Manfaat Batok KelapaBatok kelapa merupakan bagian kulit yang terletak kedua setelah serabut/kulit terluar kelapa yang bersifat keras, dan dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam kebutuhan hidup manusia. Selain bagian batok, tentu sudah tidak asing lagi bahwa pohon kelapa memiliki berbagai manfaat yang dihasilkan dari seluruh bagiannya.

Mulai dari batang, daun, buah, air buah, batok, hingga kulit luarnya/serabut yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan manusia terutama yang tinggal didaerah tropis. Tempurung atau batok kelapa merupakan bagian yang sering dianggap tidak berguna oleh sebagian masyarakat. Padahal batok kelapa juga memiliki banyak manfaat.

Terutama ketika batok kelapa telah diolah menjadi bentuk arang, kerajinan tangan dan lain sebagainya. Dalam bentuk arang batok kelapa memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan selain untuk proses pembakaran atau sebagai bahan bakar.

Arang batok kelapa ini biasa disebut arang murni atau karbon aktif, karena pembuatannya dengan cara memurnikan arang dengan proses pemanasan dengan gas hingga arang memiliki struktu berpori, dengan demikian memungkinkan arang karbon aktif ini untuk menyerap berbagai unsur seperti zat beracun dan lain sebagainya.

Selain itu karbon aktif juga sudah “food grad” atau aman untuk dikonsumsi dengan takaran tertentu. Tidak jauh berbeda dari bentuk arang, batok kelapa yang diolah dalam berbagai bentuk kerajinan tangan juga memiliki nilai jual yang bisa dibilang cukup tinggi, terutama apabila diekspor ke negara yang tidak memiliki musim tropis atau yang tidak ada tanaman pohon kelapa.

 

Arang Karbon Aktif Serbuk

 

Berbagai Manfaat Batok Kelapa

1. Menjadi Bahan Pengawet Makanan Alami

Asap cair adalah hasil destilasi atau pengembunan dari uap hasil pembakaran tidak langsung maupun langsung dari bahan yang banyak mengandung karbon dan senyawa-senyawa lain.

Batok kelapa merupakan salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan asap cair, asap cair sendiri memiliki banyak manfaat tergantung dari grade nya, untuk pengawetan makanan biasanya digunakan asap cair tingkat grade 1.

cara membuat asap cair dari batok kelapa

2. Menjadi Obat Untuk Penderita Diabetes

Salah satu manfaat batok kelapa adalah sebagai obat bagi penderita diabetes. Langkah penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Pertama bersihkanlah batok kelapa dari sabut kelapa,
  • Jika sudah benar-benar bersih, selanjutnya ialah merebus batok kelapa kedalam sebuah panci. Panci yang digunakan ialah panci dari tanah liat.
  • Masukkan air hingga batok terendam sepenuhnya.
  • Lakukanlah perebusan hingga air berkurang lebih dari sepertiga.
  • Setelah itu angkat dan dinginkan, air rebusan siap di minum.
  • Aturan minumnya ialah 3 kali dalam satu hari.
  • Rebus ulang batok kelapa setiap dua hari sekali.

3. Mengobati Keracunan

Salah satu manfaat dari arang murni atau karbon aktif adalah dapat memikat zat baeracun, sehingga bagi anda yang mengalami keracunan alangkah baiknya anda mengkonsumsi arang murni dari batok kelapa ini. Namun dalam penggunaannya, juga diperlukan takaran yang tepat. Apabila anda dalam keadaan yang mendesak, maka anda dapat memroduksi sendiri arang batok kelapa yang bermanfaat ini.

4. Menurunkan Kolesterol

Manfaat lain dari batok kelapa adalah untuk membantu menurunkan kolesterol, bagi anda yang memiliki masalah dalam menjaga kadar kolesterol supaya tetap terkontrol mungkin bisa dengan memanfaatkan arang batok kelapa. Batok kelapa yang telah diolah dan menjadi karbon aktif diketahui mampu untuk menurunkan kolesterol dengan efektif.

5. Menjadi Anti Bisa Hewan

Salah satu manfaat dari batok kelapa adalah menjadi anti dari bisa beracun seperti laba laba, lebah, dan juga ular. Anda harus memanaskan batok kelapa untuk menghasilkan anti bisa. Tentunya ini merupakan solusi pencegahan awal ketika anda tekena bisa beracun dan berada jauh dari pemukiman.

6. Mengobati Inflamasi

Inflamasi adalah peradangan yang terjadi di dalam tubuh seseorang. Peradangan ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal seperti keracunan, ataupun infeksi virus. Segala penyebab dan faktor yang memicu peradangan atau inflamasi ini dapat diatasi dan diserap menggunakan arang murni atau karbon aktif.

7. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Proses penyembuhan luka bisa dikatakan masih ada kaitannya dengan proses penyembuhan peradangan dalam tubuh. Oleh karena itu, manfaat dari batok kelapa juga digunakan dalam penyembuhan luka. Cukup anda oleskan karbon aktif pada luka yang belum sembuh. Gunakan secara rutin dan anda akan mendapatkan luka yang sembuh dengan baik.

8. Membantu Proses Pencernaan

Salah satu cara membantu proses pencernaan adalah dengan menggunakan manfaat dari batok kelapa. karbon aktif dari batok kelapa dapat digunakan untuk mendetoksifikasi racun atau kotoran yang menghambat kerja dari organ-organ pencernaan.

Setelah organ pencernaan bebas dari segala macam racun dan kotoran, maka organ pencernaan dapat mendukung sistem pencernaan bekerja menjadi lebih efektif.

9. Membantu Menghentikan Diare

Salah satu gangguan sistem pencernaan merupakan penyakit diare. Diare disebabkan karena bakteri yang masuk ke dalam organ pencernaan manusia.

Oleh sebab itu, batok kelapa dapat digunakan untuk memaksimalkan pendetoksifikasian bakteri dan racun-racun jenis lainnya dari organ pencernaan. Hal ini dilakukan guna menghentikan penyakit diare dengan cara yang alami, tanpa resiko seperti penggunakan dengan menggunakan obat-obatan.

10. Menjernihkan Dan Memurnikan Air

Karbon aktif yang terbuat dari arang batok kelapa bisa dimanfaatkan untuk menyaring berbagai zat berbahaya yang larut di dalam air. Karbon aktif juga bisa digunakan untuk memurnikan air minum yang biasa kita konsumsi setiap harinya.

11. Mencegah Perkembangan Berbagai Penyakit

Berbagai penyakit dalam tubuh manusia seperti gagal ginjal dan gagal hati merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kandungan racun yang cukup tinggi dalam tubuh. Tentunya semua racun dalam tubuh dapat didetoksifikasi menggunakan karbon aktif dari batok kelapa.

12. Menjadi Bahan Baku Pupuk Organik

Pengolahan batok kelapa dapat menghasilkan juga produk berupa bubuk batok kelapa yang mempunyai banyak manfaat. Salah satu manfaat dari bubuk batok kelapa ini adalah untuk menjadi bahan baku dalam pembuatan pupuk organik.

Pupuk organik merupakan pupuk yang menutrisi tumbuhan melalui bahan-bahan alami dan bebas dari bahan kimia. Sehingga tumbuhan yang dihasilkan dari pemupupukan menggunakan karbon aktif pun menjadi lebih aman untuk dikonsumsi.

13. Menjadi Bahan Baku Obat Nyamuk

Selain untuk menjadi bahan baku pupuk organik, serbuk batok kelapa juga dapat digunakan menjadi bahan baku obat nyamuk bakar. Karena sifatnya yang mudah terbakar memungkinkan serbuk batok kelapa untuk menjadi bahan baku pembuatan obat nyamuk.

14. Menjadi Bahan Baku Kabel Listrik

Serbuk batok kelapa juga bermanfaat untuk menjadi bahan baku untuk isian dalam kabel listrik. Penggunaan bahan-bahan baku dari serbuk batok kelapa ini masih sangat banyak sekali jenisnya.

15. Mencegah mabuk

Arang batok kelapa, khusunya yang sudah dalam bentuk karbon aktif bisa digunakan untuk mencegah mabuk setelah mengkonsumsi minuman beralkohol.

16. Menjaga Kesehatan Kulit Dan Mempercantik Kulit

Karbon aktif bisa digunakan untuk mempercantik kulit yakni digunakan sebagai masker atau scrub. Karbon aktif akan secara efektif mengangkat kotoran yang menempel pada permukaan kulit serta mengangkat kulit kulit mati dan menjadikan kulit lebih halus, cerah, putih dan cantik. Batok kelapa juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit anda.

17. Untuk Pembuatan Briket Arang

Briket batok kelapa adalah bahan bakar alternatif yang terbuat dari bahan baku utama batok kelapa yang sudah di olah menjadi briket, dan merupakan bahan bakar terbarukan. Dengan pengunaannya yang mudah dan harga yang murah diharapkan menjadi solusi energi bagi masyarakat umum.

 

Manfaat Batok Kelapa Lainnya

Selain pemanfaatan batok kelapa seperti di atas, pemanfaatan batok kelapa yang lain adalah dijadikan kerajinan tangan, berikut contohnya:

  • Gantungan Kunci
  • Gayung Dari Batok Kelapa
  • Pin Jilbab
  • Lampu Hias
  • Cangkir
  • Mangkok
  • Teko
  • Bentuk Hewan
  • Tas
  • Miniatur Kendaran
  • Celengan 
  • Speaker 
  • Kancing Baju 
  • dan masih banyak lainnya

Demikian beberapa manfaat dari batok kelapa, sebenarnya masih banyak manfaat dari batok kelapa yang belum dijelaskan diatas, baik yang sudah ditemukan maupun yang belum ditemukan, namun karena keterbatasan dari penulis mungkin hanya segitu saja yang bisa disampaikan, semoga tulisan diatas bisa bermanfaat bagi pembaca semua.