Kelapa Muda untuk Ibu Hamil Memiliki Banyak Manfaat

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai beberapa manfaat kelapa muda untuk ibu hamil,

Kelapa muda merupakan kelapa yang memiliki daging masih berlendir atau lebih sering dikenal dengan sebutan kelapa degan. Daging dari kelapa muda ini memiliki warna yang putih cenderung bening dan bertekstur lebih lunak dari kelapa lainnya.

Selain menyegarkan kelapa muda juga memiliki segudang manfaat, terutama bagi ibu hamil tidak hanya untuk menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan selama kehamilan, tetapi juga ada beberapa manfaat lain yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Berikut akan dibahas beberapa manfaat kelapa muda untuk ibu hamil :

1.  Manfaat Minum Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

kelapa muda untuk ibu hamil

Ibu hamil sebaiknya  mengonsumsi satu sampai dua gelas air kelapa muda setiap harinya. akan tetapi, jangan air kelapa instan yang terdapat dalam kalengan atau kemasan . Sebaiknya minumlah air kelapa murni dari buah kelapa muda yang masih segar, karena air kelapa muda (dugan) masih banyak  dan mudah di dapatkan di pasar-pasar atau toko buah. Air kelapa kemasan tidak dianjurkan karena kandungan bahan pengawet dan bahan kimia lainnya yang mungkin saja berbahaya bagi kehamilan.

1. Kelapa Muda Menghentikan Mulas pada Ibu Hamil

Mulas sangat sering dialami selama masa kehamilan karena perubahan hormonal dan tekanan pada perut akibat pertumbuhan rahim. Perlu di ingat, obat sakit maag sebaiknya tidak di konsumsi selama kehamilan, karena dapat mempengaruhi perkembangan bayi dalam janin. Jadi, untuk agar bisa melawan masalah mulas yang terjadi dapat di atasai  dengan air kelapa muda. Minum air kelapa muda juga menurunkan kadar asam di perut, yang pada akhirnya mencegah gangguan pencernaan dan mulas.

2. Kelapa Muda Mencegah Sembelit pada Ibu Hamil

Sembelit merupakan masalah yang sering terjadi saat kehamilan. Hal ini dapat terjadi karena peningkatan hormon progesteron dalam tubuh dan sebagai akibat dari penggunaan suplemen zat besi.Kandungan serat dalam air kelapa membuatnya bermanfaat untuk mengobati sembelit selama kehamilan. Serat melicinkan tinja dan membuat saluran pencernaan tetap bersih dan berfungsi dengan baik. Selain itu, air kelapa muda juga berfungsi sebagai pencahar alami tapi ringan yang bisa membantu menjaga kerja usus tetap teratur .

2. Kelapa Muda Menjaga Stamina Tetap Energik pada Ibu Hamil

Agar  tetap energik selaman masa kehamilan, sebaiknya konsumsi air kelapa muda. Minuman ringan dan  menyegarkan ini adalah minuman isotonik alami dengan kandungan elektrolit melimpah yang membantu menjaga tingkat energi tetap tinggi. Air kelapa muda juga membantu memulihkan energi dengan meningkatkan metabolisme tubuh dan merangsang fungsi tiroid.

Jumlah gula, protein, dan sodiumnya yang moderat juga membantu menjaga tingkat cairan tubuh, yang penting untuk mengatasi kelesuan dan kelelahan. Minum air kelapa muda sangat cocok untuk ibu hamil yang sering merasa lesu saat menjalankan aktifitas hariannya.

3. Kelapa Muda Mencegah Dehidrasi pada Ibu Hamil

Karena morning sickness dan muntah-muntah, ibu hamil berisiko mengalami dehidrasi. Bunda bisa mencegah dehidrasi tersebut dengan minum air kelapa muda, yang berfungsi sebagai bentuk rehidrasi oral. Selain itu, air kelapa memiliki asam amino sehat dan enzim lainnya yang membantu melawan dehidrasi dan kelelahan.

Pada saat bersamaan, air kelapa membantu meringankan mual dan muntah, salah satu penyebab utama di balik dehidrasi. Selain mengurangi energi ibu hamil, dehidrasi mengurangi elastisitas kulit, yang dapat menyebabkan stretchmark lebih menonjol yang terjadi karena kehamilan.

4. Kelapa Muda Menyediakan Magnesium dan Kalsium pada Ibu Hamil

Kalsium dan magnesium adalah dua nutrisi penting lainnya yang bisa didapatkan dari minum air kelapa muda. Dua nutrisi ini akan bekerja sama untuk memastikan kehamilan tetap sehat. Sementara magnesium bekerja melemaskan otot, kalsium merangsang otot untuk berkontraksi. Ini berarti, ketika ibu hamil mendapatkan cukup magnesium dan kalsium selama kehamilan, kedua nutrisi ini dapat membantu mencegah rahim berkontraksi sebelum waktunya.

Kalsium dan magnesium juga membantu produksi energi dan mendukung berbagai fungsi organ. Pada saat yang sama, magnesium membantu pembentukan gigi dan tulang yang kuat pada bayi dalam kandungan.

5. Kelapa Muda Menyediakan Potasium pada Ibu Hamil

Salah satu nutrisi utama dalam air kelapa adalah potasium, yang membantu menjaga keseimbangan elektrolisis dalam tubuh dan memastikan pertumbuhan janin optimal. Ini juga bisa membantu mencegah kram kaki dan edema selama kehamilan.

Selain itu, kalium dalam potasium memainkan peran penting dalam pelepasan energi dari nutrisi penting seperti lemak, protein dan karbohidrat. Seiring dengan sodium, potasium juga membantu dalam mengatur tingkat tekanan darah tetap sehat. Potasium yang tidak adekuat selama kehamilan dapat menyebabkan efek samping dan komplikasi.

Karena air kelapa memiliki jumlah potasium yang baik, minum segelas setiap hari akan membantu memastikan bahwa Anda tidak kekurangan jumlah nutrisi harian yang direkomendasikan.

6. Kelapa Muda Mengontrol Tekanan Darah pada Ibu Hamil

Manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil lainnya adalah dapat mengontrol tekanan darah. Mengonsumsi air kelapa secara teratur dapat membantu mengendalikan tekanan darah ibu hamil. Hal ini terutama disebabkan oleh potasium dan magnesium yang terkandung di dalam ari kelapa muda.

Kalium mengikat garam dan membantu mengeluarkannya dari tubuh. Tingkat natrium yang lebih rendah dalam darah berarti menurunkan tekanan darah. Selain itu, natrium membantu mencegah defisiensi magnesium dalam tubuh, yang terkait dengan tekanan darah tinggi. Telah ditemukan bahwa wanita dengan hipertensi gestasional memiliki kadar magnesium rata-rata yang sangat rendah.

7. Kelapa Muda Mencegah Infeksi Saluran Kemih pada Ibu Hamil

Air kelapa adalah diuretik alami, sehingga dengan minum air kelapa maka ibu hamil akan sering buang air kecil. Manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil yang satu ini sangat penting, karena membantu mencegah infeksi seperti infeksi saluran kemih (ISK). Dimana ibu hamil memiliki risiko tinggi terhadap infeksi tersebut karena membesarnya rahim yang berada tepat di atas kandung kemih.

Minum air kelapa setiap hari adalah cara paling mudah untuk mencegah gangguan ini. Minum air kelapa juga mengurangi peluang ibu hamil menghadapi persalinan prematur.

Selain itu, minum air kelapa juga membantu menjaga kesehatan ginjal, mengurangi risiko batu ginjal dan infeksi pada ginjal. Namun, ingatlah bahwa meminum air kelapa dapat meningkatkan intensitas buang air kecil Bunda sehingga akan sering keluar masuk toilet.

8. Kelapa Muda Membantu Meningkatkan Sistem Imun pada Ibu Hamil

Air kelapa muda mengandung antioksidan, serta vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan sistem imun sehingga melindungi ibu hamil dan janin dari berbagai macam penyakit. Kandungan tinggi asam laurat yang terdapat pada air kelapa muda dapat menghasilkan monolaurin yang merupakan antibakteri dan antivirus  dalam tubuh.

Kandungan asam laurat ini juga membantu meningkatkan sistem imun dan membantu tubuh melawan berbagai penyakit. Kandungan asam laurat juga ditemukan di minyak kelapa.

2. Manfaat Mengonsumsi Daging Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

kelapa muda untuk ibu hamil

Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi daging buah kelapa muda, karena makanan ini menawarkan banyak sekali  manfaat.

1. Kelapa Muda dapat Meningkatkan Produksi ASI

Dengan Mengkonsumsi daging kelapa muda secara teratur selama masa  kehamilan berguna untuk meningkatkan pasokan ASI setelah Bunda melahirkan. Bayi akan mendapatkan ASI dengan kualitas yang baik serta bergizi.

Selain mengonsumsi daging baiknya juga mengkonsumsi minyak kelapa karena minyak kelapa dapat membantu produksi ASI, karena mengandung asam laurat dan kaprat. Jenis asam tersebut memiliki efek antivirus, antibakteri, dan parasit yang dapat melindungi bayi dari penyakit.

2. Kelapa Muda Bermanfaat Meningkatkan Sirkulasi Darah

Selama masa kehamilan Ibu hamil  akan mengalami peningkatan volume darah sebanyak dua kali lipat, yang mana ini menyebabkan bengkak pada kaki. Apabila Bunda mengalami sirkulasi darah yang buruk, maka kondisi tersebut akan semakin parah.

Dengan rutin mengkonsumsi daging kelapa, bisa dengan di parut menggunakan mesin parut kelapa dan bisa juga dengan agar-agar santan buat santan nya menggunakan mesin pemeras santan maka dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah pada ibu hamil. Sehingga bisa mencegah pembengkakan dan rasa sakit di kaki.

3. Kelapa Muda Membantu Pencernaan

Mengkonsumsi  daging dan air kelapa dengan rutin dapat mencegah sembelit, karena daging kelapa yang empuk bertindak sebagai pencahar yang sangat baik.

4. Kelapa Muda Kualitas Tidur Lebih Baik

Dengan Mengkonsumsi daging kelapa yang mengandung gheedapat  dan kombinasi biji poppy meningkatkan siklus tidur ibu hamil. Jika ibu hamil sering merasa sulit tidur, bisa mengkonsumsi  daging kelapa untuk mentasi masalah tidurnya.

5. Kelapa Muda Meningkatkan Metabolisme

Jika Ibu hamil mengkonsumsi daging kelapa  maka dapat meningkatkan aktivitas metabolisme. Terutama jika dicampur dengan rempah-rempah alami.

Itulah beberapa manfaat air dan daging kelapa muda untuk  bagi ibu hamil, dan untuk mendapatkan kelapa muda juga cukup mudah karena banyak di jual di pasar-pasar tradisional maupun di penjual buah di pinggir jalan, apalagi di area pantai, Nah jika bunda merasa kesulitan untuk mengolah kelapa muda tidak perlu membeli yang bentuk kaleng karena  untuk mengolahnya dapat mengggunakan mesin parut kelapa ,semoga bermanfaat dan silahkan di coba.