Cara Pengolahan Sabut kelapa Modern

Sabut kelapa terdiri dari serat dan gabus. Gabus merupakan bagian yang menghubungkan untaian-untaian serat yang satu dengan yang lain. Pada pengolahan sabut kelapa, gabus tersebut dibuang sehingga dihasilkan serat yang bersih, licin dan mengkilat.

Serat sabut kelapa dapat diolah secara tradisional dan moderen. Pengolahan secara tradisional tidak menggunakan mesin untuk pemisahan sabut dari serat. Sedangkan pada pengolahan moderen, mesin digunakan sehingga kecepatan dan efisiensi hasil lebih tinggi.

pengolahan sabut kelapa

Bahan :

Sabut Kelapa

Peralatan :

Proses Pengolahan Sabut Kelapa

  1. Pemotongan sabut
    Sabut dibelah membujur dengan lebar 2-3 cm, kemudian ujungnya dipotong dan dibuang.
  2. Perendaman
    Sabut direndam di dalam bak. Agar semua sabut terendam, bagian atas sabut diberi pemberat. Perendaman berlangsung selama 3-4 hari. Setelah itu, sabut ditiriskan selama 4-5 jam sampai sabut tidak terlalu basah lagi
  3. Pemisahan serat dan gabus (cocopeat)
    Serat dimasukkan ke dalam selinder mesin pemisah serat dan gabus/mesin penyaring. Setelah itu mesin dijalankan dengan kecepatan penuh sampai terjadi pemisahan serat dan gabus.
  4. 4) Pemisahan serat kasar dan halus
    Serat yang dihasilkandari proses sebelumnya terdiri dari serat kasar dan halus. Serat ini dipisahkan dengan menggunakan mesin pemisah serat halus dan kasar. Bahan simasukkan ke dalam selinder pemisah, kemudian mesin dijalankan sampai terjadi pemisahan serat kasar dan halus.
  5. Penjemuran
    Sebelum dikemas, serat dijemur sebentar sampai kering.
  6. Pengemasan
    Serat yang sudah kering dikemas dengan karung plastik atau goni. Untuk menghemat ruang dalam penyimpanan atau pengangkutan, sebelum dikemas, serat dapat dipres dengan mesin pres, kemudian baru dikemas.

Pengerajin pengolahan sabut kelapa telah memanfaatkan serat sabut kelapa untuk diolah menjadi barang – barang yang berguna, misalnya sapu dan keset. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi serta dengan pengolahan sabut kelapa yang inovatif, sabut kelapa dapat menjadi produk kerajinan yang benilai jual tinggi.

Contohnya pemanfaatan sabut kelapa sebagai pengisi jok mobil sabut kelapa, kasur sabut kelapa, sofa sabut kelapa, pot sabut kelapa, dan aneka kerajinan sabutret yang lainnya.

Banyak peluang bisnis yang bisa kita ciptakan dari pohon kelapa, contohnya sabut kelapa. Mungkin masih banyak yang belum kita gali tentang peluang bisnis sabut kelapa. Semoga artikel ini bisa membantu dalam memulai bisnis sabut kelapa Anda. Terimakasih.