelapa.

Membantu mengontrol berat badan

Kue ini cocok untuk dijadikan kudapan bagi kamu yang suka ngemil, tetapi tidak ingin menjadi gemuk. Hal ini karena konsentrasi tinggi serat makanan yang didapat dari santan pada kue kaktus dapat menekan rasa lapar sehingga mencegah keinginan untu makan makanan yang tinggi lemak.

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat selanjutnya yaitu menurunkan risiko kanker. Hal ini karena kandungan kolin pada telur yang ada pada kue ini dapat membantu menurunkan risiko kanker.kanker merupakan penyakit yang sulit di sembuhkan maka dari itu lebih baik jika kita mencegahh nya dari sekarang.

Menyehatkan mata

Manfaat lainnya adalah menyehatkan mata. Telur yang ada pada bahan pembuatan kue ini memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin serta vitamin karotenoid yang dapat membantu menyehatkan mata.

Kue kaktus juga memiliki tampilan yang unik sehingga cocok untuk disandingkan di atas meja bersama dengan kue-kue lain yang umumnya memiliki bentuk bulat hingga lonjong.

Dari  beberapa penjelasan di atas dapat dsimpulkan bahwa sebenar nya makanan ringan pun memiliki banyak manfaaat yang berguna bagi kesehatan.Bahkan bisa menjadi obat untuk penyakit-penyakit tertentu.Dan khasiat nya tidak dapat diremehkan pula.

Sekian artikel tentang kue kaktus yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. apabila ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon maaf jika ada kesalahan karena manusia tempatnya salah ya gaess,-. Sekian dan terima kasih telah membaca.