Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

//Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

manfaat air kelapa untuk ibu hamil – Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi satu sampai dua gelas air kelapa muda setiap harinya. Terutama bagi  Ibu hamil yang usia kehamilannya mencapai 6 bulan, umumnya mengkonsumsi air kelapa muda sehingga bayi yang lahir kulitnya bersih.

Melihat potensi gizi yang juga terkandung pada daging buah kelapa muda, maka sebaiknya bukan hanya air kelapa
saja yang dikonsumsi tetapi bersama dengan daging kelapa. Tetapi harus diingat bahwa air kelapa yang dikonsumsi adalah yang berasal dari buahnya langsung.

Air kelapa kemasan tidak dianjurkan karena kandungan bahan pengawet dan bahan kimia lainnya yang mungkin saja berbahaya bagi kehamilan. Minum Air kelapa lebih baik dan tidak memiliki efek samping, daripada mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh atau minuman bersoda.

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Kelapa muda kaya manfaaat terutama bagi ibu hamil

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil apa saja?

Manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil tidak hanya untuk menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan selama kehamilan, tetapi juga ada beberapa manfaat lain yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

1. Kandungan elektrolit alami

Secara alami, air kelapa muda mempunyai komposisi mineral dan gula yang sempurna  sehingga mempunyai keseimbangan elektrolit yang sempurna, sama dengan cairan tubuh manusia.  Komposisi Jumlah kalori 17,4 kkal2) Kadar mineral: 1) Nitrogen (N) 432 mg/l, Kadar air 95,5 %,  Fosfor (P) 186 mg/l,Kadar lemak < 0,1 %,  Kalium (K) 7300 mg/l.

Kandungan elektrolit dalam air kelapa muda sangat baik sekali dalam mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga ibu hamil terhindar dari dehidrasi.

2. Mencegah dehidrasi

Karena morning sickness dan muntah-muntah, ibu hamil berisiko mengalami dehidrasi,  karena ketika sang ibu hamil jelas banyak mengeluarkan serta membutuhkan banyak cairan. Dengan minum air kelapa muda selain dapat memenuhi rasa haus juga dapat mengurangi rasa lapar dalam jangka beberapa waktu.

3. Meningkatkan HDL

Untuk mencegah dan mengurangi tekanan darah tinggi yang terjadi pada ibu hamil, maka air kelapa muda dapat dimanfaatkan sebagai penurun tekanan darah tinggi. Selain itu, daging buah kelapa muda dapat menjadi alternatif untuk dikonsumsi karena jika diet kaya PUFA akan meningkatkan kolesterol HDL plasma.

4. Mengatasi konstipasi

Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh juga dapat mencegah seseorang mengalami susah buang air besar atau konstipasi.Dengan air kelapa, kekurangan garam akan menyebabkan rambut si ibu hamil kasar dan badanya akan lemas serta menghambat pertumbuhan otak sang janin dalam kandungan.

5. Mengontrol tekanan darah

Jika sistem sirkulasi darah tidak optimal, maka janin akan berisiko tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Mengonsumsi air kelapa secara teratur dapat membantu mengendalikan tekanan darah ibu hamil. Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil ini disebabkan oleh kandungan potassium yang terkandung di dalam air kelapa muda alami. Selain itu membantu mempercepat absorpsi obat-obat dengan cara mempercepat konsentrasinya dalam darah.

6. Merupakan diuretik alami bagi tubuh

Makanan sehat untuk ibu hamil yang memiliki sifat diuretik alami, membuat air kelapa muda dapat bermanfaat sebagai :Membantu memperlancar proses pembuangan urin, Membantu membersihkan salurang kemih, Membantu mengeluarkan zat racun yang masuk ke dalam tubuh, Dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih.

7. Mencegah infeksi saluran kencing

 Air kelapa muda ini diuretik alami yang akan membuat ibu hamil lebih mudah untuk mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya infeksi saluran kencing. Selanjutnya air kelapa muda memiliki unsur kalium (K) yang tertinggi, mencapai 7.300 mg/l.
Oleh karena itu air kelapa muda berperan penting dalam meningkatkan frekwensi buang air kencing dan membantu mengeliminasi obat-obat dan antibodi-antibodi lain yang biasanya digunakan pada kasus-kasus infeksi.

8. Kandungan vitamin C

Air kelapa disamping mengandung gula dan vitamin, juga memiliki berbagai jenis mineral, sehingga dapat memenuhi sebagian dari kebutuhan gizi dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Kandungan vitamin C pada air kelapa muda ini dapat membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap harinya, terutama bagi ibu hamil.
Manfaat yang didapat diantaranya : Sebagai zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas, Menambah imunitas dan daya tahan tubuh serta mencegah dan menangkal berbagai macam penyakit.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Air kelapa juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sang ibu hamil serta janin dalam kandungannya agar terhindar dari penyakit. Air kelapa mengandung asam laurat yang merupakan antiviral, antibakteri dan antijamur.

Asam laurat ini akan membantu sistem pertahanan tubuh seperti membantu melawan virus penyebab herpes dan flu. Pasokan asam laurat juga sangat berguna jika menyusui kelak. Zat ini akan membuat bayi yang baru lahir lebih kuat menghadapi penyakit dan infeksi. Selain terdapat di air kelapa muda, kandungan asam laurat juga ditemukan di minyak kelapa.

10. Meningkatkan metabolisme tubuh

Air kelapa muda juga membantu memulihkan energi dengan meningkatkan metabolisme tubuh dan merangsang fungsi tiroid. Karena terdapat zat asam linolenat termasukesensial yang harus diperoleh dari makanan dan
dalam tubuh akan dimetabolisme menjadi DHA, Disinilah peran air kelapa muda akan terasa.

11. Menjadikan kulit lebih cerah dan halus

Ibu hamil yang usia kehamilannya mencapai 6 bulan, umumnya mengkonsumsi air kelapa muda sehingga bayi
yang lahir kulitnya bersih. Hal ini karena terdapat kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat menetralisir racun-racun pada tubuh sekaligus menutrisi pada wajah yang akan mampu membersihkan kotoran serta membuat kulit wajah tampak lebih halus dan cerah.
Dari sekian banyak manfaat air kelapa yang diperoleh bagi kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya, perlu diketahui juga efek dan resiko yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah :
  • Jangan minum air kelapa secara berlebihan. Cukup minum satu sampai dua gelas air kelapa muda setiap hari.
  • Konsumsi air kelapa yang berlebihan kemungkinan dapat menyebabkan diare.
  • Minumlah air kelapa yang masih segar, saat airnya masih segar dan kaya nutrisi.
  • Jika ibu hamil tidak menyukai rasanya atau malah membuat tidak nyaman hentikan.
  • Selalu pastikan minum air kelapa asli bukan kemasan yang dijual dipasaran

Cara membedakan kelapa muda yang segar :

Kesagaran air kelapa muda alami selain baik untuk kesehatan karena banyak manfaat juga akan terhindar dari bahan pengawet apabila membelinya dipasaran.  Kalau selama ini pemanfaatan air kelapa hanya terbatas pada mengolahnya menjadi nata de coco, maka dengan kandungannya yang padat gizi, air kelapa bisa dikembangkan lebih dari itu.

Air kelapa juga memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi minuman isotonik karena didalam airnya memiliki kandungan mineral dan  gula yang sempurna sehingga memiliki keseimbangan elektrolit. kandungan mineral air Kelapa terdiri atas kalium, natrium, kalsium, magnesium, tembaga, besi, dan lainnya.

Makanya dengan banyak kandungan zat gizi tersebut menjadikan air Kelapa sangat kaya khasiat seperti untuk mengobati penyakit usus, penyakit kolera, muntah-muntah, cacar, campak, dan juga penyakit kulit lainya. Namun ternyata, untuk mencari kelapa muda bukan perkara mudah. 

Memang, jika ditilik dari luar, cukup sulit untuk membedakan mana kelapa yang masih muda dan yang sudah tua. Pasalnya, ukuran, warna, dan tampilannya belum cukup untuk mencirikan bahwa kelapa itu masih muda. Berikut yang perlu diperhatikan :

  • Kelapa Muda

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Gambar kelapa muda

Untuk mengetahuinya kita bisa mengetuknya dengan tangan atau benda keras lainnya, Dengarkan suara yang keluar dari ketukan itu, jika suaranya tidak nyaring, dipastikan buah kelapa itu masih muda dan segar. Selain itu, air kelapa muda bersifat asam dan belum mengandung enzim yang lengkap, sehingga tidak baik untuk janin (ibu hamil). Semakin muda kelapanya, akan semakin tidak baik untuk tubuh.

  • kelapa Tua

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Gambar kelapa tua

Biasanya kalau diketuk dengan tangan, Kalau bunyinya nyaring, itu kelapa tua. Karena airnya sudah menyusut dan dagingnya tebal.Kelapa tua mempunyai enzim dan mineral yang sudah lengkap. Air kelapa tua mempunyai energi dingin dan panas yang seimbang.

Yang tidak kalah penting diperhatikan adalah Pengawetan, pengemasan dan penyimpanan pasca panen yang menentukan mutu buah kelapa tersebut. Karena kesegaran dan kematangan merupakan dua faktor yang mempengaruhi nilai gizi

 

By | 2018-01-30T22:55:52+00:00 January 30th, 2018|Artikel|Comments Off on Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

About the Author: