8 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut dan Cara Pemakaiannya

//8 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut dan Cara Pemakaiannya

8 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut dan Cara Pemakaiannya

Kali ini saya akan menjelaskan tentang artikel 8 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut Lepek.

Minyak kelapa adalah minyak yang dihasilkan dari kelapa yang diolah dan dicampur dari bahan alami. lalu dirubah menjadi minyak, yang dinamai minyak kelapa. minyak kelapa mempunyai kualitas yang baik sebagai masakan. pada masa dahulu, minyak kelapa hanya minyak yang biasa, setelah semua orang tahu bahwa minyak kelapa mempunyai kuwalitas yang bagus, sekarang jadi lebih banyak yang menggunakannya.

Sudah sejak dulu minyak kelapa dikenal sebagai bahan alami yang biasa dimanfaatkan untuk merawat serta menjaga kesehatan rambut oleh para putri raja pada zaman kerajaan. Minyak kelapa ini mengandung kandungan yang baik sehingga sangat ampuh ketika dijadikan ramuan alami merawat rambut. Ada sejumlah manfaat minyak kelapa untuk rambut yang bisa Anda peroleh seperti di bawah ini:

 

5 Manfaat minyak kelapa untuk rambut dan cara pemakaiannya

minyak kelapa

Minyak kelapa sudah dikenali oleh masyarakat sudah lama karena ini termasuk budaya nenek moyang kita. Pertumbuhan rambut yang baik itu sangat penting dan sebagai orang Indonesia, rambut kita bisa dibilang sehat, hitam dan berkilau. Tidak dipungkiri kalau pola makan sehat juga hal utama yang bisa membuat kesehatan rambut terjaga.

Tapi kita juga harus merawatnya dengan baik. Solusinya dengan menggunakan minyak kelapa, minyak kelapa bisa membuat rambut kita tetap bersih dan lembab. Bukan itu saja minyak kelapa juga dapat membuat rambut kita menjadi sehat, karena bahannya yang alami.

Sejarah Kelapa

Kelapa memang terkenal dengan tumbuhan yang mempunyai seribu manfaat, seluruh bagian dari pohon kelapa ini memiliki fungsi masing-masing. Itulah sebabnya pohon kelapa dikenal sebagai pohon seribu guna. Salah satu bagian dari pohon kelapa yang mempunyai manfaat besar ialah buahnya.

Buah pohon kelapa inilah yang akan diproses menjadi minyak yang biasa disebut dengan minyak kelapa. minyak kelapa adalah minyak yang terbuat dari bahan baku dasar buah kelapa segar, proses dan bahannya tidak menggunakan bahan kimia dan proses pembuatan minyak kelapa ini dilakukan dengan cara pemanasan terkendali.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Minyak kelapa menjadi sangat populer dikalangan masyarakat. Tahukah anda, minyak kelapa tidak hanya berfungsi untuk kegiatan memasak yang dapat menghasilkan makanan yang enak? Banyak manfaat besar lainnya dari minyak kelapa ini, contohnya manfaat minyak kelapa untuk rambut. Berbeda dengan minyak-minyak jenis lain, minyak kelapa ini kebanyakan memiliki kandungan zat yang tidak sehat untuk tubuh kita.

Kebanyakan minyak dapat memicu munculnya penyakit-penyakit berbahaya yang akan mengancam keselamatan diri kita sendiri dan family. minyak kelapa diketahui dari sebuah studi bahwa terdapat kandungan zat yang dapat mengatasi perkembangan biakan virus dalam tubuh.

Begitu banyak manfaat atau kegunaan dari coconut oil yang sangat baik tidak hanya sebagai bahan campuran makanan, akan tetapi bermanfaat juga bagi kecantikan dan kesehatan tubuh manusia.

Selain manfaat minyak kelapa untuk rambut, manfaat lain yang baik untuk rambut kita adalah membuat rambut lebih elastis dan kuat. Minyak kelapa diketahui mengandung asam linoleat yang menghidrasi rambut kita sehingga akhirnya rambut kita pun jadi tetap elastis.

Zat yang Terkandung didalam Minyak Kelapa

Selain itu juga masih ada asam oleat yang terdapat didalam minyak kelapa di mana kandungan ini bakal secara ampuh membuat rambut tidak hanya menjadi lebih kuat tapi juga malah lebih tebal. Jadi itulah manfaat yang harus diperhatikan oleh kita semua.

Satu lagi manfaat minyak kelapa untuk rambut yang tidak boleh kita dilewatkan yaitu mencegah kulit kepala dari kekurangan protein. Selain dari asam linoleat dan oleat, ada juga asam laurat dan asam lemak. Untuk menumbuhkan rambut supaya lebih banyak dan jauh dari masalah kerontokan, asam laurat-lah yang berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut di sini.

Afinitasnya yang tinggi merupakan kunci utama di mana rambut kita akan mendapatkan protein yang cukup. Protein rambut akan terikat jadi kalian semua tidak usah khawatir lagi kalau rambut kita bakalan rusak lagi.

Buah Kelapa

Sesuai dengan artikel yang saya buat yang berjudul manfaat minyak kelapa untuk rambut, saya akan memberikan pengertian buahnya juga. buah kelapa adalah buah yang dapat dimanfaatkan semua masyarakat, karena bukan buahnya saja. tetapi semua yang ada dipohon kelapa bisa digunakan, seperti yang ada dibawah ini:

5 Manfaat minyak kelapa untuk rambut dan cara pemakaiannya

buah kelapa

Kelapa

Kelapa adalah pohon serba guna bagi masyarakat. Hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan orang. Akar kelapa menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan. Kayu dari batangnya disebut kayu glugu, dipakai orang sebagai kayu dengan mutu menengah, dan dapat dipakai sebagai papan untuk rumah.

Daunnya dipakai sebagai atap rumah setelah dikeringkan. Daun muda kelapa, disebut janur, dipakai sebagai bahan anyaman dalam pembuatan ketupat atau berbagai bentuk hiasan..

Tanda Bunga Kelapa

Tanda bunga yang masih muda, yang disebut mayang (sebetulnya nama ini umum bagi semua bunga palma) atau manggar dalam bahasa jawa, dipakai orang untuk hiasan dalam upacara perkawinan dengan simbol tertentu.

Mayang oleh orang Jawa-Mataraman dipakai sebagai bahan pengganti gori dalam pembuatan gudeg dan disebut gudeg manggar. Bunga betina atau buah mudanya, disebut bluluk dalam bahasa jawa, dapat dimakan.

Buah kelapa adalah bagian paling bernilai ekonomi. sabut, bagian mesokarp yang berupa serat-serat kasar, diperdagangkan sebagai bahan bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, serta media tanaman bagi anggrek. Tempurung atau batok, yang sebetulnya adalah bagian endokarp, dipakai sebagai bahan bakar, pengganti gayung, wadah minuman, dan bahan baku berbagai kerajinan tangan.

Tingkat Keamanan dalam Memakai Minyak Kelapa

Karena penelitian untuk membuktikan manfaat minyak kelapa untuk rambut masih minim, maka disarankan untuk tidak terlalu mengandalkan minyak kelapa dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan secara umum. Untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, lebih layak untuk memprioritaskan pola makan yang seimbang dan teratur.

Walau bagaimanapun, minyak kelapa tetap mengandung lemak jenuh, maka jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Hal ini juga berlaku pada wanita hamil atau menyusui dimana penggunaan minyak kelapa yang berlebihan tidak disarankan.

Beruntung, minyak kelapa dinilai aman untuk pemakaian luar, termasuk jika dikombinasikan dengan produk herba lainnya. Namun karena penelitian yang belum lengkap, dianjurkan untuk tetap berhati-hati  dalam menggunakannya

Cara Membuat Minyak Kelapa

Siapa pun bisa membuat minyak kelapa sendiri di rumah. Berikut ini beberapa cara yang sering dilakukan untuk mendapatkan minyak kelapa.

  • Direbus

Siapkan empat gelas air, lalu panaskan hingga beruap. Sambil menunggu air beruap, parut dua butir kelapa yang sudah tua. Campurkan parutan kelapa ke air panas, lalu blender hingga halus. Saring air kelapa yang sudah diblender dengan menggunakan saringan yang rapat agar mendapatkan santan yang banyak.

Jika santan sudah terkumpul, rebus dengan suhu sedang. Aduk terus hingga air mendidih dan beruap dan krimnya yang berwarna kecokelatan terpisah dari minyak. Proses ini memakan waktu hingga satu jam. Pastikan untuk tidak berhenti mengaduknya.

  • Diblender

Potong kecil-kecil daging kelapa yang sudah tua. Blender hingga halus dan jika dibutuhkan bisa menambahkan air agar bisa memudahkan dan mempercepat proses pembuatannya. Saring hasil blender hingga menghasilkan santan. Tambahkan air dan lakukan berulang agar menghasilkan santan yang banyak.

Diamkan hasil perasan dalam wadah toples selama 24 jam agar lapisan santan dan minyak kelapa terpisah. Masukkan ke lemari pendingin atau simpan di ruangan dingin untuk mempercepat terbentuknya dadih. Buang dadih dan dapatkan minyak kelapa murni yang tertinggal di dalam toples atau wadah.

  • Didinginkan

Gunakan kelapa segar atau kelapa parut tawar yang dijual di toko. Jika menggunakan kelapa segar, potong kecil-kecil kemudian keringkan selama satu hari. Jika memakai kelapa parut yang dijual di toko, pastikan memakai jenis permukaan yang kasar.

Masukkan ke juicer sedikit demi sedikit agar proses pemisahan kelapa dan minyak berjalan lancar. Lakukan proses ini hingga semua kelapa telah diproses. Ulangi proses ini sekali lagi agar semua minyak kelapa keluar.

Tuangkan hasil juicer ke dalam toples dan simpan di tempat yang bersuhu hangat selama sehari penuh. Setelah itu, minyak kelapa akan terlihat muncul di permukaan, sementara lapisan kental akan mengendap di dasar toples. Untuk mendapatkan minyak kelapa yang siap digunakan, tuangkan minyak kelapa ke dalam wadah baru.

Melihat manfaat dan mudahnya cara membuat minyak kelapa di atas, maka tidak ada salahnya jika Anda membuatnya di rumah.

 

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut dan Cara Pemakaiannya

Ada beberapa manfaat minyak kelapa untuk tubuh, salah satunya adalah manfaat minyak kelapa untuk rambut, ternyata minyak kelapa sangat berpangaruh pada rambut juga. karena dengan minyak kelapa kita tidak usah takut lagi jika ada masalah di rambut kita. contohnya bisa kalian lihat dibawah ini:

Begitu Banyak Manfaat Minyak Kelapa

Dengan komposisi di atas, minyak kelapa ditengarai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa kondisi yang mungkin bisa dibantu berkat penggunaan minyak kelapa. lihat dibawah ini manfaat minyak kelapa untuk rambut.

  • Diabetes

Minyak kelapa mungkin bisa memperbaiki toleransi penderita diabetes terhadap glukosa dan memperbaiki resistensi insulin. Pemakaian minyak kelapa juga dianggap dapat mengurangi timbunan lemak.

  • Kolesterol Tinggi

Beberapa penelitian menyatakan minyak kelapa dapat menaikkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Namun, kadar kolesterol jahat di dalam tubuh tidak mengalami perubahan.

Penelitian lain menyatakan konsumsi minyak kelapa tidak meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Sayangnya, penelitian mengenai efek minyak kelapa terhadap kolesterol dan penyakit jantung masih belum banyak.

  • Menurunkan Berat Badan

Karena kandungan kalorinya yang lebih rendah dibandingkan jenis minyak lainnya, pemakaian minyak kelapa mungkin baik bagi penderita obesitas. Kandungan lemak rantai yang sedang dalam minyak kelapa berkemungkinan bisa menurunkan berat badan.

  • Melembabkan Kulit Kepala

Kulit kepala yang kering dapat mengakibatkan rambut yang rusak sehingga rontok. Oleh karena itu, jika kalian rutin untuk mengoleskan minyak kelapa ke rambut dapat melembabkan kepala sehingga terhindar tuh dari yang namanya rontok.
Manfaat minyak kelapa untuk rambut memang tidak terasa secara langsung, tetapi rutin adalah kuncinya. Minyak kelapa bisa kalian gunakan sehabis mandi.
  • Nutrisi Bagi Rambut

Kandungan yang terdapat pada minyak kelapa merupakan asupan nutrisi bagi rambut. Selain rambut kalian semakin hitam dan bercahaya, juga rambut kalian menjadi kuat dan terhindar dari rontok. Tuh kan, kalian bisa kok cantik tanpa kosmetik.
Manfaat minyak kelapa untuk rambut lebih maksimal jika kalian sambil memijit kepala kalian ketika mengoleskannya.Hal ini selain memberikan nutrisi bagi rambut juga memberikan efek nyaman serta tenang sehingga dapat menurunkan stress berlebih yang juga dapat mengakibatkan rambut rontok.
  • Menghilangkan Ketombe

Ketombe merupakan musuh abadi dari kita semua. Haha. Selain membuat kulit kepala gatal, ketombe dapat menyebabkan kerontokan rambut. Rasa gatal akibat ketombe sangat menjengkelkan apalagi, untuk para hijabers. Oleh karena itu, manfaat minyak kelapa untuk rambut juga termasuk tuh untuk menghilangkan ketombe.
Kalian tahu nggak sih, kalau minyak kelapa bisa menjadi pengganti kondisioner? Nah, ini merupakan manfaat minyak kelapa untuk rambut kalian. Kondisioner alami ini akan membantu kalian terhindar dari kerontokan.
  • Membunuh Kutu

Selain ketombe, kutu rambut juga merupakan masalah terbesar bagi kalian yang terutama berambut panjang. Sangat menjengkelkan jika tertular kutu. Kutu juga menjadi penyebab utama masalah kerontokan. Dengan kalian mengoleskan di rambut 2x sehari dengan minyak kelapa sawit murni, rambut kalian akan terbebas tuh dari yang namanya kutu.
Pijatan yang lembut pada kulit kepala juga bisa mencegah kerontokan berlebih. Kutu bisa hilang sekitar pemakaian hingga 7 hari hingga benar-benar hilang. Makanya manfaatnya minyak kelapa untuk rambut jangan sampai kalian nggak tahu ya.
Untuk memudahkan kalian mendapatkan manfaat minyak kelapa sawit untuk rambut nih. Kalian bisa membuat sendiri minyak kelapanya. Dengan mesin alat penyaring minyak goreng kelapa kalian bisa mengurangi kotoran dan residu – residu di minyak kelapa sawit kalian. Sehingga ketika pemakaian di rambut akan lebih aman dan terasa maksimal.
Adanya residu di rambut malah membuat rambut kalian rusak, oleh karena itu wajib kalian untuk menyaringnya terlebih dahulu secara manual maupun menggunakan mesin alat penyaring minyak goreng kelapa.

 

  • Melembabkan Kulit

Sejumlah penelitian yang sedang berlangsung menunjukkan bahwa pemakaian minyak kelapa dua kali sehari pada orang dengan kulit kering akan membantu melembabkan kulit.

Walau semua manfaat di atas masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya, minyak kelapa ditengarai sebagai pilihan yang lebih baik dari pada minyak sayur yang biasa kita pakai.

 

Cara Pemakaian Minyak Kelapa untuk Rambut 

Siapkan 3-5 sendok makan minyak kelapa ke dalam mangkuk microwave. Jumlah takaran minyak kelapa tergantung pada panjang dan ketebalan rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut panjang, tebal, gunakan 5 jika rambut Anda lebih pendek dan lebih tipis, Anda hanya perlu 3 atau 4.

Gunakan Minyak Kelapa Murni Bukan yang Olahan.

Minyak kelapa olahan memiliki aditif dan melalui proses yang menghapus beberapa senyawa alami yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit.

Panaskan Minyak Kelapa dalam Microwave

Masukan mangkuk dalam microwave dan masak selama sekitar 30 detik. Aduk dan masak selama 30 detik, sampai telah benar-benar meleleh. Anda ingin minyak cukup hangat untuk mencairkan sehingga menjadi lebih mudah untuk diterapkan ke rambut Anda. Anda juga dapat memanaskan minyak kelapa di atas kompor. Masukkan minyak kelapa dalam panci kecil dan panaskan di atas api kecil.

Gosokkan Minyak Kelapa ke Rambut Anda.

Biarkan dingin selama beberapa saat, kemudian tuangkan minyak kelapa di sekitar bagian atas kepala Anda, merata. Gunakan jari Anda untuk memijat kepala. Terus memijat ke dalam rambut Anda sampai rambut Anda benar-benar basah dalam minyak kelapa.

Anda dapat menggunakan sisir untuk membantu Anda meratakan minyak kelapa. Anda mungkin hanya ingin kondisi ujung rambut Anda, bukan akar. Jika itu yang terjadi, terapkan minyak kelapa ke ujung rambut Anda, bukan menuangkan lebih kulit kepala Anda. Pijat dengan tangan Anda.

Tutup Rambut Anda dengan Menggunakan Shower Cap

Anda dapat mengamankan rambut Anda dengan karet rambut longgar untuk membantu semuanya tetap rapi di atas kepala anda. Gunakan handuk untuk menyeka tetesan yang mungkin mendapatkan di wajah Anda selama proses pembungkus.

Tunggu Minimal 2 Jam atau Semalam Agar Minyak Meresap dengan Sempurna.

Semakin lama Anda diamkan pada rambut Anda, semakin baik hasilnya. itulah manfaat minyak kelapa untuk rambut, selamat mencoba.

Demikian dari saya semoga bermanfaat jika ada salah kata mohon maaf, selamat mencoba dan  semoga tidak ada masalah lagi dirambut.

 

 

 

By | 2017-10-24T08:46:55+00:00 October 23rd, 2017|Artikel|Comments Off on 8 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut dan Cara Pemakaiannya

About the Author: