Kue kering kelapa sangrai yang akan saya bahas di bawah merupakan resep kue yang cocok untuk camilan dan suguhan saat lebaran.Dan juga kue kering kelapa sangrai ini merupakan resep yang sangat mudah dipraktekan di dapur sendiri dan tidak begitu rumit membuatnya.

resep ini juga bagus untuk camilan anak-anak karena rasanya yang tidak terlalu manis tapi tetap enak dan menggugah selerea.Rasa gurih dari kelapa pun menambah cita rasa dari kue ini. Bisa di jadikan alternatif suguhan saat acara tertentu. Dan bisa juga dijadikan suguhan tamu.

Dalam pembuatan kue kering kelapa sangrai ini bisa di tambahkan topping sesui selera kalian sendiri. Kue kering kelapa sangrai ini bisa kalian kreasikan dengan bermacam-macam makanan lain juga.

Mungkin makanan ini akan jadi makanan kegemaran anak-anak jika anda bisa mengkreasikan nya dan manfaat kue ini juga sangat baik untuk anak-anak karena mengandung kelapa. Tidak hanya untuk anak-anak untuk orang dewasa pun memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan.

Kelapa sangrai juga biasa di buat menjadi olahan makanan lain seperti serundeng dan biasa dibuat sambal kelapa untuk campuran sayur dalam pecel. Sambal kelapa biasanya dijadikan penyedap dan sebagai penambah rasa pedas dalam makanan biasanya.

Untuk serundeng sendiri kalian mungkin sendiri sudah pernah dengar ataupun mencicipi nya. Rasanya yang manis dan gurih dari kelapa membuat makanan menjadi terasa lebih sedap dan tambahan bumbu-bumbunya yang aneka ragam.

 

Pengen Tau Cara Membuat Klepon Mudah Yuk Baca Disini Juga!!

Cara Membuat Kue Kering Kelapa Sangrai :

Bahan Membuat Kue Kering Kelapa Sangrai :

  1. 500 gram tepung terigu
  2. 250 gram mentega
  3. 250 gram gula bubuk
  4. 1/2 dari 1kelapa, parut lalu sangrai
  5. 2 kuning telur
  6. 1/4 sdt vanilla essence cair

Langkah membuat kue kering kelapa sangrai :

Campurkan semua bahan hingga teruleni.

Siapkan loyang, olesi merata dgn mentega, bentuk bulat bulat adonan.

Pipihkan dgn garpu.

Panggang dgn temperature sedang hingga kering.

Angkat, angin angin, simpan d toples yg tertutup rapat simpan buat lebaran.

Tips Membuat Kelapa Sangrai :

Kelapa sangrai punya banyak manfaat untuk masakan. Diantaranya memberi rasa gurih dan harum aroma kelapa yang ​wangi​. Meski membuatnya tak sulit, namun ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar hasil kelapa sangrai ​renyah kering​.

Membuat olahan kelapa sangrai seperti serundeng terkadang rasanya kurang enak. Bisa jadi hasilnya terlalu kering atau justru gosong. Agar kelapa sangrai bercitarasa garing enak, perhatikan cara pembuatannya berikut ini.

1.Kelapa

Untuk kelapa sangrai, pilih kelapa yang sedang tuanya. Kelapa tidak terlalu lembek dan bertekstur agak sedikit keras. Lebih baik gunakan jenis kelapa yang merah supaya hasil kelapa sangrai lebih menarik.

2.Membersihkan kelapa

Kupas bersih kelapa, bilas dengan air sampai lendir bagian dalam larut. Tiriskan kelapa. Parut kelapa menggunakan parutan yang tajam dengan arah vertikal supaya seratnya memanjang.

3.Pemakaian Bumbu

Untuk membuat olahan kelapa sangrai seperti serundeng, perlu ditambahkan berbagai bumbu agar rasanya enak. Buat bumbu halus dari bawang putih, cabai merah, ketumbar, garam dan gula merah sisir. Lalu tambahkan daun salam, lengkuas dan daun jeruk. Campur kelapa parut dengan bumbu.

4.Menyangrai Kelapa

Untuk menyangrai kelapa, siapkan wajan besi di atas api sedang. Masukkan campuran kelapa parut dan bumbu ke dalam wajan. Aduk terus sampai kelapa mengering dan harum.

Sebaiknya pengadukan tidak berhenti dilakukan supaya warna kelapa kuning kecokelatan merata. Bila terlalu panas, kecilkan api. Namun jangan pernah memakai api besar yang bisa membuat kelapa mudah hangus.

Setelah kelapa sangrai untuk serundeng sudah kering, angkat dan dinginkan. Kelapa sangrai juga dapat ditumbuk hingga halus berminyak yang dikenal dengan poyah. Olahan ini memberi rasa gurih dan aroma harum pada masakan.

8 Manfaat Sehat Kebiasaan Ngemil Parutan Kelapa

Kelapa dikenal sebagai tanaman yang memiliki sejuta manfaat. Mulai dari kayu kelapa, daun kepala, buah kelapa, hingga air kelapa. Buah kelapa sendiri sangat umum untuk dikonsumsi. Kamu bisa langsung mengonsumsi daging kelapa atau diolah dahulu untuk diambil santannya.

Saat santan kelapa sudah diperas, jangan berpikiran bahwa parutan kelapa yang kering ini tidak memiliki manfaat untuk tubuh. Dilansir dari boldsky.com, ini khasiat sehatnya.

1.Menyehatkan Jantung

Parutan kelapa kaya akan serat yang membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung. Serat ini akan menyerap kolesterol jahat dalam darah yang membahayakan jantung.

2.Meningkatkan Fungsi Otak

Kamu ingin memiliki otak yang lebih pintar? Jika ya, perbanyaklah makan parutan kelapa karena beberapa penelitian menemukan bahwa kelapa bisa memperbaiki fungsi otak dan memperlambat datangnya penyakit Alzheimer.

3.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan kandungan selenium dalam parutan kelapa, maka sistem kekebalan tubuh akan meningkat. Sebab selenium memproduksi selenoprotein yang membantu memerangi banyak penyakit.

4.Mencegah Infertilitas Pada Pria

Hal ini bukanlah mitos. Sebab parutan kelapa mengandung mineral yang bisa mencegah kemandulan pada pria.

5.Mencegah Anemia

Pada usia tertentu, wanita mudah untuk terkena anemia. Dengan rajin makan kelapa parut, maka kamu bisa terhindar dari anemia sebab kelapa parut ini tinggi akan zat besi yang memicu produksi sel darah merah dalam tubuh.

6.Mengurangi Risiko Kanker

Kelapa parut memiliki banyak nutrisi yang bisa mengurangi risiko kanker tertentu seperti kanker usus besar dan kanker prostat.

7.Mencegah Masalah Pencernaan

Karena kelapa parut tinggi akan serat, maka banyak masalah pencernaan seperti sembelit, wasir, atau duodenum yang bisa dicegah dengan rajin makan kelapa parut.

8.Mencegah Arthritis

Selain bermanfaat untuk memicu produksi sel darah merah, kandungan mineral dalam kelapa parut berguna untuk mencegah masalah yang berkaitan dengan saraf seperti arthritis hingga kesehatan tulang yaitu osteoporosis.

Kamu bisa mengonsumsi kelapa parut dengan dicampur makanan sehat lainnya seperti oatmeal jika kamu bosan dengan olahan kelapa parut yang biasa.

dalam kesehatan kelapa pun memiliki banyak manfaat.Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kelapa memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Dari resep di atas kalian bisa mencobanya di rumah.Bisa untuk cemilan saat berkumpul dengan keluarga atau untuk suguhan tamu maupun teman minum teh atau kopi.
Bagi masyarakat kepulauan seperti di Indonesia, buah kelapa sudah menjadi sumber nutrisi penting sejak ribuan tahun lalu. Pohon serbaguna ini memang tersebar secara merata di seluruh wilayah kepulauan di dunia.
Ada banyak sekali kuliner makanan dan jajanan di Indonesia yang menggunakan olahan daging buah ini seperti minyak, santan, dan kelapa parut sebagai pelengkapnya.
Khusus untuk kelapa parut, kali ini saya akan menyampaikan informasi mengenai kandungan nutrisi dalam kelapa parut. Mengetahui kandungan nutrisi pada buah ini dapat membantu anda mengatur porsi dalam mengkonsumsinya.

Berbagai Nutrisi Dalam Kelapa Parut

  • Kandungan Kalori Kelapa Parut

Kalori pada makanan adalah nilai dari jumlah energi yang dapat dihasilkan oleh makanan tersebut. Jika kita memakan terlalu banyak kalori diluar kebutuhan energi kita, maka kelebihan kalori tersebut akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak.
Khusus untuk kelapa parut, mengkonsumsi 3 sdm kelapa parut diketahui dapat memberikan sekitar 75 hingga 100 kalori pada tubuh kita.
  • Kandungan Lemak Kelapa Parut

Buah kelapa diketahui sebagai sumber lemak yang tinggi. Dalam 3 sdm kelapa parut dapat mengandung sekitar 10 gr lemak total dan 9 gr lemak jenuh (tanpa lemak trans).
Berdasarkan saran dari sebuah organisasi kesehatan, setiap orang harus membatasi mengkonsumsi lemak total hanya sekitar 25% – 35% dari keseluruhan kalori, asupan lemak jenuh hanya 7% dari keseluruhan kalori, dan lemak trans dibawah 1% dari keseluruhan asupan kalori per-harinya.
Berdasarkan data diatas, kelapa parut memang tinggi akan kandungan lemak jenuh, namun lemak jenuh dalam buah kelapa adalah lemak jenuh rantai medium.
Dan hasil penelitian telah mengungkapkan bahwa jenis lemak jenuh ini tidak akan meningkatkan kadar kolesterol, bahkan bisa jadi mempunyai manfaat untuk mencegah penyakit jantung.
  • Kandungan Karbohidrat Kelapa Parut

Karbohidrat dalam makanan bertidak sebagai sumber energi utama. Dan menu makanan yang sehat haruslah mengandung 45% – 65% karbohidrat dari keseluruhan total kalorinya.
Sedangkan serat dibutuhkan untuk meningkatkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Wanita dewasa membutuhkan 21 gr – 25 gr serat per-harinya, sedangkan pria dewasa membutuhkan sekitar 30 gr – 38 gr serat per-hari. Dalam 3 sdm kelapa parut anda mendapatkan sekitar 4 gr karbohidrat dan 2 gr serat.
  • Kandungan Protein Kelapa Parut

Dalam 3 sdm kelapa parut terdapat sekitar 1 gr protein. Ketika dikonsumsi, protein pada makanan tersebut akan dipecah oleh tubuh menjadi asam amino yang kemudian digunakan untuk membangun kembali protein pada sel, jaringan, dan otot tubuh.

Berdasarkan aturan kesehatan tubuh, pria dewasa hanya membutuhkan sekitar 56 gr protein per-hari, sedangkan wanita dewasa lebih sedikit yaitu hanya sekitar 46 gr per-harinya.
Sedikit tambahan selain protein, 3 sdm kelapa parut diketahui mengandung sekitar 5 mg natrium. Secara alami ini adalah jumlah yang rendah, dan ini juga sesuai dengan aturan kesehatan yang ada.
Setiap orang memang harus membatasi mengkonsumsi natrium tidak lebih dari 2.300 mg per-harinya, karena kelebihan natrium dalam menu makan dapat meningkatkan resiko terkena tekanan darah tinggi.