Diet air kelapa hanya satu diantara banyaknya jenis diet yang ada. Pilihan diet lain bervariasi yakni diet nasi putih, diet ketofastosis yaitu diet yang menghindari makanan berkabohidrat, berprotein tinggi serta tinggi lemak.  Selain itu ada juga diet rendah lemak, diet paleo, diet OCD dan lain sebagainya.

Opsi diet yang begitu banyak menjadikan diet air kelapa salah satu pilihan yang biasanya dipilih oleh orang-orang pada umumnya. Murah dan mudahnya bahan yang digunakan serta sisi positif lainya diet air kelapa juga tidak menuntut orang untuk melakukan hal-hal diluar kemampuan.

 

Pilihan Diet Air Kelapa

Satu pilihan diet terbaik karena beberapa manfaat yang akan di dapatkan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait diet air kelapa ini, diantaranya:

Mineral dan vitamin dalam air kelapa memang baik untuk dikonsumsi ketika badan terasa Lelah dan butuh asupan mineral serta vitamin.

Akan tetapi meminum air kelapa sepenuhnya tidak memenuhi asupan yang dibutuhkan tubuh. Ketika beraktivitas seharian dan mengeluarkan banyak keringat.

Kadar sodium dalam kandungan air kelapa tidak mencukupi untuk dapat menggantikan kekurangan sodium dalam tubuh kita. Mengkonsumsi air mineral tetap wajib dilakukan.

Air kelapa merupakan minuman yang rendah lemak. Hal tersebut dapat menjadikan air kelapa sebagai penururun badan secara alami atau pun obat diet alami.

Akan tetapi ketika mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan juga tidak baik karena dapat memungkinan terjadinya diare.

Bagi sebagian orang yang sedang mengalami sembelit, air kelapa memiliki manfaat yang sangat besar karena dapat membantu melancarkan pencernaan yang sedang mengalami gangguan.

 

Memilih Kelapa Untuk Diet Air Kelapa:

  1. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kelapa yang bagus adalah yang berwarna hijau muda. Jangan pilih kelapa yang warna kulitnya terlalu coklat karena kelapa tersebut sudah tua. Kemudian lihat juga bagian serat kelapanya, kelapa muda yang memiliki serat kulit berwarna coklat menandakan bahwa kelapa tersebut sudah matang secara sempurna di pohon. Jadi, ketika buah kelapa berwarna hijau serta memilik serat berwarna coklat sangat bagus untuk di konsumsi.
  2. Kemudian lihat ujung batok kelapa yang bisa dijadikan patokan serta menandakan kelapa tersebut masih muda atau tua. Pembedanya adalah jika kelapa muda akan memiliki lingkaran yang tidak terlalu besar, sedangkan kelapa yang tua adalah kebalikannya.
  3. Selanjutnya cek kadar air yang terdapat dalam kelapa. Kelapa muda akan memiliki banyak kandungan air, sedangkan kelapa tua akan memiliki kandungan air yang lebih sedikit. Untuk mengetahuinya dapat dengan cara digoyang-goyangkan kelapa tersebut.
  4. Terakhir tepuk-tepuk batok kelapa. Jika terasa getaran di dalam kelapa, maka kelapa tersebut memiliki daging yang tipis serta akan mudah di sendok. Akan tetapi, ketika batok kelapa ditepuk lalu getaran di dalam kelapa tidak terlalu kerasa, maka daging di dalam kelapa sudah agak tebal dan akan lebih sulit untuk di sendok.

 

Baca: Olahan Kelapa Muda Ekonomis Hingga Manis!

 

Manfaat Meminum Air Kelapa Pagi Hari:

Meminum air kelapa akan lebih banyak manfaatnya ketika di minum pada pagi hari. Kandungan potasium yang terkandung di dalam air kelapa dapat memberikan efek positif kepada tubuh.

Diantaranya dapat meredakan gejala yang disebabkan karena kebiasaan begadang atau pun mengkonsumsi minuman beralkohol. Kandungan potasium yang terdapat di dalam segelas air kelapa muda dapat mencapai angka 600 mg. Selain itu terdapat menfaat lain, diantaranya:

 

Meredakan Sakit Kepala

Jika anda mengkonsumsi alkohol berlebih sebelum tidur sebaiknya jangan langsung untuk terburu-buru untuk meminum obat.

Sakit kepala seperti itu biasanya bisa disebabkan karena kekurangan cairan yang menyebabkan dehidrasi, bukan disebabkan karena penyakit tertentu. Elektrolit yang terkandung di dalam kelapa muda akan sangat berguna untuk mengatasi dehidrasi.

Manfaat lain nya, magnesium yang terdapat di dalam air kelapa juga dapat meredakan migrain. Kandungan asam yang rendah tidak mengakibatkan asam lambung naik ketika di minum pagi hari sebelum sarapan .

 

Menjaga Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh kita dari sakit harus selalu dilakukan oleh siapa pun. Tetapi jika tubuh kita memiliki sistem imun yang lemah serta sering sakit-sakitan, hal tersebut menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh kurang terjaga dengan baik.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yakni dengan memulai untuk mengkonsumsi air kelapa muda ketika pagi hari.

 

Kandungan Oksidan Tinggi

Air kelapa muda mengandung riboflavin, niasin, thiamin, piridoksin, dan folat. Kandungan itu sangat berguna sebagai antioksidan alami yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Selain itu air kelapa juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan, selain dengan melakukan olahraga secara rutin, untuk dapat mengimbangi diet secara sehat serta alami, dapat  dengan meminum air kelapa muda di pagi hari setelah bangun tidur.

 

Memberi Rasa Kenyang

Meminum air kelapa muda sebelum sarapan dapat memberikan rasa kenyang sehingga tidak perlu makan dengan porsi yang besar. Kandungan dari setiap 30 mg air kelapa muda hanya mengandung 5,45 kalori serta 1,3 gram gula yang tidak akan menaikan berat badan.

Selain itu, air kelapa juga berguna sebagai anti-aging alami bagi setiap orang-orang yang mendambakan kulit yang awet muda. Air kelapa juga mengandung sitokinin, hormon pertumbuhan yang dapat berfungsi sebagai pengatur perkembangan serta penuaan sel.

Selain itu sitokinin juga berfungsi untuk menyeimbangkan kadar pH tubuh serta dapat mengurangi sejumlah risiko penyakit yang disebabkan karena faktor usia.

Menyehatkan Pencernaan

Air kelapa dapat menyehatkan sistem pencernaan sebagai obat alami yang mujarab untuk mengatasi berbagai macam masalah pada pencernaan.

Ketika sedang mengalami masalah diare, cobalah untuk meminum air kelapa muda minimal satu gelas. Tidak hanya berguna untuk mengatasi masalah diare saja, air kelapa muda  berguna serta sangat direkomendasikan untuk mengatasi konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, serta gangguan ginjal.

 

diet air kelapa

 

Kandungan Yang Terdapat Pada Air Kelapa:

Kandungan asam amino di dalam air kelapa lebih tinggi daripada kandungan asam amino dalam susu sapi. Akan tetapi bukan berarti kita dapat langsung berhenti minum susu dan menggantinya dengan air kelapa.

Di dalam susu sapi terkandung vitamin dan mineral yang lebih lengkap daripada yang tersedia di dalam air kelapa.

Jadi jika anda bermaksud untuk mengganti susu dengan air kelapa, dampaknya anda akan mengalami gangguan diantaranya kekurangan nutrisi serta hal yang paling ekstrim dapat mengganggu kinerja organ tubuh.

Air kelapa memang memiliki manfaat yakni tersedianya kandungan sejumlah zat mineral yang bermanfaat guna untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Akan tetapi ketika mengkonsumsi air kelapa juga tidak sepenuhnya akan menjamin meningkatkan kuatnya sistem imun tubuh untuk melawan berbagai serangan penyakit yang disebabkan beberapa jenis bakteri serta virus.

Dalam sistem kekebalan tubuh manusia sangatlah kompleks, maka dari itu tubuh manusia membutuhkan nutrisi yang harus tercukupi untuk dapat membangun serta memperkuat sistem imun tubuh secara maksimal.

Hal yang harus di ketahui serta sebisa mungkin untuk dihindari yakni jangan meminum air kelapa ketika sedang berada dalam perjalanan menuju ke suatu tempat.

Hal tersebut akan mengakibatkan efek samping, diantaranya akan menyebabkan efek samping yang dapat menimbulkan kejang otot serta dapat menyebabkan rasa lelah akibat tingginya kadar kalsium yang terkandung di dalam kandungan air kelapa.

Air kelapa bermanfaat bagi orang-orang yang sedang menderita penyakit batu ginjal, akan tetapi akan sangat berbahaya bagi orang-orang yang memiliki fungsi ginjal yang tidak bekerja secara maksimal atau yang sudah mengalami penurunan.

Maka dari itu harus dilakukan pengecekan serta pemeriksaan secara menyeluruh terhadap penderita batu ginjal tersebut. Kalium serta zat elektrolit lain yang terkangung di dalam air kelapa dapat menyebabkan efek yakni hiperkalemi.

Efek samping air kelapa terhadap orang yang menderita penderita fungsi ginjal yang turun akan dapat membahayakan jantung orang tersebut.