Peluang Bisnis Kerajinan Dari Sabut Kelapa Yang Menjanjikan di Tahun 2017

Tentang Sabut Kelapa

Sabut kelapa, limbah dari buah kelapa ini pada umumnya hanya dimanfaatkan untuk keperluan bahan bakar bagi rumah tangga untuk memasak. Di daerah yang merupakan penghasil kelapa, sabut kelapa hanya dibuang. Namun, ada beberapa pengrajin yang memanfaatkan sabut kelapa untuk membuat produk kerajinan dari sabut kelapa yang bernilai ekonomis.

Penggunaan sabut kelapa sebagai bahan kerajinan tentu akan bersifat tahan lama dibanding dengan berbagai serat alam yang lain, dengan sedikit sentuhan kreativitas akan dapat menjadikan sebuah peluang bisnis kerajinan sabut kelapa yang berdaya jual tinggi.

Produk kerajinan dari sabut kelapa ini sangat berpeluang sekali bagi Anda yang ingin merintis sebuah bisnis. Bisnis kerajinan sabut kelapa ini sangat menguntungkan untuk Anda, karena potensi bahan baku sabut kelapa sangat mudah untuk didapatkan di Indonesia sendiri.

Mengenal Proses Pengolahan Serat Sabut Kelapa

Dalam mengolah sabut kelapa menjadi produk, dibutuhkan serat sabut kelapa atau cocofiber sebagai bahan utama dalam pembuatan aneka produk kerajinan. Untuk mendapatkan cocofiber ini cara pertama sabut yang masih kasar dan menggumpal disikat dengan sikat kawat.

Sedangkan cara kedua adalah dengan menggunakan mesin pengurai sabut kelapa. Kelebihan memilih sabut kelapa sebagai bahan kerajinan adalah ketahanannya peregangan dan kemampuan tahan degradasi dan abrasi dari air laut.


Produk Kerajinan Dari Sabut Kelapa Yang Menjanjikan di Tahun 2017

Semua produk kerajinan dari sabut kelapa memang bernilai jual, akan tetapi semakin berkembangnya zaman kita ditantang untuk terus berinovasi dalam menciptakan sesuatu barang yang lebih berguna untuk membantu berbagai kebutuhan. Berikut ini adalah produk – produk kerajinan dari sabut kelapa yang bernilai jual tinggi bahkan sampai ekspor, yaitu.

Kasur Sabut Kelapa

Industri kasur atau spring bed, kini menggunakan sabut kelapa sebagai pengisi kasur menggantikan busa, karena sabut kelapa mempunyai kelebihan bahan yang tahan lama dan mempunyai kemampuan lentur yang sangat baik.

Meskipun sabut kelapa memiliki jenis tekstur yang kasar, tapi dengan beberapa tahap pengolahan berupa bleaching, softening, dan drying, maka sabut kelapa yang kasar itu dapat mempunyai tekstur yang hampir menyerupai woll atau benang sebagai bahan dasar pengisi kasur sabut kelapa.

Pengolahan sabut kelapa sebagai bahan pengisi bantal dan bahan tambahan dalam pembuatan kasur sabut kelapa adalah salah satu alternatif untuk mengurangi limbah dari sabut kelapa. Dengan adanya perkembangan teknologi dalam aplikasi secara tepat, sabut kelapa terbukti mampu menghasilkan nilai ekonomis yang cukup besar.

Jok Mobil Dari Sabut Kelapa

Industri otomotif terkemuka di dunia, misalnya Mercedes Benz, Volkswagen Porche, dan Opel  menggunakan sabut kelapa untuk membuat jok mobil. Sabut kelapa mempunyai kelebihan sebagai pengisi jok mobil karena mempunyai daya lentur yang sangat baik, dan tahan lama.

Permintaan akan jok dari serat sabut kelapa tinggi karena jok ini memiliki mutu dan karakteristik yang lebih baik dibanding dengan busa. Industri jok mobil serat sabut kelapa dapat dikembangkan dan berpeluang untuk menutupi permintaan yang ada di pasar dalam dan luar negeri.

Ketersediaan serat sabut kelapa yang berkesinambungan sebagai bahan baku pembuatan jok sangat penting dan vital. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan strategi penyediaan bahan baku serat sabut kelapa untuk industri jok agar produksi dapat berkelanjutan dan optimal.

Karpet Sabut Kelapa

Coir-carpet-coconut-fiber-carpet-coconut-handicraft

Pemanfaatan sabut kelapa, selain sebagai pengisi jok mobil atau pengisi kasur, bantal, dan guling, sabut kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan karpet sabut kelapa atau cocosheet dengan kualitas tinggi. karpet sabut kelapa memiliki kelebihan ketahanan produk tahan lama.

Sofa Sabut Kelapa

Hasil gambar untuk sofa sabut kelapa minimalis

 

Ada satu lagi pemanfaatan sabut kelapa untuk pembuatan produk yang bernilai jual tinggi, yaitu sofa sabut kelapa. Pembuatan sofa sabut kelapa, menggunakan bahan cocofiber untuk mengisi bagian jok dalam, dan ternyata lebih murah, awet, dan ramah lingkungan daripada menggunakan busa / gabus.

Itulah beberapa produk kerajinan yang bernilai jual tinggi bahkan sampai ekspor. Baca juga Peluang Usaha Produk Olahan Sabut Kelapa Yang Menguntungkan, ada tips dalam memulai usaha kerajinan sabut kelapa agar Anda memperoleh keuntungan dalam berwirausaha sabut kelapa.