Cara Memurnikan Minyak dari Kopra

Cara Memurnikan Minyak dari Kopra – Selain Minyak dari kelapa yang di olah dari daging segar buah kelapa Cocos nucifera. Sekarang ada pula minyak yang dihasilkan dari bahan baku kopra-daging kelapa yang dikeringkan.

Tanpa pemurnian, minyak yang dihasilkan dari kopra tidak layak sebagai minyak masak. Minyak dari kopra harus melewati proses RBD (refining, bleaching, dan deodorizing).

Karena proses pengeringannya terkadang kurang memperhatikan sanitasi. Pengeringan umumnya dilakukan di bawah sinar matahari. Kotoran seperti serat kelapa atau debu yang terbawa membuat minyak kecokelatan.

Dalam proses RBD, minyak hasil ekstraksi kopra yang disebut CCO (crude coconut oil) itu memasuki tahap refining. Refining atau pemurnian bertujuan menghilangkan komponen yang tidak diinginkan pada minyak seperti serat, abu, mineral, dan air.

Cara Memurnikan Minyak dari Kopra

Langkah-Langkah dan Cara Memurnikan Minyak dari Kopra

Berikut cara memurnikan minya dri kopra :

  • Asam lemak bebas dipisahkan dari minyak melalui reaksi alkali sehingga terbentuk sabun.
  • Alkali yang dipergunakan biasanya natrium hidroksida atau kalium hidroksida.
  • Setelah penyabunan, minyak yang dihasilkan bebas kotoran.
  • Kemudian minyak memasuki tahap bleaching atau pemutihan dalm tangki hampa (untuk memisahkan zat warna dalam minyak menggunakan bahan penyerap seperti karbon aktif).
  • Selanjutnya pendinginan dilakukan pada suhu 71—81’C.
  • Terakhir dilakukan deodorisasi untuk menghilangkan bau pada minyak (dengan cara destilasi minyak oleh uap dalam keadaan hampa udara dan pada temperatur tinggi).

Setelah melalui proses filtrasi teersebut, minyak siap dikemas. Minyak RBD tidak berbau, berwarna benih kekuningan. Semoga bermanfaat.

Sumber : www.trubus-online.co.id