Kerajinan Batok Kelapa yang Memiliki nilai Seni dan Materi Tinggi

Kerajinan batok kelapa merupakan hasil karya yang dapat dimanfaatkan kembali dan berbahan dasar dari batok kelapa yang nanti hasilnya dapat dijadikan bermacam-macam karya yang menarik.

Untuk membuat berbagai hasil kerajinan tangan batok kelapa terbaik membutuhkan kreativitas masing-masing,apalagi bagi sebagaian orang yang tidak mempunyai referensi yang dapat dijadikan sumber rujukan sebagai contoh akan menganggap sulit membuat kerajinan dari batok kelapa

Anda sebetulnya bisa mulai belajar kepada ahlinya akan tetapi tidak semua orang mempunyai waktu dalam pengajarannya, yang menjadikan anda harus mandiri atau juga bisa mencari sumber cara pembuatan kerajinan dari batok kelapa

Banyak yang beranggapan bahwa batok kelapa tidak bisa dimanfaatkan kembali yang menjadikan tumpukan ditempat sampah,padahal itu dapat kita manfaatkan sebagai pundi pundi pencetak uang dengan membuat berbagai macam kerjainan , misalnya saja seperti souvenir, gelang, gantungan untuk kunci yang dalam pemasarannya bisa di dalam negeri atau bahkan  bisa sampai penjuru dunia.

 

Batok Kelapa

Batok kelapa bisa didapatkan di pasar tradisional dengan harga yang murah meriah, bahkan bisa juga gratis. Para penjual kelapa di pasar biasanya mengumpulkan batok kelapa untuk dimanfaatkan menjadi arang batok kelapa.

Ada juga yang menjual dengan jumlah kiloan atau per karung. Pastinya harganya juga jauh lebih murah jika membeli dalam jumlah yang banyak. Jadi bahan baku untuk diperlukan untuk membuat kerajinan batok kelapa sudah jelas cara mendapatkannya. Selanjutnya tinggal kita mempraktikkan membuat bermacam-macam jenis kerajinan batok kelapa.

 

Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa

Kerajinan dari Kelapa

Di awal tadi kan sudah diberitahukan bahwa batok kelapa memiliki banyak manfaat dan dapat di buat apa saja yang dapat kita jual kembali dengan harga yang bernilai tinggi, jadi kita juga ada baiknya mengetahui atau sekedar tahu dari proses pembuatannya sampai dapat konsumen bisa tertarik dengan produk yang akan anda tawarkan.

1. Membuat Kerajinan Motor Vespa Berbahan Dasar Batok Kelapa

Mungkin tidak terbayang dengan anda bahwa batok kelapa yang selama ini banyak anda buang di tempat sampah dapat dijadikan hasil karya sangat menakjubkan salah satunya miniatur motor yang sangat keren salah satunya adalah vespa.

Cara pembuatannya ialah dengan membuat pola pada batok kelapa itu lalu potong menggunakan gergaji selanjutnya gabungkan dengan lem sampai berbentuk miniatur vespa yang unik, terakhir anda bisa mengecatnya atau membiarkannya dengan warna yang alami.

 

2. Membuat Kerajinan Asbak dari Batok Kelapa

Asbak dibutuhkan bagi anda yang merokok untuk membuang abu ataupun puntung gabus dari rokok itu.Yang sering kita lihat ialah asbak yang terbuat dari marmer atau hal yang sudah tidak asing lagi jika kita temui. Jika anda membuat asbak dari bahan batok kelapa akan menambah keunikan tersendiri bila diletakan dalam sudut ruangan.

Apabila anda berjiwa wirausahawan yang kreatif anda dapat menjual asbak di sekeliling rumah, sebelum menjualnya anda bisa membuatnya sendiri atau minta bantuan teman untuk proses pemmbuatannya lalu anda sebagai penjualnnya.

Alat dan bahan untuk Membuat Asbak:

  • 1 buah batok kelapa.
  • Gergaji yang nanti akan digunakan untuk proses pemotongan.
  • Lem kayu untuk menggabungkan berbagai bagian yang telah kita potong-potong tadi.
  • Amplas untuk menghaluskan sisi sisi dari karya asbak.

Cara Membuat Asbak Batok Kelapa:

  1. Siapkan batok kelapa dianjurkan yang sudah tua lalu amplas bagian permukaan nya
  2. Potong batok kelapa dengan ukuran 1/3 dari batok yang utuh.
  3. Setelah itu buat semacam mangkok kecil yang nanti dilekatkan pada bagian bawah asbak, ingat mangkok kecil itu tadi juga terbuat dari bahan batok kelapa nya.
  4.  Proses terakhir tambahkan ornamen pendukungnya seperti halnya ekor maupun kepala dan haluskan kembali menggunakan amplas untuk hasil yang terbaik.

 

3. Membuat Kerajinan Tas dari Kerajinan Batok Kelapa

Memakai tas yang beda dari bahan lainnya membuat kesan yang unik tersendri, jangan terpaku memakai tas yang menggunakan bahan dasar kain ataupun kulit yang sudah terlalu biasa.

Kini saatnya membuat trend tersendiri membuat tas yang terbuat dari batok kelapa. Selain mengurangi limbah batok, kita juga bisa menjaga kualitasnya dalam proses produksinya. Pasalnya tas dari kerajinan batok kelapa tidak mungkin ditemukan bakalan robek.

 

Alat dan Bahan untuk Membuat Tas:

  • Batok kelapa (bahan utama)
  • Lem kayu
  • Gergaji
  • Penggaris
  • Pensil
  • Semacam tali untuk tas
  • Cat (tambahan jika diperlukan)

Cara Membuat Tas Batok Kelapa:

  1. Buat batok kelapa menjadi dua bagian.
  2. Amplas permukaan batok kelapa.
  3. Gunting dan tempelkan kain mengikuti model diatas.
  4. Beri hiasan berupa manik manik pada pinggir tas yang dibuat.
  5. Beri lubang kecil yang nanti kita gunakan untuk mengikat tali pada tas.
  6. Tempelkan hiasan pada tas menggunakan lem dan tunggulah beberapa saat.
  7. Hasil kerajinan tempat tisu dari batok kelapa.
  8. Seperti halnya asbak kita dapat mengekplorasi dengan membuat tempat tisu dari batok kelapa.
  9. Ini sangat menarik dan elegan bila diletakan pada meja di ruangan kerja anda.

 

5. Membuat Kerajinan Kotak Lampu dari Batok Kelapa

Alat dan Bahan untuk Membuat Kotak Lampu:

  • Batok kelapa
  • Kawat besi sekitar 25 cm
  • Tali
  • Kabel dan lampu
  • Amplas kasar dan halus
  • Bor listrik
  • Pernis

Cara Membuat Kotak Lampu Batok Kelapa:

  1. Siapkan 1 batok kelapa utuh.
  2. Amplas bagian permukaan nya.
  3. Berkreasilah dengan membuat pola pola sederhana pada permukaan batok kelapa.
  4. Buat lubang untuk tempat lampu.
  5. Mengeluarkan isi kelapa dengan pisau.
  6. Ikuti pola yang telah dibuat dan dilubangi.
  7. Buat dudukan lampu pada batok kelapa.
  8. Buat ornamen seperti daun dan lilit bagian kawat tadi menggunakan pelepah pisang.
  9. Yang selanjutnya memperindah dengan mengecat dan pernis agar mengkilap.

 

6. Membuat Kerajinan Gelas dari Batok Kelapa

Saat ini kita membuthkan kreatifitas dalam mengolah limbah batok kelapa salah satunya membuat gelas dari batok kelapa. Ini merupakan hal baru dan dapat dijadika pundi pundi uang untuk di jual di dunia pasar. Maka dari itu tidak asing lagi jika banyak yang menghasilkan gelas hasil dari kerajian batok kelapa.

 

7. Membuat Kerajinan Teko Hasil dari Batok Kelapa

Selain membuat gelas kita bisa juga membuat teko yang super unik. Apalagi jika anda membuat keduanya dan diletakan pada satu ruangan. Bisa anda gunakan sebagai hiasan pada sisi sisi ruangan anda untuk barang pajangan.

 

8. Membuat Kerajinan Batok Kelapa Berbentuk Bros

Selanjutnya batok kelapa dapat dijadikan kerajinan  dalam bentuk bros.

Prospek kedepannya anda dapat membuat ini untuk dijadikan souvenir wisata atau dijual pada anak yang membuatnya terkesan.

 

9. Membuat Kerajinan Toples dari Batok Kelapa

Toples saat ini yang sedang popular ialah tuperwarree. Mengapa kita tidak membuat dari hal yang beda dengan memanfaatkan batok kelapa yang ada di sekitar? tentu membuat toples dari batok kelapa ini menjadi akan menambah ke khasan sendri pada ruang tamu.

 

10. Membuat Speaker dari Batok Kelapa

Jarang ditemui di pasaran memang speaker yang terbuat dari bahan batok kelapa. Jika dilihat dalam proses produksinya kita hanya membelah 1 pasang batok kelapa yang utuh lalu haluskan menggunakan amplas pada permukaannya.

 

11. Kerajinan Celengan dari Batok Kelapa

Celengan ternya ada yang terbuat dari batok kelapa sehingga menambah nilai keunikan pada celengan tersebut.

Apalagi jika celengan ini anda berikan kepada buah hati kecil anda dengan sedikit memberi wawasan. Mungkin akan menjadi lebih sering menabung dan berhemat.

Ketika anda sudah dapat memanfaatkan waktu untuk membuat kerajinan tangan, ada baiknya anda juga mencoba mencari pekerjaan yang tetap dan berpontensi menghasilkan lebih dari ini. Ketika kamu mencoba melamar suatu pekerjaan, tentu membutuhkan contoh surat lamaran kerja yang baik sebab itu nilai pertamalah yang dilihat.

12. Hasil Karya Kancing Baju dari Batok Kelapa 

Dalam proses pembuatannya ini lebih mudah dipraktekan kita hanya berfokus pada pola lingkaran lalu memotonginya sesuai pola itu juga, memberi lubang kecil, lalu amplas biar terlihat halus dan berikan warna agar terlihat mencolok serta indah.

 

13 Membuat Kerajian Perahu Layar dari Batok Kelapa

Pembuatan miniautur perahu layar lumayan sedikit rumit dengan cara membuat pola pola pada bagian batok setelah itu memotongnya dengan sesuai, gabungkan kembali bagian bagian tadi menjadi satu yang berwujud menjadi miniatur perahu layar.

 

14. Kerajinan Jam Dinding dari Bahan Batok Kelapa

Kini saatnya menghiasi ruangan anda dengan berbagai ornamen indah yang bernilai seni yang salah satunya adalah jam dinding.

Pembuatannya ialah dengan membuat kerangka jam yang sudah jadi lalu menghiasi dan menempelkan potongan potongan dari batok kelapa di bagian sisi tepinya.

 

15. Kerajinan Bunga dari Batok Kelapa

Nah yang ini terlihat bernilai seni dan banyak disukai oleh para wanita pasalnya bunga itu sudah menjadi icon yang menarik bagi para perempuan, apalagi kalau anda membuatnya dari batok kelapa tidak hanya indah tapi juga menambah nilai unik yang mungkin lebih lebih disukai lagi.

 

16. Membuat Wadah Pulpen dari Batok Kelapa

Hasil karya yang terakhir ini ialah anda dapat membuat wadah penyimpanan pulpen dengan bahan dasar dari batok kelapa. Anda tidak perlu membeli lagi di pasaran jika bisa membuatnya sendiri di rumah, tentu saja bisa membantu merapikan pensil maupun pulpen yang berserakan di atas meja.

 

Peluang Usaha Dengan Aksesoris Kerajinan Batok Kelapa

Kerajinan dari Kelapa

Hampir setiap rumah atau keluarga pastinya membutuhkan barang-barang perabot rumah tangga. Selain menjadi perlengkapan rumah saja, kehadiran barang-barang tersebut juga dapat memudahkan para ibu dalam menyelesaikan pekerjaan rumahnya.

Kebutuhan seperti inilah yang kemudian memunculkan peluang bisnis cukup menguntungkan bagi para pelakunya. Trend perkembangan pasar meubel serta furniture di Indonesia belakangan ini mulai memanfaatkan potensi kayu dan juga daur ulang limbah sebagai bahan baku utamanya.

Sekarang ini aneka perabotan rumah tangga yang beredar di pasaran juga mulai menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan untuk menarik para konsumennya, contohnya saja seperti perabot rumah tangga unik yang terbuat dari batok kelapa.

Siapa yang mengira bila batok kelapa yang sudah tidak berguna, dapat disulap menjadi aneka perabot rumah tangga yang memiliki bentuk dan tekstur yang unik, serta aman dan juga nyaman untuk dipergunakan.

 

Konsumen

Target pasar yang bisa Anda dapatkan meliputi konsumen rumah tangga seperti ibu-ibu rumah tangga, atau pasangan muda (keluarga baru) yang membutuhkan kelengkapan perabot rumah tangga untuk mempermudah keperluan mereka setiap harinya.

Disamping itu, Anda juga bisa membidik pelaku usaha seperti misalnya restoran dan juga warung makan yang membutuhkan mangkuk, sendok, sumpit, tempat sambal serta lain sebagainya, atau bisa juga menitipkan produk kerajinan batok kelapa tersebut di beberapa toko souvenir dan oleh-oleh.

 

Info Bisnis

Dengan menggunakan sentuhan seni yang cukup tinggi, limbah tempurung kelapa atau yang lebih terkenal ditelinga masyarakat dengan sebutan batok kelapa ini, ternyata bisa dirubah menjadi beragam jenis perabot rumah tangga yang terlihat sangat menarik, unik, dan artistik.

Tidak hanya rupanya saja yang terbilang unik dan artistik, perabot rumah tangga yang dihasilkan juga memiliki banyak ragam. Seperti misalnya aneka mangkuk dengan berbagai ukuran serta model, sendok nasi, sendok makan, sendok pengaduk, sendok lulur, sumpit, serta berragam macam bentuk tempat sambal, yang semuanya aman dan juga nyaman untuk keperluan perabot rumah tangga setiap harinya.

Nah, bagi Anda para pemula yang sedang bingung mencari tambahan penghasilan dari rumah. Tidak ada salahnya bila Anda bergabung menjadi reseller  produk perabot rumah tangga batok kelapa, sebagai salah satu alternatif bisnis rumahan yang mendatangkan untung besar setiap bulannya. Berikut beberapa persiapan yang perlu Anda perhatikan untuk menekuni bisnis rumahan tersebut.

Menjalin kerjasama dengan para produsen perabot rumah tangga batok kepala untuk mendapatkan stok persediaan barang yang kualitasnya benar-benar terjaga. Dalam hal ini, Anda bisa menggaet produsen kerajinan batok kelapa sebagai partner bisnis yang saling menguntungkan. Pastikan bahwa Anda mengetahui detail produk secara jelas, agar Anda bisa menginformasikannya kepada calon konsumen.

Memperlebar jaringan pemasaran untuk mengoptimalkan produksi penjualan. Bentuknya yang terbilang unik dan tampilannya yang sangat menarik dan artistik, tidak hanya disukai konsumen lokal tetapi juga banyak dilirik oleh wisatawan mancanegara. Karenanya, Anda dapat mempromosikan produk kerajinan batok kelapa dengan mengikuti berbagai macam acara atau event pameran dan mencari buyer dari luar negeri untuk memperluas pemasaran produk.

 

Kelebihan Bisnis

Melimpahnya limbah batok kelapa di berbagai penjuru nusantara, ternyata cukup memudahkan para pelaku usaha untuk mendapatkan bahan baku utama dalam produksi kerajinan perabot rumah tangga batok kelapa. Selain itu, serat batok kelapa yang terlihat jelas di perabotan rumah tangga batok kelapa mampu memberikan tambahan dalam nilai seni bagi produk tersebut.

Bahkan tidak hanya dapat menambah keunikan produk, namun juga menjadikan produk perabot rumah tangga batok kelapa tersebut memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi di dunia pemasaran.

 

Kekurangan Bisnis

Untuk menghasilkan perabotan rumah tangga batok kelapa, tentunya diperlukan kejelian, keterampilan, serta kreativitas yang cukup tinggi. Tidaklah heran jika sampai saat ini ini proses produksinya memakan waktu yang cukup lama, karena dibutuhkan keterampilan yang khusus untuk bisa menghasilkan produk kerajinan yang benar-benar bernilai dan berkualitas.

Oleh sebab itu, apabila Anda belum memiliki keterampilan serta kejelian dalam memproduksi perabotan rumah tangga dari batok kelapa. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba menjadi reseller produk tersebut yang sama-sama menjanjikan keuntungan yang besar setiap bulannya.

 

Kunci Sukses

Untuk menjalankan peluang usaha perabotan rumah tangga batok kelapa, sebaiknya memilih produk yang berkualitas serta menggunakan bahan baku yang aman dan juga nyaman untuk dikenakan setiap harinya.

Hal ini sangat penting, karena sebagian besar perabot rumah tangga tersebut akan bersentuhan langsung dengan makanan serta minuman yang dikonsumsi oleh para konsumen. Jadi, selain menawarkan aneka peralatan rumah tangga yang menarik dan dengan desainnya yang unik, Anda juga harus memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan bagi para konsumennya.

 

Mungkin hanya sekian tentang kerajinan dari kelapa yang bisa saya sebutkan jika ada kekurangannya mohon maaf.