Cara Membuat Serundeng Kelapa dan Manfaatnya

Cara membuat Serundeng KelapaKelapa – Kelapa atau yang bisa disebut Cocos nucifera adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren – arenan atau Arecaceae. Pohon kelapa banyak ditemukan di daerah tropis. Pohon kelapa ini sering ditemukan di daerah pantai dan dapat ditemukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Hampir seluruh bagian tumbuhan ini dapat dimanfaatkan oleh manusia. Akarnya dapat dimanfaatkan untuk obat gatal, obat demam, obat diare, obat wasir, melancarkan peredaran darah, hingga mengatasi gangguan perut.

Batangnya dapat digunakkan untuk bahan bangunan, aneka perabotan rumah tangga, dan juga kayu bakar. Daunnya dapat digunakkan untuk kerajinan, atap rumah tradisional, dan sapu lidi.

Buahnya dapat digunakkan untuk bermacam – macam. Batok kelapa dapat digunakkan untuk mangkok, hiasan, alat permainan , dan juga arang. Sabutnya juga dapat dijadikan arang dan juga spons pencuci piring alami. Sementara isi buahnya digunakkan untuk kebutuhan pangan.

Berbicara soal kebutuhan pangan, buah kelapa dapat dijadikkan berbagai jenis dan olahan masakkan atau minuman. Dari banyak jenis masakkan yang dapat dibuat dengan bahan buah kelapa, terdapat beberapa masakkan yang sering kita jumpai, salah satunya adalah serundeng kelapa.

Serundeng adalah makanan khas Indonesia yang biasanya atau sering digunakkan sabagai lauk – pauk untuk nasi. Seundeng terbuat dari parutan kelapa yang digoreng hingga berwarna kuning kecoklatan dengan bumbu – bumbu seperti bawang bombay, bawang putih, bawang merah, cabai, kunyit, ketumbar, gula, daun salam, asam jawa, lengkuas, dan daun jeruk.

Baca Juga : Kue Akar Kelapa

Serundeng biasanya dihidangkan dengan irisan daging sapi goreng, yaitu hidangan serundeng daging, atau ditaburkan di atas ketan, soto, atau burasa ( makanan Makasssar ) untuk menambah rasa gurih dari masakan tersebut.

Di Indonesia serundeng jelas merujuk pada kelapa parut goreng, kecuali di Sumatera Barat dan Kepulauan Riau. Di Sumatera Barat, Istilah Serundeng bukan merujuk pada makanan dengan bahan dasar kelapa. Serundeng di Sumatera Barat terdiri dari kentang dan ubi yang dipotong kecil – kecil serta kacang lalu diberi rempah -rempah dan digoreng dengan rasa yang gurih dan tentu saja nikmat. Sementara di Kepulauan Riau serundeng merujuk pada abon daging sapi atau abon daging ayam, bahkan abon mangrove. Di Malaysia, istilah serunding atau serundeng merujuk kepada abon daging sapi atau abon daging ayam, abon Malaysia ini dapat dicampur kelapa parut sepreti serunding di Indonesia atau tidak.

Bagi kamu yang ingin mencoba serundeng kelapa, kamu dapat membelinya atau bahkan membuatnya sendiri. Bila kamu ingin membuatnya sendiri, berikut kami berikan resep Cara Membuat Serundeng Kelapa.

Cara Membuat Serundeng Kelapa

Cara Membuat Serundeng Kelapa

Alat dan Bahan:

  • 1 ( satu ) Butir Kelapa agak tua, kerik kulit arinya, parut ( sekitar 600 gr ( enam ratus gram ) ). Disarankan untuk memasak kelapa di hari yang sama saat membeli kelapa tersebut
  • 5 ( lima ) lembar daun jeruk
  • 2 sdm ( dua sendok makan ) minyak goreng yang digunakkan untuk menumis

Bumbu halus :

  • 6 ( enam ) siung bawang putih
  • 5 ( lima ) buah cabe merah besar
  • 1 sdt ( satu sendok teh ) ketumbar
  • 1 1/2 sdt ( satu setengah sendok teh ) garam atau secukupnya
  • 1/2 sdm ( setengah sendok makan ) kunyit bubuk
  • 2 ( dua ) ruas jari kencur
  • 3 sdm ( tiga sendok makan ) gula pasir
  • 1 sdm ( satu sendok makan ) gula merah

Cara Membuat  Serundeng Kelapa

  1. Siapkan alat dan bahan
  2. Siapkan wajan teflon anti lengket. Lalu panaskan minyak goreng pada wajan teflon tersebut
  3.  Lalu, tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga harum. Supaya tidak langu, tumis bumbu tersebut sebentar saja sebelum dihaluskan
  4. Setelah bumbu halus ditumis hingga wangi, tambahkan kelapa parut, lalu aduk – aduk hingga kelapa tercampur rata dengan bumbu. Supaya kering dan tidak hangus, oseng atau aduk hingga menyatu rata dengan bumbu. Lakukan terus menerus supaya bumbu menyerap sempurnadan tekstur kelapa garing. Coba atau koreksi rasanya.
  5. Sangrai ( goreng tanpa minyak ) kelapa hingga kering dan harum dengan api yang kecil
  6. Setelah matang, dinginkan lalu simpan dalam wadah yang kedap udara.

Manfaat Serundeng Kelapa

Cara Membuat Serundeng Kelapa

Apabila dikonsumsi secara wajar, serundeng kelapa memiliki khasiat atau manfaat yang baik untuk kesehatan dan ekonomi, antara lain :

Menyehatkan Jantung

Parutan kelapa yang ada pada serundeng kelapa kaya akan serat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Serat ini dapat menyerap kolestrol jahat yang ada dalam darah yang dapat membahayakan kesehatan jantung.

Meningkatkan fungsi Otak

Parutan kelapa yang ada pada serundeng dapat serundeng kelapa dapat memperbaiki fungsi otak dan juga memperlambat datangnya penyakit Alzheimer ( penyakit yang menurunkan kerja otak ).

Mencegah infertilitas pada pria

Interfilitas ( ketidakmampuan pasangan atau salah satu pasangan untuk memiliki keturunan ) dapat dicegah dengan mengkonsumsi serundeng kelapa. Kandungan mineral yang ada di dalamnya dapat mencegah infertilitas pada pria.

Mencegah anemia

Anemia adalah suatu penyakit dimana tubuh kekurangan hemoglobin atau sel darah merah. Penyakit ini membuat tubuh cepat lelah. Untuk mencegah hal tersebut, cobalah untuk mengkonsumsi serundeng kelapa, karena kandungan zat besi yang ada pada serundeng kelapa dapat membantu memicu produksi sel darah merah dalam tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan selenium yang ada pada serundeng kelapa dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sebab selenium memproduksi selenoprotein yang membantu memerangi banyak penyakit

Mencegah masalah pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada kelapa parut dapat mencegah banyak masalah pencernaan seprti wasir, sembelit, atau penyakit pada duodenum ( usus dua belas jari ).

Mengurangi risiko kanker

Kanker adalah penyakit yang paling menakutkan karena risiko kematian akibat penyakit ini cukup tinggi. Untuk mecegah penyakit tersebut, anda dapat memakan serundeng kelapa karena kandungan nutrisi yang ada pada serundeng kelapa dapat mengurangi risiko kanker tertentu.

Mencegah arthritis

Athritis adalah penyakit peradangan sendi dan dapat mempengaruhi beberapa sendi. Penyakit ini menyebabkan rasa sakit dan kesulitan untuk bergerak bagi yang menderitanya. Untuk mencegah penyakit Arthritis, anda dapat memakan serundeng kelapa karena mineral yang ada pada serundeng kelapa dapat mencegah masalah yang berkaitan dengan saraf seperti arthritis hingga kesehatan tulang sperti osteoporosis.

Meningkatkan Energi

Kandungan gizi yang ada pada serundeng juga dapat menambah energi. Ini dikarenakan kandungan protein dari kelapa dapat membantu meningkatkan energi.

Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi dapat berakibat buruk pada kesehatan dan dapat menyebabkan kematian bagi yang mengalaminya. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa mengkonsumsi serundeng kelapa ini karena kandungan Vitamin C yang ada pada serundeng kelapa dapat mengontrol tekanan darah.

Demikian artikel mengenai cara membuat serundeng kelapa dan juga beberapa penjelasan tentang manfaatnya. Apabila terdapat kesalahan dan kekurangan artikel tentang cara membuat serundeng kelapa kali ini mohon dimaafkan. Semoga artikel cara membuat serundeng kelapa kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan, karena kesehatan itu mahal harganya.