Cara Menggoreng Kacang Bawang yang Renyah

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara menggoreng kacang bawang yang renyah cocok untuk dijadikan cemilan sehari – hari atau bisa juga dihidangkan bagi keluarga anda.

Kacang bawang tentu sudah tidak asing lagi bukan bagi kalian. Cemilan yang rasanya renyah dan ya kadang bisa membuat haus setelah memakannya tetapi tetap menjadi favorit cemilan bagi anak – anak dan bahkan orang tua.

Kacang bawang merupakan makanan yang terbuat dari kacang tanah yang digoreng kemudian dicampur dengan bawang dan seledri. Makanan ini termasuk ke dalam makanan ringan yang kerap dijadikan cemilan dan banyak yang menjualnya bahkan ada hotel yang menghidangkan kacang bawang ini.

Apa itu Kacang Tanah ?

Kacang tanah atau arachis hepogaeal L. merupakan tanaman tropic yang tumbuh dengan cara perdu dan memiliki daun yang kecil. Tanaman ini ternyata berasal dari negara Brazil yang berada di benua Amerika. Kacang tanah masuk ke Indonesia pada abad ke- 16 yang dibawa oleh pedagang Spanyol.

Di Indonesia kacang tanah banyak memiliki manfaat untuk para petani kacang. Mereka memanfaatkan tanamannya untuk makanan ternak peliharaan mereka, bijinya untuk diolah menjadi makanan, dan banyak juga yang membudidayakan tanaman kacang tanah ini.

Ada dua tipe cara membudidayakan kacang tanah di Indonesia yaitu kacang tanah bertipe tegak dan kacang tanah bertipe menjalar. Yang membedakan dari kedua tipe ini adalah kacang tanah yang bertipe menjalar lebih banyak menghasilkan kacang yang lebih banyak dibandingkan dengan kacang tanah yang bertipe tegak.

Cara Mengolah Kacang Tanah

Cara mengolah kacang sangatlah mudah dan tidak perlu cara khusus untuk menyimpannya. Jika anda malas untuk mengolah kacang tanah yang masih mentah dan tidak ingin kacang tanah cepat berbau dan busuk simpanlah kacang tanah ke dalam lemari es karena dengan itu kacang tanah bisa tetap awet.

Jika anda terlanjur mengolah kacang tanah tidak perlu khawatir ada tips praktis untuk mengolah kacang tanah yang sudah setengah olah ini. Berikut beberapa tips mengolah kacang yang sudah di olah :

  1.  Jika anda ingin kacang goreng yang anda olah tadi bisa semakin awet tambhkan irisan bawang putih ke dalam toples kacang goreng tersebut lalu masukan ke dalam lemari es.
  2. Jika anda akan membuat sambal kacang tentu mudah hanya dengan menghaluskan kacang tanah, bawang putih, cabai, dan garam lalu beri sedikit air matang.
  3. Kacang yang sudah anda olah bisa dijadikan minyak kacang dengan cara sangrai kacang sampai kelur minyak.

Cara Menggoreng Kacang Bawang

cara menggoreng kacang bawang

Bahan – Bahan :

  • 250 gram kacang tanah yang sduah dikupas
  • 4 siung bawang putih, iris tipis – tipis
  • 150 ml santan
  • Minyak goreng
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir

Cara Menggoreng Kacang Bawang :

  1. Masukkan santan, bawang putih yang sudah dihaluskan, gula pasir, dan garam ke dalam panci lalu aduk rata sampai mendidih setlah itu matikan api.
  2. Masukkan kacang tanah ke dalam panci tersebut lalu aduk rata tunggu sampai santan meresap, kemudian tiriskan.
  3. Panaskan minyak lalu goreng bawang yang sudah di iris tadi sampai bawang berwarna kekuningan. Angkat kemudian tiriskan.
  4. Goreng kacang tanah tadi dengan menggunakan api sedang goreng hingga kacang berubah warna. Angkat kemudian tiriskan.
  5. Campur bawang putih dan kacang tanah yang sudah digoreng tadi, aduk rata.
  6. Kacang bwang siap disajikan.

Tips Cara Menggoreng Kacang Bawang :

  1. Saat menggoreng kacang gunakan api yang kecil agar matangnya merata dan kacang tidak cepat gosong.
  2. Jika kacang cudah berubah warna menjadi kekuningan segera angkat kacang karena setelah diangkat proses pemasakan pada kacang masih berlanjut dan bisa membuat kacang menjadi gosong dan pahit.
  3. Simpanlah kacang bawang pada toples yang kedap udara.

Bagaimana mudah bukan untuk membuat kacang bawang yang gurih dan enak di rumah. Hemat energi dan juga hemat uang. Jangan lupa untuk mencobanya di rumah karena kacang bawang cocok untuk dijadikan cemilan dan juga untuk dihidangkan bagi kelurga.

Kandungan Gizi

Tidak hanya memiliki rasa yang enak saja kacang tanah juga banyak mengandung kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Kacang tanah kaya akan protein dan lemak selain itu kandungan gizi yang terkandung dalam kacang tanah ada karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, potasium, sodium, dan zat besi. Tak hanya itu kacang tanah juga mengandung omega 6 yang terbilang banyak.

Manfaat Kacang Tanah

Selain banyak mengandung kandungan gizi yang banyak kacang tanah jua memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Beriku beberapa manfaat mengkonsumsi kacang tanah :

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang segang menjalankan diet cocok untuk mengkonsumsi kacang tanah ini karena kacang tanah bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan hal ini disebabkan karena setelah menyantap kacang tanah anda akan terasa kenyang lebih lama.

Selain memberikan rasa kenyang yang bertahan lama kacang tanah juga mengandung serat makanan yang tidak larut dalam tubuh hal ini tentu saja sangat mempengaruhi usaha penurunan berat badan anda.

2. Mencegah Kanker Perut

Kandungan anti-oksidan yang sangat tinggi di dalam kacang tanah ini tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh yang mampu mencegah kanker di dalam perut. Sifat antikarsinogenik yang terkandung dalam anti-oksidan ini dapat mengurangi produksi nitro amino yang memiliki sifat karsinogenik.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang tanah juga bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Karena kacang tanah dapat menurunkan kolesterol LDL ( Low Density Lipoprotein ) dan juga dapat meningkatkan produksi nitrat. Selain bisa menjaga kesehatan jantu kacang tanah juga dapat mencegah stroke.

4. Mencegah Terbentuknya Batu Empedu

Penyakit batu empedu biasanya terjadi pada orang dewasa dan penyakit ini bisa mengganggu kesehatan. Tidak perlu khawatir karna dengan mengkonsumsi kacang tanah dapat membantu mencegah ternyadinya pembentukan batu empedu.

5. Sumber Anti-oksidan

Kandungan anti-oksidan pada kacang tanah sangat tinggi dan ini bisa membantu membersihkan darah dari serangan radikal bebas.

6. Mendukung Pertumbuhan Tubuh

Kacang tanah mengandung protein yang cukup besar, kandungan ini bisa membantu dalam pertumbuhan tubuh. Selain itu asam amino yang terkandung dalam kacang tanah ini bermanfaat untuk mmbantu tumbuh kembang menjadi lebih pesat.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan anti-oksidan yang terkandung dalam kacang tanah juga bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan kulit anda. Nah cocok sekali untuk anda yang ingin menjaga kesehatan kulit ini dengan hemat. Selain anti-oksidan kacang tanah juga memiliki kandungan vitamin E yang juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan oksidasi.

8. Mencegah terjadinya Penyakit

Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat untuk itu konsumsilah kacang tanah ini karena kacang tanah bisa mencegah terjadinya penyakit seperti penyakit jantung, alzheimer, kanker, dan penyakir saraf yang lainnya. Infeksi yang disebabkan oleh jamur dan virus juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi kacang tanah ini.

9. Mengontrol Gula Darah

Kacang tanah mengandung kalsium yang bisa membantu mengatur kadar gula darah di dalam tubuh agar tetap stabil. Kadar gula darah yang normal sangatlah penting untuk tetap dimiliki dalam tubuh supaya tidak mengalami gangguan pada metabolisme tubuh.

Bagi anda yang memiliki atau menderita penyakit diabetes cocok untuk mengkonsumsi secara teratur kacang tanah ini dan bagi orang yang lanjut usia juga disarankan untuk mengkonsumsi kacang tanah ini.

10. Mengatasi Depresi

Depresi atau kondisi tertekan ini disebabkan karena rendahnya kadar serotonin. Jika anda mengalami gangguan ini tentu saja anda disarankan untuk mengkonsumsi kacang tanah karena kandungan triptofan yang bisa membantu meningkatkan pelepasan zat kimia tertentu yang ada di dalam tubuh.

Pelepasan zat kimia tersebut bisa membantu meningkatkan kadar serotonin yang bisa mengatasi depresi. Anda bisa mengkonsumsi kacang tanah ini yang telah dolah menjadi selai kacang atau kacang tanah yang sudah digoreng.

Bagaimana ? Tidak sia -sia bukan mengkonsumsi kacang bawang ini selain rasanya yang renyah dan enak ternyata juga banyak kandungan gizi yang terkandung pada kacang dan tak lupa juga manfaatnya yang sangat baik bagi kesehatan juga banyak. Jangan lupa untuk mencobanya dirumah untuk dihidangkan bagi keluarga anda. Selamat mencoba!