Cara Pembuatan Cocomesh | Jaring Sabut Kelapa

ANDA PERLU COCOMESH KUALITAS TERBAIK, HARGA GROSIR, & PEMBUATAN CEPAT, HUBUNGI KAMI DI 0813 2804 2283 (WA)

 

Siapa tak mengenal kelapa ? Pohon yang menjulang tinggi dan juga memiliki buah yang besar – besar ini merupakan salah satu jenis pohon yang banyak dimanfaatkan. Terutama bagi mereka yang tinggal di daerah tropis yang cenderung lebih panas. Pohon kelapa atau yang dalam bahasa inggris dikenal dengan nama coconut ini memiliki banyak sekali manfaat, tidak hanya baik untuk kesehatan kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk kerajinan yang bernilai ekonomis. Salah satu kerajinan dari kelapa yang bernilai ekonomis yaitu pemanfaat limbah sabut kelapa untuk pembuatan cocomesh.

Cocomesh merupakan olahan sabut kelapa yang berupa jaring dan telah menjadi primadona dalam membantu proses reklamasi tambang, pantai, atau hutan. Cocomesh menjadi alternatif paling sederhana dan sanget tepat untuk rekalamsi tambang dan sejenisanya karena bahan baku mudah di dapat di Indonesia.

Sifat dari Cocomesh yaitu biodegradable dan kuat, sehingga membantu mempermudah tumbuhnya tanaman baru pada bidang bekas area tambang diletakkan di atasnya cocomesh. Pemanfaatan Cocomesh telah terbukti mampu menghijaukan areal bekas tambang, atau hutan gundul. Banyak perusahan konsultan penghijauan bekas tambang mulai beralih kepada material yang alami.

Bagi yang penasaran, bagaimana sih pembuatan Cocomesh atau jariing sabut kelapa ini? berikut langkah langkahnya.

Cara Membuat Cocomesh

Bahan :

  • sabut kelapa

Peralatan :

  • Mesin Pengurai sabut kelapa
  • Mesin pemintal sabut

Proses Pembuatan :

  1. Siapkan sabut kelapa yang sudah cukup tua
  2. Giling kulit kelapa/cabik menjadi sabut dengan mesin Pengurai sabut
  3. Jemur sabut kelapa sampai kering
  4. Pintal sabut menjadi tambang dengan mesin pemintal sabut
  5. Anyam/merajut tambang menjadi jaring (cocomesh)
  6. Jaring sabut kelapa/cocomesh siap di gunakan

Tidak hanya untuk membuat cocomesh sabut kelapa saja, sabut kelapa juga bisa menjadi produk unggulan kerajinan dari sabut kelapa yang bernilai jual tinggi. Bahkan dengan inovasi pemanfaatan sabut kelapa kini sabut kelapa sudah merambah sampai ekspor.

Nilai lebih dari sabut kelapa yaitu sifat material cocomesh mampu menyimpan air dalam waktu cukup lama, menyebabkan permukaan tanah yang ditutup oleh material ini terjaga kelembababannya. Hal ini mampu mempengaruhi struktur tanah agar mudah ditanami dengan bibit tananam atau biji.Disamping itu cocomesh bisa juga sebagai pengganti tanah pada saat penanaman biji atau bibit tanaman tersebut. Kelebihan dari material cocomesh ini adalah tahan lama, menurut sumber ini mampu bertahan sekitar 4 tahun atau lebih, sehingga material dapat tumbuh selama masa pertumbuhan vegetasi baru. Semoga manfaat & selamat mencoba.

 

BELI COCOMESH HANYA DI TEMPAT KAMI…!  HUBUNGI 0813 2804 2283 (WA ONLY)