Keuntungan Membuat Kopra Putih

Ingin membuat kualitas kopra lebih baik, ingin membuat kopra jauh lebih cepat, ingin membuat kopra dengan harga lebih tinggi, ingin membuat kopra tanpa takut pengaruh cuaca buruk, ingin membuat kopra dengan biaya produksi lebih rendah, solusinya adalah dengan membuat kopra putih. Beberapa kelebihan membuat Kopra Putih, akan saya uraikan berikut ini :

Kopra Putih sebenarnya sama dengan kopra biasa, bedanya hanya kualitas saja. Kopra putih hasil pengovenan, sementara kopra biasa hasil dari pengasapan atau penjemuran. Kopra biasa, umumnya bercirikan agak kuning, berjamur, bahkan kadang kehitaman.

Proses pembuatan Kopra putih dg cara pengovenan jauh lebih cepat, cukup memakan waktu 8-10 jam untuk jenis kelapa yang sudah di cungkil, sementara dengan batoknya memakan waktu 16-18jam. Bandingkan jika membuat kopra biasa, seperti dengan cara penjemuran memakan waktu 5-7 hari jika cuaca mendukung. Dan dengan cara pengasapan memakan waktu 3-5 hari.

Kemudian untuk potensi pasar pun, Kopra Putih jauh lebih menarik. catatan JIKA MENDAPAT PASAR / PEMBELI yang sesuai, harganya bisa jauh lebih tinggi. Data yg diperoleh dari lapangan, saat harga kopra biasa hanya Rp 6000/kg, kopra putih bisa mencapai Rp 8.000-8.500/kg.

Keunggulan lainnya dari Pembuatan Kopra Putih adalah tidak tergantung kepada cuaca, karena saat kondisi hujan pun tetap bisa bekerja dan berproduksi. Proses pengovenan yang dilakukan diruangan memberikan kenyamanan dalam bekerja. Selain itu tempat produksi lebih bersih dari asap, karena biasanya oven di desain sedemikian rupa memusatkan asap keluar dari satu titik.

Dan satu lagi yang paling menarik dari pembuatan Kopra Putih adalah, biaya produksi relativ lebih murah, karena bisa mempersingkat waktu kerja, upah tenaga kerja lebih sedikit.

Sumber : Data Penelitian Sendiri (Mansur Mashuri)

Ingin ngobrol dengan saya? follow saya di twitter : @PakarKelapa