Manfaat Sabut Berkaret / Sabutret

Serat sabut kelapa memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi produk-produk yang bernilai seperti menjadi produk yang dikenal dengan sebutan sebutret. Serat sabut kelapa berkaret merupakan produk kombinasi dari bahan baku serat sabut kelapa dengan karet alam yang telah divulkanisasi. Proses Vulkanisasi merupakan reaksi kimia antara karet dengan belerang, sehingga membentuk ikatan silang dan menghasilkan struktur tiga dimensi.

Pada dasarnya produk serat sabut kelapa berkaret ini telah diproduksi dan dimanfaatkan oleh negara lain seperti India, Srilanka, Philipina dan Thailand menjadi produk yang bernilai tinggi, bahkan hasil produksi tersebut telah diekspor ke negara-negara Eropa dan Amerika.

Di Indonesia Produk serat sabut kelapa berkaret (sebutret) ini sangat berpotensi untuk dikembangkan, terutama untuk bahan baku pembuatan kasur. Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa kasur yang berasal dari serat sabut kelapa berkaret merupakan sebuah evolusi dari kasur tradisional yang berasal atau terbuat dari kapas. Selain itu, produk sebutret dapat dikembangkan untuk :

  1. Pembuatan jok
  2. Kursi
  3. Tas laptop
  4. Kopiah
  5. Bantal dan guling pada industri furnitur dsb.

Adapun keunggulan dari produk serat sabut kelapa berkaret ini adalah :

  • Relatif lebih ringan, bersifat lebih sejuk dan dingin,
  • Lebih tahan terhadap bakteri
  • Lebih sedikit menampung debu
  • Tidak berisik karena mampu meredam bunyi
  • Mempunyai elastisitas atau kepegasan yang baik
  • Kerapatan atau densitasnya dapat divariasi karena bentuknya dapat disesuaikan dengan kemauan konsumen
  • Lebih ramah terhadap lingkungan dan kesehatan
Nah, menarik bukan? banyak potensi lain untuk dikembangkan lebih lanjut lagi tentang sabut kelapa ini. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya.

 

Sumber : JUNARDI_Tesis IPB