Manfaat Kelapa Tua Untuk Kesehatan

Dengan kata lain kelapa memiliki nama latin Cocos nucifera, termasuk kedalam salah satu suku aren – arenan. Manfaat kelapa tua banyak sekali dijumpai disekitar kita. Kelapa memiliki warna buah kuning dan hijau  tergantung dari jenis pohon kelapanya sendiri.

Secara alami pohon kelapa ini dapat mencapai tinggi sekitar 30 meter. Dan untuk buah kelapa sendiri memiliki diameter sekitar  10 sampai dengan 20 sentimeter.

Orang menganggap air kelapa muda adalah yang paling segar, nikmat dan kaya manfaat. Dengan kata lain air kelapa tua juga tak kalah berkhasiat.

Rasa air kelapa yang segar dan sedikit manis kerap dijadikan minuman segar yang dingin dengan tambahan es batu. Lembut kenyal daging kelapa muda menambah kenikmatannya.

Bukan hanya nikmat, air dan daging kelapa juga dikenal kaya manfaat kesehatan, bahkan kerap diandalkan sebagai obat alami.

Saat ini sebagian besar orang menganggap yang terbaik adalah kelapa muda, sementara kelapa tua hanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan santan. Banyak orang belum tahu, kalau air kelapa tua juga mengandung nutrisi yang berlimpah.

Buah kelapa dapat dikonsumsi dengan baik masih saat muda ataupun saat buah kelapa sudah tua. Dengan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat kelapa tua.

Manfaat Kelapa Tua Untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

 manfaat kelapa tua

Daging kelapa tua mengandung banyak minyak kelapa, yang dapat meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan dapat mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat). Ini tandanya dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Orang yang mengonsumsi 200 gram bubur yang dibuat dengan santan mengalami penurunan kolesterol LDL yang signifikan dan meningkatkan kolesterol HDL dibandingkan dengan mereka yang makan bubur tanpa campuran santan.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat kelapa tua

Dengan halnya dengan kelapa muda, manfaat kelapa tua juga dapat membantu menurunkan berat badan. Studi menunjukkan bahwa trigliserida rantai menengah dalam kelapa dapat menimbulkan perasaan kenyang, pembakaran kalori, dan pembakaran lemak, yang semuanya dapat membantu menurunkan berat badan.

Kandungan serat melimpah pada daging kelapa juga dapat meningkatkan rasa kenyang, yang membantu mencegah makan berlebih.

3. Membantu Menyehatkan Pencernaan

Seperti disebutkan sebelumnya, kelapa memiliki banyak serat, yang membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Karena kelapa juga mempunyai tinggi lemak, namun dapat membantu tubuh menyerap nutrisi yang larut dalam lemak, termasuk vitamin A, D, E, dan K.

Dengan itu, Medium Chain Triglycerides dalam daging kelapa terbukti memperkuat bakteri usus, yang dapat mencegah peradangan dan kondisi seperti sindrom metabolik.

4. Manfaat Kelapa Tua Untuk Mencengah Penuaan

Trans-zeatine adalah kandungan kelapa yang merupakan zat anti-penuaan. Dengan memakan kelapa, meminum air, membuat masker dari kelapa dan mengoleskannya pada kulit dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan. Untuk mendapatkan ampas kelapa  yang digunakan untuk masker bisa menggunakan mesin peras santan.

Kelapa mungkin juga sebagai solusi bagi banyak masalah penuaan kulit, terutama kondisi kulit keriput yang terbentuk oleh kekendoran kulit di area leher dan lengan. Untuk mendapatkan ampas kelapa digunakan untuk masker

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kelapa mengandung sedikit karbohidrat dan tinggi serat serta lemak, sehingga dapat membantu menstabilkan gula darah.

Salah satu studi menemukan bahwa kelapa memiliki manfaat sebagai anti diabetes pada tikus, mungkin karena kandungan argininnya. Arginin adalah asam amino yang penting untuk sel-sel pankreas, yang melepaskan hormon insulin yang mengatur kadar gula darah..

Ketika tikus penderita diabetes diberi makan protein yang terbuat dari daging kelapa, gula darah, kadar insulin, dan penanda metabolisme glukosa lainnya jauh lebih baik daripada tikus yang tidak makan protein kelapa.

6. Manfaat Kelapa Tua Untuk Menyehatkan Otak

Medium Chain Triglycerides  dalam minyak kelapa memiliki sumber bahan bakar alternatif untuk glukosa, yang dapat membantu penderita gangguan memori atau fungsi otak, seperti mereka yang menderita penyakit Alzheimer.

7. Memenuhi Asupan Cairan Tubuh

Air kelapa juga bisa dijadikan sebagai minuman isotonik alami yang memberi banyak manfaat seperti minuman olahraga yang telah diformulasi. Sebab kandungan elektrolit dalam air buah ini dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga.

8. Obat Kumur Alami

Semua bagian buah kelapa bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhanmu sehari-hari lho! Salah satunya dijadikan minyak.

Dengan digunakan untuk memasak, minyak buah ini juga bisa dijadikan sebagai obat kumur alami. Penggunaan minyak kelapa sebagai obat kumur alami sebenarnya telah dikenal sejak bertahun-tahun lalu.

9. Manfaat Kelapa Tua Untuk Membakar Lemak Perut

Percaya nggak sih, jika minyak buah kelapa dapat dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak perut. Bagi kamu yang susah diet, buah ini sangat membantu lho!

Dengan mengonsumsi 2 sendok makan minyak kelapa selama 12 minggu diketahui dapat membantu menurunkan BMI dan lingkar pinggang secara drastis. Tak hanya pada wanita, manfaat satu ini juga dirasakan oleh pria.

Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Konstipasi

Masalah pencernaan seperti konstipasi merupakan hal umum yang kerap dialami orang-orang, khususnya mereka yang sering ngemil tetapi jarang makan sayur dan buah.

Hal ini terjadi lantaran berbagai makanan tersebut tidak mengandung serat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Tapi jangan khawatir, dengan perutmu tidak nyaman akibat konstipasi. Segera cari buah kelapa tua dan minum airnya.

Air kelapa tua mengandung serat dalam jumlah yang melimpah sehingga bisa menjadi solusi instan untuk mengatasi masalah kesulitan buang air besar yang sedang kamu alami.

2. Mengatasi Dehidrasi Dengan Cepat

Air merupakan salah satu komponen terbesar dalam tubuh yang memiliki peranan penting bagi kesehatan seperti mengatur suhu tubuh, produksi sel, transportasi nutrisi, dan sebagainya.

Dengan itu, penting sekali untuk memastikan bahwa kamu selalu mendapat asupan air yang pas bagi tubuh. Dengan demikian, banyak juga orang yang tak bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh entah karena tidak sempat ataupun lupa.

Sebagai solusinya, anda  bisa mengonsumsi air kelapa tua setiap hari. Dengan air kelapa tua kaya akan elektrolit yang mampu mengembalikan cairan tubuh serta mudah diserap.

Dengan itu, elektrolit yang terkandung dalam air kelapa tua juga bermanfaat dalam menjaga kinerja berbagai organ dalam tubuh. Cocok nih buat kamu yang suka olahraga atau kerja di lapangan.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Air kelapa tua mengandung sitokin dan asam laurat yang bermanfaat dalam menjaga jaringan kulit tetap kuat dan sehat serta menyeimbangkan pH.

Karena kulit kamu dalam keadaan sehat, sudah pasti akan tehindar dari berbagai masalah yang membuat kulit tampak kurang terawat. dan tua

4. Mengatasi Kolera

Kolera merupakan penyakit saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri vibrio cholerae. Dampak dari penyakit ini adalah diare berat, perut sering terasa mual, serta muntah yang terus-menerus.

Yang pada akhirnya bisa berujung pada dehidrasi berat. Dengan air kelapa tua bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama untuk mengobati pasien kolera.

Ini lantaran air kelapa tua kaya akan elektrolit yang mampu mengembalikan cairan serta ion yang hilang bersama urin dan feses, menjaga keseimbangan pH dalam tubuh, serta membawa nutrisi pada setiap bagian sel. Meskipun demikian, pasien kolera tetap harus segera mendapatkan perawatan medis ya.

5. Mengatasi Panas Dalam

Air kelapa tua juga bisa digunakan untuk mengatasi panas dalam serta tubuh yang kedinginan akibat cuaca yang terlampau dingin hingga masuk angin.

Dengan ini dikarenakan air kelapa tua mengandung energi panas dan dingin yang seimbang dan lebih baik ketimbang air kelapa muda.

6. Mengendalikan Kadar Koleserol

Bagi penderita kolesterol, sebaiknya kurangi konsumsi santan dan beralihlah mengkonsumsi air kelapa tua. Sehingga rutin mengonsumsi air kelapa tua bisa menjadi terapi yang bagus dan murah bagi penderita kolesterol ataupun untuk mencegah tubuh terserang kolesterol.

Kandungan Gizi Kelapa Tua

Bagian luar kelapa tua tampak lebih cokelat, memiliki sedikit air, dan daging buah tebal bertekstur keras. Dengan kandungan gizi kelapa tua dalam satu cangkir (80 gram) memiliki berbagai macam nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 283
  • Protein: 3 gram
  • Karbohidrat: 10 gram
  • Lemak: 27 gram
  • Gula: 5 gram
  • Serat: 7 gram
  • Mangan: 60% dari Daily Value (DV)
  • Selenium: 15% dari DV
  • Tembaga: 44% dari DV
  • Fosfor: 13% dari DV
  • Kalium: 6% dari DV
  • Besi: 11% dari DV
  • Zinc: 10% dari DV

Untuk membuat Itulah manfaat kelapa  tua , yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bagi Anda yang memiliki gangguan kesehatan seperti kolesterol dan ingin mengonsumsi kelapa, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Untuk