Cara Mengawetkan Kayu Kelapa | Glugu

Kayu kelapa atau sering disebut Glugu dalam bahasa jawa memang sangat kuat dan indah jika digunakan sebagai material konstruksi bangunan atau panel dinding rumah, lantai kayu kelapa atau bahkan untuk furniture. Namun sayangnya jenis kayu kelapa ini cukup rentanĀ  serangan berbagai jenis serangga kayu seperti kumbang bubuk kayu, rayap serta berbagai serangga kayu lainnya. Namun dengan cara mengawetkan kayu kelapa akan membuat kayu ini menjadi semakin tahan lama.

Cara Mengawetkan Kayu Kelapa / Glugu

Berikut ini beberapa hal yang dapat kami sarankan untuk mengawetkan kayu. Mengawetkan glugu yang sudah dikenal masyarakat secara umum sedikitnya 3 cara, yaitu:

  • Merendam glugu dalam jangka waktu tertentu, bisa satu sampai tiga bulan
  • Mengolesi glugu dengan campuran solar dan oli bekas
  • Menggunakan bahan kimia pengawet kayu

Nah, kali ini akan di bahas tentang cara mengawetkan glugu dengan mengoleskan campuran solar dan oli bekas. Ada pun pengawetan yang dimaksud di sini adalah mencegah glugu dirusak oleh serangga yang suka melubangi glugu baik teter atau pun bubuk. Serangga penyebab teter berbeda dari serangga penyebab bubuk. Teter berupa butiran glugu dengan ukuran kira-kira sebesar biji bayam sedangkan bubuk lebih lembut lagi seperti debu. Karena ukurannya yang lembut itulah maka disebut bubuk. Langkah untuk mengawetkan glugu menggunakan campuran solar dan oli bekas adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan campuran solar dan oli bekas dengan perbandingan solar : oli bekas sebanyak 5 : 1
  2. Siapkan kuas untuk mengoleskan cairan pengawet ke permukaan glugu atau menggunakan talang plastik/talang U
  3. Oleskan cairan pengawet pada glugu dengan kuas atau rendam glugu ke dalam cairan pengawet dengan talang plastik dengan cara memutar agar seluruh permukaan rata terkena cairan pengawet.
  4. Tiriskan kayu yang telah diolesi/direndam cairan dengan cara menyandarkan secara hampir tegak (jangan direbahkan).
  5. Setelah kering, proses dapat diulang sampai 3 kali
  6. Untuk mengolah kayu kelapa agar menghasilkan produk yang bagus dan berkualitas, peralatan yang di butuhkan bisa di lihat disini.

Apabila Kawan-kawan ingin mendapatkan cara pengawetan kayu ala Badan Standardisasi Nasional, silakan download papernya di sini. Semoga bermanfaat.

Sumber : kombor.com