Cara Membuat Puding Susu Coklat yang Enak dan Sederhana

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Cara Membuat Puding Coklat yang Enak dan Sederhana. Anda bisa mencobanya didapur kesayangan anda.

Apa Itu Puding Susu Coklat?

Puding dapat diartikan sebagai sebutan untuk hidangan penutup yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Arti puding juga dapat dipakai untuk berbagai jenis pai yang berisi diantaranya campuran lemak hewan, daging, atau buah-buahan yang dipanggang, direbus.

Pada umumnya, puding dengan bahan baku susu (yougort), tepung maizena, tapioka, atau telur dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu. Puding seperti ini bisa memiliki rasa yang manis dengan menggunakan perisa coklat, karamel,vanila, bisa juga dengan buah-buahan.

Puding agar-agar dibuat dengan mencampur agar-agar bersamaan susu, tepung maizena, atau telur kocok. Puding agar-agar biasa dihidangkan dengan saus yang disebut vla. Saat ini sudah ada tepung puding instan yang memudahkan orang membuat puding karena hanya perlu mencampurkan susu atau air lalu dipanaskan diatas kompor.

Di Indonesia terdapat beberapa jenis puding rasa tradisional yang memakai kelapa muda, gula merah, santan kelapa,  dan tape ketan hitam, atau dengan campuran  pandan hijau. Buah-buahan yang biasanya dipakai untuk puding misalnya: buah jeruk, sirsat, kelengkeng.

Selain rasanya yang enak, puding susu juga memiliki beragam manfaat. Bagi anak-anak puding  juga bisa digunakan sebagai cara sehat untuk mendapatkan kalsium yang bersasal dari susu, kandungan vitamin dan mineral, protein serta serat pada anak.

Asal Usul Puding

Pada saat ini puding dikenal sebagai hidangan penutup yang manis dan bertekstur halus. Menurut catatan sejarah makanan, puding susu pertama yang dibuat oleh koki kuno yang menghasilkan makanan mirip sosis dengan cita rasa yang gurih. .

Pada abad ke-17, puding di Inggris raya terdiri dari dua rasa, yakni gurih karena terbuat dari daging dan manis karena terbuat dari tepung, kacang, gula. Kedua puding ini biasanya direbus dalam  tempat tas puding susu khusus. Haggismerupakan salah satu contoh puding gurih karena terbuat dari jantung, hati, dan paru-paru domba yang dicampur dengan bawang bombay, lemak, aneka rempah,  garam. Secara tradisonal, Haggis dibungkus didalam perut hewan dan kemudian direbus selama tiga jam lamanya.

Pada abad ke-18, puding di Inggris tidak lagi terbuat dari daging. Pada abad ke-19 puding masih dibuat dengan cara direbus, tetapi hasil akhirnya lebih mirip cake. Pada saat itu, puding susu disajikan secara tradisonal pada perayaan Natal. Puding plum atau Christmas pudding salah satu contohnya.

Puding yang dikenal sekarang sebenarnya lebih mirip custard. Sejarah custard dengan puding juga hampir sama kunonya. Meskipun dua hidangan ini berbeda, namun istilah custard dan puding seakan menyatu pada abad ke-19 di Amerika. Custard sendiri merujuk pada hidangan Romawi Kuno yang dibuat dengan telur. Bangsa Romawi Kuno memang ahli dalam menciptakan berbagai hidangan makanan sejenis telur, seperti omelet atau crustades.

Ahli sejarah makanan umumnya sepakat bahwa custard yang dikenal seperti puding susu saat ini diciptakan sejak abad sekitar pertengahan. Pada saat itu custard bisa langsung dimakan atau bisa digunakan sebagai isi pie, kue tart, atau roti.

Kemungkinan besar, flan merupakan custard atau puding yang paling terkenal dan banyak diadaptasi di seluruh dunia. Hidangan asal Inggris ini dibuat dari sponge cake berbentuk bulat yang diberi isi manis atau gurih dll. Di Spanyol dan Prancis, flan dikenal dengan sebutan creme caramel yang terasa manis karena lapisan karamel lembut di atasnya.

Dengan kemajuan jaman sekarng, tampilan dari puding tidak hanya disajikan dengan polosan begitu saja. Untuk saat ini puding mulai divariasi dengan tambahan bahan isi atau dibentuk dan dibuat lapisan-lapisan agar lebih menarik pada saat di sajikan. Begitu pun juga untuk hasil akhirnya ditambah dengan topping, membuat hasil  dari puding semakin menarik.

Resep dan Cara Membuat Puding Susu Coklat

Cara Membuat Puding Susu Coklat

1. Resep Puding Susu Coklat Kental Manis

Bahan Puding Susu Coklat Kental Manis:

• 100 ml susu kental manis putih

• 100 ml susu kental manis coklat

• 1 bungkus agar-agar putih

• 1 bungkus agar coklat

• 50 gr coklat bubuk

• 1600 ml air masak

• Gula pasir secukupnya

Cara Membuat Puding Susu Coklat Kental Manis:

  1. Langkah pertama, buatlah lapisan puding coklat terlebih dahulu. Untuk itu siapkan panci dan masukkan susu kental manis coklat, agar-agar coklat, coklat bubuk, serta gula pasir yang bisa kamu sesuaikan dengan selera. Selanjutnya, tuangkan air sebanyak 4 gelas lalu aduk hingga rata.
  2. Sambil terus mengaduk, tunggu campuran puding coklat hingga mendidih dan pastikan agar seluruh bahan larut dan tidak ada gumpalan. Setelah agak berbuih, matikan api kemudian biarkan beberapa saat
  3. Ketika uap panasnya sudah hilang langkah selanjutnya adalah dengan menuang puding cokelat susu kental manismu ke dalam cetakan.
  4. Kmudian, sambil menunggu lapisan puding coklatnya menggumpal, anda bisa membuat  lapisan puding putihnya. Caranya, siapkan panci terlebih dahulu kemudian masukkan susu kental manis putih, agar-agar putih, serta gula pasir sesuai selera. Isi panci dengan air sebanyak 4 gelas lalu aduk hingga merata.
  5. Sama seperti puding coklat, didihkan campuran puding putih dengan terus mencampurnya. Jika sudah berbuih, matikan api dan tunggu hingga uap panasnya menghilang.
  6. Langkah selanjutnya, apabila puding coklat tadi sudah padat dan menggumpal, tuang puding berwarna putih  yang telah dingin ke atas lapisan puding coklat tadi.
  7. Terakhir, tunggu hingga kedua lapisan tersebut dingin. Jika sudah, memasukkan ke dalam lemari pendingin atau freezer supaya proses penggumpalannya bisa lebih cepat.
  8. Untuk penyajian puding coklat susu kental manis, kamu dapat menambahkannya dengan berbagai topping sesuai selera. Beberapa topping yang pas untuk kudapan ini antara lain whipped cream berbagai rasa, buah-buahan seperti cherry atau anggur, bahkan oreo.

2. Resep Puding Susu Coklat Chocolatos Vla Susu

Cara Membuat Puding Susu Coklat

Bahan Membuat Puding Coklat Chocolatos Vla Susu

• 1 bungkus Puding Cokelat Nutrijel
• 2 bungkus chocolatos bubuk sesuai selera Gula pasir
• 500 ml Air

Bahan Untuk Vla :

• 250 ml susu cair full cream
• 1 1/2 sachet SKM vanilla
• 2 sdm tepung maizena
• secukupnya Vanili
• secukupnya Gula Pasir
• 50 ml Air

Cara Membuat Puding Susu Coklat Chocolatos Vla Susu

1. Siapkan Bahan Untuk membuat puding dulu ya teman. Masukkan puding cokelat nutrijel, chocolatos bubuk lalu masukkan air kedalam panci.Nyalakan kompor dengan api sedang, Setelah itu tambahkan gula pasir sesuai selera. Aduk semua bahan sampai puding mendidih, kecilkan api. Lalu masukkan puding kedalam Cup.
2. Pembuatan Vla nya: Masukkan susu full cream, SKM vanilla, Gula pasir sesuai selera kedalam panci lalu nyalakan kompor dengan api yang sedang kecuali Tepung maizena dan vanili dibuat terpisah dengan dicampur sedikit air. Setelah susu full cream, SKM vanilla dan gula pasir diaduk diaduk rata, masukan tepung maizena dan vanili yang telah dicairkan lalu diaduk hingga Vla terlihat agak mengental. Matikan kompor.
3. Setelah vla dingin, lalu tuangkan vla keatas puding yang telah dimasukkan kedalam cup. Lalu masukkan kedalam lemari es.

Manfaat Puding Susu coklat

1. Melancarkan Pencernaan

Serat yang terdapat pada puding sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Salah satu fungsi serat adalah untuk membersihkan usus dengan cara memperlancar metabolisme. Dengan lancarnya metabolisme kita, maka tubuh akan menjadi lebih sehat.

2. Sebagai Makanan Diet

Selain untuk membersihkan usus, serat yang terkandung pada puding juga bisa untuk menahan rasa lapar. Kandungan serat pada puding bersifat mengenyangkan namun tidak membuat gemuk. Jadi cocok banget dikonsumsi untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.

3. Pencegah Kanker dan Kardiovaskular

Rumput laut memang dikenal kaya akan manfaat, salah satunya sebagai pencegah kanker. Oleh karena itu, puding baik untuk mencegah kanker. Selain itu rumput laut juga berguna untuk menyerap kelebihan garam pada tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

4. Antioksidan

Ekstrak rumput laut yang terkandung pada puding dapat berfungsi sebagai antioksidan selain itu zat krolofil yang ada pada rumput laut dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh kita.

Itu tadi artikel saya tentang Cara Membuat Puding Susu Coklat. Puding cocok dengan Pancake Anda bisa membuatnya dirumah dan disajikan untuk keluarga anda. Selamat mencobanya.