CARA PENGOLAHAN TEPUNG AMPAS KELAPA MENJADI BISKUIT

/, Tepung Kelapa/CARA PENGOLAHAN TEPUNG AMPAS KELAPA MENJADI BISKUIT

CARA PENGOLAHAN TEPUNG AMPAS KELAPA MENJADI BISKUIT

Buah kelapa merupakan buah yang biasa diolah menjadi minyak kelapa, dengan cara pengolahan basah dan diperoleh hasil samping berupa ampas kelapa. Ampas kelapa memiliki kandungan serat yang tinggi serta dapat diolah menjadi tepung ampas kelapa dengan pengolahan ampas kelapa lebih lanjut. Hasil pengolahan ampas kelapa menjadi tepung dapat diaplikasikan ke proses pembuatan produk yang bertahan tinggi.

Tepung ampas kelapa atau biasa disebut coco nucifera, tepung ampas kelapa ini bisa dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat aneka biskuit yang enak, dan tentu juga sangat cocok dijadikan sebagai ladang bisnis yang menguntungkan. Di Indonesia sendiri, tepung ampas kelapa cukup sulit untuk ditemukan, dan kalaupun ada kemungkinan besar harganya juga tidak murah. Dari pada kita kesulitan menemukan tepung ampas kelapa, lebih baik kita mencoba membuat tepung ampas kelapa sendiri dengan mudah.

Ingin tahu bagaimana cara mengolah tepung ampas kelapa sendiri dengan mudah?

Berikut ini akan kami paparkan proses pengolahan tepung ampas kelapa menggunakan metode yang sangat sederhana sehingga mudah diaplikasikan.

tepung-kelapa

Cara Membuat Tepung Ampas Kelapa

Tahap awal:

  • Amplas kelapa dijemur/dioven hingga kering
  • Kemudian diblender
  • Selanjutnya diayak sehingga menghasilkan tepung ampas kelapa.

Tahap Ke Dua :

Pemanfaatan tepung ampas kelapa menjadi biskuit juga menggunakan metode yang sederhana,

  • Telur, margarin, dan gula halus dimixer
  • Kemudian ditambahkan tepung komposit (tepung ampas kelapa dicampur dengan terigu) dan susu bubuk
  • Selanjutnya diuleni sampai kalis.

Tahap ke Tiga :

Setelah itu adonan dibuat lembaran tipis, dicetak sesuai keinginan kemudian dipanggang dalam oven hingga matang (suhu 150 C selama 30 menit).

Pembuatan tepung ampas kelapa dan biskuit ini dapat menggugah dan mendorong masyarakat untuk lebih menambah dan meningkatkan produk olahan dari kelapa serta mendorong masyarakat di bidang agribisnis. Sumber :I W. R. Widarta dkk | unud.ac.id

biskuit-tepung-kelapa

Adapun hasil olahan dari tepung ampas kelapa yang cocok untuk dijadikan bisnis, yaitu enting – enting dari ampas kelapa. Untuk menghilangkan rasa penasaran Anda, Anda bisa membaca juga selengkapnya cara membuat enting – enting dari ampas kelapa sendiri dengan mudah.

Jika Anda berencana menjalankan bisnis tepung ampas kelapa, berikut ini kami akan memberikan tips untuk Anda dalam menjalankan bisnis tepung ampas kelapa.

Diharapkan tips ini dapat membuat bisnis yang Anda jalankan dapat berjalan dengan lancar sampai masa depan dan dapat mendatangkan keuntungan bagi Anda.

Tips Membuka Usaha Biskuit Tepung Ampas Kelapa Rumahan

1.Set up tempat kerja yang terpisah

Tidak masalah apakah sebuah ruangan kecil, bagian dari dalam garasi, atau bahkan sudut ruang tamu, untuk membuka usaha rumahan.  Yang terpenting adalah memiliki ruangan yang berfungsi sebagai area kerja. Ini akan memberikan ruang dan tempat yang diperlukan untuk mengukit impian Anda dalam mendirikan bisnis tepung ampas kelapa Anda.

2.Sediakan material yang dibutuhkan

Ini adalah hal yang mendasar, tapi satu elemen penting keberhasilan adalah Anda memiliki kemudahan akses alat, material dan sumber lain yang dibutuhkan. Mengumpulkan segala sesuatunya yang dekan dengan anda akan menghindarkan anda membuang – buang waktu waktu untuk mencarinya, jadi anggap langkah ini sebagai strategi manajemen waktu.

3.Menentukan parameter bisnis

Hari dan jam berpa anda bekerja ? Kapan Anda memasarkannya ? Kapan memberikan jasa atau produk pada klien ? Bagaimana Anda melakukan bisnis tepung ampas kelapa dengan disiplin ?

4.Menyeimbangkan tindakan dengan perencanaan

Salah satu perangkap keberhasilan pengusaha yang sering terjadi adalah terjebak dalam tindakan tanpa perencanaan yang memadai. Degan kata lain, berarti Anda dibingungkan antara “kesibukan” dengan “mengerjakan proyek penting”. Pendekatan terbaik adalah merencanakan beberapa tujuan Anda kemudian mundur kebelakang untuk menciptakan rencana tindakan tahap demi tahap untuk mencapainya. Ketika Anda memiliki rencana, maka inilah saatnya untuk bertindak.

Itulah tips membuka usaha tepung ampas kelapa rumahan, menjalankan sebuah usaha dengan penuh keyakinan dan semangat dapat mendatangkan keuntungan lebih bagi pengusaha. Tentu juga selain dengan kayakinan berwirausaha, pengusaha biskuit tepung ampas kelapa juga harus dibekali dengan pemasaran biskuit tepung ampas kelapa.

Ingin tahu, bagaimana cara pemasaran biskuit tepung kelapa yang benar ? Berikut ini akan kami jelaskan tips pemasaran pemasaran biskuit tepung kelapa yang benar agar dapat menunjang kemajuan usaha biskuit tepung ampas kelapa.

Berikut ini adalah hal – hal yang harus diperhatikan untuk pemasaran biskuit tepung ampas kelapa

  1. Tempat yang strategis
  2. Produk yang bermutu
  3. Harga biskuit yang kompetitif
  4. Promosi yang gencar

Sekarang ini strategi pemasaran sedang gencar dilakukan oleh banyak orang, yaitu berpromosi melalui media sosial. Berikut ini beberapa alasan mengapa promosi melalui media sosial untuk penjualan biskuit tepung kelapa juga dilakukan secara online maupun offline  :

  1. Tidak semua calon konsumen potensial memiliki waktu luang untuk mencari akun jejaring sosial maupun website Anda, bahkan tidak mau susah – susah mencari. Ketika website Anda di ingat pertama kali, maka mereka akan mencari segala cara untuk dapat mengakses website Anda, jika Anda beruntung terjadilah transaksi.
  2. Tidak semua orang biasa menggunakan internet, sekalipun mereka mengerti cara memanfaat search engine memenuhi kebutuhan mereka, bahkan mungkin bertanya dengan orang lain yang berada disekitarnya.
  3. Kini menaikkan ranking di search engine sudah ketat persaingannya.
  4. Hukum probabilitas untuk pemasaran berlaku.
  5. Dimana ada kesempatan bertemu dengan kesiapan, disitulah keberuntungan berada.

 

By | 2017-02-07T06:43:36+00:00 June 15th, 2014|Kopra, Tepung Kelapa|Comments Off on CARA PENGOLAHAN TEPUNG AMPAS KELAPA MENJADI BISKUIT

About the Author: