Cara Membuat Sabun Dari Minyak Kelapa Murni “VCO”

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) merupakan minyak dengan kandungan asam laurat yang tinggi. Asam laurat ini berfungsi untuk menghaluskan dan melembabkan kulit. Sehingga VCO cocok dijadikan sebagai bahan baku pembuatan sabun. Dari macam-macam sabun mempunyai manfaat dan kegunaan sendiri-sendiri. Ada yang khusus buat mandi, kramas, cuci baju, gosok gigi, cuci piring, dan lain-lain. Namun dari semua jenis sabun tersebut sebetulnya fungsinya sama, yaitu untuk membersihkan atau menghilangkan kotoran.

Melihat dari kebutuhan seseorang akan sabun, akan lebih menarik lagi kalau kita membuat sabun sendiri. Berikut proses pembuatannya :

Bahan-bahan :

10 mili liter gliserin, 35 mili liter TEA, 60 mili liter alkohol, 50 gram gula dicampur dengan 50 mili liter H2O, 18 gram NaOH dicampur dengan 50 mili liter H2O, 100 mili liter VCO, 35 gram asam stearat, parfum, dan pewarna.

Proses pembuatan sabun :

  1. Ambil 100 mili liter VCO dalm beker glass 500 mili liter
  2. Panaskan hingga suhu 60 derajat Celcius.
  3. Tambahkan 18 gram NaOH yang telah dilarutkan terlebih dahulu dalam 50 air dan diaduk secara terus-menerus kurang lebih 20 menit dengan suhu konstan sekitar 60 derajat Celcius sampai 70 derajat Celcius.
  4. Sementara mengaduk campuran minyak NaOH selama kurang lebih 20 menit,
  5. Lelehkan 35 gram asam stearat.
  6. Setelah meleleh asam stearat dalam keadaan masih panas dimasukkan ke dalam campuran minyak NaOH sambil terus diaduk hingga rata.
  7. Kemudian angkat dari api dan tambahkan 60 mili liter alkohol sambil diaduk hingga rata dan setelah itu kembali dipanaskan.
  8. Tambahkan 35 mili liter TEA dan 10 mili liter gliserin sambil terus diaduk sehingga larutan menjadi agak bening.
  9. Tambahkan 50 gram gula yang dilarutkan dalam 50 mili liter air sedikit demi sedikit dengan terus diaduk.
  10. Pemanasan dilanjutkan hingga campuran menjadi jernih tanpa diaduk. Dinginkan hingga suhu 60 derajat Celcius,
  11. Tambahkan pewarna dan parfum sesuai selera lalu diaduk sampai rata. Setelah itu tuang ke dalam cetakan dan tunggu sampai sabun mengeras

Demikian adalah proses pembuatan sabun, mudah bukan? Semoga bisa menambah ilmu, mungkin bisa kita kembangkan lagi untuk diproduksi lebih menarik lagi dan dipasarkan.