Cara Membuat Tepung Kelapa (Desiccated Coconut)

Tentang Tepung Kelapa

Tepung Kelapa atau sering disebut Kelapa Parut Kering atau juga Desiccated Coconut adalah tepung kelapa yang diperoleh dari parutan kelapa yang sudah cukup tanpa kulit ari yang dikeringkan dalam oven. Cara membuat tepung kelapa lebih efektif jika menggunakan beberapa bantuan mesin seperti mesin penghilang kulit ari kelapa.

Tepung Kelapa banyak digunakan untuk campuran dalam industri makanan kecil seperti permen, gula-gula, kue, puding dan lain-lain.

cara membuat tepung kelapa

Cara Membuat Tepung Kelapa

Untuk membuat Tepung Kelapa, setidaknya ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan (dikutip dari Tri Susanto dalam buku Sarmidi Armen, 2011) yaitu terdiri dari :

  1. Kelapa dikupas sabutnya dan tempurungnya dicungkil
  2. Kulit ari kelapa yang berwarna coklat kemudian dihilangkan, tujuannya adalah menghasilkan daging buah yang putih bersih. Fungsi dari penghilangan kulit ari tersebut adalah upaya untuk menghindari ketengikan. Kemudian cuci sampai bersih.
  3. Lakukan proses blanching (Pasteurisasi) dengan menggunakan uap panas bersuhu 90 C selama 5 menit
  4. Masuk proses perendaman dalam larutan NaHSO3 1000 ppm selama 10 menit, berfungsi untuk mencegah munculnya warna coklat, mencegah pertumbuhan mikroba dan untuk melarutkan gula yang ada dalam permukaan daging buah yang berasal dari air kelapa, langkah selanjutnya adalah tiriskan.
  5. Lalu Pemarutan daging buah kelapa yang akan dbuat menjadi Tepung Kelapa dengan mesin parut yang bentuk dapat disesuaikan dengan keinginan
  6. Kemudian pengeringan dengan suhu 50-60 C selama 6 -10 jam sampai mencapai kadar air 3%
  7. Keluarkan Tepung kelapa yang sudah kering dan angin-anginkan kamudian Tepung kelapa siap dibungkus dalam wadah yang kedap air dan udara.

Pada pembuatan Tepung Kelapa, dari bahan baku 10.000 butir biasanya akan menghasilkan rendemen sebanyak 10% nya atau akan mendapat sekitar 1 ton Tepung Kelapa.

Untuk Membuat Tepung Kelapa, setidaknya diperlukan beberapa mesin/alat pemroses, antara lain :

  1. Mesin cungkil kelapa
  2. Alat Penghilang Kulit ari
  3. Oven pasteurisasi
  4. Alat Peniris
  5. Mesin parut
  6. Oven Tepung kelapa
Nah…, Sekarang anda sudah tahu cara membuat tepung kelapa, saya sampaikan SELAMAT anda sekarang bisa berinovasi dan berwirausaha mengembangkan Tepung kelapa.
Sumber : Sarmidi Amin

Ingin ngobrol dengan saya? follow saya di twitter : @PakarKelapa