Kue Akar Kelapa yang Enak dan Bermanfaat

Kue Akar KelapaKue – Siapa yang tidak kenal kue? Makanan yang satu ini tentu sudah dikenal banyak orang. Rasanya yang manis, gurih , atupun asin serta ukurannya yang kecil tentu membuat makanan ini menjadi teman yang cocok saat kegiatan apapun. Untuk penjelasannya, kue adalah makanan ringan atau kudapan yang bukan termasuk makanan utama. Kue seringkali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung, baik dari tepung beras, tepung sagu, tepung tapioka, ataupun tepung terigu.

Kue terdiri dari dua macam, yaitu kue basah dan kue kering. Untuk kue basah, umumnya berstektur lembut, empuk, dan tidak tahan lama ( hanya bertahan selama beberapa hari atau beberapa minggu saja ). Kue basah biasanya dimasak dengan cara dikukus, direbus, ataupun digoreng. Bahannya biasanya terbuat dari tepung beras, gula, dan juga santan.

Sementara Kue kering adalah kue dengan kadar air yang sedikit, sehingga dapat disimpan lebih lama daripada kue basah. Kue kering biasanya dimasak dengan cara dipanggang atau digoreng.  Kue yang dimasak dengan dipanggang atau di-oven biasanya sering disebut cookie. Bahan dasar kue kering terdiri dari tepung beras atau tepung terigu serta gula.

Baca Juga : Cara Membuat Serundeng Kelapa

Dari sekian banyak kue kering yang ada di Indonesia, salah satu kue kering yang paling dikenal adalah kue akar kelapa. Kue Akar Kelapa adalah kue kering yang berasal dari Betawi dan sekitarnya. Kue ini umumnya disajikan bersama dengan kacang goreng dan rengginang  saat acara special, seperti ketika lebaran atau hajatan.

Daerah Bekasi merupakan produsen terbesar akar kelapa, namun seiring dengan perkembanga zaman, kue ini tidak lagi diproduksi secara massal. Walaupun namanya kue akar kelapa, kue ini tidak terbuat dari akar kelapa. Nama “akar kelapa” ini diambil dari bentuknya yang mirip dengan akar kelapa. Walaupun begitu, ada bagian kelapa yang digunakkan dalam pembuatan kue akar kelapa ini, yaitu bagian daging buahnya yang sudah diolah menjadi santan.

Rasa yang gurih serta manis merupakan daya tarik tambahan dari kue akar kelapa ini. Bagi daerah Betawi dan sekitarnya merupakan suatu kewajiban bahwa saat lebaran, kue tersebut harus selalu ada bersama dengan kacang goreng dan rengginang. Kue akar kelapa ini banyak dijual teutama ketika hari raya atau hari – hari besar lainnya.

Selain dengan membeli, anda juga dapat mencoba kue ini dengan membuatnya sendiri di rumah. Untuk membantu anda dalam membuat kue akar kelapa, kami akan memberikan resep cara membuat kue akar kelapa. Berikut, kami berikan resep cara membuat kue akar kelapa.

Cara membuat Kue Akar Kelapa

Kue Akar Kelapa

Alat dan Bahan yang diperlukan

  • 100 gr ( seratus gram ) Tepung Ketan
  • 50 gr ( lima puluh gram ) Tepung Beras
  • 100 gr ( seratus gram ) gula pasir
  • 75 gr ( tujuh puluh lima gram ) Santan kental
  • 50 gr ( lima puluh gram ) Margarin
  • 2 ( dua ) butir telur ayam
  • 1 sdt ( satu sendok teh ) garam
  • 1 sdt ( satu sendok teh ) Vanilla essens
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah – langkah pembuatan kue akar kelapa

  1. Pertama, siapkan alat dan bahan
  2. Lalu Siapkan telur dan gula. Masukkan keduanya ke dalam wadah lalu kocok telur dan gula tersebut hingga rata
  3. Masukkan tepung beras, tepung ketan, garam, margarin, dan vanilla essence. Aduk adonan tersebut hingga adonan tersebut merata.
  4. Lalu, tuangkan santan sedikit demi sedikit. Lalu, aduk adonan tersebut hingga rata, tidak lengket, dan dapat dicetak.
  5. Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam jumlah yang agak banyak. Sambil memanaskan minyak goreng, masukkan adonan yang dibuat tadi ke dalam cetakkan kue akar kelapa.
  6. Setelah itu, masukkan cetakan kue akar kelapa yang telah diberi adonan ke dalam minyak yang sudah panas. Goreng adonan dengan api kecil hingga kue berubah warna menjadi kecoklatan dan matang. Angkat dan tiriskan. Ulangi Menggoreng kue hingga adonan habis.
  7. Taruh kue akar kelapa pada piring dan kue akar kelapa siap disajikan.
  8. Bila ingin disimpan, taruh kue akar kelapa ke dalam wadah yang kedap udara.

Tips dan trik

  • Pilih Santan kelapa yang segar agar hasil kue lebih lezat
  • Tambahkan takaran tepung bila adonan terasa terlalu lembek

Manfaat Kue akar kelapa

Kue Akar Kelapa

Kue akar kelapa memiliki beberapa manfaat jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu. Beberapa manfaat nya yaitu sebagai berikut:

Menambah Tenaga

Bahan tepung beras dan tepung ketan serta gula yang ada pada kue ini mengandung manfaat dalam menambah energi. Hal ini karena tepung beras, tepung ketan, dan gula memiliki kandungan karbohidrat yang fungsi utamanya adalah sebagai sumber energi.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan lemak jenuh pada santan yang ada pada kue ini berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol. Kandungan santan pada kue akar kelapa sangat efektif dalam meningkatkan kadar kolesterol yang baik.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat selanjutnya yaitu meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin c dan asam laurat pada santan di kue ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Membantu menjaga kesehatan tulang

Kue akar kelapa juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena santan pada kue akar kelapa memiliki mineral seperti fosfor dan juga kalsium yang bermanfaat menjaga tulang.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat berikutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Kandungan asam laurat pada santan di kue ini memiliki sifat antibakteri dan juga antivirus yang berguna dalam menjaga kesehatan jantung.

Mengontrol gula darah

Santan pada kue ini memiliki kandungan mangan. Kandungan mangan ini memiliki fungsi yaitu menjaga metabolisme tubuh, serta mencegah peradangan. Selain itu mangan juga dapat mengontrol gula darah.

Mencegah Anemia

Anemia adalah penyakit yang disebabkan kekurangan hemoglobin atau yang biasa dikenal dengan sel darah merah. Untuk mencegah penyakit anemia ini, tubuh perlu kandungan zat besi. Untuk mendapatkan zat besi tersebut, kue ini bisa membantu mencegah anemia. Hal ini karena kue akar kelapa juga mengandung zat besi yang didapat dari santan kelapa.

Membantu mengontrol berat badan

Kue ini cocok untuk dijadikan kudapan bagi kamu yang suka ngemil, tetapi tidak ingin menjadi gemuk. Hal ini karena konsentrasi tinggi serat makanan yang didapat dari santan pada kue akar kelapa dapat menekan rasa lapar sehingga mencegah keinginan untu makan makanan yang tinggi lemak.

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat selanjutnya yaitu menurunkan risiko kanker. Hal ini karena kandungan kolin pada telur yang ada pada kue ini dapat membantu menurunkan risiko kanker

Menyehatkan mata

Manfaat lainnya adalah menyehatkan mata. Telur yang ada pada bahan pembuatan kue ini memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin serta vitamin karotenoid yang dapat membantu menyehatkan mata.

Sekian artikel tentang kue akar kelapa yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. apabila ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon maaf. Sekian dan terima kasih.