Manfaat Air Kelapa Tua yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat Air Kelapa Tua – Kelapa – Kelapa merupakan salah satu tumbuhan yang terkenal karena kaya akan manfaat serta  tersebar di banyak tempat, tak terkecuali di indonesia. Hampir seluruh bagian tumbuhan  ini dapat dimanfaatkan. Diantara seluruh bagian tumbuhan ini, yang paling sering dimanfaatkan adalah bagian buahnya.

Buah kelapa yang paling sering dimanfaatkan adalah jenis buah kelapa muda, karena banyak  yang menganggap kelapa muda lebih segar dan lebih banyak manfaat dibanding kelapa tua. Anggapan tersebut tidak benar, sebab fakta membuktikan buah kelapa tua memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibanding kelapa muda. Semakin tua umur kelapa, maka kandungan nutrisi air dan daging buahnya juga semakin baik dan besar.

Baca Juga : Sate Klopo Ondomohen

Kandungan nutrisi tersebut antara lain karbohidrat, lemak, protein, vitamin c, serta mineral. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama tubuh. Protein dapat membantu mengatur metabolisme dalam tubuh. Lemak berfungsi sebagai cadangan energi. Vitamin c bermanfaat menjaga sistem tubuh dan sebagai antioksidan. Sementara mineral bermanfaat bagi proses metabolisme tubuh. Selain manfaat tersebut, masih banyak lagi manfaat air kelapa tua.

Berikut kami sajikan secara detail manfaat – manfaat air kelapa tua

manfaat air kelapa tua

Menghilangkan jerawat

Masalah kulit ini merupakan salah satu masalah kulit yang paling menyebalkan bagi setiap orang. Jerawat membuat wajah menjadi tidak enak dipandang serta timbul rasa sakit. Jerawat timbul karena pori-pori yang tersumbat sehingga menyebabkan kantung nanah. Pori-pori tersebut tersumbat oleh debu dan minyak serta masalah hormonal. Untuk mencegah ataupun mengobati masalah jerawat, kita dapat menggunakan air kelapa tua. Dengan meminumnya, diharapkan masalah jerawat dapat hilang.

Menghilangkan racun dalam tubuh

Racun dalam tubuh dapat disebabkan oleh makanan dan minuman ataupun lingkungan. Meskipun racun-racun tersebut dapat dinetralisir oleh ginjal, bukan berarti kita tidak perlu peduli terhadap racun-racun tersebut. Semakin banyak  racun di dalam tubuh, maka tubuhpun tidak sanggup menanganinya. Akibatnya bisa muncul berbagai masalah penyakit. Untuk membantu tubuh dalam menghilangkan racun, kita bisa meminum air kelapa tua. Dengan meminum air kelapa tua, diharapkan racun dalam tubuh dapat hilang.

Mengobati demam

Demam merupakan salah satu penyakit yang umum dijumpai. Demam dapat terjadi karena virus, bakteri, kelelahan, cuaca yang tidak menentu,  dan masalah lain dalam tubuh. Penyakit Demam tersebut dapat diatasi dengan meminum air kelapa tua. Dengan meminum air kelapa tua, diharapkan sakit demam yang dialami dapa segera sembuh

Mengobati masalah usus

Usus merupakan bagian tubuh yang paling penting, terutama dalam proses mencerna makanan. Usus bertugas menyerap zat dan sari-sari makanan  apabila usus mengalami masalah, maka tubuh juga akan mengalami masalah. Untuk mengatasi masalah usus, kita dapat meminum air kelapa tua untuk mengobati masalah usus.

Menghilangkan dehidrasi

Salah satu manfaat yang paling menonjol dari meminum air kelapa tua adalah menghilangkan dehidrasi. Kebanyakan orang mengkonsumsi kelapa untuk menghilangkan dehidrasi terutama saat cuaca panas. Dehidrasi disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh karena banyaknya kegiatan atau aktivitas yang menguras tenaga. Dehidrasi juga bisa terjadi karena berada di tempat panas sehingga mengeluarkan cukup banyak keringat.

Mengobati luka pada wajah

Luka pada wajah dapat memengaruhi penampilan. Bahkan setelah kering-pun, bekas luka pada wajah juga sulit hilang. Luka pada wajah yang membekas dapat dihilangkan dengan air kelapa tua. Cukup dengan membilas wajah dengan menggunakan air kelapa tua dan tempelkan daging pada bekas luka secara teratur, maka bekas luka akan hilang.

Mengobati luka bakar

Luka bakar dapat terjadi karena sinar matahari, terkena percikan api, maupun benda yang memiliki suhu permukaan yang tinggi. Luka akibat terkena benda panas dapat diobati menggunakan air kelapa tua. Dengan membilas luka bakar dengan menggunakan air kelapa tua lalu tempelkan daging pada bekas luka secara teratur, maka bekas luka bakar akan segera hilang.

Membantu diet

Air kelapa tua tidak memiliki senyawa kimia buatan. Air kelapa bersifat mengenyangkan, sehingga walaupun kita hanya mengonsumsinya sedikit, tetapi bisa membuat kita kenyang. Dengan begitu diet

Mencegah penuaan dini

Kandungan asam laurat dan sitokin menyeimbangkan tingkat ph, dan menjaga jaringan kulit. Kandungan tersebut juga meminimalakan penuaan kulit dan menjaga jaringan kulit sehingga kulit menjadi tampak lebih muda.

Membeningkan kulit

Kulit belang dan gelap dapat diatasi dengan air kelapa tua. Air kelapa tua mampu membuat wajah menjadi bersinar serta mengganti sel kulit mati sehingga membuat kulit sehat.

Mencegah penyakit gagal jantung

Salah satu penyebab gagal jantung adalah kolesterol yang tinggi dan obesitas. Kolesterol yang tinggi dan obesitas disebabkan oleh kadar gula yang tinggi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Penyakit tersebut membuat banyak orang ragu-ragu dalam mengkonsumsi makanan atau minuman manis karena mengandung gula. Untuk dapat mengonsumsi makanan atau minuman manis tanpa perlu takut risiko obesitas, air kelapa bisa menjadi solusinya. Itu karena air kelapa bersifat mengenyangkan walaupun dikonsumsi sedikit.

Mengatasi panas dalam

Salah satu efek dari kurangnya cairan tubuh adalah panas dalam. Panas dalam membuat rasa panas ditenggorokan, sariawan, serta masalah lainnya. Panas dalam dapat dihilangkan dengan meminum air kelapa tua karena memiliki dua energi yaitu panas dan dingin yang seimbang.

Mengatasi penyakit kolera

Manfaat air kelapa tua yang lain yaitu menyembuhkan kolera. Kolera merupakan penyakit menular di saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri vibrio cholerae.  Bakteri vibrio cholerae ini biasanya masuk ke dalam tubuh melalui air minum yang terkontaminasi atau ikan yang tidak dimasak dengan benar terutama kerang. Penyakit ini dapat berisiko kematian yang diakibatkan  oleh dehidrasi. Untuk mengatasi dan mencegah penyakit ini semakin besar, air kelapa tua dapat anda gunakan. Dengan mengkonsumsi secara rutin air kelapa tua, diharapkan penyakit kolera ini dapat disembuhkan.

Manfaat air kelapa tua untuk konsumsi

Dikonsumsi langsung

manfaat air kelapa tua

Walaupun kelapa muda lebih banyak dipakai dan memiliki rasa lebih manis dan segar, bukan berarti kelapa tua tidak layak konsumsi. Air kelapa tua memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dari air kelapa tua sehingga tidak ada salahnya mencoba meminum es kelapa tua.

Nata de coco

manfaat air kelapa tua

Nata de coco merupakan hasil dari fermentasi air kelapa tua. Hidangan ini bertekstur kenyal seperti jeli berwarna putih. Nata de coco banyak digunakan dalam minuman seperti es buah. Terdapat banyak manfaaat dari mengkonsumsi nata de coco, antara lain: Memperlancar bab dan meningkatkan imunitas tubuh pada anak.

Demikian manfaat air kelapa tua yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi tentang manfaat air kelapa tua ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada artikel ini, mohon untuk dimaafkan. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan anda karena kesehatan itu sangat penting dan mahal harganya. Sekian dan Terima Kasih.