Cara Membuat Pot dari Sabut Kelapa

/, Sabut Kelapa/Cara Membuat Pot dari Sabut Kelapa

Cara Membuat Pot dari Sabut Kelapa

Kulit buah kelapa alias sabut ternyata bernilai ekonomi tinggi. Setelah bahan baku itu diolah menjadi serat (cocofiber). Serat itulah yang dicari pasar sebagai bahan baku jok mobil, furniture, pot, geotekstil, maupun matras.

Pasar ekspor dan domestik menyerap produk itu dalam jumlah besar. Disamping itu semua bagi Anda yang hobi bercocok tanam, limbah yang bisa dibilang sampah yang tidak berguna lagi terkadang justru akan menjadi sesuatu barang yang bermanfaat dan berguna apabila dapat dikreasikan menjadi lebih baik lagi.

Kreasi Membuat Pot dengan Kelapa Kering

Salah satu kreasi yang menarik dan pantas untuk diacungi jempol adalah kreasi pot unik dari kelapa kering. Pot dari kelapa kering tersebut dapat digunakan untuk menanam tanaman yang menjalar ke bawah, karena pot unik tersebut nantinya digunakan dengan cara digantung di halaman depan rumah atau taman sekeliling rumah.

Tentu saja dalam membuat pot dengan kelapa kering ini tidak sulit, hanya dibutuhkan sedikit keterampilan. Selain kreasi pot kelapa kering yang akan Anda coba, bisa juga inovasikan kedalam bentuk lain yang lenih menarik.

Siapkan Alat dan Bahan

Pot kreasi ini merupakan sebuah kreasi pot unik dari kelapa kering yang bahan dasar untuk membuatnya adalah kelapa kering. Berikut ini adalah alat dan bahan yang dibutuhkan pot unik dari kelapa kering :

 

Alat-alat Membuat Pot Unik

  • Gergaji
  • Kerokan kelapa
  • Bor

Bahan Membuat Pot Unik

  • Kelapa kering
  • Tali atau kawat
  • Vernish
tokomesinkelapa.com - cara membuat pot dari sabut kelapa

pot dari sabut kelapa

 

Cara Membuat Pot dengan Kelapa Kering

Setelah alat dan bahan diatas sudah disipkan, lanjut dalam proses pembuatan kreasi pot, berikut langkahnya :

  1. Belah kelapa kering mennggunakan gergaji dengan ukuran sekitar empat perlima. ( Bagian buah kelapa ini dibuat seperti saat kita mengupas kelapa muda yang hendak disajikan yaitu dibelah ujungnya ).
  2. Keluarkan air dan buang bagian buah kelapa dengan menggunakan kerokan kelapa hingga menyisakan bagian tempurung dan kulitnya seperti mangkok.
  3. Haluskan kulit buah sehingga menjadi halus dan cantik.
  4. Kemudian varnish seluruh bagian luar kulit kelapa agar terlihat mengkilat dan bersih.
  5. Lalu bor bagian bawah buah kelapa sejumlah tiga atau empat titik untuk keluarnya air sehingga akar tanaman tidak busuk karena genangan air dalam pot.
  6. Ikat buah kelapa dengan kawat atau tali yang lain yang mampu menahan beban buah kelapa yang berisi tanaman.
  7. Kreasi pot unik dari kelapa kering siap di gantung dihalaman rumah.

Nah, Anda sudah mengetahui proses pembuatan pot dari sabut kelapa. Selanjutnya Anda bisa juga mengembangkan model kreasi ini menjadi lebih menarik dan lebih cantik.

Selamat mencoba dan selamat berkreasi.

By | 2017-02-24T03:44:28+00:00 October 20th, 2016|Artikel, Sabut Kelapa|Comments Off on Cara Membuat Pot dari Sabut Kelapa

About the Author: