Cara Pembuatan Nata De Coco

Cara Pembuatan Nata De coco. Biasanya pada Saat bulan puasa nata de coco sering di jadikan sebagai tambahan minuman yang menyegarkan yang sering disajikan. Nata de coco dapat di dapatkan di toko atau supermarket. Sudahkan Anda terpikir untuk mencoba membuatnya sendiri? Pengalaman ini akan sangat menarik untuk menjaga keakraban keluarga di bulan Ramadhan. Pada Artikel kali ini kita akan membahas cara membuat Nata de coco

Cara Pembuatan Nata De Coco. Nata de coco adalah makanan yang berbentuk seperti jeli, terbuat dari ari kelapa yang berwarna putih bening dan mempunyai tekstur kenyal. Makanan Nata de coco ini berasal dari Filipina. Nata de coco cocok sekali di campur dengan es teler

Kata Nata de coco yang artinya “krim klapa” berasal dari spanyol. Yang dimaksud krim adalah santan kelapa

cara membuat nata de coco

Pembuatan Nata De coco

Bibit nata akan dikembangkan dalam air kelapa yang sudah diperkaya dengan karbon membentuk serat nata jika ditempatkan, dan nitrogen melalui proses yang terkontrol, dan ada juga bakteri Acetobacter xylinum.

Dalam kondisi ini, bakteri tersebut akan menghasilkan enzim yang dapat menyusun zat gula menjadi ribuan rantai serat atau selulosa. Dari air kelapa tersebut terdapat juatan renik yang tumbuh dan menghasilkan jutaan lembar benang-benang selulosa yang akhirnya nampak padat berwarna putih maupun transparan dan sudah bisa disebut dengan ‘nata’.

Acetobacter Xylinum dapat tumbuh pada pH 3,5 – 7,5, tetapi akan tumbuh optimal bila pH nya 4,3, sedangkan suhu ideal bagi pertumbuhan bakteri Acetobacter Xylinum pada suhu 28°– 31 °C. Bakteri ini sangat memerlukan oksigen.

1. Cara Membuat Nata de coco Kelapa

    Alat-alat:

  • Panci/Langseng dari stenless
  • Pengaduk/sinduk stenless
  • Kompor
  • Timbangan duduk
  • Gelas ukur
  • Baki plastik
  • Koran penutup
  • Karet pengikat
  • Rak untuk Baki Plastik
  • Muk Ukur
  • Kain Kassa/Saringan Halus

   Bahan-bahan:

  • Air Kelapa murni
  • Gula Pasir/putih
  • Za/Urea
  • Cuka Biang
  • Bibit Nata De Coco/Sari Kelapa

    Cara Membuat Nata De coco:

  1. Air kelapa mentah di saring, dan dimasukkan ke dalam dandang/panci ukuran 5 liter/20 liter di masak sampai mendidih 100 derajat celcius, setelah mendidih masukkan gula pasir, untuk dandang/panci 5 liter gula 250 gr, za 0,5 gr, cuka biang 50 cc dan untuk dandang 20 liter x 4 dari dandang/panci 5 liter.
  2. Air kelapa yang sudah mendidih yang dicampur dengan gula, za, cuka biang masukan ke dalam baki plastik kira 1,2 liter dan harus dipastikan bahwa baki plastik dalam kondisi bersih dan steril dari bakteri.
  3. Baki plastik ditutup dengan menggunakan koran dan pastikan koran pun dalam kondisi steril dari bakteri yang akan mengganggu pertumbuhan nata de coco/sari kelapa, koran harus dijemur dipanas matahari.
  4. Baki-baki ditutup rapat dan disusun di atas rak baki secara rapi dan ditiriskan sampai dingin untuk diberi bibit nata de coco
  5. Pembibitan dilakukan pada pagi hari sekitar jam 5.30–6.30, hasil pembibitan ditutup kembali
  6. Baki hasil pembibitan tidak boleh terganggu apapun, tidak digoyang-goyang, bila ingin melihat hasil nata de coco bisa dilihat pada hari ke 3.
  7. Baki hasil pembibitan di biarkan selama satu minggu
  8. Pada hari ke 7 silakan dibuka.

2. Pembuatan Nata De coco Lidah Buaya

Nata De Coco ternyata bisa juga terbuat dari lidah buaya

    Persiapakan dan Bahan:

  • Lidah buaya yang cukup umur dan berukuran besar, 5 buah
  • Gula pasir 300 gr
  • Asam sitrat 1/4 sdt
  • Air 1 liter
  • Garam dapur sedikit saja

    Langkah-langkah Membuat Nata De coco Lidah Buaya:

  1. Kupas kulit lidah buaya, buang bagian hijau dan pisahkan bagian kenyal yang transparan untuk dipakai untuk bahan nata. Cuci bersih sampai bagian lendirnya hilang.
  2. Setelah lendirnya hilang, angkat dan tiriskan. Selanjutnya potong lidah buaya menjadi bentuk dadu kecil-kecil.
  3. Panaskan air sampai mendidih dalam panci ukuran sedang. Setelah mendidih masukan potongan lidah buaya dan masukan sebentar kir – kira 5-10 menit lalu mematikan api. Angkat potongan lidah buaya dan tiriskan dalam wadah lainya.
  4. Buatlah larutan air matang 1 liter dicampur dengan asam sitrat dan sedikit garam. Aduk sampai rata lalu masukkan potongan lidah buaya matang tadi pada larutan tersebut. Diamkan kurang lebih sekitar 6-12 jam,kemudian angkat potongan lidah buaya tersebut.
  5. Terakhir, buatlah rebusan gula dan air sampai mendidih. Dinginkan lidah buaya tersebut. Diamkan selama 1-2 jam agar manisnya meresap. Nata de coco lidah buaya siap di sajikan bersama es.

3. Cara Membuat Nata De coco Nanas

     Bahan-bahan yang di Perlukan:

  • Nanas matang yang sudah dikupas, 3 buah
  • Urea/ZA 0,25 GR
  • Cuka 30 cc
  • Starter/Bibit Nata de coco 100 ml
  • Air 2,5 liter

    Langlah- langkah Membuat Nata de coco Nanas:

  1. Potong kecil – kecil nanas dan blender sampai halus dan menjadi jus. Peras dan saring air sari nanas kedalam panci. Tambahkan air, urea/za dan cuka lalu rebus sampai mendidih
  2. Setelah Mendidih angkat dan tuangkan dalam loyang datar setinggi 1,5-2 cm supaya cepet dingin dan ketebalan nata bisa optimal.
  3. Setelah benar-benar dingin, masukan starter dan aduk sampai rata. Tutup dengan kain bersih atau koran bersih dan rekatkan dengan selotip supaya rapat betul.
  4. simpan dalam suhu ruangan selama 7-1 hari dan jangan dibuka sebelum waktunya. Jika sudah waktunya, angkat dan bilas nata nanas sebanyak tiga kali dan cuka hilang. ingat, setiap hari air rendaman harus diganti.
  5. Terakhir, buatlah larutan kuah dan rebus gula dan air sampai mendidih. Angkat dan dinginkan larutan kuah tersebut, lalu masukan nata nanas ke dalamnya. Diamkan selama 1-2 jam supaya manisnya mersap. Nah, Nata de coco nanas sudah siap di sajikan dengan es batu.

Ada Juga Resep Minuman Menggunakan Nata De coco

cara membuat nata de coco

1. Es Nanas Markisa Nata De Coco

    Bahan-bahan:

  • 200 gram nanas
  • 500 gram es serut
  • 3 kaleng soda tawar
  • 200 ml jus nanas
  • 150 gram natadecoco
  • 200 ml sirop markisa
  • 1 sendok makan selasih, direndam, ditiriskan

    Cara Membuat Es Nanas Nata de Coco:

  1.  Blender nanas, jus nanas, sirup markisa, dan es serut sampai lembut.
  2.  Sajikan bersama soda tawar, nata decoco, dan selasih.

cara membuat nata de coco

Manfaat Nata de Coco Untuk Kesehatan

Ternyata di balik kenikmatanya, nata de coco memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan. Mau tau apa aja manfaatnya? yuk simak aktikel berikut

1. Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, nata de coco aman dikonsumsi. Karena, di dalamnya mengandung kolesterol rendah. Meskipun nata de coco aman dikonsumsi, penderita diabetes harus tetap memperhatikan untuk takaran konsumsi nata de coco. Terlalu banyak juga tidak baik.Bagi penderita diabetes setengah porsi nata de coco dalam sehari dianggap sudah mencukupi kebutuhan gula. Dengan catatan, jika ingin mengonsumsi nata de coco lebih baik tidak menggunakan sirup gula ya. Pilih juga nata de coco yang telah mendapat izin dari BPOM.

2. Melancarkan Pencernaan

Nata de coco mengandung serat tinggi. Sehingga, dapat menjadi pilihan untuk memenuhi serat tubuh serta melancarkan sistem pencernaan dan buang air besar.

3. Untuk Diet dan Turunkan Berat Badan

Karena tidak memiliki kalori tinggi, manfaat nata de coco sangat baik bagi mereka yang sedang menjalani program diet atau penurunan berat badan. Jadi, kamu nggak perlu takut gemuk hanya gara-gara makan nata de coco. Asalkan, takaran konsumsinya tidak berlebihan.

4. Mencegah Dehidrasi

Banyak orang mengonsumsi nata de coco sebagai minuman pelepas dahaga. Terutama di bulan puasa, sering dijadikan hidangan berbuka. Sekarang pun sudah ada produk minuman yang mengandung nata de coco. Nata de coco juga bisa dikonsumsi setelah berolahraga saat tubuh banyak mengeluarkan energi dan keringat. Nata de coco banyak mengandung air didalamnya jadi bisa membantu untuk mengembalikan kadar air pada tubuh. Sehingga, tubuh tidak terkena dehidrasi.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Nata de coco Ternyata mempunya banyak kandungan vitamin B1, B2, dan C, serta nutrisi seperti riboflavin,niasin, thiamin, piridoksin, dan asam folat. Berbagai banyak kandungan vitamin dan nutrisi itulah yang dapat meningkakan sistem daya tahan tubuh. Selain itu, tingginya kandungan air dalam nata de

Efek Negatif Nata de Coco

Selain beragam manfaatnya, Nata de coco ternyata juga bias memberikan efek negatif bagi pengonsumsi apabila dicampur dengan sirup gula atau pemanis secara berlebih. Salah satunya adalah meningkatkan risiko diabetes. Merendam nata de coco lebih dahulu sebelum dikonsumsi dapat mengurangi kandungan gula di dalamnya.

Nah, setelah mengenal nata de coco, bagaimana pendapat Anda? Amankah atau beresiko?

Kita berharap agar para produsen nata de coco mau memperhatikan aspek halal selama proses pengolahannya. Dan tentunya akan lebih baik lagi bila produknya disertifikasi halal. Semoga Artikel pada kali ini bermanfaat bagi anda semua.