Berbagai Manfaat Minyak Kelapa Untuk Wajah dan Tubuh

Halo teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan beberapa informasi seputar manfaat minyak kelapa untuk wajah dan tubuh.

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang sering muncul di setiap artikel atau pun video soal tips kecantikan. Itu karena minyak kelapa mempunyai kandungan antioksidan dan vitamin E yang tinggi, dimana kedua kandungan ini sangat baik untuk kesehatan serta menutrisi kulit kamu.

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam laurat yang terdapat dalam minyak kelapa dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Tidak hanya itu, banyak manfaat minyak kelapa untuk wajah yang lainnya yang mungkin belum kamu ketahui.

Selain bisa dimanfaatkan untuk menggoreng makanan, ternyata minyak kelapa memiliki berbagai manfaat untuk wajah. Apa saja manfaat dan kegunaan minyak kelapa untuk wajah tersebut dan bagaimana cara penggunaan minyak kelapa ini? Simak ulasannya secara lengkap, ringkas dan informatif melalui artikel di bawah ini. Mungkin setelah membaca, kita akan lebih tertarik menggunakan minyak kelapa dibandingkan produk kecantikan yang banyak menggunakan bahan kimiawi.

 

Berbagai Manfaat Minyak Kelapa untuk Wajah

 

  • Minyak Kelapa Dapat Mencerahkan Kulit Wajah

Ternyata minyak kelapa dapat mencerahkan kulit wajah yang menjadikannya manfaat minyak kelapa untuk wajah berseri. Penggunaannya sama seperti menjadikan minyak kelapa pelembab wajah alami, oleskan saja sedikit minyak kelapa ke semua bagian wajah setiap malam. Saat sudah kering, tidurlah seperti biasa. Lihat sedikit perbedaan yang terjadi pada keeseokan paginya.

Dengan melakukan hal ini 2 kali seminggu, kulit kamu akan terlihat lebih cerah dibandingkan dengan biasanya. Hindari menggunakan minyak kelapa di pagi atau siang hari karena bila terkena debu atau polusi, pori-pori di wajah memiliki kemungkinan tersumbat yang bisa menyebabkan jerawat.

 

  • Minyak Kelapa Ampuh Mengatasi Masalah Jerawat

Sangat banyak bahan alami yang bisa menyelesaikan masalah jerawat dan salah satunya ialah minyak kelapa. Bagaimana tidak, kelapa memiliki berbagai kandungan asam yang sangat baik bagi kulit yaitu asam laurat dan asam kaprat. Kedua jenis asam ini akan dirubah menjadi monolaurin dan monocaprin dengan menggunakan bantuan mikroba. Selanjutnya, jerawat akan lebih cepat hilang serta lebih mudah dicegah, membuat orang-orang tidak ingin ketinggalan manfaat minyak kelapa untuk masalah wajah berjerawat ini.

Penggunaannya pun sangat sederhana, tuangkan minyak kelapa ke dalam wadah kecil dan pada saat yang bersamaan siapkan juga kapas bulat bersih. Lalu celupkan kapas bersih tersebut ke dalam minyak kelapa dan usapkan ke seluruh bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 20 menit sampai minyak kelapa di wajah mengering kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan treatment ini setidaknya 2 sampai 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

 

  • Minyak Kelapa Bisa Berfungsi Untuk Melembabkan Kulit

Manfaat yang selanjutnya dari minyak kelapa untuk wajah adalah dapat melembabkan kulit secara alami. Sama seperti minyak pada umumnya, minyak kelapa akan menghidrasi kulit wajah sehingga dapat dijadikan pengganti moisturizer malam yang sangat ampuh. Kelebihannya yang lain adalah minyak kelapa ini aman digunakan sebagai produk kecantikan sehari-hari.

Penggunaan minyak kelapa ini juga cukup mudah, siapkan saja minyak kelapa dalam kemasan yang mudah ditemukan di berbagai toko kesehatan. Tuangkan minyak kelapa sebanyak sekitar 2 sendok makan ke dalam wadah kecil lalu oleskan ke wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 20 menit sampai dengan setengah jam sampai minyak kering dan kamu pun bisa tidur. Untuk hasil yang lebih baik, lakukan perawatan ini sebanyak 2 sampai dengan 3 kali seminggu.

 

  • Minyak Kelapa Ampuh untuk Mengencangkan Kulit

Minyak kelapa juga sangat baik untuk orang dewasa yang mulai mengalami penuaan karena bisa mengencangkan kulit wajah. Oleskan sedikit minyak kelapa setelah mandi setiap malam ke bagian wajah yang sudah mulai berkerut. Jika dilakukan setiap hari, wajah akan menjadi lebih kencang serta kamu akan terihat beberapa tahun lebih muda.

 

  • Minyak Kelapa Dapat Mengurangi Dampak Alergi Maupun Infeksi

Jika kamu memiliki penyakit kulit yang juga menyerang bagian wajah seperti kaligata, eksim, dan dermatitis, jangan khawatir karena minyak kelapa ternyata bisa mengobatinya dengan cepat, termasuk juga dapat mengobatinya di bagian kulit yang lain. Lumurkan saja minyak kelapa yang disimpan ke seluruh bagian kulit yang terluka atau gatal setelah itu diamkan selama beberapa menit tanpa menggaruk serta menyentuh bagian kulit tersebut sehingga penyakit tak akan tambah parah saat pengobatan.

Kemungkinan alergi maupun infeksi tersebut akan lebih cepat hilang dan tidak meninggalkan bekas juga. Lakukan perawatan ini dengan segera mungkin jika kamu mendapat infeksi dan tetap lakukan sampai alergi maupun infeksi tersebut benar-benar hilang dan sembuh dari tubuh kita.

Menakjubkan kan khasiat dan manfaat minyak kelapa tersebut? Meskipun untuk mencarinya membutuhkan sedikit perjuangan ke berbagai toko obat herbal ataupun toko kesehatan, manfaat yang diberikan sangat memuaskan.

  • Minyak Kelapa untuk Membersihkan Wajah

Minyak kelapa ternyata juga bisa kamu gunakan sebagai bahan pembersih wajah. Harganya yang terjangkau dan tidak mengandung zat kimia yang berbahaya sehingga aman digunakan untuk kulit wajah.

Penggunaan minyak kelapa dalam membersihkan wajah terbilang sangat mudah. Tuangkan minyak kelapa secukupnya pada telapak tangan setelah itu usapkan pada wajah dengan gerakan memutar. Setelah semua kotoran terangkat atau hilang, bilas wajah dengan air hangat hingga bersih lalu keringkan.

 

  • Membersihkan Riasan Secara Alami

Selain efektif digunakan untuk membersihkan wajah dari kotoran, minyak kelapa juga dapat menghapus sisa riasan di kulit (makeup remover). Kamu bisa mengandalkannya untuk membersihkan makeup yang tahan air seperti maskara, eyeliner, serta eyeshadow.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Ratakan satu sendok teh minyak kelapa pada bagian kulit yang akan dibersihkan, misalnya pada daerah sekitar mata. Pijat lembut dengan gerakan memutar dengan menggunakan kapas. Setelah itu, bersihkan sisa minyak kelapa dari mata menggunakan air hangat sampai bersih.

 

  • Membantu Mengatasi Bibir Kering

Selain mengatasi kulit bejerawat, dan membersihkan wajah, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk melembapkan kulit, termasuk juga bibir. Oleskan minyak kelapa secara perlahan pada bibir supaya bibir tetap lembap dan tidak kering.

Kamu juga bisa mengangkat kulit kering di bibir dengan cara mencampurkan gula pasir dengan minyak kelapa dan menjadikannya sebagai scrub bibir.

 

  • Mengatasi Kulit Kering

Minyak kelapa memang sudah lama dipercaya sebagai salah satu minyak yang dapat melembapkan kulit termasuk kulit wajahmu. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki kemampuan melembapkan yang setara atau sama dengan mineral oil sehingga efektif dan tergolong sangat aman untuk mengatasi kulit kering.

 

Manfaat yang Lain Dari Minyak Kelapa

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Wajah

 

  • Merawat Kondisi Kulit Eksem

Dikenal juga sebagai dermatitis atopik, gangguan kulit ini sering menunjukkan gejala seperti kulit gatal, kering, bersisik, bahkan mungkin pecah-pecah dan mungkin berdarah. Guna mengurangi ketidak nyaman itu, minyak kelapa dapat menjadi salah satu bahan pelembap alami yang bisa kamu andalkan sehari-hari.

Minyak ini mengandung asam laurat yang bisa membantu mengurangi macam-macam masalah kulit, termasuk eksem. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat antiinflamasi yang juga ikut membantu melindungi kulit. Efektivitasnya bahkan dinilai lebih baik daripada minyak yang lain bahkan minyak zaitun.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mengoleskan minyak dua kali sehari atau lebih sering saat gejala eskem datang atau terasa. Usapkan secara teratur untuk hasil maksimal. Bila dibutuhkan, berkonsutasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum rutin menggunakannya, untuk mencegah risiko timbulnya reaksi alergi yang lebih parah.

 

  • Membantu Proses Pemulihan Luka

Minyak kelapa dianggap mampu meredakan iritasi kulit dan membantu proses pemulihan luka. Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa bisa meningkatkan kadar protein kolagen dan antioksidan yang juga mempercepat pemulihan luka.

Manfaat tersebut juga tidak terlepas dari sifat antibakteri pada minyak ini sehingga resiko infeksi akibat luka dapat berkurang. Meskipun demikian, penelitian baru dilakukan pada hewan dan masih membutuhkan uji klinis yang lebih mendalam untuk digunakan pada manusia.

 

  • Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan wajah yang selanjutnya adalah melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV).

Minyak kelapa mengandung banyak kandungan salah satunya adalah vitamin E yang berperan sebagai antioksidan. Senyawa ini dipercaya dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Kamu bisa menggunakannya dengan cara  mengoleskannya beberapa saat sebelum beraktivitas di luar ruangan.

 

  • Minyak Pijat Sekaligus Parfum Alami

Minyak kelapa bisa dijadikan minyak pijat alami yang bisa kamu lulurkan di seluruh bagian tubuh. Kamu juga bisa mengkolaborasikannya dengan minyak peppermint atau lavender sebagai variasi. Di samping itu, minyak ini juga bisa membantu melembapkan kulitmu dan memberi tubuh aroma yang sedap. Kamu bisa mengoleskannya setelah selesai mandi.

Jika kamu memiliki bayi yang lahir prematur, coba juga pijat secara lembut dengan mengoleskan minyak ini 2 kali sehari. Bayi prematur cenderung memiliki berat badan yang ringan dan kulit yang tipis karena masih dalam proses perkembangan. Kondisi tersebut bisa menyebabkan air mudah menguap dari kulit bayi. Minyak kelapa membantu menjaga kelembapan kulit bayi sekaligus meningkatkan ketahanan kulit agar tidak mudah terkena kotoran dan bakteri.

 

  • Mempercantik Kutikula Kuku

Kutikula kukumu mungkin jika disentuh terasa kasar. Minyak kelapa bisa membantu menghaluskannya karena manfaatnya untuk menghidrasi kulit kutikula yang tipis serta memperkuat kuku, sehingga membuatnya terlihat tampak muda.

Manfaat tersebut bisa didapatkan dengan cara mengoleskan minyak kelapa ke kutikula dan tunggu hingga meresap. Selain itu, minyak kelapa juga bisa mencegah infeksi jamur pada kuku karena memiliki sifat yang antibakteri dan antijamur.

 

  • Krim Cukur

Minyak kelapa membantu pisau cukur melesat lembut saat kamu mencukur rambut-rambut tubuh, misalnya rambut pada tungkai. Cara ini juga membantu rambut terpangkas lebih pendek sehingga hasilnya lebih baik.

Selain itu, minyak kelapa juga membantu melembapkan kulit saat proses mencukur. Tetapi minyak ini sangat licin, jadi disarankan tidak mencukur di kamar mandi atau dengan tangan yang basah.

 

  • Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Manfaat minyak kelapa selanjutnya bisa kamu dapatkan dengan mencampurkan minyak kelapa dengan dua sendok makan madu serta satu sendok makan gula. Aduk merata hingga campuran menyatu sempurna, kemudian oleskan secara lembut menggunakan jari tangan dengan pijatan serta gerakan memutar.

Cara penggunaan tersebut juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, memperhalus tumit pecah-pecah dan area kasar yang lainnya.

Mungkin dari banyak manfaat yang ada diatas mash ada beberapa yang belum tertera tentunya masih banyak sekali yang belum kita ketahui dari manfaat minyak kelapa.

 

Jenis-Jenis Minyak Kelapa

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Wajah

 

Dari Beberapa Manfaat yang disebutkan diatas ada beberapa jenis-jenis dari minyak kelapa. Ada berbagai produk minyak kelapa yang tersebar di pasaran. Kita perlu memahami dan mengetahuinya karena berbagai produk itu dibuat dengan cara yang berbeda-beda.

 

  • Minyak Kelapa Industri.

Minyak ini dibuat dengan menggunakan bahan baku kopra melalui proses RBC (refining, bleaching and deodorizing). Setelah kopra dipres, dibersihkan, diputihkan, dan dihilangkan bau tengiknya. Olahan minyak kelapa yang dijual untuk memasak kerap dicampur dengan minyak sayur lain, sehingga harganya menjadi cukup murah.

 

  • Minyak Kelapa Kelentik.

Produksi Minyak ini dengan menggunakan cara tradisional oleh para petani kelapa atau ibu rumah tangga. Caranya, dengan memasak santan kelapa sampai minyak terpisah dari blondo (karamel). Seringkali minyak ini berwarna kuning sampai kecokelatan, karena terkontaminasi karamel yang gosong.

 

  • Minyak kelapa murni atau (VCO) virgin coconut oil.

Minyak ini merupakan minyak kelapa yang sama sekali tidak mengalami proses hidrogenasi. Agar tidak mengalami hidrogenasi, ekstrasi minyak ini dilakukan dengan proses dingin, misalnya dengan fermentasi, pancingan, sentrifugasi, pemanasan terkendali, pengeringan parutan kelapa secara cepat, dan proses yang lain

 

  • Medium Chain Triglyserides (MCT)

Medium Chain Triglyserides Ini adalah hasil pengolahan lebih lanjut dari VCO berkualitas baik melalui proses esterifikasi gliserol yang diturunkan dari minyak nabati berkadar laurat tinggi dengan asam lemak rantai sedang. Cara paling sederhana membedakan organik ekstra VCO mengandung MCT dengan VCO lain adalah dengan cara merasakannya. Bila VCO biasa masih terasa sebagai minyak di lidah, sedangkan VCO MCT terasa seperti air.

 

Jangan Terlalu Berlebihan Menggunakan Minyak Kelapa untuk Kulit, Mengapa?

 

Mungkin sebelumnya Anda tidak tahu atau tidak pernah mendengar kekurangan dari minyak kelapa. Ya, selama ini minyak kelapa banyak disebut-sebut sebagai minyak dengan semua manfaatnya untuk kulit dan rambut, ia dapat melembapkan dan mengatasi berbagai masalah.

Sayangnya, minyak kelapa ternyata tidak selamanya baik digunakan. Berhenti untuk menggunakannya terlalu berlebihan.

 

Alasan Anda tidak boleh terlalu berlebihan menggunakan minyak kelapa

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Wajah

 

1. Untuk Kulit

Minyak kelapa terkenal sebagai minyak yang bisa menyumbat pori-pori Anda, yang bisa menyebabkan tumbuhnya komedo serta jerawat. Inilah mengapa penting sekali untuk tidak menggunakan minyak kelapa dengan berlebihan.

 

2. Untuk Makeup

Minyak kelapa disebut-sebut bisa dimanfaatkan sebagai makeup remover yang baik. Namun, kulit akan terasa semakin berminyak dan makeup juga menjadi lebih mudah hilang, serta terasa lengket.

 

3. Untuk Rambut

Berhati-hatilah untuk menggunakan minyak kelapa pada bagian rambut, karena dapat menyebabkan kusut serta kerusakan. Gejala bisa meluas atau menjalar hingga kulit kepala, di mana iritasi atau infeksi bisa saja muncul.

 

4. Alternatif

Proses kimia yang digunakan untuk pembuatan minyak kelapa membuat minyak ini bersifat komedogenik. Selain harganya yang menjadi relatif mahal dan kurang bernutrisi, minyak kelapa juga menjadi tidak sepenuhnya murni.

Sebagai alternatifnya, ada baiknnya gunakan minyak hazelnut atau walnut untuk kulit dan minyak jarak untuk bagian mata. Apa Anda masih sering menggunakan minyak kelapa untuk alternatif kecantikan sehari-hari?

Maka dari itu penggunaan minyak kelapa itu memang sah-sah saja namun alangkah lebih baik digunakan menurut keperluan dan kebutuhan saja tidak digunakan dengan berlebihan.

Dari sekian manfaat dan dampak menggunakan minyak kelapa terlalu berlebihan kita harus bisa menyesuaikan porsi dan kebutuhan kita agar tidak berdampak buruk untuk wajah dan tubuh. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk  kalian semua sekian dan terima kasih.